Franchise: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Memilihnya

Franchise adalah konsep bisnis yang makin populer belakangan ini. Franchise memungkinkan Anda untuk memiliki bisnis sendiri dengan membeli lisensi dari pemilik merek dagang yang sudah terkenal. Konsep ini sangat menarik bagi banyak orang karena dapat mengurangi risiko dalam memulai bisnis dan mempercepat kesuksesan bisnis.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara lebih mendalam mengenai apa yang dimaksud dengan franchise, mulai dari pengertian, keuntungan, hingga cara memilihnya dengan tepat. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Franchise

Franchise adalah sebuah perjanjian antara pemilik merek dagang dan individu atau organisasi lain yang memungkinkan mereka untuk menjual produk dan/atau jasa dengan merek dagang tersebut. Cara kerja dari franchise adalah pemilik merek dagang (franchisor) akan memberikan hak kepada individu atau organisasi lain (franchisee) untuk menggunakan merek dagang tersebut, memberikan pelatihan, serta dukungan dalam operasi bisnis. Selain itu, pemilik merek dagang juga berhak menetapkan beberapa ketentuan (franchise agreement) yang harus diikuti oleh pihak yang membeli lisensi tersebut.

Dalam sebuah franchise, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan oleh pihak yang membeli lisensi. Biaya-biaya tersebut dapat meliputi:

  • Biaya lisensi (initial fee): biaya yang harus dibayarkan oleh pihak yang membeli lisensi untuk mendapatkan hak menggunakan merek dagang tersebut.
  • Royalti (royalty fee): persentase dari pendapatan yang harus dibayarkan oleh pihak yang membeli lisensi kepada pemilik merek dagang.
  • Biaya promosi: biaya yang harus dibayarkan oleh pihak yang membeli lisensi untuk mempromosikan merek dagang tersebut.

Jadi, walaupun franchise memang memiliki banyak keuntungan, termasuk mempermudah dalam memulai bisnis, tetapi Anda harus memiliki uang yang cukup terlebih dahulu agar dapat membayar biaya-biaya yang dibutuhkan untuk membuka franchise tersebut.

Keuntungan Franchise

Franchise memiliki banyak keuntungan bagi pihak yang membeli lisensi (franchisee), terutama bagi mereka yang baru memulai bisnis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menjalankan franchise.

1. Merek Dagang yang Sudah Terkenal

Salah satu keuntungan utama dari menjalankan franchise adalah merek dagang yang digunakan sudah terkenal. Merek dagang yang sudah dikenal oleh masyarakat dapat membantu mempercepat proses pemasaran dan memperluas jaringan bisnis. Hal ini akan membantu Anda dalam membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

2. Rencana Bisnis yang Teruji

Dalam sebuah franchise, pemilik merek dagang biasanya sudah memiliki rencana bisnis yang teruji dan terbukti berhasil. Rencana bisnis ini biasanya sudah dilakukan uji coba dan telah diuji dengan berbagai cara untuk memastikan kesuksesannya. Hal ini dapat membantu Anda untuk meminimalisir risiko bisnis dan memastikan kesuksesan bisnis Anda.

3. Pelatihan dan Dukungan dari Pemilik Merek Dagang

Pemilik merek dagang biasanya akan memberikan pelatihan dan dukungan dalam operasi bisnis dari pemilik lisensi franchise. Pelatihan ini meliputi berbagai aspek bisnis, seperti pengelolaan bisnis, manajemen keuangan, manajemen staf, dan pemasaran. Hal ini dapat membantu Anda dari segi manajemen dan membantu meningkatkan kapabilitas dari karyawan yang bekerja di franchise yang Anda jalankan.

Baca Juga: Apa itu Hosting? Dan Kegunaan dari Hosting?

4. Dukungan dalam Pemasaran

Pemilik merek dagang biasanya akan memberikan dukungan dalam pemasaran produk atau jasa yang disediakan. Dukungan ini meliputi berbagai aspek pemasaran, seperti strategi pemasaran, periklanan, dan promosi. Hal ini dapat membantu Anda untuk memperkenalkan produk atau jasa yang disediakan kepada pelanggan potensial.

5. Pembiayaan yang Lebih Mudah

Menjalankan franchise dapat membantu Anda dalam memperoleh pembiayaan yang lebih mudah. Karena merek dagang sudah terkenal, bank atau lembaga keuangan akan lebih cenderung mudah dalam menyetujui untuk memberikan pembiayaan. Selain itu, pemilik merek dagang juga biasanya memiliki hubungan yang baik dengan lembaga keuangan sehingga proses pembiayaan dapat lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Apa Itu Revenue Stream? Ini Fungsi, Jenis, serta Contohnya

6. Penghematan Biaya Operasional

Dalam sebuah franchise, pemilik merek dagang biasanya memiliki kesepakatan dengan pemasok untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang lebih murah. Hal ini akan membantu Anda untuk menghemat biaya operasional dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

7. Dukungan dalam Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Pemilik merek dagang biasanya akan memberikan dukungan dalam meningkatkan kualitas produk atau jasa yang disediakan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dan meningkatkan reputasi merek dagang.

8. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dalam sebuah franchise, pemilik merek dagang biasanya telah memiliki sistem operasi yang terstruktur dan terorganisasi dengan baik. Hal ini akan membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola bisnis karena sistem operasi yang sudah teruji dan terstruktur dengan baik akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis dengan efektif dan efisien.

banner

Cara Memilih Franchise yang Tepat

Memilih franchise yang tepat untuk dijalankan adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih franchise yang tepat.

1. Lakukan Penelitian yang Mendalam

Sebelum memilih franchise, pastikan Anda sudah melakukan penelitian yang mendalam mengenai merek dagang yang ingin dipilih. Cari tahu tentang sejarah merek dagang tersebut, bagaimana merek dagang tersebut berkembang, serta apakah merek dagang tersebut memiliki reputasi yang baik di masyarakat.

2. Pertimbangkan Biaya Awal yang Dibutuhkan

Sebelum memilih franchise, pastikan juga Anda telah mempertimbangkan biaya awal yang dibutuhkan untuk membeli lisensi dari merek dagang tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa biaya tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan Anda, perjanjiannya sudah sama-sama menguntungkan, serta pembagian royaltinya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

3. Pelajari Rencana Bisnis yang Ditawarkan

Pastikan Anda mempelajari rencana bisnis yang ditawarkan oleh pemilik merek dagang jika ingin membeli lisensinya. Pastikan bahwa rencana bisnis tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, serta dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis yang ingin dicapai.

Baca Juga: Ritel: Pengertian, Karakteristik, dan Sistemnya

4. Periksa Kontrak Lisensi dengan Teliti

Sebelum membeli lisensi dari sebuah franchise, pastikan Anda sudah memeriksa kontrak lisensi tersebut dengan teliti. Pastikan bahwa kontrak tersebut tidak memberikan ketentuan yang merugikan Anda sebagai pemilik bisnis, dan akan lebih baik lagi jika kontrak tersebut dapat saling menguntungkan.

5. Cari Tahu Mengenai Dukungan yang Diberikan oleh Pemilik Merek Dagang

Pastikan Anda mencari tahu mengenai dukungan yang diberikan oleh pemilik merek dagang dalam mengelola bisnis sebelum membeli lisensi merek dagangnya. Dukungan ini meliputi berbagai aspek, mulai dari pelatihan, dukungan pemasaran, hingga dukungan operasional. Franchise yang baik adalah yang mau memberikan dukungan-dukungan tersebut kepada orang-orang yang telah membeli lisensi merek dagangnya.

Franchise adalah model bisnis yang relatif lebih mudah dijalankan karena biasanya sudah memiliki ‘nama’ di masyarakat. Namun, ‘nama’ tersebut belum tentu akan langsung dikenal di daerah baru, jadi Anda tetap membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Di era digital seperti sekarang, pemasaran digital adalah salah satu strategi yang terbukti efektif dan efisien.

Apabila Anda tertarik untuk menerapkan strategi pemasaran digital, ToffeeDev dapat memberikan layanan terbaik. ToffeeDev adalah Digital Marketing Agency yang menyediakan berbagai layanan pemasaran digital yang tepat sasaran, mulai dari SEO, Ads, hingga Web Development. Tertarik menggunakannya? Hubungi kami di sini!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top