Part time: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

part time adalah

Anda pasti sudah cukup familier dengan dengan kegiatan part time untuk menambah penghasilan. Tak dapat dimungkiri, semakin lama ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebab itu, part time adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu kegiatan utama Anda seperti kuliah, sekolah, atau kegiatan lainnya.

Namun, perlu diketahui bahwa memutuskan untuk melakukan part time juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal seperti kelebihan dan kekurangan serta kesesuaian jenis pekerjaan dengan kemampuan. Jangan khawatir, ToffeeDev akan memberikan informasi selengkapnya untuk Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Pekerja Part Time?

Pekerja part time adalah seseorang yang bekerja dalam jam kerja yang lebih pendek dari jam kerja pada umumnya. Jenis pekerjaan ini cukup banyak dilakukan para mahasiswa baik di luar maupun di dalam negeri sebab dapat membantu memberikan tambahan penghasilan dan tanpa mengganggu kegiatan utama. 

Seperti yang diatur pada RPP Pengupahan pasal 16 ayat 1, pekerja part time memiliki jam kerja kurang dari 7 jam dalam sehari atau 35 jam dalam satu minggu. Beban pekerjaan yang dilakukan pun umumnya lebih sedikit dibandingkan dengan pekerja full time. Tak hanya menguntungkan bagi pekerja saja, perusahaan pun turut diuntungkan atas adanya sistem part time ini. 

Pasalnya, pekerja part time sering kali digunakan oleh perusahaan untuk menghemat anggaran ketika membutuhkan pekerja tambahan. Sementara bagi pekerja part time sendiri, pekerjaan ini dapat memberi mereka fleksibilitas untuk mengejar kepentingan lainnya di luar pekerjaan mereka.

Tentu saja, pekerjaan part time juga adalah pilihan yang tepat bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan sambilan untuk mengisi waktu. Terlebih lagi, pekerjaan part time juga dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin memperoleh pengalaman dan kemampuan baru yang relevan dengan karier mereka pada masa depan.

Jenis Kerja Part Time

Ada banyak sekali jenis pekerjaan part time yang bisa Anda temukan. Mulai dari industri makanan dan minuman hingga pekerjaan yang berkaitan dengan media. Banyaknya jenis yang tersedia ini bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan dan keahlian. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan part time yang cukup populer dan banyak diminati:

1. Fotografer

Sebagai fotografer part time, biasanya Anda dapat menawarkan layanan fotografi untuk pernikahan, acara keluarga, atau bahkan bisnis untuk kebutuhan materi promosi. Fotografer part time dapat bekerja secara mandiri atau bekerja sama dengan studio foto. 

Jenis pekerjaan part time yang satu ini tentu harus memiliki kemampuan fotografi yang baik dan kemampuan interpersonal yang kuat untuk berinteraksi dengan klien agar dapat mengomunikasikan hasil atau konsep foto yang diinginkan.

2. Barista

Meningkatkan jumlah bisnis kedai kopi di banyak tempat mendorong kebutuhan akan barista atau orang yang bertanggung jawab untuk membuat kopi dan minuman yang dijual menjadi meningkat. Hal ini tentu menjadi peluang yang baik bagi setiap orang yang tertarik untuk mencari kerja part time dan ahli pada bidang ini. 

Barista part time juga bertanggung jawab untuk membantu dalam pengelolaan persediaan kopi dan menjaga kebersihan lingkungan kerja. Sebagai barista, Anda harus memiliki kemampuan untuk mempersiapkan minuman terutama kopi menggunakan alat canggih dengan benar dan rasa yang konsisten serta enak.

Baca Juga: Langkah Akurat Menciptakan Buyer Persona untuk Bisnis Anda

3. Penulis

Jenis pekerjaan part time yang cukup banyak dilakukan para mahasiswa untuk menambah penghasilan di waktu luangnya adalah penulis. Sebagai penulis part time, seseorang dapat menulis artikel atau konten untuk materi pemasaran bisnis atau kebutuhan publikasi lainnya. 

Penulis part time dapat bekerja secara mandiri atau bekerja sama dengan tim penerbitan. Penulis part time harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan mampu memenuhi batas waktu yang telah ditetapkan.

4. Online Shop

Hampir sebagian besar orang memilih online shop sebagai pekerjaan part time mereka. Pasalnya, mengelola online shop cenderung lebih mudah dan memiliki waktu yang lebih  fleksibel. 

Sebagai pemilik toko online part time, seseorang dapat menjual produk mereka melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau media sosial Instagram. Dalam menjalankan online shop, Anda harus memiliki keterampilan pemasaran online dan kemampuan untuk mengelola produk dengan efektif.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?

Memilih melakukan kerja part time tentu akan sangat menguntungkan jika dilihat dari segi pendapatan yang diterima setiap bulannya. Namun, bukan hanya itu saja yang perlu Anda pertimbangkan karena jenis pekerjaan yang satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini sebelum memutuskan untuk melakukan pekerjaan part time:

1. Kelebihan Part Time

Dalam melakukan pekerjaan part time, Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan, mempelajari banyak hal baru, meningkatkan kemampuan dan keterampilan pada bidang tertentu, memperluas pengalaman kerja. Selain itu, melakukan pekerjaan part time dapat membantu Anda memperluas koneksi dan relasi sehingga Anda dapat belajar tidak hanya dari satu orang saja.

2. Kekurangan Part Time

Salah satu kekurangan pekerjaan part time adalah kurangnya pemberian fasilitas pekerja yang biasanya diberikan oleh perusahaan untuk karyawan yang bekerja penuh waktu. Fasilitas ini dapat mencakup asuransi kesehatan, tunjangan pensiun, cuti tahunan, atau tunjangan karyawan lainnya. 

Selain itu, pekerja part time juga dapat mengalami ketidakstabilan finansial karena pendapatan tergantung pada jam kerja yang tersedia.Pekerja part time juga cenderung memiliki peluang yang lebih kecil untuk kemajuan karier serta tak menutup kemungkinan adanya tekanan untuk mengimbangi pekerjaan dengan kegiatan lainnya seperti studi atau pekerjaan lain, yang dapat membuat stres dan kelelahan.

banner

Bagaimana Cara Mencari Kerja Part Time?

Nah jika sudah mempertimbangkan untuk mencoba kerja part time dan merasa sanggup untuk menjalaninya, Anda bisa langsung saja mencoba untuk mencari kerja part time yang sesuai dengan kemampuan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari pekerjaan part time yang cocok untuk Anda:

1. Mencari di Website Lowongan Kerja

Banyak situs web lowongan kerja, seperti JobsDB, Jobstreet, atau LinkedIn, yang menawarkan informasi tentang pekerjaan part time yang tersedia. Cari situs web yang relevan dengan bidang kerja yang ingin Anda geluti dan filter opsi pekerjaan dengan jam kerja part time.

2. Bertanya pada Teman dan Keluarga

Temukan teman dan keluarga yang bekerja di bidang yang ingin Anda geluti dan tanyakan apakah mereka tahu tentang pekerjaan part time yang tersedia. Mereka mungkin memiliki informasi tentang pekerjaan yang tidak terdaftar di situs web lowongan kerja atau mungkin tahu tentang posisi yang cocok dengan keterampilan dan pengalaman Anda.

Baca Juga: Sentiment Analysis: Panduan Lengkap

3. Membuat CV dan Portofolio yang Menarik

Dalam melakukan pendaftaran pekerjaan, CV dan portofolio menjadi dua hal yang menentukan apakah Anda akan lanjut ke tahap selanjutnya dan diterima atau tidak. Jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan CV yang menarik dan berikan informasi lengkap seputar diri Anda agar memudahkan perusahaan untuk mengenal dan menghubungi Anda nantinya. 

4. Menawarkan Layanan Anda Secara Mandiri

Jika Anda memiliki keterampilan khusus, seperti fotografi atau penulisan, Anda dapat menawarkan layanan Anda secara mandiri. Platform online seperti Fiverr, Upwork, atau Freelancer dapat membantu Anda menawarkan layanan kepada orang-orang di seluruh dunia.

Apa Perbedaan Magang, Part Time, dan Freelance?

Meskipun magang, part time, dan freelance dapat merujuk pada posisi pekerjaan yang kurang dari jam kerja standar, namun ketiga jenis pekerjaan ini memiliki perbedaan. Simak informasi perbedaan magang, part time, dan freelance berikut ini:

1. Magang

Magang adalah posisi kerja sementara yang biasanya ditujukan untuk siswa atau lulusan baru yang mencari pengalaman kerja di bidang tertentu. Magang biasanya ditujukan untuk mengasah skill dan memperbanyak pengalaman kerja. Perihal upas, beberapa kegiatan magang seringkali tidak dibayar dan berlangsung selama periode waktu yang singkat seperti 1 hingga 3 bulan.

2. Part time

Seperti yang telah disebutkan di atas, pekerja part time bekerja kurang dari 30 jam per minggu dan menerima upah sesuai dengan jam kerja. Meski demikian, para pekerja paruh waktu ini tetap memiliki jadwal kerja yang waktunya dapat disesuaikan dengan kegiatan utama dan disesuaikan pula dengan kebutuhan perusahaan. 

Baca Juga: Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

3. Freelance

Freelance merujuk pada pekerjaan yang dilakukan secara mandiri oleh individu yang memiliki keterampilan tertentu. Mereka biasanya memasarkan layanan mereka sendiri dan memutuskan berapa biaya yang akan dikenakan sesuai dengan preferensi pribadi. Freelancer tidak bekerja pada jam kerja tetap dan memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menentukan jadwal kerja mereka. 

Dilihat dari informasi di atas, memilih untuk kerja part time adalah cara yang tepat untuk menghabiskan waktu luang dengan cara yang bermanfaat dan tetap menghasilkan tambahan pendapatan. 

Jika ingin mencobanya, sebaiknya pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Jika memungkinkan, pilih yang berkaitan dengan karier Anda pada masa depan. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa Anda dapat membagi waktu, menjaga diri agar tetap sehat dan tidak stres, serta pastikan untuk memilih shift kerja yang tidak mengganggu kegiatan utama. 

Apakah perusahaan Anda membutuhkan pekerja part time tetapi tidak tahu cara yang tepat agar iklan lowongan pekerjaan tersebut dapat menjangkau lebih banyak orang? Maksimalkan penggunaan website Anda untuk menemukan karyawan yang kompeten melalui website yang menarik dan SEO. Tak perlu kebingungan sebab ToffeeDev siap membantu Anda. 

Sebagai digital marketing agency tepercaya dan unggulan di Indonesia, ToffeeDev bisa membantu Anda mengoptimalkan website dengan desain yang unik dan konten di dalamnya yang dibuat sesuai dengan kebutuhan audiens agar berada di halaman utama hasil pencarian dan dapat menjangkau lebih banyak orang. 

Hubungi ToffeeDev segera dan ciptakan website yang menarik, profesional, dan mudah digunakan serta tingkatkan visibilitas website sekarang juga.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top