Platform Digital Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

platform digital adalah

Platform digital adalah salah satu upaya bisnis agar tetap terhubung dengan target pasarnya di tengah kemajuan zaman ini. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba menghadirkan platform digital agar tetap terhubung dengan pasarnya. Tanpa kehadiran platform digital, merek sebuah bisnis akan lebih sulit terkenal oleh target pasarnya.

Ketika mendengar istilah platform digital, Anda mungkin membayangkan tentang aplikasi yang ada di smartphone dan memberikan manfaat kepada penggunanya. Nyatanya, platform digital memiliki karakteristik khusus yang perlu adanya pemahaman sebelum mulai merancangnya. Seperti apa karakteristik yang harus ada di dalam sebuah platform digital? Apa saja manfaat platform digital bagi sebuah bisnis selain terhubung dengan pengguna yang menjadi target pasarnya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Platform Digital

Platform digital ternyata memiliki peran penting dalam era digital. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memahami karakteristik utama platform digital. Mari kita mulai dengan membahas kedua hal tersebut.

Definisi Platform Digital dan Perannya dalam Era Digital

Platform digital adalah sistem atau infrastruktur yang berguna agar aplikasi atau layanan digital bisa saling beroperasi dan berinteraksi satu sama lain. Suatu platform digital menjadi sarana bagi bisnis agar pengguna bisa saling berpartisipasi, berbagi, dan berinteraksi dengan konten dan layanan digital yang terdapat di dalamnya.

Platform digital memiliki dua peran utama. Pertama, sebagai tempat untuk memfasilitasi pertemuan dan interaksi antara pengguna. Contohnya, platform media sosial seperti Facebook dan Twitter berguna agar pengguna saling terhubung dan berinteraksi dengan teman, keluarga, dan orang-orang di seluruh dunia. Kedua, platform digital juga berperan sebagai medium untuk menyediakan layanan dan konten kepada pengguna. Contohnya adalah platform e-commerce seperti Lazada dan Shopee yang menyediakan tempat bagi pengguna untuk membeli produk dan jasa secara online.

Karakteristik Utama Platform Digital

Lantas, apa saja karakteristik yang harus ada dalam sebuah platform digital? Berikut adalah karakteristiknya:

  • Keterhubungan: Pengguna bisa terhubung dan berinteraksi satu sama lain serta menciptakan ruang virtual sehingga pengguna bisa berbagi informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.
  • Scalability: Platform digital harus bisa ditingkatkan agar mampu menampung jumlah pengguna yang besar, mengatasi lonjakan lalu lintas, dan meningkatkan kapasitas sesuai kebutuhan.
  • Fleksibilitas: Dirancang untuk mendukung berbagai jenis aplikasi dan layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna serta bisa diintegrasikan dengan sistem lain.
  • Keamanan: Aspek yang mencakup perlindungan data pengguna, privasi, dan menghindari serangan atau penyalahgunaan.
  • Analisis dan Personalisasi: Platform digital digunakan untuk mengumpulkan data pengguna dan menerapkan algoritma untuk menganalisis pola perilaku.

Baca Juga : Digital Marketing Channel: Pengertian dan Manfaatnya

Jenis-jenis Platform Digital

jenis-jenis platform digital

Tentu Anda sudah mengetahui banyaknya platform digital yang mainstream dan sering digunakan. Namun, Anda perlu membagi platform tersebut sesuai jenis atau kategori penggunaannya. Apa saja jenis-jenis platform digital?

1. Platform E-commerce

Platform e-commerce hadir untuk memfasilitasi transaksi jual-beli secara online. Jenis platform ini memungkinkan pengguna untuk membeli produk atau jasa dengan mudah serta nyaman melalui internet.

2. Platform Media Sosial

Platform media sosial menyediakan lingkungan bagi pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Pengguna juga bisa memperluas jaringan sosial serta berpartisipasi dalam komunitas online.

3. Platform Berbagi Konten (Content Sharing)

Platform berbagi konten ditujukan untuk mengunggah, membagikan, dan menonton berbagai jenis konten seperti video, musik, dan podcast. Bukan hanya penikmat, kreator konten juga sering memanfaatkan platform content sharing untuk membuat dan membagikan konten secara luas.

Jasa SEO

4. Platform Pendidikan Online

Dunia pendidikan juga mempunyai platform digital tersendiri, seperti Coursera atau RuangGuru. Platform ini menyediakan akses kursus dan materi pembelajaran online yang bisa diikuti dengan fleksibel. Siswa bisa belajar secara mandiri, mengakses sumber daya pendidikan, dan mengembangkan keterampilan baru dengan platform ini.

5. Platform Keuangan Digital

Transformasi mekanisme pembayaran juga terlihat dari banyaknya platform keuangan digital yang tersedia, seperti PayPal, OVO, dan GoPay. Platform keuangan digital menyediakan layanan pembayaran dan transfer uang secara online serta memudahkan transaksi keuangan dalam skala global. Selain platform untuk pembayaran digital, ada juga platform keuangan yang menyediakan layanan kredit online.

6. Platform Transportasi Online

Terakhir, ada platform transportasi online yang sudah menjadi kebutuhan pada saat ini. Pengguna bisa memesan layanan transportasi hanya melalui aplikasi di smartphone-nya.

Baca Juga : Literasi Digital: Pengertian, Prinsip, Komponen, dan Contohnya

Manfaat Penggunaan Platform Digital

manfaat platform digital

Seberapa penting penggunaan platform digital dalam kehidupan sehari-hari? Tentu saja penting karena platform digital memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Kemudahan Akses dan Keterjangkauan

Platform digital memberikan akses mudah terhadap berbagai layanan dan konten secara online. Pengguna bisa mengakses informasi, berbelanja, atau berpartisipasi dalam aktivitas lain tanpa harus hadir secara fisik. Selain itu, banyak platform digital yang menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan saluran konvensional.

2. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Platform digital mempercepat proses bisnis dan meningkatkan efisiensi. Contohnya, platform e-commerce bermanfaat agar penjual bisa menjual produknya secara online tanpa harus memiliki toko fisik. Biaya operasional dan perluasan jangkauan pasar pun bisa dikurangi. Selain itu, platform kolaborasi seperti Google Drive atau Slack juga memfasilitasi kerja tim yang efisien dan berkolaborasi dalam proyek-proyek.

3. Peningkatan Interaksi dan Keterlibatan Pengguna

Pengguna bisa tetap terlibat dan berinteraksi dengan orang lain secara online tanpa harus bertemu karena adanya platform digital. Mereka bisa saling berbagi ide dan bertukar pikiran melalui platform yang ada sehingga membuka peluang untuk berinteraksi dengan orang yang memiliki minat dan tujuan serupa.

4. Peningkatan Jangkauan Pasar dan Peluang Bisnis

Perusahaan bisa menjangkau konsumen potensial di berbagai lokasi geografis berkat platform digital yang dimilikinya. Selain itu, platform e-commerce juga memberikan peluang bagi pelaku usaha kecil untuk memasarkan produk tanpa harus memiliki toko fisik.

5. Peningkatan Kemampuan Analisis dan Personalisasi

Platform digital dirancang agar bisa mengumpulkan data pengguna dan menerapkan algoritma untuk menganalisis pola perilaku. Alhasil, platform bisa memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan pengalaman pengguna. Contohnya, platform media sosial yang menampilkan konten yang relevan dengan minat dan preferensi pengguna, sedangkan platform e-commerce memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan riwayat pembelian dan preferensi pengguna.

Baca Juga : Digital Branding: Arti, Manfaat, dan Tips Menerapkannya

Contoh Platform Digital Terkenal

contoh platform digital

Dari jenis atau kategori platform digital yang telah disebutkan sebelumnya, Anda pasti sudah mendengar satu atau dua nama aplikasi yang sering digunakan. Namun, Anda bisa belajar dari contoh sukses di bawah ini jika ingin membangun platform digital.

1. Platform SaaS: Mekari

Mekari adalah salah satu perusahaan SaaS terbaik di Indonesia yang mengembangkan berbagai inovasi solusi teknologi untuk menghapus proses bisnis yang manual dan terpisah menjadi digital dan terintegrasi.

Solusi digital yang ditawarkan yaitu Mekari Talenta (Software HR), Mekari Flex (Aplikasi Manajemen Benefit Karyawan), Mekari Klikpajak (Aplikasi Pajak Mitra Resmi DJP), Mekari Qontak (Software CRM), Mekari Jurnal (Software Akuntansi), & Mekari Sign (Software Tanda Tangan Elektronik), serta Mekari University (Platform Pembelajaran Profesional).

1. Platform E-commerce: Amazon, Alibaba

Amazon dan Alibaba adalah dua platform e-commerce terkemuka di dunia. Amazon didirikan oleh Jeff Bezos, seorang pengusaha asal Amerika Serikat dan menawarkan berbagai produk mulai dari elektronik, pakaian, hingga buku dan layanan digital. Tidak mau kalah, Alibaba yang didirikan oleh Jack Ma menjadi platform e-commerce terkemuka di Tiongkok, tetapi menawarkan berbagai produk dari penjual di seluruh dunia.

2. Platform Media Sosial: Facebook, Instagram, Twitter

Pasti Anda sudah familier dengan beberapa nama platform media sosial ternama, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Facebook adalah platform media sosial terbesar dengan miliaran pengguna di seluruh dunia, disusul oleh Instagram yang berfokus pada sarana berbagi foto dan video. Di sisi lain, ada Twitter yang menjadi platform untuk berbagi pemikiran, pendapat, dan konten dalam bentuk pesan singkat yang disebut ‘tweet’.

3. Platform Berbagi Konten: YouTube, TikTok

Sarana hiburan masa kini sudah meluas dengan kehadiran platform berbagi konten seperti YouTube dan TikTok. Melalui YouTube, pengguna bisa menonton dan berinteraksi dengan video dari berbagai kategori. Ada juga TikTok yang populer pada saat ini dan menyajikan video pendek. Keistimewaan YouTube dan TikTok dibandingkan media hiburan lainnya adalah pengguna bisa berkreasi dan membagikan kontennya dengan bebas.

4. Platform Pendidikan Online: Udemy, Coursera

Udemy dan Coursera adalah dua platform pendidikan online yang terkenal. Udemy menyediakan berbagai kursus online yang diajarkan oleh instruktur secara independen. Pengguna bisa memilih kursus yang sesuai dengan minat serta belajar secara mandiri. Sedangkan Coursera bekerja sama dengan institusi pendidikan terkemuka untuk menawarkan kursus-kursus online berkualitas. Coursera memberikan kesempatan kepada pengguna internet mana pun untuk belajar dari para ahli di bidangnya.

5. Platform Keuangan Digital: PayPal, Stripe

PayPal adalah platform pembayaran elektronik yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Pengguna dapat mengirim dan menerima uang secara online dengan aman, bahkan dengan mata uang yang berbeda. Sedangkan Stripe adalah platform pembayaran yang memungkinkan perusahaan untuk menerima pembayaran kartu kredit dan debit secara online.

6. Platform Transportasi Online: Uber, Grab

Uber dan Grab adalah dua contoh platform transportasi online yang populer di berbagai negara. Keduanya menyediakan layanan pemesanan transportasi melalui aplikasi mobile. Pengguna bisa memesan ojek, taksi, mobil, atau layanan transportasi lainnya dengan mudah. Pengemudi dan penumpang saling terhubung sehingga platform ini menyediakan kemudahan serta efisiensi dalam transportasi.

Manfaat Platform Digital dalam Konteks Berbagai Sektor

manfaat platform digital di berbagai sektor

Platform digital membawa manfaat bagi bisnis, terlepas dari sektor yang Anda tekuni. Berikut adalah manfaat platform digital dalam berbagai sektor.

1. Dampak Platform Digital dalam Bisnis dan Pemasaran

Platform digital telah mengubah metode bisnis dan pemasaran dilakukan. Perusahaan bisa memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual produk secara online, mencapai audiens yang lebih luas, dan meningkatkan penjualan. Selain itu, platform digital juga menyediakan alat pemasaran yang efektif seperti iklan berbayar, targeting audiens yang tepat, dan analisis data untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran.

2. Peran Platform Digital dalam Pendidikan dan Pembelajaran

Platform digital membuka akses yang luas terhadap pendidikan dan pembelajaran. Kini, siapa pun bisa mengakses materi yang diinginkan, bahkan dari ahlinya. Selain itu, platform digital juga menyediakan berbagai sumber daya pendidikan seperti video pembelajaran, modul interaktif, dan forum diskusi yang memfasilitasi pembelajaran mandiri dan kolaboratif.

3. Kontribusi Platform Digital dalam Masyarakat dan Kehidupan Sehari-hari

Platform digital telah mengubah cara masyarakat berinteraksi, berbagi informasi, bahkan menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan adanya platform media sosial, kini membuat setiap orang saling terhubung dan berbagi dengan orang lain di seluruh dunia. Platform transportasi online seperti Uber dan Grab memudahkan mobilitas dan transportasi bagi banyak orang. Selain itu, platform digital juga memberikan akses mudah dan keterjangkauan terhadap berbagai layanan, hiburan, dan informasi yang bisa meningkatkan kualitas hidup.

Singkatnya, platform digital sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, bisnis perlu menghadirkan platform digital agar tetap bersaing dan terhubung dengan target pasarnya.

Kunci keberhasilan platform digital adalah langkah pemasaran yang dilakukan sehingga bisa menjangkau banyak pengguna. Ya, pada akhirnya, platform digital yang Anda buat tentu dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna, bukan? Maka dari itu, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat, seperti menggunakan Jasa SEO dari ToffeeDev. Sudah banyak bisnis pemilik platform digital yang bekerja sama dengan kami, dan sekarang giliran Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau mulai berkonsultasi dengan team expert ToffeeDev!

Share this post :

Scroll to Top