Digital Marketing Channel: Pengertian dan Rekomendasinya

Digital Marketing Channel adalah

Digital marketing channel adalah saluran atau media dari pemasaran digital yang digunakan untuk melakukan pemasaran produk atau layanan. Digital marketing channel memungkinkan Anda untuk terhubung dan terlibat dengan target audiens secara efisien dan efektif. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus dapat memanfaatkan digital marketing channel dengan sebaik mungkin.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa saja digital marketing channel yang dapat digunakan, mulai dari pengertiannya hingga beberapa rekomendasinya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Digital Marketing Channel?

Ilustrasi Pria Sedang di Depan laptop

Digital marketing channel adalah platform yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau audiens target untuk melakukan promosi atau pemasaran merek, produk, atau layanan Anda. Selain untuk promosi dan pemasaran, channelchannel ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengelola customer care.

Namun, tidak semua jenis digital marketing channel cocok untuk setiap tujuan bisnis Anda. Beberapa channel mungkin lebih cocok untuk jenis audiens tertentu, sementara yang lain harus diatur dengan lebih rinci untuk digunakan. Dengan demikian, Anda harus mengetahui digital marketing channel mana yang akan digunakan dan kemudian menerapkan praktik terbaik untuk mencapai tujuan tertentu.

Sebagian besar tujuan bisnis mungkin terkait dengan menghasilkan prospek, meningkatkan brand awareness, meningkatkan konversi, dan lain sebagainya, hingga pada akhirnya mendapatkan lebih banyak penjualan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat mengombinasikan beberapa digital marketing channel sekaligus untuk melakukan pemasaran atau customer care.

Baca Juga: Pengertian Dan 5 Jenis Marketing Channel Untuk Mengembangkan Bisnis

4 Manfaat Digital Marketing Channel

Setiap bisnis harus dapat memanfaatkan strategi pemasaran dan alat-alatnya yang tepat sasaran, seperti digital marketing channel. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan digital marketing channel yang perlu Anda ketahui.

1. Targeting yang Lebih Baik

Salah satu manfaat utama dari digital marketing adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens dengan lebih baik. Anda dapat menggunakan informasi demografis, sejarah pencarian, dan data lainnya untuk menargetkan iklan kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik pada produk atau layanan Anda. Ini dapat meningkatkan efektivitas iklan Anda dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

2. Analisis yang Lebih Baik

Dengan menggunakan digital marketing channel, Anda dapat dengan mudah mengukur hasil dari kegiatan pemasaran yang dilakukan. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang bekerja dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan hasil yang didapat.

Banner - Ads General

3. Biaya yang Lebih Rendah

Salah satu manfaat utama dari penggunaan digital marketing channel adalah biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Anda dapat membuat iklan online dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada membuat iklan di televisi atau radio. Selain itu, Anda juga dapat menargetkan audiens dengan lebih baik sehingga meningkatkan efektivitas iklan Anda.

4. Fleksibel Mengikuti Strategi Pemasaran

Dalam saluran pemasaran digital, bisnis memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menyesuaikan strategi pemasaran mereka. Artinya, jika sebuah kampanye pemasaran tidak berhasil, perusahaan atau individu dapat dengan mudah mengubah strategi dengan melakukan perubahan pada media atau platform yang digunakan.

6 Rekomendasi Digital Marketing Channel

Tangan di Tablet

Saluran (channel) pemasaran dalam digital marketing sangat bervariasi dan dapat berguna untuk berbagai macam tujuan bisnis. Berikut ini adalah berbagai contoh digital marketing channel dan bagaimana masing-masing channel dapat menguntungkan perusahaan Anda.

1. Website

Website adalah salah satu saluran yang harus dimiliki oleh setiap bisnis. Website dapat menyediakan platform khusus yang dapat digunakan untuk mengedukasi audiens tentang merek, produk, dan layanan Anda.  Seberapa besar pun ukuran perusahaan, website dapat memberikan kehadiran online yang dibutuhkan bisnis Anda, baik untuk meningkatkan brand awareness maupun penjualan.

Ada beberapa praktik terbaik yang dapat Anda diikuti saat menggunakan situs web sebagai digital marketing channel:

  • Buat user-friendly: Website Anda harus mudah dinavigasi dan memiliki struktur yang jelas.
  • Optimasi: Gunakan kata kunci dan teknik SEO lainnya untuk membantu meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil mesin pencari.
  • Sertakan CTA: Dorong pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian, mengikuti media sosial, atau melakukan subscribe email.
  • Unggah konten: Anda dapat memberikan konten yang menarik dan informatif untuk meningkatkan keterlibatan dan mengedukasi pengunjung website.
  • Integrasikan dengan media sosial: Tautkan website ke profil media sosial Anda dan permudah pengunjung untuk membagikan konten Anda di media sosial.
  • Pantau dan analisis lalu lintas website: Gunakan alat seperti Google Analytics untuk melacak bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda dan lakukan penyesuaian seperlunya.

Dengan mengikuti praktik di atas, website Anda dapat menjadi digital marketing channel yang efektif untuk mempromosikan merek, produk, dan layanan Anda, serta untuk menjangkau pelanggan baru.

Baca Juga: Pentingnya 5 Konsep Digital Marketing

2. Email Marketing

Email marketing adalah digital marketing channel yang melibatkan pengiriman pesan pemasaran atau iklan ke sekelompok orang melalui email. Ini adalah cara yang efektif bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan dan prospek, serta dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan layanan, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun loyalitas pelanggan.

Ada sejumlah praktik terbaik yang dapat Anda ikuti terkait pemasaran email, termasuk:

  • Mendapatkan izin untuk mengirim email: Penting bagi setiap bisnis untuk hanya mengirim email ke orang yang telah memberi izin untuk melakukannya. Ini dapat dilakukan melalui proses subscribe, di mana audiens secara eksplisit setuju untuk menerima email dari Anda.
  • Personalisasi email: Email yang dipersonalisasi cenderung lebih efektif daripada yang dituju untuk umum. Jadi, cobalah untuk menggunakan nama penerima dan informasi pribadi lainnya saat menyusun email.
  • Menggunakan subjek yang menarik: Subjek adalah apa yang membuat orang membuka email Anda, jadi pastikan itu dapat menarik perhatian.
  • Optimalkan untuk mobile: Banyak orang yang membaca email di smartphone. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengoptimalkan email Anda untuk perangkat mobile.
  • Melacak dan menganalisis hasil: Penting untuk melacak hasil kampanye email Anda dan melakukan penyesuaian lebih lanjut berdasarkan data. Ini dapat membantu Anda meningkatkan efektivitas email dari waktu ke waktu.

Secara keseluruhan, email marketing dapat menjadi saluran yang ampuh untuk bisnis yang ingin menjangkau dan melibatkan pelanggan dan prospek.

Banner - Ebook Ads

3. Media Sosial

Social media marketing adalah digital marketing channels yang melibatkan penggunaan website dan aplikasi media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan. Ini adalah cara yang sangat efektif bagi bisnis untuk menjangkau dan terlibat dengan audiens target mereka, serta untuk membangun kesadaran dan loyalitas merek.

Ada banyak sekali platform media sosial yang berbeda-beda untuk dipilih, dan masing-masing memiliki fitur dan audiens tersendiri. Beberapa platform media sosial yang paling populer termasuk Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan bahkan belakangan ini, TikTok.

Baca Juga: Multi Channel Marketing: Definisi, Fungsi dan Strateginya

4. PPC (Pay-per-click)

Pay-per-click (PPC) adalah saluran pemasaran digital yang melibatkan penempatan iklan di mesin pencari, website, atau platform online lainnya. Biasanya, Anda akan membayar sebuah biaya setiap kali iklan tersebut diklik. Ini adalah cara yang sangat efektif bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka dan mengarahkan lalu lintas ke website.

Iklan PPC biasanya melibatkan penggunaan alat seperti Google AdWords untuk membuat dan mengelola kampanyenya. Saat pengguna mencari kata kunci atau frasa tertentu, iklan PPC akan muncul di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian, atau di website dan platform lain yang telah setuju untuk menampilkan iklan tersebut.

5. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan situs web agar lebih mudah ditemukan dalam hasil pencarian pada mesin pencari seperti Google. Dalam penerapan SEO, bisnis dapat menggunakan berbagai teknik, seperti mengoptimalkan konten situs web, melakukan penelitian kata kunci, atau memperbaiki struktur situs web untuk meningkatkan peringkatnya di hasil pencarian.

6. Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah metode pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan situs web atau bisnis melalui iklan yang ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari. Dengan menggunakan SEM, bisnis dapat menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google dan membayar setiap kali pengunjung mengklik iklan tersebut.

Banner - Lead Gen Ads

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan iklan PPC, Anda dapat menggunakan Jasa Google Ads dari ToffeeDev. Selain Google Ads, kami juga menyediakan layanan pemasaran digital lainna, seperti Facebook (Meta) Ads, SEO, hingga Web Development. Tertarik menggunakannya? Hubungi kami di sini untuk langsung berbicara dengan tim profesional kami!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top