Cara Membuat Privacy Policy
5 Cara Membuat Privacy Policy Website, Praktis dan Ringkas
Maret 8, 2021
Blogspot atau Wordpress
Blogspot atau WordPress, Mana yang Terbaik?
Maret 8, 2021

7 Langkah Cara Daftar Google News yang Sederhana

Cara Daftar Google News

Cara Mendaftar Google News

Anda bisa memperoleh traffic dari berbagai jenis konten di website. Bagi Anda yang membangun konten berita, mengetahui cara daftar Google News adalah sebuah keharusan. Dengan cara ini, konten berita yang Anda miliki bisa muncul di Google News. Alhasil, Anda bisa mendapatkan traffic organik yang cukup tinggi. 

Google News berbeda dengan halaman pencarian Google konvensional. Sesuai dengan namanya, Google News secara khusus menampilkan hasil pencarian konten berita. Dengan memanfaatkan Google News, penggunanya bisa memperoleh informasi terbaru berdasarkan sumber berita, topik, ataupun lokasi. 

Cara Daftar Google News

Proses pendaftaran website ke Google News tidaklah sulit. Anda hanya perlu melalui 7 tahapan, yaitu: 

1. Login akun Google

Pertama, Anda perlu masuk ke Akun Google. Pastikan bahwa Anda memasukkan kombinasi nama akun dan password yang sesuai. Pastikan bahwa email Google yang Anda pakai sama dengan akun di Google Search Console (GSC). Dengan begitu, proses pendaftaran jadi lebih ringkas. 

2. Masuk ke Publisher Center Google

Langkah kedua, Anda dapat menuju ke Publisher Center Google. Setelah itu, tekan tombol bertuliskan “Add publication” yang muncul di layar. Masukkan informasi website yang akan didaftarkan secara lengkap, termasuk di antaranya adalah nama website, deskripsi, kategori, bahasa pengantar, serta alamat website

3. Verifikasi website

Saat memasukkan url website, Anda perlu melakukan verifikasi. Proses verifikasi bisa Anda lakukan dengan menekan tulisan “Verify in search console”. Kalau Anda menggunakan akun Google yang sama dengan email di GSC, proses verifikasi akan berlangsung singkat. Setelah itu, Anda perlu memasukkan informasi lain seperti kontak email serta tracking menggunakan akun Google Analytics. 

4. Konten

Selanjutnya, tampilan layar akan berganti ke halaman konten. Di sini, Anda perlu memasukkan rubrik yang dimunculkan pada Google News. Selain itu, Anda juga diminta untuk memasukkan label konten. 

5. Pengaturan Logo

Tahap berikutnya, Google akan meminta Anda untuk memasukkan logo. Terdapat 2 jenis logo yang perlu Anda kirimkan, yakni logo persegi dan logo lebar. Pastikan bahwa logo yang Anda miliki mempunyai ukuran sesuai dengan ketentuan Google News. Tekan tombol Next dan Anda perlu melakukan pengaturan iklan dan advanced. Anda bisa melewati kedua tahapan tersebut. 

6. Review

Terakhir, Anda perlu mengecek bahwa setiap poin sudah terisi dengan benar. Kalau pengisiannya sudah lengkap dan benar, tekan tombol Publish. 

7. Tunggu hasil review

Setelah semua tahapan selesai, maka Anda perlu menunggu hasil penilaian Google. Proses tunggu bisa mencapai 3 – 5 hari kerja. Kalau website Anda diterima, maka konten berita yang ada di website bisa muncul di halaman Google News. 

Syarat Website Diterima Google News

Anda sudah mengikuti setiap tahapan dalam cara mendaftar Google News secara lengkap. Namun, ada kalanya permintaan pendaftaran itu memperoleh penolakan dari Google. Hal ini bisa terjadi ketika website tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Ada 2 syarat utama yang perlu Anda penuhi kalau ingin daftar Google News, yaitu: 

1. Bangun website berita

Google News memang menerima permintaan pendaftaran berbagai jenis website. Namun, untuk menghindari penolakan Google, pastikan bahwa website yang didaftarkan adalah website berita. 

2. Konten berkualitas

Syarat kedua, kamu perlu membangun konten yang berkualitas tinggi, memenuhi unsur jurnalistik, dan bukan konten plagiat. Konten kamu sajikan melalui website juga harus berupa informasi terbaru. Tak ketinggalan, cantumkan identitas website secara jelas. 

Baca Juga: INILAH 5 TIPS MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK!

Nah, itulah tahapan cara daftar Google News yang bisa kamu praktikkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments