5 Cara Membangun Backlink Berkualitas

Bagaimana cara membangun backlink berkualitas? Digital marketing menjadi salah satu bidang yang sangat mampu memberikan dampak maksimal bagi bisnis. Mengapa bisa begitu? Ketika perilaku masyarakat yang berposisi sebagai konsumen mulai berpindah ke dunia digital, maka bisnis perlu berusaha lebih jauh dengan melakukan aksi “jemput bola”, yakni memanfaatkan strategi-strategi dalam digital marketing. 

Ada berbagai strategi dalam digital marketing yang dapat dimanfaatkan dalam membangun bisnis Anda menjadi lebih besar lagi. Dimulai dari memanfaatkan Ads di internet hingga SEO (Search Engine Optimization). Namun dalam artikel pembahasan backlink kali ini, kita akan berfokus pada strategi SEO. 

Saat ini SEO semakin disadari mampu meningkatkan level bisnis menjadi lebih baik. Ada berbagai bisnis dan industri yang memanfaatkan SEO. Mereka sadar bahwa dalam meningkatkan bisnis, tidak bisa lagi hanya memanfaatkan strategi-strategi dalam dunia nyata saja. Dibutuhkan juga strategi bisnis di dunia maya. Itulah mengapa SEO menjadi strategi yang relevan untuk digunakan pada saat ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang SEO, pada dasarnya strategi dalam digital marketing ini berfokus pada meningkatkan pengunjung ke dalam website bisnis dengan mencapai posisi pertama dalam hasil mesin pencari. Ketika jumlah pengunjung ke dalam website semakin banyak, maka apa yang bisa dirasakan? Ada dua keuntungan yang dapat dirasakan, yakni meningkatkan brand awareness terhadap merek dan produk, serta penjualan lebih tinggi pula. Namun pada praktiknya, fokus utama SEO memang meningkatkan brand awareness terlebih dulu. Ketika brand awareness telah naik, maka sisi penjualan juga meningkat. 

Sekarang pertanyaannya, bagaimana melakukan strategi SEO dalam website bisnis? Mari mengenal SEO hingga backlink lebih dalam bersama Digital Marketing Agency ToffeeDev yang telah merangkum informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal SEO Off Page hingga Backlink

SEO terdiri dari beberapa tahapan dari sisi pengerjaan agar mendapatkan hasil maksimal. Namun jika dikelompokkan, maka ada dua bagian SEO, yakni On Page dan Off Page. Khusus untuk backlink sendiri, bagian ini masuk ke dalam Off Page. Oleh karena itu, kita akan membahas Off Page secara mendalam di sini.

SEO Off Page adalah langkah optimasi dari SEO yang dilakukan khusus di luar konten dan website. Ya, ketika SEO On Page berfokus pada hal-hal di dalam website, sebaliknya, SEO Off Page malah di luar website atau bisa disebut juga faktor eksternal. 

Jika dibedah lebih dalam, SEO Off Page hanya terdiri dari dua hal saja, yaitu inbound link atau backlink dan media sosial. Sayangnya, banyak orang yang memang hanya fokus pada backlink saja. Padahal jika backlink dan media sosial sama-sama dioptimasi secara maksimal, maka hasilnya menjadi jauh lebih baik. Namun bagaimana caranya melakukan SEO Off Page yang baik dan benar?

Baca Juga: 7 Faktor SEO yang Penting dan Wajib ada untuk Website Anda

Ragam Cara Optimasi SEO Off Page, Termasuk Link Building

Total ada enam cara untuk melakukan optimasi SEO Off Page. Apa saja caranya? Berikut ulasan selengkapnya hanya untuk Anda.

1. Link Building/Backlink

SEO Off Page tidak akan bisa lepas dari yang namanya link building dan backlink. Bagian utama dari cara optimasi ini adalah mendapatkan link sebanyak mungkin dari website lain untuk masuk ke dalam website bisnis Anda. Ketika banyak website yang memasukkan link website Anda, maka Google melihat bahwa situs bisnis tersebut jauh lebih tepercaya. Organic traffic yang menjadi bagian penting dalam SEO pun juga lebih tinggi. Itulah mengapa Anda harus memperkuat backlink website Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini. Apa saja caranya?

2. Page Authority dan Domain Authority

Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua website menjadi layak untuk Anda jadikan backlink. Alasan utamanya adalah ada saja website-website yang kurang tepercaya. Alih-alih meningkatkan kualitas organic traffic, hasilnya malah pihak Google tidak melihat itu sebagai hal yang bagus. Kualitas link dapat diukur dengan Page Authority dan Domain Authority. 

Domain Authority adalah kualitas backlink dari sebuah domain secara keseluruhan. Semakin tinggi angka yang muncul, maka kualitas link dari domain itu juga semakin bagus. Sebaliknya, Page Authority adalah kualitas link di suatu laman tertentu. Sistem penilaiannya juga sama dengan Domain Authority. 

Dalam melihat kedua hal ini, Anda tidak bisa melakukan pengukurannya sendiri. Dibutuhkan bantuan tools SEO agar mampu mengetahui apakah Page Authority dan Domain Authority sudah baik atau belum.

3. Anchor Text

Anchor Text adalah teks berisikan link yang dapat diklik oleh pengunjung website. Google melihat hal ini sebagai salah satu faktor yang mampu memengaruhi kualitas pencarian. Ketika link dengan Anchor Text sama persis dengan kata kunci dalam konten tersebut, maka kualitas hasil pencarian menjadi jauh lebih baik. Jasa SEO

4. Dofollow dan Nofollow

Dofollow adalah link yang dideteksi oleh mesin Google untuk meningkatkan kualitas authority website tersebut. Ketika ada link di dalam sebuah website, maka sudah diatur sebagai Dofollow.

Untuk Nofollow, artinya adalah link yang memang disertai dengan tag tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberikan sinyal kepada Google agar tidak mendeteksi link tersebut. Itulah yang membuat link Nofollow tidak memberikan pengaruh pada kualitas authority website tersebut.

5. Relevansi

Relevansi yang dimaksud di dalam SEO Off Page adalah mendapatkan backlink dari website dengan satu niche sesuai website bisnis Anda. Jadi, jika niche website Anda adalah properti, maka cobalah mendapatkan backlink dari website properti juga. Itulah yang dimaksud relevansi dalam SEO Off Page.

6. Trafik

Poin penting lainnya perihal link building dan backlink adalah trafik. Jika Anda bisa mendapatkan backlink dari website dengan trafik tinggi, maka kemungkinan besar hal tersebut juga mampu berimbas pada website Anda sendiri. Kemungkinan link menuju ke website Anda semakin besar berkat tingginya trafik. 

Jadi dari penjelasan di atas, Anda perlu mendapatkan backlink dari website dengan authority yang bagus, menggunakan anchor text sesuai, memberikan link Dofollow, relevan dari segi niche, dan memiliki trafik tinggi. Walau tidak semua website dapat memberikan poin-poin di atas, setidaknya ada dua atau tiga poin yang mampu didapatkan dari mereka. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

7. Media Sosial

Unsur SEO Off Page yang satu lagi adalah media sosial. Tidak dapat dimungkiri bahwa perkembangan sosial media di dunia sangatlah besar. Sebut saja ada Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, bahkan LinkedIn juga dapat termasuk dalam kelompok media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, maka Anda bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak ke dalam website. Tentu saja caranya melalui share berbagai link laman website di media sosial milik bisnis Anda.

Ketika semakin banyak yang mau secara sukarela membagikan konten-konten berisi link laman website di media sosial milik mereka, maka semakin besar pula kemungkinan dalam menjangkau pasar lebih luas. Konten-konten yang Anda ciptakan dan ada di dalam website semakin banyak dibaca. Dengan begitu, konten tersebut banyak dibicarakan, dibagikan, hingga menjadi rujukan website atau media lainnya. Itulah yang membuat share di media sosial menjadi hal penting dalam SEO Off Page.

Selain kedua poin di atas, masih ada poin-poin lainnya yang dapat Anda manfaatkan dalam SEO Off Page, seperti membuat Google My Business, mendapatkan review produk dari website lain, hingga listing bisnis di beberapa website seperti GrabFood, Zomato, hingga TripAdvisor (berfokus pada bisnis hospitality & kuliner). Manfaat seluruh poin-poin dalam SEO Off Page agar bisnis Anda semakin maju lagi, khususnya di era digital seperti sekarang ini.

Pilihan Cara Membangun Backlink Berkualitas

Setelah Anda mengenal SEO Off Page lebih dalam, sekarang waktunya memahami bagaimana cara membangun backlink yang berkualitas. Membangun backlink memang bukan perkara mudah. Tentu saja tidak mudah karena Anda tak memiliki kuasa penuh di dalam pengoptimalannya. Optimasi ini akan bergantung dengan website-website lain di luar sana agar mereka mau memasukkan link laman website bisnis milik Anda.

Namun untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas juga bukan perihal mudah. Inilah yang membuat backlink menjadi salah satu bagian sulit dalam strategi SEO. Anda tidak memegang kontrol penuh untuk mendapatkan backlink, ditambah lagi dengan sulitnya mencari backlink berkualitas. Walaupun begitu, dengan usaha yang dilakukan, maka sudah sepantasnya Anda bisa mendapatkan backlink tersebut.

Saat ini terdapat beragam cara untuk menbangun backlink berkualitas. Cara paling instan adalah membayar pemilik website lain agar mereka mau meletakkan link laman website Anda di dalamnya. Bentuk konten yang dihasilkan seperti content placement atau sponsored post. Cara ini memang memakan biaya yang lebih besar dengan hasil yang instan. Namun jika memang ingin memulai dari bawah, maka itu bukan hal yang salah juga karena memang sebenarnya bisa dilakukan. Bentuk konten untuk cara membangun backlink gratis adalah memanfaatkan meletakkan backlink profile, guest post, hingga social bookmarking

Penasaran dengan cara membangun backlink berkualitas? Berikut penjelasan selengkapnya agar Anda tidak salah langkah sehingga mampu mendapatkan backlink terbaik bagi bisnis website.

1. Membuat Konten Menarik dan Unik

Backlink tidak pernah lepas dari yang namanya konten. Bahkan bisa dibilang, konten menjadi bagian penting dalam website. Dimulai dari homepage, laman produk, hingga laman About Us. Semuanya diisi oleh konten yang memang sengaja dibuat agar mampu menjual produk atau jasa yang dipasarkan, sekaligus menjadi medium promosi dan informasi terkait bisnis tersebut.

Di dalam website pasti terdapat section blog yang berisi beragam artikel tentang produk, jasa, hingga informasi pendukung berhubung dengan niche bisnis Anda. Untuk mendapatkan backlink menuju ke konten-konten dalam blog tersebut, maka jangan lupa untuk membuat konten yang menarik dan unik. Cobalah fokus untuk mencari ide-ide baru sebagai konten artikel. Dengan membuat konten yang menarik dan unik, maka website-website lain bisa saja menjadi tertarik untuk menjadikan artikel tersebut sebagai rujukan dan meletakkan link laman itu di dalamnya. 

Tapi jangan sampai lupa untuk selalu melakukan optimasi pada konten-konten yang Anda buat. Carilah keyword yang dapat ditargetkan dengan jumlah volume search tinggi dan competition rendah. Dengan begitu, maka optimasi konten-konten tersebut semakin maksimal untuk menarik pengunjung ke dalam website, termasuk melalui hasil pencarian di Google. 

2. Membangun Relasi 

Apa maksud dari membangun relasi dalam poin ini? Backlink bisa Anda dapatkan dengan menjalin hubungan pertemanan dengan orang lain yang memiliki website lain. Jadi, Anda dan pihak tersebut dapat saling mendukung dalam optimasi website dengan saling bertukar link laman website

Cara ini memang terhitung unik dan jarang dilakukan, khususnya dalam skala bisnis karena masing-masing memiliki persaingan tersendiri. Namun jika memang dapat mengesampingkan persaingan bisnis, membangun relasi untuk saling bertukar backlink bukanlah ide yang buruk. Apakah Anda mulai tertarik untuk melakukannya? Cobalah mencari relasi yang ingin diajak bertukar backlink agar sama-sama mendapatkan kemudahan dari optimasi SEO ini.

3. Melakukan Blogwalking

Tidak banyak orang yang memahami apa itu blogwalking. Dari segi namanya sendiri, sebenarnya sudah dapat terlihat apa maksud dari aktivitas ini. Aktivitas blogwalking adalah kegiatan dengan masuk ke blog orang lain lalu meninggalkan komentar di sana. Komentar Anda sebaiknya berisikan pertanyaan atau pujian atas konten tersebut. Selanjutnya, jangan lupa untuk meletakkan laman website Anda di dalam komentar tersebut. 

Cara ini mungkin terhitung mudah. Namun sayangnya, semakin hari, aktivitas blogwalking tidak lagi dianggap efektif. Selain memakan waktu lama dan cukup merepotkan, hasilnya pun juga kurang besar dalam mendongkrak pengunjung ke dalam website Anda. Hal inilah yang akhirnya membuat aktivitas blogwalking sudah ditinggalkan.

Jika Anda memang masih tertarik untuk mencoba blogwalking, maka jangan ragu dalam melakukannya. Ada beragam manfaat lain dari blogwalking yang bisa dirasakan. Dimulai dari memperluas networking, mendapatkan inspirasi baru dari isi konten tersebut, mendapatkan bantuan dari blogger lainnya, menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas konten, dan tentunya mempromosikan blog Anda juga. 

Jangan lupa untuk mencari blog dengan niche yang sama agar saling berkaitan. Selain itu, berikan isi komentar yang relevan dan pelajari komentar mereka. Dengan melakukan cara ini, maka aktivitas blogwalking Anda tidak akan sia-sia, serta mendapatkan manfaat lebih besar dibandingkan hanya meletakkan link website di kolom komentar.

4. Menulis Informasi yang Banyak Dicari

Banyak orang yang fokus untuk mendapatkan backlink ketika mereka baru menjalankan optimasi SEO. Ya, backlink memang penting dalam meningkatkan trafik ke dalam website. Namun tidak berhenti di situ saja. Poin ini malah menjadi sangat penting untuk dilakukan sebelum berusaha mendapatkan backlink. Ya, Anda harus menulis informasi yang memang banyak dicari oleh pengguna internet.

Untuk menulis informasi yang banyak dicari, cara utamanya adalah keyword research paling tepat sesuai niche bisnis Anda. Selanjutnya, ciptakan konten artikel yang SEO friendly dengan topik fokus kepada keyword tersebut. Konten artikel yang dibuat sudah pasti tidak hanya satu buah saja. Anda harus melakukan cara ini secara konsisten. 

Membuat konten artikel untuk website secara konsisten memang bukan perkara mudah. Selain harus memiliki niat besar dalam memproduksi konten-konten tersebut secara konsisten dan berkualitas, keyword research wajib dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Setiap konten yang dibuat harus dioptimasi sesuai keyword-nya. Jangan sampai Anda malah tidak mengoptimasi konten tersebut karena hasil akhirnya menjadi sia-sia saja. Jadi, mari menulis informasi yang banyak dicari secara konsisten untuk bisa menjadi website tepercaya. Niscaya, backlink dari website lain akan datang secara sendiri.

5. Menggunakan Tools

Benar sekali, Anda dapat menggunakan tools SEO untuk menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dengan ketersediaan data tersebut, maka Anda bisa melihat target dalam membuat link building yang jauh lebih optimal dibandingkan kompetitor. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan tools SEO ini harus berlangganan terlebih dulu. Tapi Anda jangan menganggap ini sebagai suatu hal yang merugikan karena harus merogoh kocek lebih dalam. 

Tools SEO sangat diperlukan untuk optimasi SEO website Anda karena ada berbagai fitur bermanfaat di dalamnya. Walaupun tersedia versi gratis, tetap saja versi berbayar jauh lebih bagus untuk digunakan. Jika memang ingin merasakan optimasi paling maksimal, maka jangan pernah ragu untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan tools SEO berbayar. 

Cara Membuat Backlink Sendiri

Sebenarnya Anda dapat membuat backlink sendiri agar semakin banyak trafik yang menuju ke website tersebut. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan beberapa website terlampir di bawah ini. Ikuti cara selengkapnya untuk mendapatkan hasil backlink yang sempurna.

1. Medium.com

Medium menjadi salah satu website layaknya Blogspot atau WordPress yang popularitasnya semakin meningkat. Anda dapat menuliskan berbagai macam artikel di dalam Medium sesuai keinginan. Untuk mendapatkan backlink sendiri, cobalah membuat konten artikel, lalu sisipkan link yang mengarah ke website Anda. Sebaiknya, sesuaikan topik artikel di dalam Medium dan konten dalam website sendiri agar memiliki niche yang sama.

2. YouTube

Ya, YouTube dapat menjadi tempat mendapatkan backlink website bisnis Anda. Domain Authority YouTube sendiri sangatlah tinggi. Untuk mendapatkan backlink dari YouTube, coba dua cara ini:

  • Pasang URL homepage website  di halaman profil About Me channel YouTube Anda
  • Buatlah video sendiri, lalu letakkan URL homepage website atau link artikel dalam blog di bagian deskripsi video

Dari dua cara di atas untuk memaksimalkan channel YouTube sendiri dalam mendapatkan backlink, cobalah keduanya agar hasil yang Anda rasakan jauh lebih maksimal. Keberadaan URL homepage website di kolom deskripsi video dan profil About Me juga menjadi identitas atas entitas Anda dalam dunia YouTube juga. 

3. Media Sosial

Cara membuat backlink secara gratis yang paling terakhir adalah memanfaatkan media sosial. Poin ini bisa dibilang kembali kepada penjelasan awal yang telah diinformasikan. Anda dapat meletakkan URL homepage website atau link artikel dalam blog pada postingan di media sosial. 

Beberapa media sosial yang memiliki Domain Authority tinggi mencakup LinkedIn, Twitter, Facebook, Pinterest, hingga Instagram. Beberapa media sosial yang disebutkan ini sangat cocok menjadi tempat menarik trafik pengunjung ke dalam website. Jadi, jangan sampai melewatkan peluang untuk membuat backlink secara gratis dan cepat melalui channel media sosial bisnis Anda. 

Kesimpulan

Dari informasi membangun backlink berkualitas yang telah diberikan di atas, maka sekarang Anda sudah memahami masing-masing caranya. Backlink berkualitas untuk website memang sangatlah diperlukan, khususnya untuk meningkatkan trafik pengunjung dan mencapai peringkat pertama dalam mesin pencari. 
Website atau blog memang sebaiknya dioptimasi secara optimal menggunakan beragam jenis backlink. Jangan sampai Anda membiarkan website bisnis yang dimiliki tidak mendapatkan optimasi SEO yang tepat.  Melakukan optimasi website bisnis dengan SEO memang membawa manfaat besar. Beruntung, sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk menjalankan strategi SEO karena ToffeeDev telah memiliki Jasa SEO yang didukung tim profesional dan berpengalaman untuk mencapai target bisnis. Kunjungi ToffeeDev sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat