Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Seiring dengan perkembangan zaman, internet bukan sekadar tempat mencari informasi, tapi juga sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya dengan menjadi blogger, YouTuber, atau yang terbaru digital marketer. Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet. Kuncinya hanya terletak pada kejelian dalam melihat peluang di internet dan memanfaatkannya untuk menghasilkan keuntungan. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet?

Buat kalian yang beli tahu berikut ini berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan internet berikut ini. 

1. Menjadi YouTuber

YouTube memberikan peluang kepada siapa saja yang ingin berkarya. Pengguna YouTube pun mendapatkan akses untuk mengunggah video dan menjadikannya ladang penghasilan.  Ada dua cara mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan platform YouTube. Pertama, menggunakan sistem iklan yang disediakan dan mengarahkan subscriber untuk mengunjungi media sosial atau website Anda. Kedua, menjadi YouTuber dengan tampil di kamera. 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Edit Video Untuk YouTube

Bagi Anda yang nyaman dan percaya diri tampil di depan kamera, maka buatlah channel YouTube sendiri. Isi kontennya bisa berupa video hiburan atau edukasi. Video hiburan mencakup web series, komedi, review, dan game. Sedangkan video edukasi berisi konten tutorial yang bertujuan memberikan informasi serta ilmu baru kepada viewers. 

2. Membangun toko online

Belakangan ini situs e-commerce atau toko online semakin populer, terlebih dengan adanya platform yang memudahkan pembuatan toko online berupa website ecommerce sendiri. Itulah kenapa alih-alih menjual produknya melalui media sosial atau ikut marketplace, orang-orang lebih memilih untuk membangun toko online sendiri. Anda pun bisa mencoba cara ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tinggal tentukan produk yang dijual dan target konsumennya. 

Baca Juga : Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

3. SEO specialist

Tugas utama seorang SEO specialist adalah melakukan optimasi pada sebuah website agar memiliki rating tinggi sehingga muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Jika Anda senang menggunakan Google maupun platform sejenis untuk menggali informasi, maka menjadi SEO specialist bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet. 

Kalau sudah terbiasa mengutak-atik algoritma Google, maka Anda tinggal melamar kerja sebagai SEO specialist di sebuah perusahaan. Bisa juga mencari pekerjaan SEO specialist secara freelance. Nantinya, sambil bekerja Anda bisa perdalam lagi kemampuan untuk menaikkan peringkat website, pencarian kata kunci populer, membangun backlink, dan lainnya. 

Baca Juga : 4 Manfaat SEO Sebagai Penambah Income

4. Admin media sosial

Apakah Anda termasuk orang yang sangat aktif berkegiatan dan bersosialisasi di media sosial? Bahkan Anda cukup menguasai fitur yang ada didalamnya dan tahu bagaimana cara menggunakan media sosial untuk keperluan branding maupun marketing? Kalau begitu, Anda bisa coba pekerjaan yang berhubungan dengan internet, yaitu admin media sosial. Selain melamar ke perusahaan yang membutuhkan admin media sosial, Anda juga bisa menjadikannya sebagai pekerjaan paruh waktu melalui situs seperti Freelancer dan Upwork. 

Baca Juga : 4 Aplikasi Marketing Sosial Media Untuk Bisnis

5. Menjual desain

Cara mendapatkan uang dari internet yang berikutnya adalah dengan menjual desain, bisa desain untuk kaus, karpet, hingga casing smartphone. Kalau Anda punya bakat dalam menggambar, maka pas sekali melakoni pekerjaan satu ini. Sebagai permulaan, bergabunglah dengan website yang menyediakan platform bagi pembuat desain untuk memamerkan serta menjual karyanya. Pilih website yang gratis alias tidak membebankan biaya untuk mengunggah karya di dalamnya. 

Kalau mau lebih profesional lagi, Anda bisa membuat portofolio online berisi karya desain yang telah dibuat dan memang ditujukan untuk dijual. Ada banyak website yang mewadahi seniman untuk mengunggah karya dan menjualnya. Anda tinggal pilih saja mana yang kiranya cocok dengan preferensi. 
Itu dia lima pilihan cara mendapatkan uang dari internet. Tak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak pekerjaan yang berhubungan dengan internet. Oleh karena itu, Anda tinggal pilih saja pekerjaan yang kiranya sesuai dengan kemampuan dan pengalaman. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post