5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini YouTube bukanlah sekadar platform untuk menonton video. Jika bisa memanfaatkan dengan tepat, kita bisa membuat YouTube sebagai mesin penghasil uang. Kuncinya adalah jeli membaca peluang dan tentunya tidak pantang menyerah. Tidak harus viral, para YouTuber berpenghasilan tinggi justru adalah orang-orang yang pintar memanfaatkan peluang. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda ikuti.

1. Rutin upload konten

Sebelum berbicara jauh tentang meraup keuntungan dari YouTube, Anda harus paham aturan dasarnya; YouTube is all about content. Mustahil mendapat uang dari YouTube tanpa membuat konten. Untuk itu, pastikan Anda memiliki konten yang tepat sebagai “modal awal” meraih keuntungan dari YouTube.

Ada baiknya Anda membuat konten yang sesuai minat. Selain bisa berbagi pengetahuan dengan viewers, konten yang sesuai minat juga akan membantu Anda untuk tetap konsisten. Konsistensi adalah salah satu kunci untuk sukses menjadi YouTuber. Rajin-rajinlah upload video agar para viewers dan subscribers tidak melupakan eksistensi Anda di dunia YouTube. 

2. Lakukan keyword research

Menurut data dari Tubics.com, hingga akhir 2020 lalu terdapat setidaknya 37 juta channel YouTube dan jumlah tersebut terus bertambah. Apa yang bisa Anda lakukan agar tetap menonjol dibandingkan puluhan juta channel lain? Ada beberapa trik yang bisa dicoba sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube.

Cara pertama adalah melakukan keyword research. Dengan melakukan riset keyword, Anda bisa tahu seperti apa konten yang banyak dicari orang. Untuk melakukan keyword research, gunakan tool khusus seperti Google Trends. Anda juga bisa mengetikkan kata kunci pada search bar YouTube untuk mengetahui perkiraan kata kunci yang paling banyak digunakan.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Youtube Untuk Menaikkan Views

3. Menjadi YouTube Partner

Katakanlah sekarang Anda sudah memiliki jumlah views dan subscribers yang cukup banyak. Anda bisa bergabung dalam YouTube Partner Program. YouTube sendiri menetapkan syarat minimal 1.000 subscribers dan 4.000 jam waktu tonton untuk bergabung dalam program tersebut.

Dengan menjadi YouTube Partner, channel Anda pun dapat dimonetisasi. Konten yang Anda unggah nantinya akan menjadi media advertising layaknya sebuah billboard. Bedanya, “billboard“ atau papan iklan Anda ada dalam platform YouTube. Nah, dari iklan-iklan tersebut Anda akan mendapat pemasukan.

4. Kolaborasi dengan brand

Selain monetisasi, cara mendapatkan uang dari YouTube juga bisa dengan melakukan kolaborasi, khususnya kolaborasi dengan brand. Jadikan konten channel YouTube Anda sebagai portofolio untuk diajukan kepada brand. Pastikan untuk membidik brand yang memiliki citra sesuai dengan channel Anda. Dan jika disetujui, brand terkait akan menawarkan program endorsement. Dari program tersebut, Anda bisa mendapatkan produk atau bahkan uang. Di sisi lain, brand bisa mendapatkan promosi melalui channel Anda.

Semakin tinggi jumlah viewers dan subscribers Anda, maka semakin besar juga peluang untuk melakukan kolaborasi semacam ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan brand akan melakukan penawaran lebih dulu.

Baca Juga : Cara Monetisasi Video YouTube Yang Bisa Anda Coba

5. Menjual merchandise

Cara lain yang juga banyak dilakukan YouTuber untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan menjual merchandise. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh para YouTuber yang sudah memiliki basis kuat. Jenis produk yang dijual pun beragam, mulai dari mug, tumbler, stiker, hingga t-shirt

Nah, bagi Anda yang berminat menjual merchandise, sebaiknya buatlah website khusus untuk berjualan. Dalam website tersebut, Anda bisa menampilkan produk, mengatur pengiriman, hingga menjadi customer support.
Jika Anda jeli, sebenarnya masih ada banyak lagi cara mendapatkan uang dari YouTube. Jangan berhenti mencoba dan rutin mengunggah konten. Lengkapi channel YouTube Anda dengan website pendukung. ToffeeDev menyediakan jasa pembuatan website untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis melalui YouTube.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat