5 Cara Menentukan Segmentasi Pasar dengan Tepat

Ketika sebuah perusahaan melempar suatu produk ke pasar, baik dalam bentuk barang maupun jasa, mustahil produk tersebut diinginkan dan dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Tidak mungkin juga produsen ingin menjaring seluruh populasi untuk menjadi konsumennya. Ada kelompok-kelompok tertentu di masyarakat yang benar-benar cocok dengan produk itu. Pengelompokan pasar inilah yang kita sebut sebagai cara menentukan segmentasi pasar. 

Baca Juga : 5 Jenis Segmentasi Pasar yang Perlu Anda Ketahui

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Berikut lima cara menentukan segmentasi pasar dengan tepat agar bisnis yang kita jalankan memiliki target yang jelas.

1. Mengidentifikasi kebutuhan bisnis

Cara menentukan segmentasi pasar diawali proses identifikasi kebutuhan bisnis. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian terkait kebutuhan bisnis, yaitu:

  • Kebutuhan akan konsumen baru untuk bisnis baru
  • Berfokus pada konsumen yang telah ada untuk keberlanjutan bisnis
  • Mendapatkan konsumen untuk mendukung produk bisnis  

2. Mengelompokkan calon konsumen

Pengelompokan calon konsumen akan mengarahkan produsen pada pelanggan potensial bagi produk mereka. Calon konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan:

  • Demografis

Terkait usia, jenis kelamin, status pernikahan, pekerjaan, agama, pendidikan, besar pendapatan, dan lain-lain.

  • Psikografis

Pengelompokan dengan melihat faktor-faktor psikologis, seperti keinginan, motivasi, opini.

  • Geografis

Pengelompokan menurut lokasi.

3. Riset dan pengumpulan data

Cara menentukan segmentasi pasar yang selanjutnya ialah riset. Kegiatan penelitian bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai metode. Memanfaatkan data-data sekunder, menyebar kuesioner, ataupun bertanya langsung pada responden. 

Baca Juga : Mengapa Perlu Melakukan Riset Pemasaran?

Hal-hal yang perlu digali pada proses riset antara lain:

  • Apa yang menjadi masalah dan kebutuhan konsumen

Mengetahui masalah dan kebutuhan konsumen pada kelompok tertentu, akan memudahkan produsen mengevaluasi produknya hingga dapat menargetkan segmen yang tepat untuk produk tersebut.

  • Perilaku Konsumen

Agar lebih efektif dalam menentukan target, produsen perlu tahu aktivitas calon konsumen terkait produk, apa yang disukai dan tidak disukai, bagaimana kecenderungan mereka dalam mencari informasi dan memilih produk.

  • Karakteristik masing-masing kelompok konsumen

Setiap kelompok konsumen pasti memiliki karakteristik yang tidak sama.

4. Analisis hasil riset

Setelah memiliki data yang lengkap, tahapan berikutnya adalah melakukan analisis. Lewat pengolahan data dan analisis inilah akan diketahui segmen pasar yang cocok dengan produk yang akan diluncurkan dan bagaimana strategi untuk memasarkannya. 

Sudah mengantongi data-data namun tidak yakin dengan hasil analisis yang telah dibuat dan bingung bagaimana menyusun strategi pemasaran yang efektif? Jangan khawatir, langsung hubungi digital marketing agency terpercaya sekarang juga. Berbagai layanan yang ditawarkan akan membantu perusahaan pada skala apapun untuk memiliki pertumbuhan yang berarti dan bertahan di era digital.  

Baca Juga : 5 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

5. Posisi dan pembedaan

Produsen perlu memetakan posisinya di antara sekian banyak kompetitor dengan produk serupa di pasaran, kemudian mencari faktor unik dari produknya yang bisa menjadi pembeda. Kedua hal tadi menuntun produsen pada segmen pasar yang tepat.

Langkah-langkah di bawah ini mempermudah dalam proses memetakan posisi:

  • Pelajari kompetitor

Harga yang mereka tawarkan untuk produk sejenis, bagaimana kualitas produknya, apa keunggulan dan kekurangan dari produknya, seberapa besar kompetitor tersebut menguasai pasar, dan lain sebagainya.

  • Kenali dengan baik produk sendiri

Mengetahui apa kelebihan dan kekurangan produk dibandingkan pesaing untuk mengukur peluang memenangkan persaingan dengan produk kompetitor.

Baca Juga : Analisis kompetitor: Bagaimana Melakukan Analisis Kompetitor

Cara menentukan segmentasi pasar telah diulas tuntas. Untuk meraih kesuksesan berbisnis, selain pemilihan segmentasi pasar yang tepat, memiliki strategi pemasaran yang jitu juga tidak bisa diabaikan. Dalam penyusunan strategi pemasaran, agar lebih terarah dan efisien, bantuan para profesional dari digital marketing agency sangat direkomendasikan.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat