5 Cara Menghitung Customer Acquisition Cost Dan Tips Meningkatkannya

cara menghitung customer acquisition cost

Dalam dunia bisnis, Customer Acquisition Cost (CAC) merupakan faktor penting yang harus diperhitungkan untuk menentukan kesuksesan perusahaan. Hal ini dikarenakan CAC memilih banyak fungsi untuk perusahaan, mulai dari mengoptimalkan sistem manajemen hingga mendapat keuntungan maksimal. Mengetahui cara menghitung customer acquisition cost sendiri penting untuk merancang pembiayaan yang lebih matang.

Peran penting CAC dalam dunia bisnis, tentunya membuat Anda perlu memahami secara mendalam terlebih dahulu. Mulai dari apa itu customer acquisition cost, fungsinya untuk bisnis, cara menghitung dan cara meningkatkannya. Untuk itu, yuk ketahui informasi lebih lengkap mengenai customer acquisition cost di bawah ini.

Apa Itu Customer Acquisition Cost?

Customer Acquisition Cost (CAC) adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan satu pelanggan baru. Ini termasuk biaya iklan, penjualan, dan promosi yang digunakan untuk menarik pelanggan baru ke perusahaan. CAC dihitung dengan membagi total biaya pemasaran dan penjualan per periode tertentu dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi dalam periode tersebut. CAC harus dibandingkan dengan lifetime value (LTV) dari pelanggan untuk menentukan apakah perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan baru yang diakuisisi.

Baca Juga: Pahami Apa Itu Customer Acquisition Cost

Fungsi Customer Acquisition Cost

Sebagai salah satu faktor kesuksesan bisnis, Customer Acquisition Cost (CAC) menawarkan banyak fungsi yang menguntungkan untuk perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi CAC yang perlu Anda ketahui.

1. Mengukur Efektivitas Pemasaran

CAC dapat digunakan untuk mengukur seberapa efektif perusahaan dalam menarik pelanggan baru. Perusahaan dapat mengevaluasi biaya pemasaran dan penjualan yang dikeluarkan dan membandingkannya dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi.

2. Membuat Keputusan Pemasaran

CAC dapat digunakan untuk membuat keputusan pemasaran yang lebih baik dengan mengukur biaya efektivitas dari berbagai kampanye pemasaran.

3. Menentukan Harga Produk

CAC dapat digunakan untuk menentukan harga produk yang sesuai dengan mengevaluasi biaya pemasaran dan penjualan yang dikeluarkan dan membandingkannya dengan harga produk yang diharapkan dari pelanggan baru.

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Manfaat Loyalty Program

4. Menentukan Target Pelanggan

CAC dapat digunakan untuk menentukan target pelanggan yang paling efektif dengan mengevaluasi biaya efektivitas dari berbagai kampanye pemasaran.

5. Memprediksi Perkembangan Perusahaan

CAC dapat digunakan untuk memprediksi perkembangan perusahaan dengan mengevaluasi tingkat pelanggan baru yang diakuisisi dan membandingkannya dengan target perusahaan.

banner

5 Cara Menghitung Customer Acquisition Cost

Perhitungan biaya perusahaan perlu dipertimbangkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang berujung rugi. Ada beberapa cara menghitung Customer Acquisition Cost (CAC), simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Metode Biaya Pemasaran dan Penjualan

CAC dihitung dengan membagi total biaya pemasaran dan penjualan per periode tertentu dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi dalam periode tersebut.

2. Metode Biaya Pemasaran

CAC dihitung dengan membagi total biaya pemasaran per periode tertentu dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi dalam periode tersebut.

Baca Juga: Kenali Pengertian dan Tujuan Utama Lean Start-up

3. Metode Biaya Penjualan

CAC dihitung dengan membagi total biaya penjualan per periode tertentu dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi dalam periode tersebut.

4. Metode Biaya Pemasaran dan Penjualan

Metode ini juga menggabungkan biaya yang diperlukan untuk memberikan layanan kepada pelanggan. CAC dihitung dengan membagi total biaya pemasaran, penjualan, dan biaya layanan per periode tertentu dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi dalam periode tersebut.

5. Metode Biaya yang Diperlukan untuk Memberikan Layanan

CAC dihitung dengan membagi total biaya layanan per periode tertentu dengan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi dalam periode tersebut.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Lean Startup

7 Cara Meningkatkan Customer Acquisition Cost

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari Customer Acquisition Cost (CAC), lalu bagaimana cara untuk meningkatkannya? Hal ini tentunya dapat berpengaruh pada semakin besarnya potensi keuntungan yang diraih oleh perusahaan. Beberapa cara meningkatkan Customer Acquisition Cost yang dapat Anda coba.

1 . Optimalkan Iklan dan Promosi

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menilik iklan seperti apa yang bisnis Anda miliki saat ini. Dengan mengevaluasi dan mengefisiensikan kampanye iklan dan promosi, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan mengurangi biaya pemasaran.

2. Peningkatan Efisiensi Penjualan

Cara selanjutnya adalah meningkatkan efisiensi penjualan. Perusahaan dapat mengurangi biaya penjualan dan meningkatkan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi.

3. Peningkatan Layanan Pelanggan

Meningkatkan layanan pelanggan dapat memberikan pengaruh baik untuk bisnis. Perusahaan dapat membuat pelanggan merasa puas dan meningkatkan loyalitas pelanggan, sehingga pelanggan akan lebih cenderung merekomendasikan perusahaan kepada teman dan keluarga mereka.

Baca Juga: Mengulas Definisi dan Tahapan Customer Journey

4. Penargetan Pelanggan yang Tepat 

Dengan menargetkan pelanggan yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan mengurangi biaya pemasaran.

5. Pemasaran dan Penjualan secara Online 

Internet telah menjadi kebutuhan setiap orang dan diakses sepanjang waktu. Dengan memanfaatkan internet dan media sosial dapat membuat perusahaan dikenal luas dan menarik pelanggan baru secara efisien.

6. Inovasi Produk

Menciptakan produk baru yang unik dan menarik dapat membuat perusahaan unggul di mata pelanggan. Hal ini kemudian mampu  menarik perhatian pelanggan baru dan meningkatkan nilai pelanggan yang ada

7. Analisis Data

Melakukan analisa data pelanggan yang ada dapat memberikan informasi yang penting untuk mengefisiensikan pemasaran dan promosi. Hal ini dapat menurunkan biaya pemasaran dan meningkatkan jumlah pelanggan baru yang diakuisisi.

Itulah tadi informasi mengenai Customer Acquisition Cost (CAC) yang perlu Anda ketahui. Untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, pastikan perusahaan memiliki ahli yang memahami betul seperti apa cara menghitung dan meningkatkan CAC bisnis. Menggunakan ahli profesional dapat membantu Anda untuk meminimalisir terjadinya salah strategi bisnis.

Butuh bantuan periklanan atau pembuatan konten bisnis? Yuk segera cek berbagai layanan menarik dari Toffeedev. Tenang, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan, target dan juga budget bisnis Anda. Hubungi Toffeedev sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnis bersama kami.

Share this post :

Toffeedev’s Pick