Memahami Consumer Insight: Pengertian, Manfaat dan Cara Mengoptimalkannya

consumer insight adalah

Kesuksesan bisnis dapat dicapai dengan berbagai cara, termasuk menerapkan konsep consumer insight. Sebagai langkah pendekatan perusahaan ke konsumen, konsep ini membuat perusahaan dapat beroperasi lebih efektif. Untuk itu, pebisnis perlu mengetahui pengertian consumer insight dan cara mengoptimalkannya.

Konsep consumer insight adalah salah satu strategi perusahaan dalam memajukan bisnis mereka. Consumer insight memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis pasar sebagai acuan operasional marketing dan distribusinya. 

Mengenali pengertian consumer insight dan cara mengoptimalkannya mampu membantu Anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan perusahaan kompetitor. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Consumer Insight

Pengertian Consumer Insight

Consumer insight adalah proses memahami bagaimana perilaku, minat dan pola pikir dari pelanggan saat membeli produk atau layanan perusahaan. Consumer insight sama dengan customer insight. Proses ini akan membuat Anda bisa mendapatkan feedback dari pelanggan. Feedback ini dapat menjadi acuan inovasi dan perbaikan terhadap produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan.

Apa fungsi dari consumer insight? Konsep bisnis consumer insight berfungsi untuk mengetahui target pasar yang tepat bagi perusahaan. Hasil analisis target ini nanti akan dipasangkan dengan konsep iklan yang memahami keinginan dan kebutuhan konsumen.

5 Tujuan Dan Manfaat Consumer Insight

Tujuan Dan Manfaat Consumer Insight

Setelah mengetahui pengertian consumer insight, apa pentingnya bagi bisnis Anda? Consumer insight memiliki berbagai manfaat yang mampu mendukung kemajuan bisnis. Apabila mengetahui tujuan dan manfaat dari consumer insight sesuai dengan target bisnis, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menerapkannya. Berikut ini merupakan 5 tujuan atau manfaat dari consumer insight.

1. Membuat Customer Journey Map

Manfaat pertama dari consumer insight adalah menciptakan customer journey map. Ini dapat membantu Anda untuk mengetahui bagaimana distribusi produk atau layanan bisnis tumbuh di pasar. Dengan consumer insight, perusahaan dapat memetakan bagaimana tingkat brand awareness mereka di pasar bisnis.

Customer journey map juga dapat membantu perusahaan untuk menganalisis kemajuan bisnis Anda. Penting untuk mendeteksi bagaimana bisnis berkembang di pasar guna menentukan langkah-langkah preventif maupun strategis.

2. Memfasilitasi Strategi Pemasaran Perusahaan Yang Tepat

Consumer insight dipergunakan untuk menjadi salah satu fasilitas dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil analisis pasar mampu membuat Anda mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang baik untuk diterapkan. Mampu menentukan strategi pemasaran yang tepat, dapat membantu perusahaan bergerak secara efektif dan efisien. Pada akhirnya, consumer insight membantu dalam meningkatkan penjualan produk dan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: 11 Teknik Pemasaran dengan Media Sosial

3. Masukan Terhadap Keputusan Brand

Setelah mengoperasionalkan konsep consumer insight, Anda akan mendapatkan hasil riset. Nah, hasil riset ini dapat berperan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan brand. Masukan-masukan dari consumer insight berpengaruh pada potensial bisnis di masa yang akan datang.

4. Membantu Alokasi Marketing

Consumer insight menjadi fasilitas dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, langkah ini dapat membantu alokasi dari tim marketing. Perusahaan tidak perlu mencoba-coba banyak strategi, menghabiskan biaya berlebih untuk melakukan pemasaran produk atau layanan. Keputusan strategi pemasaran yang dibuat berdasarkan hasil dari consumer insight mampu menjadi solusi paling efektif dan efisien bagi perusahaan Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu AIDA Marketing

5. Menganalisis Faktor Eksternal Terhadap Perubahan Bisnis

Selain mendapatkan hasil seputar keinginan dan kebutuhan pasar, consumer insight juga membantu perusahaan mengenali berbagai faktor eksternal. Misalnya adalah faktor sosial, budaya hingga perubahan tren yang memengaruhi operasional bisnis. Pengenalan faktor eksternal ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan langkah adaptif di tengah kompetisi pasar.

5 Cara Mengoptimalkan Consumer Insight

Cara Mengoptimalkan Consumer Insight

Setelah mengetahui seberapa penting dan bermanfaatnya consumer insight, Anda masih perlu melakukan optimalisasi. Apabila dapat menggunakan consumer insight secara optimal, maka keuntungan terhadap bisnis pun semakin besar. Yuk simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan consumer insight di bawah ini.

1. Mengumpulkan Data

Cara pertama adalah mengumpulkan data konsumen secara kolektif. Hasil pengumpulan data ini dapat memperlihatkan bagaimana insight bisnis Anda di berbagai sosial media, e-commerce dan juga website. Selain itu, data konsumen dipergunakan untuk mengetahui bagaimana perilaku, minat, pola pikir, kebutuhan, dan keinginan konsumen dalam melihat dan membeli produk atau layanan.

2. Riset Konsumen

Setelah mendapatkan data yang lengkap dan cukup untuk arsip, lakukanlah riset konsumen. Anda dapat melakukan riset melalui pengadaan survei, direct call ataupun Focus Group Discussion (FGD). Melalui riset ini, perusahaan dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dari produk atau layanan mereka.

banner

3. Manajemen Pemasaran Yang Efektif

Data konsumen dan hasil riset adalah modal utama dalam menentukan metode pemasaran yang efektif. Pergunakan hasil riset semaksimal mungkin untuk memberi spesifikasi khusus pada media dan strategi pemasaran Anda. Iklan dapat menjadi alat yang tepat untuk berkomunikasi dengan para pelanggan.

4. Prioritaskan Customer Feedback

Setelah melakukan berbagai metode pemasaran yang dirasa sesuai, prioritaskan customer feedback. Anda dapat mengirimkan survei dan kuesioner guna menghasilkan kesimpulan kuat terhadap kualitas produk atau layanan. Nah, hasil dari customer feedback ini dapat menjadi perbaikan marketing kedepannya.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Waktu bagi Seorang Entrepreneur

5. Manfaatkan Real Time User Testing

Apakah Anda familiar dengan penggunaan user testing? Jika belum, cara ini patut Anda coba untuk mendapatkan preferensi audiens pada media-media pemasaran. Cara kerja user testing sendiri adalah menjalankan A/B testing pada variabel tertentu dari pengalaman pelanggan dalam mengakses aplikasi, website, bahkan media sosial pemasaran lainnya. Ini dapat memberikan Anda hasil evaluasi detail terhadap efektivitas penempatan iklan perusahaan.

Nah, itulah tadi informasi mengenai consumer insight dan cara mengoptimalkannya. Memahami bagaimana pentingnya konsep ini dalam kemajuan bisnis, Anda perlu mempertimbangkan penerapannya pada operasional perusahaan. Bisnis adalah ilmu yang tidak memiliki batasan, maka pengetahuan dan implementasi strategi pun harus bergerak dinamis sesuai kondisi pasar.

Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan digital marketing seperti website dan SEO sehingga brand bisnis Anda dapat berkembang diketahui banyak orang. Toffeedev hadir menyediakan berbagai layanan yang dapat Anda pertimbangkan untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Hubungi Toffeedev sekarang juga, teman sukses bisnis Anda.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat