Kenali 5 Contoh Kalender Konten serta Tips Membuatnya dengan Mudah

contoh kalender konten

Mengelola konten untuk media sosial bukanlah hal yang mudah. Untungnya, ada satu cara efektif yang bisa Anda terapkan untuk mempermudah pekerjaan Anda, yaitu dengan membuat kalender konten. Contoh kalender konten media sosial ada beragam bentuknya. Anda bisa menggunakan contoh kalender konten yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti apa kalender konten media sosial tersebut? Mari, cari tahu jawabannya di bawah ini!

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Kalender Konten Untuk Pemasaran Media Sosial

Contoh Kalender Konten Media Sosial 

Ada banyak contoh kalender konten media sosial yang bisa Anda jadikan referensi. Berikut ini adalah 5 contoh social media content calendar berdasarkan kebutuhan social media strategist pada umumnya. 

1. Contoh Kalender Konten Simpel

Agar lebih mudah merencanakan kampanye pemasaran konten bisnis Anda, Anda dapat menggunakan sebuah platform. Salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Spreadsheet. Berikut adalah contoh sederhana dari kalender konten yang dapat menjadi referensi bagi bisnis Anda.

Contoh Kalender Konten Simpel

Image resource: Hootsuite

2. Contoh Kalender Konten Editorial

Templat kalender editorial adalah alat yang mengatur jadwal pembuatan konten. Ini membantu tim pemasaran bisnis Anda dalam merencanakan tugas mereka secara visual, mulai dari harian, mingguan, hingga bulanan. Kalender ini dapat digunakan untuk berbagai saluran konten, termasuk akun media sosial, email, dan blog.

Contoh Kalender Konten Editorial

Image source: Hootsuite

Banner - Ads General

3. Laporan Social Media Analytics

Content calendar ini bertujuan untuk menghimpun informasi tentang kinerja lalu lintas dari postingan media sosial bisnis Anda. Anda dapat melihat jumlah likes, komentar, share, dan berbagai metrik lainnya yang terkait dengan analisis postingan media sosial bisnis Anda.

Laporan Social Media Analytics

Image source: Hootsuite

4. Cheat Sheet Image Size Media Sosial

Kalender konten ini digunakan untuk mengatur dimensi gambar yang dibutuhkan untuk kampanye pemasaran konten yang Anda buat, seperti sampul artikel blog, logo profil bisnis, gambar visual untuk iklan online, dan berbagai keperluan lainnya.

Cheat Sheet Image Size Media Sosial

Image source: Hootsuite

5. Contoh Kalender Konten Jadwal

Kalender konten jenis ini digunakan untuk merencanakan dan mengatur jadwal publikasi konten dalam sebuah strategi pemasaran digital. Dalam kalender ini, biasanya terdapat informasi mengenai jenis konten, tanggal publikasi, platform yang digunakan, serta target audiens yang dituju. Dengan menggunakan kalender ini, tim pemasaran dapat mengatur konten dengan lebih terstruktur dan efisien, sehingga memaksimalkan dampaknya dalam mencapai tujuan bisnis.

Contoh Kalender Konten Jadwal

Image source: Hootsuite

Baca Juga: Panduan Membuat Kalender Konten Media Sosial yang Efektif

5 Tips Membuat Kalender Konten Media Sosial yang Baik

Setelah melihat berbagai referensi contoh kalender konten di atas, maka selanjutnya Anda bisa mulai membuatnya untuk diri Anda sendiri. Sebelum itu, simak 5 tips membuat kalender konten berikut ini agar pekerjaan Anda jauh lebih terstruktur.

1. Lakukan Audit Media Sosial

Pertama, Anda harus melakukan audit terlebih dahulu untuk mengidentifikasi jenis konten apa yang berpeluang untuk dikembangkan. Anda juga harus tahu terlebih dahulu, platform media sosial apa yang traffic-nya lebih banyak. Apabila Anda sudah menemukan data-datanya, maka Anda bisa fokus pada akun yang paling ramai terlebih dahulu agar hasilnya optimal.

Banner - Ebook Ads

2. Merancang Strategi

Berikutnya, masukkan juga rancangan strategi Anda ke dalam kalender konten media sosial. Di sini, Anda juga harus mempertimbangkan tujuan dan tipe konten yang tepat berdasarkan analisis demografi audiens dan preferensi konten yang banyak disukai.

3. Menentukan Frekuensi Posting

Next, pastikan Anda mengetahui seberapa sering Anda harus posting. Anda juga harus tahu platform mana yang paling sesuai. Misalnya, jika perusahaan Anda berjenis B2B, maka LinkedIn dan Twitter bisa jadi opsi terbaik. Namun, jika bisnis Anda lebih menyasar pada pengguna akhir, maka Instagram akan lebih menunjang.

Baca Juga: Cara Membuat Social Media Calendar dengan Baik

4. Tentukan Tools untuk Membuat Kalender Konten

Ada banyak tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kalender konten media sosial. Misalnya, dengan cara manual, yaitu dengan menggunakan kertas dan pena. Bisa juga Anda menggunakan Google Sheets atau Excel yang bisa membuat kalender Anda lebih teratur dan komplit karena bisa memuat daftar topik, tanggal, judul konten, hingga waktu upload.

Selain itu, ada juga tools berbayar yang biasanya digunakan juga untuk mengatur postingan konten secara otomatis. Misalnya, Hootsuite, CoSchedule, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa desain kalender dari ToffeeDev. Mudah, praktis, dan instan. Anda tinggal fokus pada rencana strategi konten saja tanpa perlu bingung membuat kalender. Hubungi kontak ToffeeDev untuk konsultasi yang lebih lanjut.

5. Bagikan dengan Tim

Setelah menyusun kalender konten, akan lebih baik jika Anda juga membagikannya ke anggota tim. Dengan demikian, Anda bisa membuat kalender konten Anda lebih komplit. Selain itu, anggota tim juga bisa terus memantau dan memberi feedback.

Banner - Lead Gen Ads

Nah, itu beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat kalender konten media sosial. Dari berbagai contoh kalender konten di atas, kira-kira mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Meski kini kalender digital mulai banyak penggemarnya, namun keberadaan kalender fisik masih belum terganti karena mudah dilihat dan diberi catatan. Jika Anda memerlukan jasa desain kalender untuk kebutuhan kantor atau perusahaan, silakan kontak ToffeeDev, di sini!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat