Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

(CRM) Customer Relationship Management atau manajemen hubungan pelanggan adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis. CRM adalah salah satu model strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang memadukan proses antara manusia dan teknologi. Untuk mengenal lebih dalam mengenai sistem CRM, berikut ini penjelasan mengenai sistem CRM atau Customer Relationship Management yang bisa Anda simak di bawah ini.

Pengertian CRM atau Customer Relationship Management?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, customer relationship management atau sistem CRM adalah sebuah strategi bisnis yang berfokus untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Sama seperti model strategi bisnis lainnya, sistem CRM juga disusun agar perusahaan dapat meningkatkan pendapatan, meminimalisir kerugian, serta menurunkan biaya. Ciri khas customer relationship management terletak pada pendekatannya yang mengutamakan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Implementasi manajemen hubungan pelanggan atau sistem CRM adalah kombinasi antara kerja manusia dengan teknologi. Dalam hal ini, manusia melakukan interaksi dengan pelanggan, sementara teknologi melakukan analisis terhadap data pelanggan tersebut. Kombinasi keduanya akan menghasilkan informasi yang dapat membantu kelangsungan usaha, mulai dari menentukan target market hingga mempertahankan loyalitas pelanggan.

Manfaat Sistem CRM dalam Bisnis

Ada banyak manfaat yang bisa diambil jika perusahaan Anda menerapkan hal ini. Berikut beberapa manfaat dari implementasi Customer Relationship Management dalam perusahaan.

1. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Dengan menerapkan sistem Customer Relationship Management atau CRM dalam bisnis, memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pelanggan, seperti kebiasaan berbelanja hingga durasi waktu saat mereka mengambil keputusan untuk berbelanja. Dengan melakukan analisis terhadap informasi tersebut, maka Anda bisa menyusun strategi yang lebih efisien dan tepat sasaran. Jadi, pelanggan pun tidak berpaling dan tetap menggunakan produk Anda.

2. Efisiensi biaya

Berbasis teknologi, implementasi CRM membantu anda dengan cara efektif untuk membantu bisnis Anda dalam menghemat pengeluaran. Dengan analisis data CRM, maka Anda bisa langsung fokus pada hal-hal yang memang memerlukan perbaikan. Pelayanan kepada pelanggan pun bisa segera ditingkatkan. 

3. Meningkatkan pendapatan

Strategi bisnis dirancang agar perusahaan bisa meningkatkan pendapatan. Begitu pula dengan CRM. Dengan penerapan yang tepat, CRM membantu untuk menekan menekan pengeluaran, mendorong efisiensi operasional usaha, dan tentunya meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika dikalkulasikan, faktor-faktor tersebut tentu akan membantu meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca Juga : Engagement Marketing: Membangun Relasi Dengan Konsumen

Tahapan Penggunaan CRM

Agar bisa menerapkan CRM secara optimal dan efektif pada bisnis Anda, setidaknya ada tiga tahapan yang perlu Anda lakukan dalam penggunaan CRM. Berikut penjelasannya:

1. Acquire

Tahapan pertama penerapan CRM adalah acquire atau mendapatkan pelanggan baru. Salah satu cara agar tahapan ini berhasil dilalui adalah dengan melakukan promosi. Selain itu, bisa juga dengan memberi kenyamanan kepada pelanggan saat mereka melakukan pembelian.

2. Enhance

Jika Anda berhasil melalui tahap acquire, maka tahap penerapan CRM selanjutnya adalah enhance atau menambah nilai pelanggan. Maksud dari nilai di sini adalah kualitas hubungan dengan pelanggan. Anda bisa menawarkan solusi berupa layanan pelanggan yang bertujuan untuk mendengarkan keluhan pelanggan.

Cara lainnya adalah dengan melakukan up selling atau penawaran produk dengan nilai yang sama namun memiliki kualitas lebih baik. Jika up selling terasa sulit dilakukan, alternatif lain adalah cross selling atau penawaran produk pelengkap dari produk yang telah dibeli pelanggan.

3. Retain

Tahapan terakhir adalah retain atau mempertahankan pelanggan. Bisa dibilang, inilah tahapan yang paling sulit dalam CRM. Meski sulit bukan berarti retain mustahil dilakukan. Beberapa strategi retain yang sering dilakukan adalah menerapkan program keanggotaan atau membership, menyediakan layanan customer support yang mudah diakses, hingga memberikan bonus bagi pelanggan setia.

Kenapa CRM adalah Solusi Terbaik untuk Bisnis Anda?

Dengan penjelasan mengenai sistem CRM yang sudah dijabarkan di atas, Anda bisa menyimpulkan kalau CRM sangat penting untuk kelancaran bisnis Anda. CRM dapat membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada sebelumnya.

Saat ini pun kebutuhan CRM akan terus meningkat. Apalagi kebutuhan perusahaan dalam penggunaan sistem aplikasi CRM juga semakin tinggi. sistem aplikasi CRM pun kini telah melampaui sistem manajemen basis data untuk menjadi yang terbesar dari semua pasar perangkat lunak yang ada saat ini.

Sistem aplikasi CRM juga dapat membantu Anda dalam memprioritaskan upaya penjualan dan pemasaran untuk bisnis Anda. Selain itu, aplikasi sistem Aplikasi CRM juga memberikan cara terbaik bagi perusahaan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk meningkatkan portfolio produk yang ditawarkan kepada para pelanggan.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa CRM adalah strategi bisnis untuk mendapatkan keuntungan dan meminimalisir pengeluaran, yang berfokus pada hubungan dengan pelanggan. Bagi Anda yang sedang merintis bisnis, selain menerapkan strategi CRM, jangan lupa juga untuk membuat website. Dengan website, pelanggan dan calon pembeli akan lebih mudah mengakses produk yang Anda tawarkan. ToffeeDev siap membantu Anda untuk merancang website bisnis yang andal dengan jasa pembuatan websiteterbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post