Apa Peran Desain Grafis dalam Pemasaran Produk?

apa peran desain grafis dalam pemasaran

Apa peran desain grafis dalam pemasaran? Desain grafis memiliki peran yang penting dalam hal membangun citra merek untuk menarik perhatian konsumen, membangun kesan positif, serta menyampaikan pesan dengan sangat efektif. Di samping itu, konsumen juga menjadi mudah untuk membedakan suatu merek dengan yang lainnya melalui desain grafis sebuah merek.

Selanjutnya melalui artikel di bawah ini, kami membantu mengarahkan perhatian Anda untuk memahami mengenai apa peran desain grafis, serta jenis-jenisnya. Pembahasan kami awali dengan peran dari desain grafis.

Peran Desain Grafis dalam Pemasaran Produk

Peran Desain Pada Produk

Sebuah merek tentu saja membutuhkan strategi jitu dan tepat untuk menarik minat publik dan menginginkan komentar positif terkait apa yang mereka sajikan. Dalam hal ini, merek mencoba untuk menyajikan salah satu tujuan mereka itu melalui desain grafis yang unik dan menarik. Memiliki bentuk desain grafis yang berbeda dengan merek lain tentu dapat memberikan kesan khusus terhadap produk dan jasa yang mereka sediakan. Apa saja peran dari desain grafis? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Memperkuat Identitas Merek

Dalam upaya untuk memperkuat suatu identitas merek tentu perlu beberapa rencana dan skema yang matang kemudian mengeksekusinya menjadi sebuah pendekatan yang membawa dampak nyata terhadap perusahaan. Menerapkan penggunaan elemen-elemen dalam desain grafis seperti logo, skema warna, tipografi, model visual, serta tata letak yang selaras dan persisten tentu dapat berguna untuk membantu merek dalam membangun dan memperkuat identitas mereka.

Di samping itu, semua elemen-elemen yang diterapkan menjadi sebuah pembeda yang unik dengan mereka lain. Konsumen dengan mudah mengenali sebuah merek dan mengaitkan setiap elemen dengan produk atau jasa yang mereka gunakan sehingga dapat memberikan nilai tambah serta kesan positif.

2. Memperjelas Pesan Produk

Selain memperkuat identitas dari sebuah merek, desain grafis juga berguna dalam upaya untuk memperjelas pesan produk. Hal ini mengenai hierarki informasi nan sederhana serta jelas dan tersusun dengan tepat dalam setiap objek pemasaran. Tujuannya agar apa yang tersaji pada media pemasaran sebuah merek menjadi mudah untuk dipahami oleh publik. 

Mereka mencoba untuk menempatkan setiap elemen dengan mempertimbangkan fungsinya agar dapat berperan dengan baik untuk menunjang penyampaian pesan produk. Konsumen yang teredukasi dengan baik menjadi terdorong untuk mengenal lebih jauh terkait sebuah mereka dan harapan di balik itu adalah timbul keputusan untuk menggunakan produk atau jasa dari merek tersebut.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Desain Grafis

3. Meningkatkan Daya Tarik Visual Produk

Tujuan yang terkandung dalam menampilkan estetika desain grafis nan unik dan menarik adalah untuk meningkatkan daya tarik visual dari sebuah produk. Desain grafis sebuah merek telah melalui serangkaian pertimbangan matang dan mendetail agar dapat menciptakan suatu daya tarik tertentu sehingga membuat persepsi publik terhadap suatu produk menjadi positif.

Elemen-elemen desain grafis seperti visual serta skema warna yang teratur dan selaras dapat membangkitkan nilai estetika secara kuat dan berkarakter. Melihat sebuah produk dengan daya tarik visual yang tinggi tentu mampu untuk menarik perhatian publik dalam mengenali atau tertarik untuk menggunakannya.

4. Menarik Perhatian Calon Pelanggan

Di tengah kebisingan tampilan visual yang sangat ramai, sebuah merek secara komprehensif harus mampu untuk menemukan titik pembeda dan mengembangkannya menjadi lebih luas sehingga mereka dapat muncul dan menjadi sorotan publik. Mengenai hal tersebut, tentu saja merek dapat menampilkan desain grafis yang mencolok dan kuat sehingga menarik perhatian. 

Pada dasarnya, sebuah merek harus menaruh perhatian penuh pada desain yang unik dan kreatif serta inovasi dalam perpaduan antara komunikasi yang jelas dengan keunggulan produk mereka. Upaya ini diterapkan untuk memancing minat dan juga perhatian publik atau calon pelanggan terhadap merek tersebut.

5. Meningkatkan Tingkat Percaya Diri Pelanggan

Desain grafis tentu saja memiliki andil yang besar dalam upaya meningkatkan tingkat percaya diri pelanggan terhadap merek. Tampilan visual yang rapi, teratur, dan menarik menunjukkan kualitas dari produk tersebut. Pelanggan menjadi yakin dan cenderung termotivasi untuk mengenal sampai memutuskan untuk melakukan pembelian produk atau menggunakan jasa dari sebuah merek. Desain grafis dapat dikatakan sebagai pintu utama sebelum pelanggan ingin mengenal sebuah merek lebih jauh lagi.

Di samping itu, semua elemen-elemen yang disusun sedemikian rupa secara profesional tentu mencerminkan kualitas serta keahlian dalam menciptakan sebuah produk. Di dalam benak pelanggan, sebuah merek telah berhasil untuk memvisualisasikan pesan mereka dengan baik. Pelanggan juga menjadi tertarik dengan sebuah merek melalui sejumlah testimoni positif terkait mereka dan menimbulkan kesan yang andal.

banner

Jenis-jenis Desain Grafis dalam Pemasaran Produk

Strategic Marketing

Kita telah membahas mengenai peran dari desain grafis pada sesi sebelumnya dan pada bagian ini kami ingin membawa Anda untuk mengetahui mengenai jenis-jenis dari desain grafis. Mari simak secara mendetail apa saja jenis-jenisnya yang kami siapkan di bawah ini.

1. Logo

Logo merupakan bagian yang sering kita jumpai pada sebuah merek atau produk. Objek ini menjadi salah satu keunikan yang dengan jelas membedakan antara satu merek dengan merek lainnya. Logo tentu saja memiliki kekuatan tersendiri dan dapat berbentuk tipografi yang berupa teks, simbol, atau kombinasi dari keduanya. Selain itu, terdapat juga logo jenis emblematik yang berupa segel atau lambang tertentu, dan selanjutnya adalah logo abstrak yang tampilannya sederhana atau bisa memiliki bentuk agak rumit dengan makna filosofis.

2. Kemasan Produk

Jenis yang berikutnya adalah desain grafis pada kemasan produk. Sebuah merek sangat mementingkan kemasan produk mereka dan memfokuskan perhatian terhadap tampilan yang benar, jelas dalam memberikan informasi, serta menarik secara visual. Kemasan dengan desain grafis yang persisten juga mencerminkan upaya mereka dalam mempertahankan citra positif dan kuat di mata pelanggan.

Di samping itu, merek juga dapat menarik minat yang lebih jauh lagi dari pelanggan dengan menerapkan penggunaan bahan atau material yang ramah lingkungan sehingga dapat mengkampanyekan peduli lingkungan. Selain desain grafis pada kemasan yang mendukung merek, di sisi lain mereka juga memberikan pesan moral melalui kemasan tersebut.

3. Media Sosial

Desain grafis untuk media sosial diarahkan untuk kepentingan kampanye di media sosial. Desain tersebut dapat berupa infographics yang mencakup grafik, gambar, dan teks dalam satu panel. Desain ini nantinya diharapkan dapat menarik perhatian pengguna media sosial dan meningkatkan interaksi terhadap unggahan tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Desain Grafis yang Efektif untuk Bisnis Anda?

4. Poster

Desain poster juga menjadi salah satu bagian dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh sebuah merek untuk menyampaikan pesan, atau kampanye mereka. Mereka dapat menempatkan poster tersebut dalam sebuah pameran, ritel, atau tempat publik lainnya sehingga pelanggan dengan mudah untuk menyoroti apa yang mereka tawarkan.

5. Desain Brosur dan Pamflet

Media ini secara khusus didesain unik dan menarik untuk menyampaikan segala informasi dengan singkat dan jelas. Mereka dapat menempatkan informasi berupa deskripsi produk, keunggulannya, kisaran harga, gambar, dan kontak untuk memudahkan pelanggan dalam berkomunikasi.

6. Desain Situs Web

Situs web merupakan salah satu cara untuk menjangkau komunitas yang lebih besar dan untuk mencapai tujuan tersebut tentu merek perlu menghadirkan desain menawan dengan tampilan visual menarik. Melibatkan tata letak, ikon, grafik, gambar, dan tipografi yang jelas dan teratur sehingga pelanggan mudah untuk mengoperasikan dan mencari informasi yang mereka butuhkan.

Desain grafis sangat mementingkan setiap elemen-elemennya untuk mendeskripsikan tentang siapa mereka dan apa yang mereka tawarkan. Di samping itu, peran desain grafis juga sebagai pembeda dengan merek lainnya serta memperkuat identitas dan menarik daya tarik pelanggan. Mempertimbangkan peran dari desain grafis, Anda dapat menggunakan jasa desain grafis dari ToffeeDev untuk kepentingan bisnis yang lebih bertumbuh. Hubungi kami untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan bisnis Anda.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat