Algoritma YouTube 2024: Strategi Personalisasi Konten Video

algoritma YouTube 2024

Algoritma YouTube 2024 menjadi rahasia di balik video yang muncul di beranda YouTube Anda. Untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih personal, YouTube terus mengembangkan dan memperbarui algoritmanya.

Selain relevansi topik, algoritma YouTube juga  menganalisis dengan cermat perilaku pengguna, histori penelusuran, dan respons pengguna sebelumnya. Melalui pemahaman mendalam tentang cara algoritma bekerja, hal ini dapat memanfaatkan wawasan tersebut untuk mengoptimalkan visibilitas konten. Mari simak informasi selengkapnya dalam artikel ini!

Pengenalan Algoritma YouTube 

Sebelum memahami lebih lanjut tentang algoritma YouTube 2024, mari ketahui konsep algoritma YouTube terlebih dahulu, serta perannya dalam menentukan visibilitas konten.

Baca Juga: Bagaimana Cara Riset Keyword di YouTube untuk Meningkatkan Views dan Engagement Video Anda?

1. Apa itu Algoritma YouTube?

Apakah Anda sering melihat video yang relevan dengan konten video yang sering Anda tonton sebelumnya? Itulah yang dinamakan algoritma YouTube. 

Algoritma YouTube merupakan sebuah sistem kompleks yang digunakan untuk memilih konten video yang akan ditampilkan kepada setiap pengguna. Algoritma juga bertugas untuk memberi peringkat konten video. Peringkat tersebut diperhitungkan dari berbagai faktor, seperti relevansi topik, kualitas konten, histori penelusuran, dan perilaku pengguna.

Sederhananya, algoritma YouTube dirancang untuk memberikan pengalaman menonton video yang lebih personal bagi setiap pengguna. Sebagai contoh, jika Anda sering menonton video tentang produk perawatan kulit wajah, algoritma cenderung lebih banyak menampilkan video tentang tip merawat kulit. 

Banner Ads - General 2

2. Peran Algoritma YouTube dalam Menentukan Visibilitas Konten

Salah satu aspek penting dari algoritma YouTube adalah perannya dalam menentukan visibilitas konten. Dalam mengelola platform ini, tidak semua video dapat muncul di beranda setiap pengguna. Algoritma bertugas menyaring ribuan hingga jutaan video yang ada di platform tersebut untuk memutuskan video yang paling disukai oleh pengguna.

Algoritma YouTube memperhitungkan sejumlah faktor untuk menilai visibilitas suatu konten. Pertama, relevansi, yaitu seberapa relevan video sesuai dengan minat dan preferensi pengguna. Kedua, kualitas konten, ini termasuk resolusi video, kejelasan audio, dan aspek teknis lainnya. Selain itu, interaksi pengguna seperti like, comment, dan share juga menjadi penentu penting dalam menentukan visibilitas video.

Seiring dengan perkembangan teknologi, Algoritma YouTube makin cerdas dalam memahami perilaku pengguna. Penting bagi para pembuat konten, terutama bisnis untuk memahami peran algoritma ini agar dapat menciptakan strategi yang dapat meningkatkan visibilitas konten. 

Algoritma YouTube 2024

Algoritma YouTube 2024

Algoritma YouTube terus berubah dari tahun ke tahun. Sejak 2005 hingga saat ini, algoritma YouTube pernah memprioritaskan video dengan klik tinggi, waktu tonton, preferensi pribadi pengguna berdasarkan feedback langsung dan histori pencarian, hingga moderasi misinformasi yang berbahaya.  Pada 2024 ini, YouTube juga memperbarui algoritmanya untuk meningkatkan pengalaman menonton yang lebih baik. 

1. Tempat Video YouTube Ditayangkan 

Algoritma YouTube memiliki berbagai faktor untuk memilih video yang akan dipersonalisasikan untuk penggunanya, seperti relevansi, engagement, kualitas, pencarian pengguna dan riwayat tontonan. Faktor-faktor tersebut dihubungkan tergantung tempat video Anda di tayangkan. Dikutip Hootsuite, berikut adalah tiga tempat utama pengguna YouTube akan melihat video yang disarankan.

a. Home 

Ketika Anda membuka aplikasi YouTube atau mengunjungi situs webnya, Home menjadi pusat perhatian yang dipersonalisasi untuk setiap penonton. Algoritma memilih video berdasarkan kinerja video, histori tontonan, dan preferensi pengguna.

b. Suggested Videos

Saat Anda menonton video, daftar video terkait di bawah “Up Next” merupakan hasil dari algoritma yang mempertimbangkan topik video saat ini dan histori tontonan Anda. Melalui pendekatan ini, YouTube berupaya untuk memperpanjang waktu tonton dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan minat pengguna.

c. Search 

Meski kata kunci memainkan peran penting, tetapi hasil pencarian setiap pengguna akan sedikit berbeda berkat sinyal personalisasi yang diambil algoritma. Algoritma YouTube terbaru 2024 tetap mempertahankan berbagai faktor, seperti relevansi judul, deskripsi, dan konten video terhadap kata kunci pencarian. 

Banner Ads - Ebook 2

2. Cara Kerja Algoritma YouTube 2024

Algoritma YouTube tahun 2024 difokuskan untuk memudahkan pengguna menemukan konten yang paling relevan, serta meningkatkan retensi dan memastikan pengguna terus menonton video selama mungkin sesuai dengan minat mereka.

Dikutip penelitian Google engineers Paul Covington, Jay Adams, dan Emre Sargin, berikut adalah sinyal tambahan yang digunakan oleh YouTube untuk menyusun rekomendasi video.

a. Click Through Rate (CTR):

CTR mengukur sejauh mana pengguna mengklik video setelah melihatnya. Algoritma YouTube 2024 menggunakan informasi ini untuk menilai seberapa menarik suatu video bagi pengguna.

Baca Juga: Cost Per Click (CPC): Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Efektivitas Biaya Iklan

b. Waktu Tonton

Waktu tonton  mencakup total durasi waktu yang digunakan penonton untuk menonton video. Algoritma memberikan penekanan pada video dengan waktu tonton tinggi, menciptakan preferensi terhadap konten yang menarik dan relevan.

c. Jumlah Video yang Telah Ditonton Pengguna di Sebuah Channel

Algoritma mempertimbangkan seberapa sering pengguna menonton video dari channel YouTube Anda. Ini mencerminkan minat dan kesukaan pengguna terhadap konten yang dihasilkan oleh channel tersebut.

d. Seberapa Sering Pengguna Menonton Video tentang Topik yang Sama

Algoritma memerhatikan seberapa sering pengguna menonton video yang relevan dengan topik tertentu. Ini membantu menyajikan konten yang sesuai dengan minat saat ini.

e. Histori Pencarian Pengguna

Riwayat pencarian pengguna menjadi faktor penting. Algoritma melihat konten video yang telah dicari oleh pengguna di masa lalu untuk menyajikan rekomendasi yang lebih tepat.

f. Video yang Sebelumnya Ditonton Pengguna 

Daftar video yang pernah ditonton oleh pengguna juga berperan dalam menentukan rekomendasi. Algoritma mempertimbangkan preferensi berdasarkan histori tontonan pengguna.

g. Informasi Demografis dan Lokasi Pengguna

Data mengenai usia, jenis kelamin, dan lokasi pengguna digunakan untuk rekomendasi yang dipersonalisasi. Hal ini membantu algoritma menyajikan konten yang sesuai dengan karakteristik demografis dan geografis pengguna.

Algoritma YouTube Shorts 2024

Algoritma YouTube Shorts 2024

YouTube Shorts merupakan video pendek yang vertikal dan diunggah langsung ke YouTube dan bentuknya mirip dengan stories. Pengguna YouTube dapat menemukan dan menonton Shorts di beranda YouTube atau melalui tab Shorts di situs web atau aplikasi. 

Berikut adalah sejumlah faktor yang dipertimbangkan algoritma YouTube Shorts.

1. Relevansi

Algoritma YouTube Shorts 2024 memberikan perhatian khusus pada sejauh mana judul, tag, konten, dan deskripsi sesuai dengan istilah pencarian. Memastikan bahwa Shorts relevan dengan preferensi pengguna adalah kunci untuk meningkatkan peringkat dan rekomendasi.

2. Engagement

Keterlibatan pengguna menjadi faktor penting dalam menentukan peringkat Shorts. Algoritma memperhitungkan interaksi pengguna, seperti like dan komentar untuk memastikan bahwa Shorts mampu meningkatkan minat dan partisipasi pengguna. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Riset Keyword di YouTube untuk Meningkatkan Views dan Engagement Video Anda?

3. Riwayat Tontonan 

Algoritma mempertimbangkan apa yang pernah dinikmati atau ditonton oleh pengguna di masa lalu. Histori tontonan membantu algoritma menyajikan Shorts yang sesuai dengan preferensi dan minat pribadi.

4. Konten Serupa

Shorts apa yang disukai oleh audiens serupa? Algoritma mempertimbangkan konten serupa yang diminati oleh pengguna dengan preferensi yang mirip untuk memperluas cakupan dan daya tarik.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Waktu Tonton

Meskipun waktu tonton tidak sepenting pada algoritma video biasa, durasi waktu yang dihabiskan penonton tetap menjadi faktor evaluasi. Algoritma mempertimbangkan sejauh mana penonton dapat melibatkan diri dalam video selama durasi yang singkat tersebut untuk memberikan sinyal terkait kualitas dan daya tarik video.

Algoritma YouTube 2024 memiliki berbagai faktor pertimbangan, mulai dari CTR, waktu tonton, jumlah video yang telah ditonton pada sebuah channel, histori pencarian, hingga informasi demografis pengguna. Terus diperbarui untuk memanjakan penggunanya, algoritma YouTube dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih baik melalui video biasa maupun Shorts.

Dalam memaksimalkan potensi bisnis melalui konten YouTube atau sekadar personal branding, pertimbangkan untuk menggunakan jasa digital marketing di ToffeeDev. Bersama dengan tim berpengalaman dan bersertifikat resmi Google, ToffeeDev hadir menjadi mitra tepercaya dalam mencapai tujuan kampanye Anda. 

Jadi, jangan menunda lagi. Segera hubungi ToffeeDev untuk memastikan keberhasilan kampanye yang tepat sasaran. Jadwalkan konsultasi sekarang!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat