Apa Itu FLKS di TikTok dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Engagement?

Dalam era digital yang semakin berkembang, platform media sosial seperti TikTok menjadi sarana yang tak terelakkan bagi banyak individu untuk berbagi kreativitas, hiburan, dan interaksi.

Di tengah gemerlapnya dunia TikTok, istilah FLKS muncul sebagai tagar yang kerap dihadirkan dalam caption video. Lantas, apa itu FLKS di caption konten TikTok dan bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat engagement di platform ini?

Apa Itu TikTok?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai FLKS TikTok, mari melihat secara singkat apa itu TikTok. Aplikasi TikTok merupakan platform media sosial berbasis video yang memungkinkan pengguna untuk membuat, membagikan, dan menemukan konten.

Mempunyai jutaan pengguna aktif harian, TikTok telah menjadi tempat untuk kreativitas yang tak terbatas.

Banner Ads - General 2

Apa Itu FLKS?

Arti FLKS adalah singkatan dari Follow, Like, Komen (Comment), dan Share. Sebagai tagar yang sering muncul di kolom caption video, FLKS menjadi simbol saling dukung antar pengguna TikTok. Untuk memahaminya lebih dalam, mari  tinjau satu per satu arti dari setiap huruf dalam FLKS.

1. Follow

Mengikuti akun pengguna TikTok lainnya merupakan langkah pertama yang signifikan dalam rangka aksi FLKS (Follow, Like, Komentar, Share). Tindakan ini tidak hanya sekadar menambah jumlah pengikut, tetapi juga membuka pintu untuk terlibat dalam komunitas yang saling mendukung

2. Like

Arti FLKS TikTok selanjutnya adalah like (suka). Memberikan like atau menyukai video adalah cara untuk menunjukkan apresiasi terhadap kreativitas dan konten yang dibagikan oleh pengguna lain. Like bukan hanya sebagai tanda suka, tetapi juga memengaruhi algoritma TikTok.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

3. Komentar

Memberikan komentar tidak hanya meningkatkan interaksi, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan memberikan umpan balik. Komentar dapat menjadi wadah untuk pertukaran ide dan pandangan.

4. Share

Arti FLKS TikTok terakhir adalah share (berbagi). Berbagi video ke teman atau pengikut memperluas jangkauan suatu konten. Share menjadi langkah penting dalam memberikan exposure lebih besar kepada pengguna TikTok.

Pengaruh FLKS pada Engagement

Penting untuk memahami bahwa pengguna TikTok menggunakan FLKS dengan tujuan meningkatkan engagement, tetapi sejauh mana pengaruhnya? Pada dasarnya, penggunaan FLKS dapat memicu peningkatan engagement rate, tetapi metodenya masih dalam perdebatan.

Beberapa pengguna meyakini bahwa FLKS dapat membantu meningkatkan exposure akun dan konten mereka. Namun, perspektif lain berpendapat bahwa TikTok melihat FLKS sebagai bentuk spamming, karena engagement yang dihasilkan dianggap non-organik. Dalam pandangan TikTok, hal ini dapat merugikan reputasi suatu akun.

Cara Meningkatkan Engagement TikTok

Cara Meningkatkan Engagement TikTok

Meskipun kontroversial, ada beberapa cara untuk meningkatkan engagement TikTok tanpa harus mengandalkan FLKS secara berlebihan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

1. Buat Konten Kreatif

Kreativitas menjadi mata pisau kesuksesan di TikTok. Memproduksi konten yang unik, inovatif, dan menghibur adalah kunci untuk menarik perhatian pengguna. Pilihan musik, alur cerita, dan gaya penyampaian dapat menjadi elemen-elemen kreatif yang membedakan konten Anda dari yang lain. 

2. Gunakan Efek dan Filter Populer

Efek dan filter memberikan dimensi tambahan pada video. Pemilihan efek dan filter yang populer dapat memberikan sentuhan yang lebih menarik pada konten Anda. 

Seiring dengan berkembangnya tren, selalu ada efek baru dan filter yang menjadi favorit pengguna. Mencoba dan menggabungkan efek-efek ini dapat membuat video Anda lebih menonjol di antara konten-konten lain.

Banner Ads - Ebook 2

3. Selaraskan Konten dengan Tren

TikTok dikenal sebagai tempat di mana tren dan challenge berkembang dengan cepat. Selalu up-to-date dengan tren dan challenge yang sedang populer dapat membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain. 

Partisipasi aktif dalam tren dapat memberikan keuntungan ekstra, karena seringkali TikTok menyoroti video yang terlibat dalam tren yang sedang berlangsung di bagian FYP.

Baca Juga: TikTok Ads Manager untuk Membuat dan Mengelola Kampanye Iklan yang Efektif bagi Bisnis Anda

4. Konsisten Posting

Konsistensi adalah kunci dalam membangun audiens yang setia. Menjaga jadwal posting yang konsisten memberikan harapan kepada pengikut bahwa mereka dapat mengharapkan konten baru dari Anda secara teratur.

Melalui hal tersebut, Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pengikut dan meningkatkan peluang konten Anda lebih sering muncul di pengguna lainnya.

5. Berinteraksi dengan Pengikut

Interaksi adalah elemen penting untuk membangun keterlibatan yang berkelanjutan. Merespons komentar, bertanya kepada pengikut mengenai pendapat mereka, atau bahkan mengadakan sesi tanya jawab dapat menciptakan ikatan yang lebih erat dengan audiens Anda. 

Tips Membuat Konten agar FYP

Tips Membuat Konten agar FYP

Muncul di bagian For You Page (FYP) adalah tujuan utama setiap pengguna TikTok. Bagaimana cara membuat konten agar muncul di FYP? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag memainkan peran penting dalam menentukan visibilitas konten Anda di TikTok. Pilihlah hashtag yang relevan dengan konten dan populer di kalangan pengguna. 

Penggunaan hashtag yang tepat dapat membantu konten Anda muncul di pencarian dan menjadi lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik yang Anda angkat. 

Baca Juga: Apakah TikTok Shop Harus Akun Bisnis: Panduan Lengkap dan Manfaatnya

2. Pahami Algoritma TikTok

Memahami cara kerja algoritma TikTok adalah kunci untuk berhasil di platform ini. Algoritma TikTok mempertimbangkan sejumlah faktor seperti interaksi pengguna, durasi tontonan, dan feedback positif.

Melalui pemahaman bagaimana algoritma ini beroperasi, Anda dapat mengoptimalkan konten Anda agar lebih sesuai dengan preferensi pengguna dan lebih mungkin muncul di FYP. Teruslah memantau perubahan dan pembaruan algoritma TikTok untuk tetap berada di garis depan.

Baca Juga: TikTok Shop Dibuka Lagi Kapan? Cari Tahu di Sini!

3. Gunakan Musik Populer

Musik memiliki daya tarik besar di TikTok. Pengguna sering mencari konten yang menggunakan lagu-lagu atau suara yang sedang tren. Gunakan musik populer yang sesuai dengan suasana atau tema konten Anda.

Pengguna TikTok yang menyukai musik tersebut lebih cenderung menonton dan berinteraksi dengan konten Anda. Pastikan untuk memperhatikan tren musik saat ini dan mengintegrasikannya dengan kreatifitas Anda.

Baca Juga: Berapa Durasi Video TikTok yang Ideal untuk Konten Pemasaran?

4. Eksperimen dengan Format Video

Tidak ada satu format video yang cocok untuk semua konten di TikTok. Cobalah berbagai format, seperti video pendek, tutorial, tantangan, atau bahkan cerita untuk menemukan apa yang paling disukai oleh pengikut Anda. 

Eksperimen dengan durasi, gaya penyampaian, dan konsep video dapat memberikan keberagaman yang menarik dan membuat konten Anda lebih relevan di mata algoritma TikTok.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Kolaborasi dapat membuka pintu untuk exposure yang lebih besar. Melakukan kolaborasi dengan pengguna lain terutama yang memiliki pengikut lebih banyak atau memiliki audiens yang serupa, dapat membawa manfaat besar. 

Pengguna TikTok yang melihat kolaborasi Anda mungkin tertarik untuk mengeksplorasi konten Anda lebih lanjut. Pastikan untuk memilih mitra kolaborasi yang sejalan dengan tema atau gaya konten Anda untuk hasil yang lebih efektif.

Itulah penjelasan apa itu FLKS dan bagaimana pengaruhnya terhadap engagement. Dalam menghadapi kompleksitas engagement di TikTok, penting untuk mencari strategi yang cerdas dan kreatif. Jasa Sosial Media dari ToffeeDev hadir sebagai solusi untuk membantu Anda mencapai tujuan ini.

Melalui strategi yang cerdas dan kreatif, ToffeeDev dapat menghubungkan Anda dengan target audiens yang luas, meningkatkan interaksi, dan menciptakan pengalaman brand yang tak terlupakan. Tunggu apa lagi, jadwalkan konsultasi sekarang!

 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat