Cara Kerja Adsense YouTube untuk Menghasilkan Uang

Cara Kerja Google Adsense Di YouTube

Dari semua website yang ada di dunia internet pada hari ini, bisa dikatakan bahwa YouTube menjadi salah satu yang paling banyak dibuka. Dengan banyaknya video yang tersedia, dari berbagai topik dan kreator, maka masyarakat dunia sangat suka dengan YouTube. Tidak berhenti di situ saja. YouTube juga menawarkan keuntungan bagi para kreator, yaitu pundi-pundi uang. Untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube, maka diperlukan Google Adsense. Sebenarnya bagian cara kerja Google Adsense di YouTube?

Untuk bisa mendapatkan uang berlimpah dari YouTube, Anda tidak hanya perlu membuat video-video yang berkualitas saja, tetapi juga harus tahu syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi. Banyak orang yang hanya berpikir bahwa dengan membuat video di YouTube dalam jumlah banyak, maka sudah pasti bisa mendapatkan uang dari sana. Tentu saja itu adalah cara berpikir yang salah. Ada berbagai persyaratan yang diberikan agar Anda bisa menaruh iklan di dalam video.

Bagi yang tertarik untuk mengetahui cara kerja Google Adsense di YouTube, simak penjelasan di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja AdSense YouTube?

Hal terpenting dalam cara kerja adsense YouTube adalah dengan membangun channel YouTube yang Anda miliki menjadi tempat yang tempat untuk menampilkan iklan yang ditampilkan bagi para pengiklan. Adsense Youtube juga mencocokkan iklan dengan konten dan tipe pengunjung konten yang Anda miliki.

Para pengiklan membayar iklan di channel Anda dengan harga yang berbeda melalui sistem bid, sehingga nantinya Anda akan memperoleh penghasilan yang tidak sama dari setiap hasil AdSense yang terpasang.

Banner Ads - General 2

Apa Saja Syarat Mendaftarkan AdSense?

Adsense YouTube menjadi salah satu sumber yang tepat untuk menghasilkan uang di era digitla ini. Jadi tidak heran banyak sekali para creator yang menghasilkan uang dengan mengaktifkan adsense YouTube di akun YouTube mereka. Meskipun tidak semua akun YouTube dapat mendaftarkan adsense di channel mereka, ada beberapa persyaratan yang harus dan perlu Anda penuhi supaya bisa mendaftarkan adsense di akun Anda. Lantas apa saja persyaratan untuk mendaftarkan adsense YouTube?

1. Terverifikasi

Proses pertama yang diperlukan adalah verifikasi ketika Anda mengunggah video dengan durasi panjang. Menurut YouTube, durasi yang dikategorikan menjadi video dengan durasi panjang adalah lebih dari 15 menit.

Proses verifikasi ini cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mendaftarkan nomer telepon yang aktif untuk menerima kode verifikasi dari YouTube.

2. 4000 Jam Tayang

Langkah kedua untuk mendaftar adsense YouTube adalah dengan memiliki total 4.000 jam tayang. Total durasi jam tayang terhitung selama 12 bulan terakhir. Sehingga Anda harus memenuhi total durasi 4.000 jam tayang selama satu tahun.

Maka dari itu Anda perlu mengunggah video di YouTube sebanyak-banyaknya, sehingga proses pendaftaran iklan YouTube Anda bisa selesai lebih cepat.

3. 1000 Subscriber

Langkah selanjutnya yang harus Anda penuhi untuk dapat menghasilkan uang dari adsense YouTube adalah dengan memiliki 1.000 subscribers. Jumlah tersebut bisa dibilang mudah untuk digapai, mengingat jumlah minimal tersebut hanya nol koma sekian persen dari total seluruh pengguna YouTube saat ini.

Baca Juga: Fungsi YouTube Premium dan Bagaimana Meningkatkan Pengalaman Menonton Anda

4. Hindari Komentar Spam

Langkah terakhir sebagai persyaratan yang harus Anda penuhi adalah menghindari komentar spam yang bisa menghambat proses mendaftar adsense YouTube Anda. Meskipun Anda telah memenuhi semua persyaratan, namun Anda masih suka melakukan spam komentar, hal itu dapat memengaruhi pengajuan adsense YouTube Anda, bahkan bisa ditolak.

Cara Daftar AdSense Youtube

Sebelum daftar adsense YouTube, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki akun Google Adsense dan Channel YouTube untuk mengunggah video. Pastikan konten yang Anda buat merupakan konten original yang Anda buat sendiri, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Daftar akun Google Adsense
  2. Masukkan URL channel YouTube Anda
  3. Masukkan email Anda
  4. Klik simpan dan login ke akun Google terdaftar milik Anda
  5. Pilih negara dan wilayah
  6. Klik Buat akun

Cara Mengaktifkan Akun AdSense YouTube

Setelah membuat akun Google Adsense, Anda harus menjalani langkah selanjutnya, yaitu Anda mengaktifkan Adsense YouTube Anda dengan melalukan monetisasi. Monetisasi bisa Anda lakukan jika Anda tergabung dalam Program Partner YouTube.

Supaya Anda dapat tergabung dalam Program Partner YouTube, Anda harus memenuhi terlebih dahulu standar kelayakan minimum kebijakan monetisasi YouTube seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jika channel YouTube Anda telah memenuhi kriteria yang disebutkan, Anda bisa langsung menyambungkan akun Google Adsense dengan cara klik Account di pojok kanan atas YouTube, pilih YouTube Creator Studio, klik Monetisasi di menu sebelah kiri dan ikuti petunjuk berikutnya.

Dibutuhkan waktu beberapa hari untuk proses penayangan iklan Adsense You Tube Anda diterima, namun dalam beberapa kasus tertentu, dibutuhkan waktu yang lebih lama.

Banner Ads - Ebook 2

Pilihan Tampilan Iklan AdSense Youtube

Saat ini YouTube memiliki enam pilihan tampilan penayangan adsense yang akan disesuaikan kembali dengan jenis video dan target viewers atau subscriber dari masing-masing channel yang dimiliki. Berikut ini adalah enam tampilan iklan YouTube yang mungkin akan muncul di dalam konten yang Anda unggah.

1. Skippable Video Ads

Skippable video ads memungkinkan viewers video Anda bisa skip iklan setelah 5 detik penayangan jika mereka mau.

Skippable video ads memungkinkan viewers bisa klik skip iklan setelah 5 detik jika mereka mau. Iklan ini bisa diselipkan sebelum, saat, atau setelah video diputar. Jika kamu mengaktifkan pilihan ini, bisa jadi kamu akan melihat kombinasi skippable dan bumper ads bergantian. Bisa diaktifkan untuk pengguna desktop, mobile, TV, dan konsol game.

2. Non Skippable Video Ads

Non skippable video ads adalah jenis iklan yang pasti ditonton sebelum video kamu dilihat viewers. Dari namanya, bisa diketahui bahwa jenis iklan ini tidak punya tombol skip sehingga penonton tidak bisa menghindar dari iklan jika benar-benar ingin menonton video atau kontenmu.

Iklan ini bisa muncul sebelum, saat, atau setelah kontenmu diputar. Bisa muncul di desktop dan mobile.

3. Bumpers Ads

Bumper ads adalah video iklan yang harus ditonton viewers sebelum menonton kontenmu dengan durasi hingga 6 detik tanpa tombol skip. Jika kamu mengaktifkan pilihan ini, mungkin akan muncul kombinasi skippable dan bumper ads diputar bergantian. Bisa diaktifkan untuk perangkat desktop dan mobile.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan CTR YouTube? Panduan Lengkap untuk Mengoptimalkan Konten Video dan Channel Anda!

4. Display Ads

Jenis iklan ini muncul di bagian kanan video, di atas suggestion list. Jika pengiklan membayar lebih mahal, iklan ini bisa juga muncul di tepat di bawah player video. Hanya ada di YouTube desktop.

5. Overlay Ads

Overlay ads berbentuk gambar atau teks semi transparan yang mengambil tempat 20% di bagian bawah video kamu. Hanya bisa ditampilkan di YouTube desktop.

Baca Juga: Cara Riset Keywords YouTube Untuk Menaikkan Views

6. Sponsored Cards

Sponsored cards akan menampilkan konten yang biasanya relevan dengan konten videomu, seperti produk yang muncul dalam video. Biasanya, viewers akan melihat teaser yang akan muncul selama beberapa detik. Mereka juga bisa klik ikon yang muncul di pojok kanan untuk mencari tahu produk yang ditampilkan. Bisa diaktifkan di platform desktop dan mobile.

Banner Ads - Lead Gen 2

Jenis Konten untuk Mendapatkan AdSense YouTube

Jika kamu ingin memonetisasi konten-kontenmu dan menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan, pastikan konten tersebut akan menarik bagi viewers, baik dari sisi manfaat, hiburan, atau edukasi. Beberapa konten yang disukai viewers di Indonesia adalah konten kuliner baik review makanan atau tutorial memasak.

Selain itu, kalau kamu jago make up, buatlah konten sebanyak-banyaknya karena make up masuk dalam jenis konten yang paling disukai di Indonesia, gak hanya dari para beauty vlogger tapi juga dari kreator-kreator di kota non-metro.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top