Langkah Aktivasi TikTok Shop yang Bermitra Dengan Tokopedia

tiktok shop tokopedia

Ingin memperluas jangkauan bisnis online Anda? Coba buat toko TikTok bersama Tokopedia! Mari mengenal manfaat dan fitur unggulan dari Toko TikTok, serta dapatkan panduan langkah demi langkah untuk membuat toko online Anda sendiri di platform tersebut. Cocok untuk Anda yang ini menjadi penjual online, pemilik e-commerce, dan pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan!

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan para penjual online untuk mempromosikan produk mereka melalui aplikasi TikTok. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer saat ini. Dengan kehadirannya, TikTok Shop siap membantu para penjual online untuk memanfaatkan popularitas aplikasi ini untuk meningkatkan penjualan.

Banner Ads - General 2

Kenapa Memiliki TikTok Shop Dapat Membantu Anda?

TikTok Shop memiliki kemampuan untuk bisa membantu Anda dalam memperluas jangkauan bisnis online. Sebagai salah satu platform media sosial paling populer di Indonesia yang juga aktif digunakan berbagai kalangan, TikTok menyediakan peluang besar yang harus dimanfaatkan pelaku usaha untuk meningkatkan visibilitas dan meraih lebih banyak pelanggan potensial. 

Dengan fitur TikTok Shop yang terintegrasi, para penjual daring dapat memanfaatkan ketenaran aplikasi ini guna menjangkau target pasar ataupun target potensial yang akan berdampak pada peningkatan penjualan produk atau jasa.

Selain itu, TikTok Shop juga memudahkan para pelaku usaha untuk mempromosikan dagangan secara gratis di platform TikTok. Fitur ini sangat bermanfaat untuk UKM dan pengusaha yang sedang merintis untuk beriklan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Secara keseluruhan, dengan jutaan pengguna aktif dan integrasi bersama platform sosial media Tiktok,, fitur ini merupakan salah satu channel pemasaran digital paling efektif bagi para pengusaha untuk memperbesar cakupan pasarnya.

Banner Ads - Ebook 2

Langkah-langkah Membuat TikTok Shop

Agar Anda tidak ketinggalan dari para pesaing, maka jangan sampai ketinggalan mengintegrasikan TikTok Shop dengan bisnis Anda. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Registrasi dan login ke TikTok

Langkah pertama untuk membuat TikTok Shop adalah dengan mendaftar dan masuk ke akun TikTok Anda. Jika Anda belum memiliki akun TikTok, Anda dapat mendaftar secara gratis aplikasi TikTok yang bisa anda unduh di Play Store atau Apps Store .

2. Membuat TikTok Shop

Setelah masuk ke akun TikTok Anda, langkah selanjutnya adalah membuat TikTok Shop. Untuk melakukannya, pergi ke bagian “profi”, lalu klik Burger Bar di sudut kanan layar Anda. Selanjutnya pilih “Alat kreator”. Di bagian monetasi, Pilih opsi “TikTok Shop untuk Penjual”, lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembuatan toko.

Baca Juga: Apa Itu Marketing TikTok? Panduan Lengkap Pemasaran di TikTok

3. Menambahkan produk ke TikTok Shop

Setelah membuat TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah menambahkan produk ke toko. Untuk melakukannya, unduh aplikasi TikTok Seller Center. Setelah masuk, di halaman beranda, klik “Tambahkan produk pertama Anda” lalu pilih “Mulai”. Ikuti langkah-langkah berikutnya dan klik “selesai”.

Baca Juga: Panduan Optimasi TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan dan Jangkauan yang Lebih Luas

4. Mengatur dan memperbarui TikTok Shop

Setelah menambahkan produk ke TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah mengatur dan memperbarui toko. Untuk melakukannya, klik menu “Pengaturan” di halaman toko, lalu pilih opsi yang ingin Anda ubah, seperti informasi akun, toko, pajak, pengiriman, dan alamat gudang.

Banner Ads - Lead Gen 2

Tips untuk Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

Sekedar membuat akun saja tidak cukup, Anda juga harus tahu langkah apa saja yang harus diambil untuk bisa memaksimalkan hal ini. Dapatkan insight menarik dari informasi berikut ini. 

1. Mengoptimalkan deskripsi produk

Untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop, penting untuk mengoptimalkan deskripsi produk. Pastikan deskripsi produk Anda jelas dan menarik perhatian pembeli potensial.

Baca Juga: Apakah TikTok Shop Harus Akun Bisnis: Panduan Lengkap dan Manfaatnya

2. Menggunakan video TikTok untuk mempromosikan produk

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk di TikTok Shop adalah dengan menggunakan video TikTok. Buat video yang menarik dan kreatif untuk menarik perhatian pengguna TikTok.

3. Menggunakan fitur promosi

TikTok Shop juga menyediakan fitur promosi untuk membantu meningkatkan penjualan. Gunakan fitur ini untuk mempromosikan produk Anda kepada lebih banyak orang.

Baca Juga: Jenis Iklan TikTok Beserta Fitur, Keuntungan, dan Praktik Terbaik untuk Kampanye yang Efektif

4. Berinteraksi dengan pelanggan

Terakhir, penting untuk berinteraksi dengan pelanggan di TikTok Shop. Tanggapi pertanyaan dan komentar mereka dengan cepat dan ramah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Jadi, apakah Anda sudah siap memanfaatkan TikTok Shop dengan mitra Tokopedia ini? JIka saat ini Anda sedang mencari solusi bisnis digital yang terintegrasi dengan social media seperti TikTok, ToffeeDev siap membantu Anda dengan berbagai jasa digital marketing terkemuka. Mulai konsultasi bersama kami untuk mencari tahu apa yang bisa Anda lakukan!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top