7 Faktor SEO Off Page Dalam Membangun Link Bagi Pemula

Apakah Anda memahami barisan faktor SEO Off Page untuk membangun link? Tidak dapat dimungkiri bahwa SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu strategi penting dalam dunia digital marketing yang seharusnya mulai dimanfaatkan oleh beragam jenis bisnis dan industri. Ketika melihat perilaku konsumen pada hari ini yang cenderung mengarah ke digital, berbagai perusahaan dapat menjaring calon pembeli lebih banyak dan mudah dengan SEO. Namun tidak semua orang mengerti bagaimana SEO ini bekerja.

Tentu saja ketidaktahuan ini merupakan hal wajar. Walaupun SEO telah berkembang dari bertahun-tahun lalu, mungkin baru beberapa waktu terakhir ini saja banyak bisnis yang menyadari bahwa SEO mampu membawa manfaat besar untuk proses pertumbuhan industri. Dari segi namanya pun, belum tentu orang-orang bisnis yang awam mudah mengerti apa maksud dari SEO itu sendiri. 

SEO adalah bentuk optimasi website sehingga ketika mengetikkan suatu keyword atau kata kunci dalam search engine seperti Google, maka laman website tersebut berada di halaman pertama hasil pencarian. Bahkan kalau bisa ada di peringkat pertama hasil pencarian. Untuk mencapai hal ini memang tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dikerjakan di dalam dan di luar website. Itulah mengapa SEO menjadi pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan banyak usaha. Namun ketika optimasi website terhitung berhasil, ada berbagai keuntungan yang dapat dirasakan. Apa saja keuntungannya?

Ketika SEO yang dijalankan dalam sebuah website terhitung berhasil, maka ada beberapa laman yang berada di peringkat pertama hasil pencarian. Kemudian, trafik pengunjung ke dalam website juga semakin lebih tinggi. Mengapa hasil ini bisa didapatkan? Alasannya karena website bisnis tersebut jauh lebih mudah ditemukan di search engine berkat dioptimasi dengan SEO. Keuntungan terakhir yang dapat dirasakan adalah meningkatnya brand awareness dan leads. Keduanya akan saling bertumbuh ketika optimasi SEO semakin sukses. 

Seluruh keuntungan yang telah dijelaskan di atas dapat dirasakan ketika optimasi SEO dilakukan dengan baik dan benar. Tapi apakah Anda mengetahui apa saja faktor dalam SEO? Sebenarnya, SEO terdiri dari dua kelompok besar dari sisi optimasi, yaitu SEO On Page dan Off Page. 

Secara garis besar, SEO On Page adalah pengerjaan optimasi dari seluruh bagian di dalam website. Dimulai dari optimasi kualitas konten yang SEO friendly, riset keyword, internal link, kecepatan website, permalink, penggunaan heading dalam tulisan, dan optimasi gambar. Sebaliknya, SEO Off Page berfokus pada pengerjaan optimasi di luar website.

Mungkin Anda masih belum memahami penjelasan dari SEO Off Page. Memang, untuk pengerjaan SEO Off Page termasuk lebih sulit. Ketika proses optimasi SEO On Page telah dilakukan, ternyata hasilnya belum cukup baik dalam mencapai peringkat pertama di hasil pencarian. Maka mau tidak mau, diperlukan dukungan optimasi SEO Off Page itu sendiri. 

Untuk memahami bagaimana SEO Off Page itu bekerja, maka Anda harus mengikuti rangkain informasi yang telah dirangkum oleh tim ToffeeDev, Digital Marketing Agency dengan pengalaman mendukung beragam bisnis untuk optimasi SEO. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Faktor-Faktor SEO Off Page

Ketika Anda membaca judul dari artikel ini, maka total ada tujuh faktor SEO Off Page yang memiliki pengaruh cukup besar ketika dioptimasi. Sebenarnya, jika Anda mencari apa saja unsur dalam SEO Off Page di mesin pencari, maka jawaban yang paling banyak terlihat adalah backlink dan media sosial. Hal ini tentu saja tidak salah karena backlink dan media sosial memang berurusan dengan hal-hal di luar website. Namun dalam pengerjaannya, cukup banyak orang yang salah kaprah. Optimasi yang dilakukan ternyata tidaklah berhasil karena mengambil beberapa langkah yang salah. Apalagi optimasi backlink ini cukup banyak pro kontranya. 

Itulah mengapa ada beberapa faktor di dalam mencapai peringkat terbaik dengan optimasi Off Page website bisnis Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa faktor penentu optimasi dalam SEO Off Page. 

1. Kualitas Backlink

Backlink adalah link website Anda yang disisipkan di dalam website lainnya. Secara sederhana, itulah penjelasan mengenai backlink. Namun dalam mendapatkan backlink yang berkualitas bukanlah perkara mudah karena ada beberapa faktor lain yang menentukan, yaitu:

  • Reputasi website
  • Keaktifan website
  • Kesamaan topik
  • Penempatan backlink dalam website
  • Dofollow & Nofollow
  • Kesamaan bahasa
  • Umur backlink

Selain beberapa faktor di atas, masih ada faktor penempatan backlink juga. Ketika backlink tersebut diletakkan di dalam teks (disebut juga contextual link), maka Google akan membaca apa isi dari tulisan yang mengeliling link tersebut. Kemudian Google akan memutuskan dalam konteks apa link itu dipasang. Jika memang sesuai dengan aturan yang ada, maka website Anda akan mendapatkan keuntungan dari sana. 

2. Jumlah Backlink

Banyak yang berpikir bahwa semakin banyak jumlah backlink, maka hasilnya pun juga lebih baik. Sebenarnya intinya bukan itu. Google tetap mempertahankan prinsip bahwa kualitas tetap diutamakan dibandingkan kuantitas. Bahkan kalau bisa berjalan beriringan. Jadi, kualitas backlink juga diiringi dengan kuantitasnya yang banyak.

Jika Anda malah mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi baik, maka tak akan termasuk sebagai faktor positif yang menguntungkan. Itulah mengapa sebaiknya pikirkan kualitas backlink terlebih dulu, baru berbicara tentang kuantitasnya.

Baca Juga : 5 Cara Membangun Backlink Berkualitas

3. Anchor Text

Anchor text memegan peranan penting di dalam SEO Off Page. Dengan keberadaan anchor text, maka link dapat dibaca oleh mesin pencari Google sebagai suatu kata kunci. Namun perlu diingat bahwa penggunaan anchor text yang sama secara berulang-ulang tidak mampu memberikan dampak positif lebih besar lagi. 

Sebagai contoh, ketika dalam satu halaman website memiliki dua link menuju ke website Anda, namun dengan anchor text berbeda, Google akan menggunakan pilihan paling pertama. Jadi, anchor text yang kedua sama sekali tidak berguna. Oleh karena itu, gunakan anchor text secara minimalis agar mendapatkan hasil yang maksimal.Jasa SEO

4. Keragaman Backlink

Ada berbagai jenis backlink yang dapat Anda manfaatkan saat ini. Selain contextual link, ada profile, bio, blog comment, widget, advertorial, directory, dan lainnya. Namun bukan berarti Anda dapat memanfaatkan semuanya sekali waktu. Terlalu banyak menggunakan berbagai jenis backlink malah tidak akan memberikan efek yang jauh lebih optimal. Malah, Google tetap melihat satu jenis backlink saja di sana.

Jika memang Anda bisa mendapatkan backlink secara alami, maka jenis-jenis yang tersedia juga pasti lebih beragam. Itulah mengapa di dalam faktor peringkat SEO Off Page, keragaman backlink menjadi salah satu bagiannya.

Baca Juga: Mengerti Lebih Banyak Tentang Local SEO

5. Aktivitas Sosial

Setelah empat poin sebelumnya membahas tentang backlink, maka faktor-faktor selanjutnya dalam SEO Off Page yang akan dibahas berfokus pada media sosial. Ketika website bisnis milik Anda ternyata juga aktif dalam media sosial, maka hal ini sangatlah bagus. Itu berarti website Anda terhitung populer. 

Aktivitas sosial sebuah website sebenarnya dapat dilihat dengan mudah, yakni menggunakan alat ukur dari berapa jumlah share di dalam media sosial tersebut. Namun dalam perjalanannya, ada satu poin yang harus diingat dalam urusan media sosial ini. Apa itu? Jawabannya adalah reputasi sosial.

6. Reputasi Sosial

Reputasi sosial menjadi bagian penting dalam SEO Off Page yang fokus pada media sosial. Ternyata Google sendiri mampu memahami sentimen di dalam setiap komentar. Ketika website Anda mendapatkan komentar negatif dari orang lain, maka hal itu mampu memberikan dampak buruk. Namun tenang saja, ketika website Anda mendapatkan komentar positif, berarti mampu memberikan dampak positif juga. 

7. Faktor Personal

Google telah menerapkan personalized search yang merupakan suatu fitur dengan hasil pencarian terhadap suatu keyword dapat berbeda-beda, tergantung masing-masing akun Google. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hal ini, yaitu:

  • Negara dan bahasa
  • Tingkat kepuasaan pengguna terhadap sebuah website
  • Apakah pengguna pernah mengunjungi website tersebut atau tidak
  • Apakah website tersebut pernah di-share oleh temannya

Walaupun sudah ada fitur personalized search, sebenarnya mesin pencari Google tidak pernah mengeluarkan daftar resmi dari faktor-faktor yang memengaruhi peringkat website. Namun bisa dipastikan bahwa faktor-faktor ini didapatkan secara alami dan empiris. 

Strategi Backlink Off Page SEO yang Tidak Boleh Dilakukan

Backlink adalah bagian penting di dalam SEO Off Page. Bahkan dapat disebut sebagai yang utama untuk dilakukan dan dioptimasi dibandingkan dengan hal-hal berbau media sosial. Google sendiri juga mendukung penggunaan backlink karena memiliki sebuah bot yang melakukan crawling di dunia maya bernama Googlebot.

Ketika Googlebot mulai bergerak dari website ke website melalui link yang ada di setiap laman website tersebut, maka bot ini akan mengumpulkan data-data di dalamnya. Kemudian data-data tersebut disusun dalam index dan urutan peringkat website

Googlebot memang menggunakan link sebagai navigasi sehingga website yang memiliki link dari luar akan mendapatkan prioritas jauh lebih tinggi. Maka semakin banyak dan tinggi kualitas link-nya, maka semakin baik peringkat dari website itu di dalam hasil pencarian Google. 

Sayangnya, ada beberapa strategi backlink yang salah dan ternyata masih tetap dilakukan hingga saat ini. Maksud dari ‘salah’ di sini lebih kepada hal-hal yang tidak disukai oleh mesin pencari karena sering disalahgunakan. Mungkin pada awalnya, strategi-strategi ini terhitung normal untuk dilakukan. Namun ketika terus diperas untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil pencarian, pihak Google tidak menyukai hal itu. Oleh karena itu, Google mulai merasa bahwa beberapa strategi backlink di bawah ini terhitung salah. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: 5 Penerapan dan Contoh SEO Off Page

1. Saling Tukar Link

Ketika konsep backlink diperkenalkan, strategi saling tukar link untuk diletakkan di website masing-masing banyak dilakukan. Tentu saja pada awalnya hal ini dilihat sebagai cara menguntungkan karena memang lebih cepat untuk mendapatkan backlink. Namun seiring berjalannya waktu, Google sudah mengerti strategi ini dan langsung membuat hal tersebut tidak mampu lagi memberikan manfaat positif dalam meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian.

2. Komentar di Blog dan Forum

Strategi ini termasuk yang sering dilakukan, bahkan mungkin Anda sendiri pernah melihatnya. Ketika Anda membuka sebuah laman blog atau forum, maka sering muncul postingan dan komentar yang tersisipkan suatu link website. Hal itu sendiri merupakan salah satu cara mendapatkan backlink. Sayangnya, ketika banyak orang yang mulai memanfaatkan hal ini, malah terlihat sebagai sebuah spamming. Inilah yang membuat strategi memberikan komentar dalam blog dan forum sambil disisipkan link website tidak lagi efektif.

3. Menggunakan Jasa Backlink

Pertumbuhan SEO menjadi salah satu ladang bisnis baru untuk beberapa pihak. Termasuk tersedianya jasa backlink. Anda dapat membeli link yang kemungkinan mampu meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian Google. Namun cara ini tidak mampu bertahan lama. Bahkan Google sendiri dapat mendeteksi bahwa website Anda menggunakan jasa backlink sehingga harus bersiap-siap mendapatkan hukuman dari mesin pencari tersebut. Sebaiknya, pikirkan risikonya matang-matang sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa backlink.

4. Menggunakan Software Bot

Cukup banyak software atau tools yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink secara otomatis. Namun apakah backlink tersebut berkualitas? Atau hanya malah fokus pada kuantitas saja? Sayangnya, backlink dari software atau tools tersebut sudah pasti berkualitas rendah. Alih-alih mendapatkan backlink berkualitas, malah hal tersebut dapat merusak reputasi website Anda. Hindari penggunaan software bot backlink ini sejak dini.

5. Auto-approve Link

Maksud dari poin ini adalah segala bentuk dari link yang tidak melalui proses moderasi pemilik website. Dengan begitu, link tersebut dapat langsung muncul ketika Anda memasukkan alamat website sendiri. Terkesan aneh tapi memang ini menjadi cara untuk mendapatkan backlink.

6. Spamming

Dalam bentuk apapun, spamming link website bukanlah hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan backlink. Apalagi setiap peraturan dalam dunia internet memang tidak pernah mendukung praktik spamming ini. Ya, mungkin memang jumlah link website Anda di website lain menjadi jauh lebih banyak. Namun sudah pasti tidak akan memberikan manfaat positif dalam bentuk apapun. Malah Google bisa saja memberikan hukuman kepada website Anda atas praktik spamming yang telah dilakukan.

7. Private Blog Network

Private Blog Network (PBN) menjadi salah satu mendapatkan backlink yang masih dilakukan hingga saat ini. Maksud dari PBN sendiri adalah sekumpulan blog yang dikelola oleh satu orang saja sebagai ladang backlink untuk website utama mereka. Fungsi dari PBN ini memang hanya menjadi ladang backlink di dalam konten-konten artikel yang diciptakan sendiri. Walaupun pada awalnya terkesan bermanfaat untuk meningkatkan peringkat website, Google tidak menyukai praktik ini. Sekarang Google telah aktif menghukum jaringan PBN ini. 

Sekarang Anda sudah mengerti apa saja faktor SEO Off Page yang memang berpengaruh dalam membangun link. Termasuk juga praktik-praktik backlink yang tidak disukai oleh Google dan terbukti sudah tak efektif lagi. Dalam pengerjaan SEO, backlink memang penting, tapi bukan berarti harus menjadi fokus utama. SEO On Page menjadi bagian utama yang harus dibenahi terlebih dulu, baru Anda dapat berpindah ke Off Page. Buatlah konten yang memang bermanfaat dan berisi informasi berguna bagi para pengunjung website. Ketika Anda sudah membangun website secara benar, maka trafik pengunjung website akan naik dengan seluruh usaha yang optimal. 
Untuk menjalankan strategi SEO sendiri bukanlah perkara mudah. Perlu dukungan dari tim profesional yang memang sudah berpengalaman dalam melakukan optimasi SEO berbagai website bisnis dan industri. Untuk itulah ToffeeDev hadir dengan tim Jasa SEO yang telah mendukung optimasi SEO website dari berbagai jenis bisnis. Dengan kinerja profesional dan selalu mencapai target sesuai kebutuhan klien, ToffeeDev siap memberikan layanan SEO bagi bisnis Anda. Kunjungi ToffeeDev sekarang juga untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat