Mengenal Interpersonal Skill dan Cara Meningkatkannya

interpersonal skill adalah

Perlu diketahui bahwa interpersonal skill adalah sebuah softskill di dalam diri seseorang yang paling dibutuhkan saat ini, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. Terlebih saat memasuki dunia kerja, Anda tentu perlu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja agar seluruh pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 

Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang interpersonal skill, namun apakah Anda memahami apa maksudnya? Dalam artikel ini, ToffeeDev akan membagikan informasi lengkap tentang interpersonal skill dan cara untuk meningkatkannya. Jadi, pastikan Anda membaca ulasan di bawah ini hingga akhir.  

Apa Itu Interpersonal Skill?

Apa Itu Interpersonal

Interpersonal skill adalah kemampuan individu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain melalui cara yang efektif dan efisien. Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, memperkenalkan diri secara jelas dan teratur, menunjukkan empati dan kepekaan terhadap perasaan orang lain, mengatasi konflik dengan baik, dan masih banyak lagi.

Dalam lingkungan kerja, interpersonal skill menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh individu agar dapat berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, bahkan bawahan dengan baik. Selain itu, interpersonal skill juga menunjukkan bagaimana pekerja melakukan tanggung jawab yang dimiliki.

Untuk mengembangkan interpersonal skill, individu harus memperhatikan faktor-faktor seperti komunikasi verbal dan non-verbal, kemampuan menyesuaikan diri, serta kemampuan menunjukkan perhatian dan empati terhadap orang lain. Keterampilan ini dapat ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman, sehingga dapat membantu individu mencapai keberhasilan dalam karier dan kehidupan pribadinya.

Menurut ahli, kemampuan interpersonal ini merupakan keahlian seseorang yang dapat terbentuk melalui banyak proses terutama dalam mendapatkan pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman atau bisa juga melalui latihan. 

3 Manfaat Interpersonal Skill

Manfaat Interpersonal

Pada dasarnya interpersonal skill tidak hanya diterapkan pada dunia kerja saja, melainkan juga kehidupan pribadi sehari-hari. Ada setidaknya 3 manfaat yang bisa ANda rasakan jika mengembangkan interpersonal skill yang baik. Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Lain

Interpersonal skill memainkan peran penting dalam menjaga hubungan baik dengan orang lain. Pasalnya, kemampuan berkomunikasi dengan baik dan efektif dapat membantu Anda untuk menghindari konflik yang tidak perlu dan dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan rekan kerja, keluarga, teman, dan pasangan. 

Selain itu, interpersonal skill yang baik juga dapat membangun kepercayaan dan keterbukaan dengan orang lain, sehingga memperkuat hubungan yang sudah terjalin. 

2. Memiliki Rasa Toleran dan Empati

Dalam lingkungan kerja, individu yang memiliki kemampuan untuk memahami pandangan dan perspektif orang lain dapat bekerja dengan lebih baik di dalam tim, menyelesaikan konflik dengan lebih bijak, dan mampu menjalin hubungan baik dengan rekan kerja. 

Kemampuan untuk menunjukkan empati dan kepekaan terhadap perasaan orang lain juga membantu individu untuk menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap orang lain, sehingga meningkatkan kepercayaan dan membuat hubungan yang lebih dekat.

Baca Juga: 6 Metode Performance Appraisal yang Wajib Diketahui

3. Mampu Bekerja Sama dengan Baik

Keterampilan interpersonal juga membantu individu untuk bekerja sama dengan baik dengan orang lain. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dapat membantu Anda bekerja sama dengan rekan kerja, sehingga mempercepat penyelesaian tugas dan mencapai tujuan bersama dengan lebih efektif. 

Kemampuan ini bisa digunakan untuk belajar dari orang lain dan mengembangkan diri sehingga dapat mencapai keberhasilan yang lebih besar dalam karier dan kehidupan pribadinya.

4 Contoh Interpersonal Skill

Contoh Interpersonal

Setelah dihadapkan pada penjelasan tentang interpersonal skill, mungkin sekarang Anda sedang memikirkan apa saja kemampuan interpersonal yang sebaiknya dimiliki seseorang. Tenang saja, ToffeeDev juga akan membagikan berbagai contoh interpersonal skill. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Mendengarkan dengan Baik

Contoh pertama dari interpersonal skill adalah kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Hal ini termasuk dalam kategori komunikasi interpersonal, di mana individu harus mampu menghargai dan memahami perspektif dan sudut pandang orang lain. 

Mendengarkan dengan baik melibatkan memberikan perhatian penuh pada apa yang dikatakan oleh orang lain dan menghindari gangguan atau distraksi yang dapat mengganggu proses komunikasi. Jadi Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan positif dengan orang lain sekaligus menghindari konflik yang tidak perlu.

2. Menunjukkan Empati

Empati berkaitan pada kemampuan individu untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang yang dapat menunjukkan empati akan memperoleh kepercayaan dan keterbukaan dari orang lain. Contoh lain dari menunjukkan empati adalah dengan cara merespons dengan baik saat orang lain membutuhkan dukungan dan bantuan.

Baca Juga: Jenjang Karier Adalah: Definisi, Contoh, dan Cara Menentukannya

3. Menyelesaikan Konflik dengan Baik

Konflik di tempat kerja atau di kehidupan sehari-hari bisa timbul karena perbedaan pendapat, nilai, atau bahkan kepribadian antara individu. Dalam situasi seperti ini, setiap orang dengan kemampuan interpersonal yang baik akan mengelola konflik dengan baik dan mencapai solusi yang menguntungkan untuk semua pihak. 

Kemampuan ini melibatkan mendengarkan dengan baik, mempertimbangkan pandangan dan kepentingan orang lain, dan mencari cara untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang positif dan konstruktif.

4. Menunjukkan Kepedulian

Menunjukkan kepedulian melibatkan memberikan perhatian dan perhatian terhadap kebutuhan, pandangan, dan perasaan orang lain. Contoh dari menunjukkan kepedulian adalah dengan cara memperhatikan kesejahteraan dan kesehatan orang lain serta memberikan atau menawarkan bantuan ketika orang lain mengalami kesulitan.

banner

Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

Cara Meningkatkan Interpersonal

Setelah membaca pengertian, manfaat, dan contoh interpersonal skill, Anda mungkin mulai tertarik untuk meningkatkan keterampilan interpersonal ini agar dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Adapun cara meningkatkan interpersonal skill yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Individu yang merasa percaya diri akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain dan menunjukkan empati karena mereka tidak terlalu fokus pada diri sendiri dan dapat memperhatikan kebutuhan dan perasaan orang lain. 

Cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mengenali kekuatan dan kelemahan pribadi serta mencari cara untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Selain itu, ternyata melakukan latihan fisik dan menjaga kesehatan mental juga dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri.

2. Meminta dan Menerima Saran atau Kritik

Cara yang selanjutnya adalah meminta dan menerima saran atau kritik dari orang lain. Hal ini dapat membantu seseorang memperbaiki diri dan memperbaiki keterampilan interpersonal mereka. 

Melalui saran atau kritik yang diterima dari orang lain, Anda dapat belajar untuk bersikap terbuka dan menerima masukan dari orang lain, serta menggunakan masukan tersebut untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keterampilan interpersonal.

Baca Juga: Mengenal Uji Kecepatan Internet Dan Langkah-Langkahnya

3. Mampu Memosisikan Diri

Cara ketiga adalah dengan dengan mampu memosisikan diri. Hal ini melibatkan kemampuan untuk memahami perasaan, pandangan, dan kepentingan orang lain serta menempatkan diri pada posisi yang tepat ketika orang lain sedang membagikan ceritanya. 

Anda dapat melakukan cara ini dengan mengenali peran dan tanggung jawab dalam hubungan interpersonal Anda dengan orang lain, serta mencari cara untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan komunikasi dengan orang lain.

4. Belajar dari Orang yang Sudah Berpengalaman

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika seseorang ingin meningkatkan interpersonal skill adalah belajar dari orang yang sudah berpengalaman. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari mentor atau pelatih yang dapat membantu individu mengembangkan keterampilan interpersonal. Jadi, Anda dapat meminta masukan dan saran, serta mengamati dan belajar dari cara mereka berinteraksi dengan orang lain.

Dalam kesimpulannya, interpersonal skill adalah keterampilan yang penting untuk dipelajari dan ditingkatkan oleh individu dalam lingkungan kerja dan kehidupan sehari-hari. Tidak ada ruginya jika Anda mulai menerapkan cara yang tepat untuk meningkatkan interpersonal skill

Pada era digital yang semakin maju, interpersonal skill tetap menjadi keterampilan penting, tetapi bukan berarti keterampilan pada bidang hardskill menjadi hal yang bisa dikesampingkan. Mempercayakan sebuah pekerjaan pada orang dengan hardskill yang baik pada bidang tertentu bisa menjadi salah satu bentuk kerja sama yang baik. 

Contohnya, apabila Anda belum menguasai digital marketing tetapi membutuhkannya untuk melakukan pemasaran produk perusahaan, Anda bisa menyerahkannya pada digital marketing agency tepercaya seperti ToffeeDev. 

ToffeeDev menyediakan jasa optimalisasi website agar produk Anda dapat dikenal oleh lebih banyak orang dalam waktu singkat. Tertarik untuk mencobanya? Hubungi ToffeeDev sekarang juga dan dapatkan konsultasi gratis seputar kebutuhan digital marketing Anda. 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat