5 Manfaat Jasa Marketing Online untuk Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Di tengah kondisi pandemi yang membuat mobilitas orang kian terbatas, digital marketing atau jasa marketing online menjadi andalan para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Pasalnya, marketing online menawarkan lebih banyak manfaat dibanding pemasaran konvensional, utamanya dalam hal jangkauan yang luas serta akses tak terbatas ruang dan waktu. 

Karenanya, tak heran jika banyak perusahaan ataupun UMKM yang memadukan atau bahkan menggeser periklanan tradisionalnya dengan marketing online. Nah, bagi Anda yang tengah bingung menentukan strategi pemasaran yang tepat, berikut manfaat marketing online yang perlu diketahui. 

Manfaat Jasa Marketing Online

Ada beberapa manfaat marketing online yang tentunya sangat disayangkan jika tidak Anda manfaatkan dalam bisnis. 

1. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Kelebihan utama dari pemasaran berbasis internet adalah kemampuannya yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Dengan ini, tentunya Anda bisa menjangkau calon konsumen tanpa harus terbatas jarak. Toko pun seolah bisa aktif selama 24 jam, mengingat bisa diakses kapan saja mereka mau. Hal ini sangat jauh berbeda dengan toko offline, yang hanya bisa dijangkau oleh calon konsumen terdekat serta memiliki batas waktu atau jam buka-tutup. 

Baca Juga : Pentingnya Membawa Bisnis Offline Ke Online

Bagi konsumen pun, cara pemasaran online umumnya lebih disukai. Bagaimana tidak, mereka bisa mengunjungi berbagai toko online serta memilih produk tanpa harus repot-repot datang ke lokasi. Atau, bisa juga calon konsumen melihat terlebih dulu katalog produk yang tersedia di website atau marketplace, baru jika ada waktu senggang bisa langsung melihat ke toko offline. Yang jelas, karena fleksibilitas dan efisiensi inilah jasa marketing online lebih disukai oleh para calon konsumen. 

2. Biaya Relatif Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan jasa marketing konvensional, seperti banner, iklan TV dan radio, serta majalah atau koran, biaya periklanan online relatif jauh lebih murah. Bahkan, Anda bisa memulainya dari yang minim biaya, seperti marketplace dan media sosial. Di sini, Anda hanya perlu mengunggah foto produk beserta deskripsi, dan mempromosikannya secara online

Atau, bagi Anda yang ingin menjangkau lebih banyak calon konsumen, bisa menggunakan jasa iklan berbayar, seperti Instagram Ads, Facebook Ads, Google Ads, dan lainnya. Jika Anda tidak ingin repot atau minim keahlian di bidang ini, bisa menggunakan jasa digital marketing agency tepercaya. Dijamin, segala hal yang berkaitan dengan digital marketing, seperti SEO, SEM, Paid Promote, dan lainnya akan diselesaikan dengan baik. 

3. Kemudahan Mengelola

Digital marketing juga akan memudahkan Anda mengelola produk atau barang dagangan. Anda hanya perlu membuat item daftar produk atau katalog online beserta deskripsi singkat dari masing-masing item. Kemudian, sistem manajemen situs yang akan membantu mengontrol ketersediaan stok barang. Dengan ini, Anda hanya perlu mencari karyawan untuk menangani pemesanan online atau admin, dan yang bertugas di bidang pengiriman barang. 

Baca Juga : Pentingnya 5 Konsep Digital Marketing

Anda pun tak perlu khawatir ada pelanggan yang tidak terlayani, karena sistem komputer akan secara otomatis mengakomodasi semua aktivitas transaksi. Anda hanya perlu fokus pada pembelian, pengiriman, evaluasi, dan strategi perusahaan. 

4. Mudah Melakukan Riset Pasar dan Evaluasi

Dengan jasa marketing online, para pengusaha juga akan dimudahkan untuk melakukan riset pasar sekaligus evaluasi. Anda bisa mencari tahu produk apa yang tengah diminati masyarakat dengan cara melihat banyaknya pencarian kata kunci. 

Dengan akses internet yang serba terbuka, Anda pun bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang tengah dijalankan ataupun dari bisnis lain yang sejenis. Dengan begini, Anda bisa melakukan evaluasi sekaligus merencanakan strategi pengembangan bisnis yang baru. 

5. Meningkatkan Profit

Mengingat saat ini masyarakat lebih menyukai transaksi berbasis online, tentunya profit dari bisnis ini cenderung lebih besar dibandingkan konvensional. Nyatanya, para pelaku bisnis yang menerapkan strategi marketing online cenderung lebih sukses dibanding mereka yang hanya mengandalkan pemasaran offline. Tak ayal, banyak dari pengusaha offline yang kini memadukan teknik pemasarannya dengan digital marketing demi mempertahankan eksistensi dan keuntungan. 

Baca Juga : Apa Manfaat Pemasaran Online Bagi Bisnis?

Nah, itulah beberapa manfaat jasa marketing online yang perlu diketahui. Tentunya ada banyak keuntungan yang bisa didapat ketika menerapkannya untuk bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post