5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Apakah Anda berencana membangun bisnis online sebagai sumber penghasilan? Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan bisnis online sebelum membangun usaha sendiri. Pertimbangan ini sangat diperlukan supaya Anda tidak terjebak dalam euforia bisnis online di Indonesia yang sedang menjamur pada saat ini.

Sudahkah Anda menemukan bahan pertimbangan yang tepat dalam membangun bisnis online? Anda perlu membaca artikel ini jika belum menemukan jawabannya. Yuk, simak sampai selesai!

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Anda pasti penasaran dengan sejarah munculnya bisnis online di Indonesia hingga berkembang pesat pada abad ini. Faktanya, kemunculan bisnis online tak lepas dari perkembangan internet di Indonesia. Orang Indonesia mulai banyak yang menggunakan internet pada awal 2000-an dan saat itu pula banyak toko online yang muncul. 

Perkembangan bisnis online mulai pesat pada 2005. Saat itu, banyak situs jual-beli dan akun online shop yang muncul dan menjual berbagai macam barang. Pemilik bisnis online pun mulai memasang iklan di berbagai media untuk mempromosikan produknya. Alhasil, banyak orang yang beralih ke bisnis online.

Bisnis online makin marak berkat kehadiran ponsel pintar dan jaringan internet yang mudah dan terjangkau. Pebisnis pun lebih kreatif dalam mempromosikan toko online-nya dengan menggunakan foto dan video yang menarik. 

Data terbaru menyatakan bahwa pertumbuhan bisnis online di Indonesia mencapai 17% per tahunnya. Bisa dibilang bahwa tahun 2020-an menjadi puncak perkembangan bisnis online di Indonesia berkat masa pandemi Covid-19 yang melanda.

Baca Juga: 15 Tips Bisnis Online Agar Sukses

5 Kelebihan Bisnis Online

5 Kelebihan Bisnis Online

Euforia bisnis online yang sedang ramai pasti membuat Anda ingin terjun ke dunia bisnis online. Namun, Anda perlu mempertimbangkan sampai matang tentang kelebihan dan kekurangan model bisnis ini. Mari kita mulai dari membahas kelebihannya dahulu.

1. Membutuhkan Modal Relatif Kecil

Anda tidak akan mengeluarkan modal yang cukup besar untuk membangun bisnis online. Pasalnya, bisnis online tidak memerlukan lapak usaha, etalase, perlengkapan yang mahal, dan sebagainya. Anda pun bisa mencoba metode dropship sehingga tidak mengeluarkan modal untuk menyetok barangnya.

Baca Juga: 10 Strategi Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

2. Proses Transaksi Cepat

Pelanggan mana pun pasti menginginkan proses transaksi yang cepat dan nyaman. Anda bisa memenuhi keinginan mereka dengan menjalankan bisnis online. Anda cukup menerima pesanan mereka, kemudian membungkus dan mengirimkannya ke alamat penerima.

3. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Bisnis online berpeluang lebih besar dalam menjangkau banyak orang. Internet akan membuat usaha Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas tanpa batas wilayah. Menariknya, promosi bisnis Anda bisa sampai ke luar negeri sehingga area pasar menjadi lebih luas.

4. Media Promosi Lebih Menarik

Dibandingkan bisnis konvensional, bisnis online mampu menyediakan media promosi yang lebih menarik. Anda bisa membuat foto dan video promosi yang estetik atau menggunakan fitur media sosial dengan maksimal. Pilihan lainnya, Anda bisa memanfaatkan endorsement sehingga penjualannya makin meningkat.

Baca Juga: 10 Cara Promosi Jualan Online yang Efektif

5. Bisa Dikerjakan oleh Siapa Saja

Anda tidak perlu surat-surat atau bukti legalitas tertentu untuk memulai bisnis online. Anda pun tetap bisa menjalankan bisnis online tanpa harus memiliki kualifikasi atau sertifikasi tertentu. Tidak heran apabila banyak pelajar sekolah yang mulai mencari penghasilan sendiri lewat bisnis online.

5 Kekurangan Bisnis Online

Bisnis online juga memiliki kekurangan yang patut dipertimbangkan. Namun, setiap kekurangan pasti memiliki solusi untuk mengatasinya. Apa saja kekurangan bisnis online?

1. Membutuhkan Pengetahuan dan Skill

Walaupun tidak memerlukan kualifikasi pendidikan, Anda tetap membutuhkan pengetahuan mengenai teknologi dan bisnis online. Selain itu, ada pula skill yang harus dibangun supaya bisnis online Anda berjalan makin maksimal.

Jasa SEO

2. Persaingan Cukup Ketat

Sudah banyak toko online yang berdiri di Indonesia sehingga persaingan makin bertambah ketat. Setiap penjual online akan saling berperang dalam memperebutkan pelanggannya. Namun, kekurangan tersebut dapat diatasi dengan cara membangun ciri khas dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 8 Tantangan dalam Bisnis dan Strategi Menghadapinya

3. Sulit Membangun Kepercayaan

Tantangan terbesar dalam memulai bisnis online adalah membangun kepercayaan pelanggan. Mereka cenderung tidak percaya pada toko online yang masih sepi atau belum memiliki banyak transaksi penjualan. Solusinya, Anda bisa mulai dengan mengajak keluarga atau teman terdekat untuk membeli produk, kemudian meminta testimoni untuk ditampilkan di toko online agar calon pelanggan makin percaya.

4. Penipuan Masih Marak

Walaupun sudah banyak orang yang percaya dengan bisnis online, masih ada oknum yang melakukan penipuan melalui bisnis online. Itulah pentingnya membangun kepercayaan dengan pelanggan agar mereka merasa aman saat berbelanja di toko Anda.

5. Biaya Tambahan Tidak Sedikit

Bisnis online membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit, mulai dari proses pengemasan hingga pengiriman. Biaya tersebut makin besar apabila pelanggan memesan dalam jumlah yang besar atau tinggal di area yang lebih jauh.

4 Tips Memulai Bisnis Online Sendiri

4 Tips Memulai Bisnis Online Sendiri

Anda sudah mantap untuk memulai bisnis online setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas? Sekarang saatnya untuk membangun bisnis online pertama Anda dengan mengikuti tips di bawah ini.

Baca Juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

1. Miliki Mindset yang Tepat

Mulailah dengan membangun mindset yang tepat supaya Anda memiliki sikap positif dalam membangun bisnis online. Anda perlu fokus pada satu bisnis terlebih dahulu sampai mampu mendapatkan banyak pelanggan baru dan pelanggan tetap. Mindset lainnya, Anda tidak boleh menyerah apabila terjadi kegagalan dalam bisnis.

2. Atur Manajemen Keuangan Bisnis

Keuangan telah menjadi hal fundamental dalam menjalankan bisnis online atau offline. Anda perlu memiliki manajemen keuangan yang tepat, yaitu mencatat setiap transaksi keuangan yang masuk dan keluar secara rinci. Selain itu, pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis agar dananya tidak tercampur.

3. Jaga Kualitas Produk

Berjualan online bukan berarti Anda tidak memperhatikan kualitas produk yang ingin dijual. Bagaimana pun, pelanggan ingin mendapatkan produk yang berkualitas dengan cara yang praktis: berbelanja online. Anda perlu melakukan quality control terlebih dahulu terhadap barang jualan serta proses pengemasannya.

Baca Juga: 7 Cara Meminimalkan Risiko-Risiko Bisnis Online

4. Cobalah Bermitra dengan Bisnis Lain

Jangan takut untuk bermitra dengan bisnis lain untuk mengembangkan bisnis online Anda. Contohnya, memanfaatkan jasa iklan Facebook Ads dari ToffeeDev untuk memasarkan bisnis online Anda ke pengguna Instagram. 

Konsultasikan mengenai strategi Digital Marketing yang cocok dengan target audiens Anda dan kami akan menjalankan strateginya dengan tepat sasaran. Hubungi kami sekarang dan dapatkan pelanggan baru dengan cepat untuk bisnis online Anda melalui jasa Digital Marketing ToffeeDev.
Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis online di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Jangan lupa menerapkan tipsnya apabila sudah yakin ingin membangun bisnis online.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat