Key Opinion Leader: Arti dan Perannya Dalam Pemasaran

Key Opinion Leader

Key opinion leader adalah strategi pemasaran digital yang paling sering digunakan pada saat ini. Pengaruh key opinion leader (KOL) dalam pemasaran juga cukup besar karena mereka mampu memengaruhi keputusan audiens untuk membeli produk Anda. 

Apakah Anda tertarik menerapkan strategi ini demi meningkatkan angka penjualan sekaligus menaikkan brand awareness? Pahami dahulu mengenai KOL, mulai dari pengertian, peran penting, serta keuntungannya dalam artikel ini.

Apa Itu Key Opinion Leader (KOL)?

Key opinion leader adalah seorang tokoh yang memiliki keahlian, pengalaman, dan pengetahuan mendalam terhadap bidang suatu bidang. Pendapat dan rekomendasi KOL selalu didengar dan dianggap penting bagi audiens atau calon konsumen sebelum membeli produk. 

Contoh sederhananya, dokter kulit berperan sebagai KOL untuk produk perawatan wajah, selebriti yang menjadi ibu rumah tangga untuk produk perlengkapan bayi, atau koki untuk merekomendasikan produk kuliner.

Seorang KOL harus memiliki status yang menonjol dan dianggap sebagai ahli atau expert di bidangnya. Audiens menjadikan pendapat mereka sebagai pertimbangan penting dalam membeli produk atau menggunakan suatu jasa. Dalam dunia pemasaran, KOL membantu untuk meyakinkan audiens bahwa produk Anda memiliki kualitas baik dan telah diakui oleh seorang expert di bidangnya.

Peran Key Opinion Leader dalam Pemasaran

Peran Key Opinion Leader

Rata-rata KOL pasti memiliki akun media sosial yang diikuti oleh banyak orang. Media sosial menjadi wadah KOL dalam menyampaikan opini, rekomendasi, atau saran terkait bidangnya. Pengikut KOL pasti menganggap bahwa informasi yang disampaikan dapat dipercaya sehingga sering diaplikasikan dalam kehidupan mereka.

Anda dapat menyimpulkan bahwa KOL memiliki pengaruh dan karisma besar bagi pengikutnya. Ketika menggunakan KOL dalam pemasaran, mereka dapat membangun kepercayaan audiens atau target pasar terhadap produk atau bisnis Anda. Pada akhirnya, mereka akan tertarik membeli produk Anda sehingga angka penjualan pun meningkat.

KOL memiliki pengikut yang sesuai bidangnya. Contohnya, makeup artist (MUA) pasti memiliki pengikut yang tertarik dengan makeup atau produk kecantikan lainnya. Anda perlu memilih KOL yang cocok dengan target pasar sehingga brand awareness bisnis pun makin meningkat.

KOL termasuk dalam strategi pemasaran word-of-mouth yang lebih banyak disukai konsumen. Survei Nielsen mengungkapkan 92% konsumen lebih memercayai rekomendasi pribadi daripada iklan saat membeli produk. Bisa disimpulkan bahwa KOL merupakan cara unggulan dalam mempromosikan produk melalui media sosial.

Baca Juga: Online Advertising Adalah Salah Satu Strategi Pemasaran Paling Efektif

Jasa SEO

5 Keuntungan Menggunakan Key Opinion Leader dalam Strategi Pemasaran

Apakah Anda masih ragu berinvestasi menggunakan KOL dalam memasarkan produk? Jika ‘ya’, maka Anda perlu menyimak beberapa keuntungan strategi pemasaran ini.

1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

KOL akan mempromosikan bisnis Anda kepada audiens yang lebih luas, terutama pengikut media sosial mereka. Manfaat ini tentu akan memudahkan Anda dalam menjangkau lebih banyak konsumen. Anda pun akan mendapatkan audiens yang sesuai target pasar jika memilih KOL yang relevan dengan industri bisnis yang dijalankan.

2. Mendorong Audiens untuk Membeli Produk

Sekilas dijelaskan bahwa konsumen lebih menyukai rekomendasi produk secara pribadi, apalagi dari mulut seorang expert. KOL secara tidak langsung dapat mendorong audiens untuk membeli produk Anda setelah menjelaskan kelebihan, manfaat, dan spesifikasinya. 

Mereka juga mengetahui tren terhadap suatu industri bisnis secara mendalam sehingga bisa memberikan pendapat terkait pengembangan produk Anda. Singkatnya, KOL merupakan cara tercepat dan terampuh untuk meningkatkan angka penjualan bisnis.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Brand Awareness dengan Digital Marketing

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Audiens menganggap KOL sebagai tokoh yang ahli dan profesional di bidangnya, terbukti dari pengalaman dan pencapaian yang telah diraih. Oleh karena itu, kredibilitas bisnis akan meningkat apabila Anda menggandeng seorang KOL. Kredibilitas menjadi kunci penting dalam meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda.

4. Menjadi Pembeda antara Brand dan Kompetitor

KOL juga bisa menjadi pembeda antara brand dan kompetitor bisnis Anda. Pasalnya, konsumen telah membangun kepercayaan terhadap bisnis Anda daripada kompetitor apabila mendapat rekomendasi dari seorang KOL. Manfaat ini akan dapat dirasakan secara signifikan dan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

5. Meningkatkan Brand Awareness

KOL juga berpengaruh dalam membangun brand awareness terhadap konsumen. Mereka akan memperkenalkan produk atau bisnis Anda sehingga lebih ramai dikenal oleh pengikutnya. Tidak masalah apabila mereka belum memutuskan untuk membeli produk, yang penting mereka telah mengenal bisnis atau brand Anda dan perlahan-lahan akan melakukan pembelian pada masa mendatang.

Bisnis yang menggunakan jasa KOL tidak semata-mata mengikuti tren dalam pemasaran. Mereka telah melihat peluang keberhasilan menggunakan seorang key opinion leader dalam bisnis sehingga tidak ragu untuk mengambil langkah ini.

Tidak lengkap rasanya memiliki KOL tanpa mengetahui strategi digital marketing yang tepat. Strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis yang ingin menerapkan key opinion leader adalah Facebook Ads. Ya, Facebook Ads akan menjangkau audiens yang lebih luas lagi, bahkan pengguna media sosial yang belum mengikuti KOL Anda.

Anda masih bingung membuat iklan Facebook Ads yang tepat sasaran atau tidak punya waktu untuk mengelola iklan? Serahkan saja masalah ini melalui jasa Facebook Ads dari ToffeeDev. Ceritakan bisnis Anda dan kami akan membuat iklan yang cocok dan mampu menjangkau target pasar Anda. Hubungi kami segera dan hasilkan keuntungan besar dalam bisnis Anda melalui jasa iklan ToffeeDev.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat