Mengulas Apa Itu Facebook Ads

apa itu facebook ads

Digital advertising alias iklan digital adalah salah satu cara efektif untuk melaksanakan campaign Digital Marketing. Ada banyak jenis digital advertising atau iklan digital, salah satunya Facebook Ads. 

Apa itu Facebook Ads? Pada dasarnya, Facebook adalah salah satu media sosial terbesar di dunia. Mungkin Anda sekarang lebih terbiasa berseluncur di Instagram atau TikTok, tetapi faktanya Facebook masih sangat diminati.

Facebook memiliki audiens loyal yang cenderung aktif. Menjual produk atau mempromosikan brand Anda mungkin jauh lebih efektif di Facebook. Jadi, wajar jika banyak brand besar di dunia yang masih mengandalkan Facebook sebagai salah satu marketing tool mereka.

Nah, Anda juga bisa mengandalkan Facebook sebagai salah satu platform untuk melancarkan campaign marketing, misalnya dengan menggunakan Facebook Ads. Lantas, apa itu Facebook Ads? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Apa Itu Facebook Ads?

Ilustrasi Facebook

Apa itu Facebook Ads? Singkatnya, Facebook Ads adalah unggahan atau posting berbayar yang dapat digunakan bisnis atau brand untuk mempromosikan produk atau layanan mereka terhadap pengguna Facebook.

Tercatat, per tahun 2022 ada sekitar 2,9 miliar pengguna aktif di Facebook. Nah, Facebook Ads biasanya ditargetkan ke pengguna berdasarkan beberapa filter, seperti demografi, lokasi, ketertarikan, dan informasi lainnya. Sebagai pengiklan, Anda juga bisa menyesuaikan bujet Facebook Ads berdasarkan klik atau impresi. Jadi, beriklan di Facebook bisa dibilang ideal untuk Anda dengan modal berapa pun.

Sama seperti Instagram, Facebook Ads juga dapat diatur untuk muncul di Stories, Messenger, Marketplace, dan lainnya. Untuk membedakan konten Facebook Ads dengan unggahan biasa, Facebook mencantumkan label ‘Sponsored’ di bagian bawah iklan.

Baca Juga: Pahami Cara Membuat Facebook Bisnis Dengan Mudah

Manfaat Facebook Ads

Sebagai media sosial terbesar di dunia, ada miliaran orang yang mengakses Facebook setiap harinya. Kalau Anda menempatkan iklan secara tertarget di Facebook, ini akan menjadi kesempatan bagi Anda memperoleh pelanggan baru. Jika Anda masih belum yakin untuk menggunakan metode promosi satu ini, simak beberapa manfaat Facebook Ads berikut ini!

1. Mampu Menjangkau Target Pelanggan yang Sangat Luas

Tidak bisa dimungkiri bahwa Facebook menawarkan target pasar yang sangat besar bagi para pebisnis dan pengiklan. Menurut Statista, per Juli 2020 ada lebih dari 2,6 miliar orang yang menggunakan Facebook di seluruh dunia. Jumlah ini mengalahkan semua media sosial yang ada.

Tidak hanya menemukan pengguna dari berbagai lokasi, Anda juga bisa menemukan pengguna dengan berbagai rentang usia. Siapa pun target pasar Anda, semua bisa ditemukan di Facebook.

2. Membuat Materi Promosi yang Tertarget

Ada sebagian orang yang berpikir kalau jumlah pengguna yang banyak akan membuat mereka semakin kesulitan mengarahkan promosi. Di sinilah manfaat Facebook Ads bisa Anda rasakan.

Facebook memaksimalkan iklan yang Anda buat dengan menargetkannya ke pelanggan yang menjadi incaran Anda. Anggaplah Anda ingin mempromosikan produk fashion untuk wanita yang berusia 25 tahun ke atas. Iklan tertarget yang Anda buat hanya akan muncul dan bisa dilihat oleh kelompok yang Anda inginkan. Ini tentu memberi kesempatan lebih besar bagi orang yang melihatnya untuk melakukan tindakan seperti membeli.

Banner - Ads General

3. Anda Bisa Mengatur Iklan Sesukanya dengan Biaya Terjangkau

Kalau beriklan melalui media radio atau papan reklame membutuhkan biaya yang sangat besar, iklan Facebook bisa Anda dapatkan dengan biaya mulai dari Rp50.000 dengan jangkauan target sampai 1.000 pengguna. Ini adalah manfaat Facebook Ads yang tidak akan Anda temukan pada media promosi lain.

Baca Juga : Berapa Biaya Iklan Di Dalam Facebook?

4. Meningkatkan Brand Awareness

Bagi sebuah bisnis, membangun kesadaran merek atau brand awareness adalah hal yang sangat penting. Salah satu caranya bisa Anda lakukan dengan menggunakan Facebook Ads. Beriklan dengan menggunakan media Facebook secara signifikan akan membuat publik mengenal brand Anda. Semakin terkenal merek Anda di mata publik, semakin besar kesempatan Anda untuk meningkatkan penjualan.

5. Hasilnya Dapat Diukur dengan Jelas

Ketika Anda memasang iklan di radio atau reklame, tahukah Anda berapa banyak orang yang melihatnya? Berapa persen dari orang yang melihat iklan itu dan kemudian melakukan pembelian? Ini adalah hal yang sulit diketahui. Lain halnya jika Anda menggunakan Facebook Ads.

5 Kelebihan Menggunakan Facebook Ads

Popularitas Facebook membuatnya jadi wadah yang ideal untuk beriklan atau mempromosikan produk. Facebook direkomendasikan untuk bisnis besar maupun kecil karena fleksibilitasnya. Nah, untuk meyakinkan Anda menggunakan layanan iklan Facebook, berikut beberapa kelebihan menggunakan apa itu Facebook Ads:

1. Jangkauan Luas

Kelebihan utama Facebook adalah basis pengguna yang sangat besar. Dengan 2,9 miliar pengguna aktif, Facebook masih menjadi media sosial yang paling populer. Jadi, jika ingin iklan Anda mencapai target seluas mungkin, Facebook adalah platform yang tepat.

2. Panggung Kreativitas

Facebook Ads juga memiliki fitur brand environment yang interaktif. Brand atau bisnis dapat membagikan cerita atau narasi campaign yang menarik tanpa kehilangan perhatian audiens.

3. Biaya Terjangkau

Facebook adalah salah satu wadah beriklan yang paling ramah kantong (cost-effective). Artinya, Anda bisa menyesuaikan biaya iklan sebebas mungkin, sesuai dengan bujet dan keperluan Anda.

4. Mengukur Konversi

Facebook Ads juga menyediakan dashboard yang cukup lengkap bagi pengiklan. Melalui dashboard ini, Anda dapat melihat siapa yang membeli produk atau layanan Anda. Fitur ini disebut Facebook Pixel.

Banner - Ebook Ads

5. Visibility

Keunggulan apa itu Facebook Ad yangs berikutnya adalah soal visibilitas iklan. Anda bisa melacak proses campaign Anda, melihat biaya yang telah dikeluarkan, dan respons yang Anda dapatkan dari iklan tersebut. 

Baca Juga: Berapa Biaya Iklan Di Dalam Facebook?

3 Kekurangan Menggunakan Facebook Ads

laptop sosmed

Lima kelebihan Facebook Ads di atas seharusnya sudah jadi alasan yang cukup untuk Anda memilih platform tersebut. Namun, ada pula beberapa kekurangan Facebook Ads yang mungkin perlu jadi bahan pertimbangan Anda. Di antaranya: 

1. Keterbatasan Iklan

Beriklan di Facebook ternyata tidak sebebas yang Anda duga. Facebook memiliki aturan perlindungan konsumen yang sangat ketat. Iklan harus melalui proses approval terlebih dahulu sebelum akhirnya dimunculkan. Proses ini bisa memakan waktu hingga 24 jam.

2. Persaingan Ketat

Ada banyak pebisnis dan brand yang beriklan di Facebook. Jadi, peluang untuk iklan atau brand Anda diperhatikan audiens pun relatif kecil. Karenanya, penting untuk memastikan iklan Anda menonjol dan mencuri perhatian.

3. Aturan 20%

Sebelumnya, Facebook akan menolak iklan yang memuat konten teks lebih dari 20%. Sekarang, aturan tersebut sedikit longgar, tetapi Anda dianjurkan memenuhinya agar iklan lebih direkomendasikan ke target audiens.

7 Jenis Iklan Facebook Ads

Anda dapat memiliki banyak pilihan untuk memasang iklan dari berbagai jenis iklan Facebook Ads untuk mempromosikan barang atau jasa kepada calon konsumen atau target iklan. Jenis iklan Facebook Ads dijelaskan secara detail di bawah ini.

1. Image Ads

Iklan di Facebook ini menggunakan konten gambar. Salah satu kategori iklan Facebook Ads paling umum yang dapat diidentifikasi adalah image ads. Yang perlu Anda lakukan untuk membuat image ads adalah mengunggah gambar dan deskripsi ke halaman Facebook Anda, diikuti dengan tindakan peningkatan untuk menyebarkan berita tentangnya.

Sekadar mengingatkan: Jika Anda mengirimkan image ads, pastikan tidak terlalu banyak teks agar dapat diterima. Gunakan copywriting langsung yang mudah dibaca dengan cepat.

2. Video Ads

News Feed dan Stories dapat berisi iklan berbasis video ini. Pada video Facebook yang lebih panjang, itu juga dapat ditampilkan sebagai iklan in-stream. Anda dapat mempromosikan demo produk atau layanan Anda menggunakan iklan semacam ini.

3. Poll Ads

Meskipun Anda dapat membuat Iklan Facebook bergaya polling, penempatan iklan ini hanya dapat diakses di layar seluler. Polling dua opsi adalah satu-satunya jenis yang diterima. Sebagai informasi, polling ini merupakan tambahan opsional untuk iklan konvensional yang dapat ditambahkan ke iklan gambar atau video.

4. Carousel Ads

Jika Anda ingin menampilkan sejumlah hingga 10 foto atau video, gunakan format iklan ini. Suatu produk atau layanan dapat dijelaskan dengan lebih baik dengan beberapa gambar atau video. Anda juga dapat menampikan URL unik untuk setiap gambar atau video. Pada iklan ini, Anda bahkan dapat menambahkan tombol “Beli”.

Banner - Lead Gen Ads

5. Collection Ads

Iklan semacam ini hanya dapat diakses di perangkat seluler. Pelanggan dapat mengklik hingga lima foto atau video yang Anda sajikan untuk membeli barang atau layanan. Mirip dengan fungsi iklan sebagai etalase produk langsung, iklan memungkinkan orang mengunjungi toko online Anda atau menambahkan item ke keranjang belanja mereka.

6. Instant Experience Ads

Canvas adalah istilah lain yang sering digunakan untuk merujuk pada Instant Experience Ads. Ini adalah format iklan satu halaman penuh yang menyerupai landing page. Iklan ini memiliki keuntungan loading yang sangat cepat karena tidak perlu membujuk calon pelanggan untuk meninggalkan Facebook. Jenis iklan ini hanya dapat diakses di perangkat seluler.

7. Lead Ads

Karena tujuan khususnya untuk memudahkan pengguna memasukkan kontak mereka tanpa harus banyak mengetik, gaya iklan Facebook Ads ini hanya dapat diakses di perangkat seluler. Anda dapat menggunakan pemasaran semacam ini untuk membuat orang bergabung ke buletin Anda, mencoba produk Anda, atau menghubungi Anda segera.

Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Bisnis

Sebelum membuat campaign Facebook Ads, Anda harus terlebih dahulu membuat halaman bisnis untuk brand atau bisnis Anda. Berikut cara-cara yang perlu Anda perhatikan:

  • Membuat Halaman Facebook
  1. Buka Facebook Page dengan klik di sini.
  2. Jika belum punya akun, Anda akan diminta memilih halaman Bisnis atau Merek atau Komunitas atau Tokoh Masyarakat. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Setelahnya, klik Memulai > sambungkan dengan akun Facebook pribadi Anda atau akun Facebook brand Anda.
  4. Lengkapi profil Facebook Page Anda, seperti nama halaman, kategori bisnis, dan deskripsi halaman.
  5. Anda juga bisa menghubungkan WhatsApp Business, website, dan media sosial lainnya.
  6. Facebook Page siap digunakan untuk beriklan.

Baca Juga: Manfaat Facebook Ads untuk Bisnis

  • Menggunakan Facebook Ads
  1. Buka Facebook Pages Anda, pilih menu Business Suite.
  2. Setelahnya, pilih Ads > klik Facebook Ads Manager.
  3. Anda akan mendapati dashboard Facebook Ads Manager, di sinilah Anda bisa merancang campaign iklan.
  4. Klik Campaign > pilih Create > isi detail campaign yang ingin Anda jalankan.
  5. Setelah membuat campaign, Anda bisa mengatur cara kerja Ads. Pilih menu Ad Sets > Create > dan buat Ads sesuai dengan keperluan Anda.

Bagi pebisnis, Anda bisa memilih banyak jenis Facebook Ads yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan target Anda, di antaranya:

  • Image
  • Video
  • Carousel
  • Instant Experience
  • Collection
  • Lead
  • Slideshow
  • Stories
  • Messenger

Format yang berbeda-beda tersebut membuktikan apa itu Facebook Ads sebagai platform ideal untuk melakukan promosi. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk memasang Facebook Ads, serahkan kebutuhan ini kepada ahlinya seperti ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai layanan Digital Marketing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk jasa iklan Facebook. Langsung saja klik di sini untuk berkonsultasi dengan tim ToffeeDev!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat