Apa itu Clickbait? Mengapa Sering Diperdebatkan?

Dalam praktik jurnalistik, ada berbagai gaya yang bisa dilakukan untuk membuat judul. Ya, jurnalistik tidak lepas dari yang namanya artikel. Dengan riset dan liputan yang dilakukan, maka hasil yang ada pastinya berbentuk artikel. Berbicara mengenai judul, saat ini ada satu gaya yang dianggap tabu jika berpegang teguh kepada prinsip jurnalistik, tapi di sisi lain, tetap dibutuhkan untuk menarik lebih banyak pembaca, khususnya di era media online, yaitu clickbaitClickbait adalah sebuah cara membuat judul yang masih diperdebatkan hingga detik ini.

Sebenarnya tidak hanya dalam pembuatan artikel saja clickbait itu dipakai. Dalam video YouTube yang saat ini banyak dibuat oleh content creator sendiri, juga banyak yang menggunakan judul clickbait. Akhirnya dalam perjalanannya, ada yang menerima gaya judul seperti itu dan ada yang tetap tidak menyukainya.

Sebenarnya apa itu clickbait? Mengapa hingga sekarang terus diperdebatkan? Bagi yang penasaran dengan jawaban dari dua pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Clickbait Adalah Gaya Penulisan Judul

Clickbait adalah gaya membuat judul yang menarik perhatian pembaca untuk mengklik atau membukanya. Beberapa tahun terakhir ini, penggunaan judul clickbait terus naik daun. Dikenal juga dengan sebutan umpan klik, ketika seseorang membuat judul artikel atau video dengan gaya clickbait, maka dia akan membuatnya dengan rangkaian kata yang bombastis.

Tujuan utama dari gaya judul clickbait tentu saja untuk membuat banyak orang membacanya atau mengklik link berita tersebut. Inilah mengapa gaya seperti ini marak digunakan oleh media online.

Dengan semakin banyaknya orang yang masuk ke artikel tersebut, maka trafik akan naik dengan sendirinya. Sebenarnya clickbait tidak hanya dalam bentuk judul saja, tetapi bisa juga dalam bentuk gambar. Dengan kombinasi keduanya, maka rasa penasaran pembacanya menjadi lebih besar. Dengan target trafik dan iklan yang harus dilihat sesuai dengan angka yang telah ditentukan, akhirnya, clickbait menjadi salah satu gaya dalam jurnalistik yang dikenal luas.

Apakah Salah Menggunakan Clickbait?

Pertanyaan ini sering muncul di tengah-tengah industri media. Apakah salah menggunakan clickbait? Secara prinsip jurnalistik yang sebenarnya, penggunaan clickbait adalah praktik yang salah. Mengapa bisa salah? Karena pada praktiknya, banyak video dan artikel clickbait yang kelihatan menarik tapi nyatanya, memiliki isi yang kurang berbobot dan tidak bisa menjawab pertanyaan sesuai dengan judul atau topik yang dibahas.

Baca Juga: Bagaimana Menerapkan Journalism SEO yang Tepat?

Ya, banyak penyalahgunaan dalam penggunaan judul clickbait. Ketika pembaca ini mencari jawaban dari judul yang terkadang menggunakan gaya bertanya, mereka pastinya langsung membuka artikel untuk melihat jawabannya. Namun ketika sudah selesai membacanya, mereka malah tidak bisa menemukan jawaban dari judul clickbait tersebut. Inilah mengapa banyak yang anti dengan clickbait.

Namun jika memang tahu bagaimana menggunakan clickbait dengan baik tanpa perlu menipu pembaca, maka tidak salah menggunakan cara ini. Aspek terpenting dari poin ini adalah Anda bisa saja menggunakan clickbait asalkan Anda bisa memberikan informasi sesuai dengan clickbait yang dipakai.

Apakah Anda Harus Memakai Clickbait?

Tergantung dari apakah Anda bisa memberikan informasi sesuai judul yang ada. Jika memang Anda mampu memberikannya, mengapa harus ragu menggunakan clickbait? Di zaman yang mementingkan trafik dan iklan, maka menggunakan cara ini tidaklah salah, asalkan Anda jangan menyalahgunakannya seperti beberapa media besar yang cukup terkenal dengan praktik clickbait-nya. Jadi jangan ragu untuk memakai clickbait selama Anda bisa mempertanggungjawabkan konten yang Anda sajikan bagi pembaca.

Baca Juga: Tips Membuat Konten Yang Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Clickbait

Seiring berjalannya waktu, banyak kelebihan dan kekurangan yang muncul ketika menggunakan clickbait pada isi dan judul artikel. Kelebihan dan kekurangan ini sendiri sangat sering muncul di media sosial jika memang Anda sering menggunakannya. Banyak masyarakat yang sadar bahwa media tersebut menggunakan umpan klik dengan judul yang menarik untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Tapi seperti mata uang, ada dua sisi yang bisa dilihat dalam praktik clickbait untuk konten media.

Kelebihan

Keunggulan dari praktik ini sendiri lebih berfokus pada:

  • Menarik perhatian agar semakin banyak orang yang mengklik dan mengunjungi website. Praktik ini dapat meningkatkan Click Through Rate (CTR).
  • Artikel akan menjadi lebih sering dibagikan di media sosial karena judulnya yang menarik.
  • Isi kontennya sendiri memang terkadang berbeda dari judul yang diberikan. Namun memiliki dan menjalankan praktik ini akan menarik lebih banyak orang untuk membaca konten.
  • Traffic tinggi tentu saja suatu target yang harus dicapai. Khususnya dalam dunia digital seperti sekarang ini.

Jasa SEO

Kekurangan

Ketika ada kelebihan, maka ada kekurangan juga. Banyak yang membicarakan praktik ini sebagai suatu hal yang salah karena:

  • Membuat pembaca merasa tertipu karena isi konten tidak sesuai dengan judul.
  • Penggunaan clickbait dinilai mencoreng kode etik jurnalistik dan tidak memenuhi standar penulisan jurnalistik yang baik.
  • Penggunaan clickbait dapat meningkatkan traffic yang sebenarnya tidak sesuai dengan target demografis Anda.
  • Bila digunakan terlalu sering, praktik clickbait dibarengi dengan konten yang kurang memadai lama-kelamaan dapat merusak brand image dan kepercayaan publik pada website Anda.

Cara Membuat Judul Clickbait yang Menarik

Jadi, setelah mengenal clickbait lebih lanjut, satu kesimpulan yang bisa ditarik adalah clickbait boleh saja digunakan asalkan Anda bisa mempertanggungjawabkan kontennya. Penggunaan clickbait dengan baik bisa meningkatkan kualitas strategi content marketing Anda. Mari simak cara membuat judul clickbait yang baik dan menarik.

1. Gunakan Bagian Paling Menarik dari Konten Sebagai Judul

Untuk memastikan judul clickbait Anda “tidak berbohong” dan sesuai dengan konten, ada abaiknya Anda menulis konten dulu sebelum membuat judul clickbait. Setelah menulis artikel, bacalah lagi dan perhatikan mana bagian yang paling menarik dari konten tersebut. Gunakanlah bagian yang diperkirakan dapat meningkatkan rasa ingin tahu pembaca sebagai judul clickbait Anda.

2. Buat Judul Terlihat Menakjubkan Atau Luar Biasa

Setelah itu, perhatikan struktur judul Anda. Apakah masih membosankan? Buang jauh-jauh struktur judul yang terlalu kaku atau membosankan. Untuk membuat judul clickbait yang menarik, Anda perlu membuat klaim yang menakjubkan dan bombastis. Kata-kata seperti “Rahasia”, “Luar Biasa”, “Tak Terduga”, “Ternyata”, dan sebagainya bisa digunakan untuk membuat efek hiperbola. Contohnya:

  • Pria Ini Berlari Sejauh 10 km Setiap Harinya. Hasilnya Tidak Terduga!
  • Ternyata Sangat Mudah! Inilah Rahasia Membuat Kulit Tampak Awet Muda.

Tetapi, sekali lagi harus ditekankan bahwa Anda tetap harus berhati-hati dan bertanggung jawab saat melakukan ini. Artikel dan konten yang disajikan memang harus berbobot dan sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul. Jangan menyalahgunakan clickbait hanya untuk menarik perhatian pembaca semata.

3. Tambahkan Pertanyaan Singkat yang Menarik pada Judul

Menambahkan pertanyaan singkat pada judul dapat memberikan efek layaknya teka-teki. Saat dihadapi dengan sebuah teka-teki, pembaca akan menjadi penasaran dan ingin tahu apa jawaban dari pertanyaan tersebut. Pertanyaan yang Anda masukkan pada clickbait tidak usah terlalu panjang atau merepotkan. Sekadar pertanyaan ‘ya atau tidak’ ataupun ‘X atau Y’ pun sudah cukup. Contohnya:

  • Murah atau Mahal? Inilah Biaya Pembuatan Website Bisnis di Tahun 2021
  • Susah atau Gampang? Cari Tahu Rahasia Menjadi Penulis SEO Handal

4. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Kemudian, buatlah pembaca merasa terlibat dengan judul clickbait Anda. Dengan membuat mereka merasa terlibat, pembaca akan merasa adanya urgensi atau keharusan untuk membaca informasi yang hendak Anda tawarkan.

Anda bisa membuat pembaca terasa terlibat dengan membangkitkan emosi mereka atau mengajak mereka melakukan sesuatu. Misalnya:

  • Traffic Wesbite Anda Turun? Jangan Panik! Ini Cara Mengatasinya
  • Lelah Berolahraga dan Diet Ketat? Ini Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Diri
  • Ingin Memulai Bisnis Online yang Sukses? Mari Simak Caranya

5. Gunakan Teknik Copywriting

Terakhir, clickbait memiliki persamaan yang cukup banyak dengan kalimat copywriting. Untuk itu, Anda juga bisa memepeljari teknik-teknik copywriting untuk membuat judul clickbait yang menarik.

Contohnya, Anda bisa menerapkan formula AIDA, yakni Attention, Interest, Desire, dan Action. Pertama, judul clickbait Anda harus kreatif dan unik sehingga dapat dengan cepat menarik perhatian seseorang. Setelah itu, clickbait tersebut harus membangunkan rasa ingin tahu dari pembaca. Kemudian, pastikan pembaca benar-benar ingin mengakses atau mengetahui konten yang akan disampaikan. Semua itu agar nantinya pembaca dapat melakukan action, yakni membuka website Anda.

Baca Juga: Contoh Copywriting Dan Formulanya Untuk Bisnis

Itulah penjelasan tentang clickbait yang sering diperdebatkan saat ini. Apakah Anda pro atau kontra dengan clickbait? Jangan lupa memberikan komentar Anda dan share artikel ini. Semoga informasi yang diberikan tentang clickbait ini berguna untuk Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat