Ketahui 7 Cara Menulis Artikel SEO-Friendly Berkualitas untuk Website Anda

cara menulis artikel seo friendly berkualitas

Cara menulis artikel SEO-friendly berkualitas sangat penting diketahui bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis via website. Artikel SEO-friendly bisa menjadi salah satu strategi marketing jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Ingin tahu lebih dalam bagaimana cara menulis artikel SEO-friendly yang berkualitas? Pelajari caranya berikut ini.

Apa itu Artikel SEO-Friendly?

apa itu artikel seo friendly

Artikel SEO-friendly adalah artikel yang dibuat dengan menggunakan kaidah-kaidah SEO. SEO sendiri merupakan strategi yang digunakan untuk mengoptimasi website Anda agar bisa menempati halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

Pada dasarnya, Google akan menampilkan website di halaman pertama berdasarkan relevansi dengan keyword yang dicari oleh pengunjung pada mesin pencarian. Makin tinggi tingkat relevansi suatu keyword terhadap website Anda, maka makin tinggi pula potensi website Anda tampil pada halaman pertama Google.  

Tujuan Membuat Artikel SEO-Friendly

Tujuan utama pembuatan artikel SEO-friendly pada sebuah website adalah untuk meningkatkan peringkat website tersebut pada hasil mesin pencarian (SERP). Pembuatan artikel yang SEO-friendly lebih disukai oleh Google sehingga membuat website Anda lebih mudah untuk berada pada peringkat teratas hasil pencarian.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Menarik

Mengapa Artikel SEO-Friendly Berkualitas Diperlukan untuk Website Anda?

Pentingkah pembuatan artikel SEO-friendly untuk sebuah website? Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Menaikkan Traffic Website

Artikel SEO-friendly bisa mendatangkan banyak traffic pada website Anda. Jumlah traffic yang meningkat ini tentunya sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Makin tinggi traffic website, makin besar pula potensi produk anda laku terjual.

2. Meningkatkan Kredibilitas dan Popularitas Website

Jumlah traffic yang tinggi akan membuat website Anda lebih dikenal oleh banyak orang. Saat website Anda sudah dikenal banyak orang, kredibilitas dan popularitasnya juga akan meningkat secara otomatis. Kredibilitas dan popularitas website Anda juga perlu dijaga dengan tetap memberikan konten artikel yang berkualitas dan bersifat SEO-friendly.

3. Memudahkan Mesin Pencari dalam Menemukan Website

Mesin pencari seperti Google lebih mudah dalam menemukan website Anda jika menulis artikel SEO-friendly. Artikel SEO-friendly juga membuat pembaca lebih mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan.

7 Cara Menulis Artikel SEO-Friendly Berkualitas

menulis artikel seo friendly

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menciptakan tulisan artikel SEO-friendly yang berkualitas. Simak caranya berikut ini.

1. Lakukan Riset Keyword

Pertama, lakukan riset keyword dengan tepat agar website Anda lebih mudah untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian Google. Pilihlah keyword yang sekiranya belum banyak ditargetkan oleh website kompetitor.

Perhatikan juga jumlah volume pencariannya. Jika website Anda tergolong baru, sebaiknya pilih keyword dengan volume pencarian dari level “Very Easy” hingga “Possible”. Gunakan bantuan tools seperti Semrush atau Google Trend untuk memudahkan Anda mendapatkan keyword yang tepat.

Baca Juga: 8 Tools Riset Keyword Terbaik untuk Mengembangkan Website Anda

2. Perhatikan Penyebutan Keyword

Setelah mendapatkan keyword yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan penyebutannya dalam artikel yang ditulis. Keyword pada sebuah artikel harus disebutkan berulang-ulang karena termasuk kaidah SEO. Walaupun demikian, jumlah penulisan keyword dalam sebuah artikel juga tidak boleh terlalu banyak.

Umumnya, penyebutan keyword dalam sebuah artikel cukup 0,5-1% saja dari keseluruhan jumlah kata yang ditulis. Jika jumlah katanya adalah 1000, Anda hanya perlu menuliskan keyword sebanyak 5-10 kali.

3. Optimasi Judul Artikel

Buatlah judul artikel yang menarik dan bisa mengundang orang untuk mengklik artikel Anda. Tidak hanya sekadar menarik, judul artikel yang dibuat juga harus relevan dengan isinya. Selain itu, anda perlu mencantumkan keyword yang ditargetkan pada judul, agar artikel yang Anda buat menjadi SEO-friendly.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan panjang judul artikel yang ditulis. Panjang judul artikel SEO-friendly berkisar antara 60-75 karakter.

Jasa SEO

4. Gunakan Subheading

Selanjutnya Anda perlu memasukkan subheading pada artikel yang dibuat. Subheading seperti H2 atau H3 dapat membuat artikel Anda lebih terstruktur sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami. Isi paragraf pada tiap subheading juga tidak boleh terlalu panjang agar tetap nyaman saat dilihat via browser handphone.

Penulisan artikel seperti ini akan lebih disukai oleh Google, sehingga bisa meningkatkan peringkat website Anda pada halaman pertama hasil pencarian.

5. Optimasi Gambar

Selain bisa menambah daya tarik pada sebuah artikel, gambar juga bisa dioptimasi untuk menciptakan artikel yang SEO-friendly. Anda bisa menyisipkan keyword yang ditargetkan pada nama file gambar, caption, dan alt text untuk mendukung pembuatan artikel SEO-friendly.

Gambar yang digunakan juga harus yang memiliki lisensi yang legal agar artikel Anda tidak melanggar hak cipta.

Baca Juga: Panduan Perencanaan Keyword Ampuh untuk Membangun Bisnis

6. Tautkan dengan Halaman yang Relevan

Anda bisa menautkan keyword yang ditargetkan dengan artikel atau halaman lainnya yang relevan pada website Anda. Selain bisa meningkatkan waktu kunjungan website Anda, langkah ini juga berguna untuk meningkatkan peringkat pada halaman hasil pencarian Google

Pastikan bahwa halaman atau artikel yang ditautkan benar-benar relevan dengan keyword yang ditargetkan.

7. Sertakan Call-to-Action (CTA)

Hal yang tidak kalah penting adalah menambahkan CTA di bagian akhir artikel. CTA sendiri merupakan ajakan pada pengunjung untuk melakukan sesuatu pada website Anda. Anda bisa membuat CTA untuk mengarahkan pengunjung pada halaman pendaftaran, katalog produk, menghubungi admin, dan lain-lain.

Penggunaan CTA pada artikel bisa meningkatkan traffic, interaksi, serta penjualan pada website Anda.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah lebih paham tentang cara membuat artikel SEO-friendly, bukan? Jika masih bingung, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya agar hasilnya bisa lebih maksimal. ToffeeDev hadir untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis melalui strategi artikel SEO-friendly

Segera hubungi ToffeeDev melalui WhatsApp dan konsultasikan semua kendala Anda terkait cara menulis artikel SEO-friendly berkualitas sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat