Offline Marketing Vs Online Marketing: Mana yang Terbaik?

Apakah sekarang Anda sedang bingung memilih antara melakukan offline marketing vs online marketing? Anda mungkin kesulitan memilih strategi yang layak untuk dipilih demi mendukung kemajuan bisnis. Meskipun online marketing adalah pilihan yang populer dan sangat efektif untuk memasarkan produk dan layanan jasa bisnis, Anda sebenarnya tetap bisa memanfaatkan offline marketing. 

Setiap strategi marketing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketahui informasi kedua jenis marketing ini secara mendalam bersama ToffeeDev di bawah ini.

Apa itu Offline Marketing?

Offline marketing adalah strategi untuk menciptakan brand awareness melalui strategi marketing tradisional. Strategi ini sama sekali tidak melibatkan penggunaan internet. Malah lebih fokus kepada pemasangan iklan televisi dan radio, koran, brosur, papan reklame, mengikuti pameran dan festival, hingga dari mulut ke mulut.

Kelebihan Offline Marketing

Offline Marketing

Banyak yang saat ini berpikir offline marketing sudah tidak relevan. Padahal strategi ini memiliki berbagai kelebihan.

1. Membangun rasa percaya lebih cepat

Bisnis yang menggunakan media marketing tradisional dengan kualitas tinggi dapat terlihat lebih kredibel di mata pelanggan.

2. Lebih mudah diingat

Kelebihan ini menciptakan kesan positif dalam jangka waktu lebih lama bagi pelanggan. Menurut statistik marketing, orang lebih mudah mengingat iklan tradisional, terutama iklan cetak seperti pamflet, brosur, dan poster, jika dibandingkan dengan iklan online. Membaca iklan tradisional membutuhkan lebih banyak fokus karena tidak ada iklan pop-up dan notifikasi yang mengganggu.

3. Dapat dilihat banyak orang dengan mudah

Kelebihan ini juga tidak boleh dilupakan. Orang-orang dapat melihat berbagai bentuk media offline marketing ketika mereka pergi ke luar. Iklan luar ruang ini dapat berbentuk papan reklame, iklan radio, kemasan produk, atau bahkan pamflet yang diberikan di jalan.

4. Bisnis dapat menargetkan konsumen secara offline dengan lebih optimal

Strategi ini sangat bagus untuk bisnis dengan target konsumen generasi yang lebih tua. Minimnya minat mereka mengenali dunia online membuat offline marketing dapat membantu bisnis menargetkan target konsumen ini.

Kekurangan Offline Marketing

Meskipun ada banyak manfaat menggunakan offline marketing, jenis marketing ini tetap memiliki beberapa kekurangan:

1. Efektivitasnya tidak dapat diukur secara akurat

Meskipun bisnis telah menemukan cara untuk melihat efektivitas beberapa materi iklan offline marketing, metode pengecekannya masih terbatas.

2. Biayanya lebih mahal

Walaupun mencetak iklan dalam bentuk brosur lebih murah, bentuk offline marketing lainnya seperti memasang iklan di majalah, papan reklame, dan iklan televisi sudah pasti jauh lebih mahal. Hal ini disebabkan oleh biaya pekerja, produksi, distribusi, dan ruang iklan yang terbatas.

3. Jangkauannya terbatas

Semuanya tergantung pada anggaran marketing Anda. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, akan sulit bagi untuk menargetkan konsumen di luar daerah.

4. Iklan cetak hanya diperbolehkan untuk waktu yang terbatas

Saat menggunakan ruang iklan di majalah/koran atau papan reklame, Anda hanya dapat menjalankan offline marketing pada periode yang dibayarkan. Kondisi ini membuat jangka waktu iklan dilihat masyarakat menjadi lebih terbatas.

Apa itu Online Marketing?

Online marketing adalah strategi yang memanfaatkan Internet, serta alat dan aplikasi teknologi lainnya untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini mencakup mendaftar di website, SEO, pembuatan website, media sosial, iklan online di media sosial dan search engine, email marketing, video blog, serta lainnya.

Kelebihan Online Marketing

Online Marketing

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh bisnis saat menggunakan jenis marketing yang lebih modern ini. 

1. Lebih terukur

Anda dapat dengan mudah melihat hasil real-time dan mengukur laba atas investasi (ROI) aktivitas online marketing menggunakan beberapa tools. Informasi seberapa banyak orang yang melihat, like, share, hingga pembelian dapat dibaca dengan jelas.

2. Lebih nyaman

Online marketing dapat digunakan oleh semua bisnis dan dapat dilihat dari seluruh dunia selama mereka memiliki komputer dan koneksi internet.

3. Memiliki jangkauan global

Bisnis sudah tidak lagi terbatas untuk mempromosikan produk mereka di lingkungan mereka. Bisnis mereka akan dapat menjangkau konsumen, bahkan dari luar negeri sekalipun.

4. Mendapatkan feedback langsung dari pelanggan

Pelanggan cukup mengirimkan email atau komentar pada postingan jika mereka memiliki komentar, pertanyaan, dan kritik terhadap bisnis Anda. Sementara itu, Anda dapat dengan cepat memberikan respons kepada pelanggan.

Kekurangan Online Marketing

Marketing online memang memiliki banyak kelebihan, tetapi juga tetap ada beberapa kekurangannya.

1. Membutuhkan keahlian khusus

Anda perlu mempelajari cara kerja online marketing sebelum dapat menguasai cara membuat strategi yang efektif. Ditambah lagi perlu memahami penggunaan beberapa tools yang digunakan juga.

Jasa SEO
Jasa SEO

2. Tidak dapat menjangkau target konsumen secara offline

Dengan online marketing, Anda tidak dapat menjangkau target konsumen yang tidak menggunakan gadget, tidak memiliki jangkauan internet, mematikan layanan iklan di media sosial, hingga membayar aplikasi yang tidak mengandung iklan.

3. Persaingan ketat

Begitu banyak bisnis lokal dan internasional yang memasarkan produk mereka secara online menciptakan tantangan yang lebih besar untuk membuat bisnis Anda menonjol.

4. Butuh waktu untuk membangun kepercayaan

Banyak orang yang takut terhadap penipuan online, link palsu, peretasan, dan pelanggaran data ketika mereka berada dalam aktivitas online. Hal ini membuat mereka sulit mempercayai iklan apapun secara online.

Dari penjelasan di atas, mana yang kira-kira akan Anda gunakan dalam bisnis? Mengapa tidak mencoba menggunakan yang terbaik dari kedua taktik marketing untuk mempromosikan bisnis Anda?

ToffeeDev hadir saat ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi digital marketing terbaik dan tepercaya. Hubungi ToffeeDev untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat