Apa itu Pemasaran Online dan Manfaatnya untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Di era digital seperti saat ini, memanfaatkan media pemasaran online adalah hal yang patut dicoba. Bukan tanpa alasan, mengingat kemampuan internet yang mampu menjangkau tanpa batasan ruang dan waktu. Tak ayal, digital marketing mampu menjadi media promosi serta branding yang cukup efektif bagi usaha barang dan jasa. 

Apa itu Pemasaran Online?

Secara definisi, pemasaran online dapat diartikan sebagai teknik memasarkan produk dan jasa dengan mengandalkan internet atau media online. Teknik pemasaran digital ini juga tak hanya mencakup proses promosi dan penjualan, tetapi juga proses branding serta membangun hubungan dengan calon konsumen. 

Baca Juga : Peluang Dan Tantangan Pemasaran Online Hari Ini

Teknik marketing online ini terbilang cukup efektif mengingat mayoritas orang di zaman ini yang serba mengandalkan internet. Tak hanya untuk mencari informasi, tetapi juga untuk memenuhi berbagai keperluan sehari-hari. Dengan jangkauan yang luas serta bisa diakses kapan saja dan di mana saja, teknik marketing online tentu akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda. 

Manfaat Pemasaran Online untuk Bisnis

1. Menghemat Biaya Promosi

Pemasaran online atau digital marketing bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki anggaran promosi terbatas. Paling hemat, Anda hanya perlu bermodalkan kuota internet, dan promosi pun telah bisa dilakukan melalui berbagai platform media sosial. Jika ingin yang lebih efektif, Anda bisa menggunakan iklan berbayar, seperti Google Ada dan lainnya, yang biayanya juga bisa disesuaikan dengan anggaran.

2. Teknik Marketing lebih Mudah dan Variatif

Nyatanya, teknik pemasaran digital memang cenderung lebih mudah dan variatif. Tersedia berbagai media promosi yang bisa digunakan, entah itu gambar, video, copywriting, konten SEO, marketplace, dan lainnya. Dengan tampilan iklan yang menarik dan tidak monoton, tentu hal ini akan lebih mudah menarik perhatian target pasar. 

Bagi Anda yang menguasai IT dan digital marketing, promosi ini bisa dilakukan sendiri. Namun jika tidak, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency tepercaya agar lebih praktis dan berkualitas. 

3. Lebih Mudah Dikerjakan dan Dikelola

Dibanding pemasaran konvensional, teknik ini memang lebih mudah untuk dikerjakan dan dikelola mengingat bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda tak harus datang ke kantor atau bertemu klien, karena dari rumah pun kegiatan promosi ini bisa dilakukan dan dipantau. 

Baca Juga : Perbedaan Strategi Pemasaran Online dan Offline

Untuk pengelolaan, Anda juga akan lebih mudah memantau berapa jumlah stok barang, order yang masuk, serta jumlah real-time pengunjung yang akan tercatat secara otomatis oleh platform analytics, salah satunya Google Analytic

4. Promosi Lebih Tepat Sasaran

Disadari atau tidak, promosi online akan membantu Anda menyasar target yang tepat. Anda tentu sudah menentukan target pasar Anda, bukan? Nah, dengan digital marketing, Anda bisa mengatur siapa saja yang nantinya bisa melihat iklan. Entah itu dari rentang usia, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, lokasi, dan lain sebagainya. Hal ini tentu berbeda dengan pemasaran konvensional yang targetnya bisa mengarah ke siapa saja tanpa batasan usia dan kriteria lainnya. 

Jadi, dengan teknik pemasaran online, target pasar bisa lebih spesifik dan lebih mudah dipantau perkembangannya secara real-time

5. Meningkatkan Keuntungan

Dengan modal yang relatif lebih kecil, jangkauan lebih luas, sasaran yang lebih tepat, serta pengelolaan lebih mudah, pemasaran online akan sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis Anda. Tak hanya penjualan yang akan meningkat, tetapi branding perusahaan juga akan terbangun dengan baik. 

Baca Juga : Keuntungan Pemasaran Online untuk Para Pengusaha

Bagaimana? Setelah mengetahui berbagai manfaat teknik pemasaran online untuk bisnis, Anda tentu tak ragu lagi untuk menggunakannya, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post