Mengapa Anda Perlu Menganalisis Pencarian Universal?

Google bukan lagi sekadar daftar link klasik – hal tersebut adalah sesuatu yang kita semua tahu, terlepas dari apakah kita bekerja di bidang marketing atau tidak. Memantau perkembangan ‘penelusuran universal’ sekarang lebih penting daripada sebelumnya.

Kapan Google memperkenalkan Pencarian Universal?

Google memperkenalkan pencarian universal pada tahun 2007, awalnya memadukan mesin sekunder seperti Gambar Google dan Google News ke dalam daftar utamanya.

Apa itu Pencarian Universal?

Dalam hal SEO, pencarian universal mengacu pada informasi, media, dan fitur yang dikumpulkan dari database yang berbeda, dan digabungkan ke dalam hasil utama mesin pencari (SERP).

Fitur pencarian universal meliputi:

Dari ‘Images’ dan ‘Video carousel’ hingga ‘Answer cards’, Google kini menampilkan banyak pilihan fitur pencarian universal yang menawarkan kesempatan untuk mengalami peningkatan awareness yang memungkinkan berbagai brand untuk membuat konten kreatif, menjawab pertanyaan dan kebutuhan pelanggan, serta  bersaing di dunia digital.

Jika seorang pebisnis tidak dapat memantau keberadaan bisnis di seluruh fitur pencarian universal, terlepas dari apa pendapat tentang fitur tersebut (apakah fitur ini mengurangi traffic atau tidak), maka akan ada beberapa hal berharga yang tidak dapat dimiliki seperti yang dimiliki oleh para kompetitor.

Mengapa Hasil Pencarian Universal Google Penting?

Fitur pencarian universal saat ini benar-benar mendominasi halaman pertama dan dalam banyak kasus, tautan link organik akan didorong jauh ke bagian bawah halaman.

Faktanya, di mobile, kami telah melihat posisi organik hanya terlihat setelah 3 hingga 4 scroll. Dan, jika itu tidak cukup untuk membuktikan pentingnya fitur-fitur ini, sebuah studi oleh Nielsen Norman Group menunjukkan bahwa mata pengguna beralih ke hasil yang lebih visual sebelum mencapai ke bagian daftar link klasik – bahkan yang berada lebih jauh di bawah halaman – biasa dikenal sebagai ‘pinball pattern effect’’.

Peringkat pertama secara organik yang dulu dinantikan tidak lagi terlihat dan bahkan hal tersebut tidak lagi penting.

Di Pi Datametrics, seluruh data yang disajikan berfokus pada value, itulah sebabnya kami mulai melacak share of voice tingkat atas di seluruh fitur pencarian universal, serta link biru klasik. Hal tersebut dapat ditemukan dalam platform kami dan setiap tiga bulan akan terjadi pembaruan pada market leaders leaderboards atau papan peringkat pemimpin pasar.

Papan peringkat Pi Datametrics sekarang menganalisis fitur ini sebagai bagian dari papan peringkat industri triwulanan gratis, kami menganalisis landscape dari SERP untuk mengetahui bisnis mana saja yang memiliki performa yang baik di dalam 11 industri..

Setiap papan peringkat memantau kinerja setiap pebisnis yang kembali di pencarian universal, terhadap beberapa ribu istilah pencarian.

Misalnya, di papan peringkat kategori fashion, kami menganalisis 14 ribu istilah yang bernilai komersial di lebih dari 40 ribu situs web. Selama Q1 pada tahun 2020, itu setara dengan kurang dari 91 juta pencarian.

Kumpulan data yang sangat besar ini sekarang memperhitungkan pesaing tambahan yang muncul di 18 fitur pencarian universal yang berbeda, serta pesaing dalam daftar organik.

Bagaimana Perubahan Landscape dari Share of Voice Terjadi?

Setelah menganalisis keseluruhan real estate pada Google untuk pertama kalinya, kami melihat beberapa perbedaan pada setiap landscape yang dimiliki oleh kompetitor, yaitu:

  • Posisi papan peringkat untuk lima besar tetap sama di banyak sektor: Brand teratas berfokus pada keberadaan pencarian mereka secara lebih holistik daripada yang lainnya.
  • Pencarian share of voice secara universal jauh lebih kecil daripada SoV lama: Karena peningkatan jumlah pintu sekarang sedang dilacak, SoV agak sedikit direnggangkan. Namun, ini juga berarti bahwa peluang visibilitas telah meningkat.
  • Ada prevalensi yang lebih besar dari hasil YouTube dan Pinterest: Situs media sosial ini telah mengalami peningkatan yang signifikan dan dapat menonjolkan konten baru untuk membuka peluang bagi para brand dalam menjalankan kegiatan marketing.
  • Banyak entri baru telah muncul: Brand yang dulunya tidak diperhatikan sebagai kompetitor dalam industri tertentu telah terungkap sebagai pesaing yang kuat di seluruh fitur penelusuran universal.
  • Ada banyak volatilitas: Website yang pernah menjadi andalan di papan peringkat kami, kuartal demi kuartal, telah menghilang sepenuhnya.

Secara keseluruhan, analisis baru ini merupakan cerminan yang lebih akurat dari landscape pencarian universal dan alat yang sangat penting dalam proses mencari data mengenai kompetitor Anda.

Sekaranglah Saatnya untuk Mengatur SoV Pencarian Universal Anda

Saat ini kita sedang mengalami krisis global dan bisnis di seluruh dunia telah melambat.

Mencari peluang baru adalah kunci untuk tetap relevan, dan dalam digital, tidak ada peluang yang lebih baik daripada visibilitas organik.

Faktanya, di saat downtime yang langka ini, sekarang lebih penting daripada sebelumnya untuk mengatur dan mengoptimalkan ketika semuanya kembali normal.

Maka dari itu, mendapatkan pandangan yang akurat dari seluruh ekosistem Anda sangat penting dalam memungkinkan setiap pebisnis untuk melakukannya dengan sukses.

Saatnya untuk menilai dan meningkatkan SoV pencarian universal Anda sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat