Mengulas Apa itu Performance Management System

performance management system adalah

Performance management system adalah suatu pendekatan yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimalkan performa karyawan. Ini merupakan sebuah metode terbaik yang bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan, memicu produktivitas, dan menghasilkan dampak nyata dalam perkembangan bisnis Anda. Mari, simak detail penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Performance Management System?

Performance management system merupakan suatu sistem terstruktur yang mencakup penilaian hingga pemberian apresiasi terhadap performa karyawan. Singkatnya, performance management system adalah sebuah metode apresiasi untuk karyawan yang dilakukan secara adil sehingga dapat bisa memicu performa dan produktivitas mereka.

Indikator penilaian yang biasanya digunakan adalah KPI atau Key Performance Indicator. Ini merupakan indikator yang paling umum diterapkan di perusahaan-perusahaan Indonesia dan beberapa negara di dunia. Selain KPI, biasanya digunakan juga Performance Appraisal.

KPI digunakan untuk menilai performa karyawan dan kontribusinya dalam mencapai tujuan bisnis strategis perusahaan melalui data yang dapat diukur. Sementara itu, Performance Appraisal adalah tinjauan rutin kinerja karyawan dan kontribusinya secara keseluruhan bagi perusahaan. Terkadang, penilaian ini juga disebut dengan evaluasi atau review performa.

Baca Juga: Mengapa Project Management Penting Pada Hari Ini?

Pentingnya Performance Management System di Perusahaan

Performance management system adalah hal yang penting untuk diterapkan di perusahaan, terutama di saat kompetisi bisnis yang sengit seperti sekarang. Sebab, pendekatan seperti ini bisa meningkatkan produktivitas karyawan sehingga menghasilkan manfaat bagi keberlangsungan perusahaan Anda.

Biasanya, penerapan performance management system adalah tanggung jawab bagi Anda sebagai pemilik usaha atau praktisi HR. Penerapan yang efektif bisa membawa perusahaan ke level profesionalitas yang lebih tinggi. 

Melalui pendekatan ini, perusahaan juga dapat mengenali lebih cepat saat muncul perilaku kerja yang menyalahi aturan hingga potensi underperformance. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko terjadinya kesalahan yang terjadi di internal perusahaan.

Performance management system juga bermanfaat untuk mengawal proses monitoring. Anda bisa melakukan review dan coaching secara terstruktur sehingga hasilnya bisa lebih efisien. Selain itu, performance management system juga bisa membantu Anda untuk mengumpulkan data-data terkait histori kerja karyawan dengan susunan dan dokumentasi yang lebih rapi.

Performance management system penting untuk Anda terapkan sebagai dasar dalam menangani gangguan dan hambatan yang mungkin muncul di internal perusahaan. Misalnya, saat karyawan menyalahi peraturan atau bahkan tindak penipuan yang bisa mengancam perusahaan. Data dan fakta ini bisa Anda kumpulkan selama implementasi performance management system berlangsung di perusahaan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Laporan SEO Berdasarkan Performance?

4 Tahapan Performance Management System

Agar performance management system yang Anda terapkan di perusahaan berjalan lancar, maka ada tahap-tahap penting yang harus Anda lalui, yaitu seperti berikut ini.

1. Tahap Perencanaan

Tahap pertama dalam performance management system adalah tahap perencanaan. Di sini, Anda harus menetapkan dengan jelas terkait tujuan atau target yang ingin dicapai perusahaan. Target ini bisa berupa kualitas, kuantitas, maupun output yang dihasilkan.

Sesuai dengan KPI, tujuan yang Anda tetapkan pun harus sesuai dengan prinsip SMARTA (Specific, Measurable, Agreeable, Reliable, Time Bound, dan Achievable). Anda juga harus mulai mendiskusikan aspek kompetensi seperti apa yang akan ditetapkan untuk tiap posisi di perusahaan.

2. Tahap Pengelolaan Kinerja

Tahap berikutnya adalah tahap realisasi atas tahap perencanaan, yaitu tahap pengelolaan kinerja. Di tahap ini, Anda harus merealisasikan rancangan yang sudah ditetapkan sebelumnya agar target bisa segera dicapai. Di sini, Anda juga bisa mulai melakukan peran penting seperti berikut ini.

  • Memberikan bantuan apabila dibutuhkan.
  • Menjamin semua karyawan sudah memahami tujuan dan target yang ditetapkan perusahaan.
  • Memberikan training untuk meningkatkan kemampuan karyawan.
  • Menyesuaikan prioritas dan target mengikuti perubahan situasi dan kondisi perusahaan.
banner

3. Tahap Penilaian

Memasuki tahap ini, Anda bisa mulai melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing karyawan. Anda pun bisa menilai, apakah target perusahaan sudah tercapai dengan baik atau belum. Untuk KPI sebaiknya dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kendala teknis yang bisa merugikan perusahaan. Sementara itu, Performance Appraisal dapat dilaksanakan satu kali dalam setahun untuk mengukur keseluruhan kontribusi karyawan kepada perusahaan.

4. Tahap Penghargaan

Terakhir, para karyawan yang sudah dievaluasi berdasarkan hasil kerjanya, akan diberi penghargaan di tahap ini. Sesuai hasil penilaian yang telah dilakukan, Anda berhak untuk memberi reward maupun punishment kepada karyawan. Apabila ada karyawan yang benar-benar menunjukkan performa terbaiknya sepanjang periode, maka mereka berhak mendapatkan apresiasi. Bentuk apresiasi pun bisa bermacam-macam, tergantung preferensi Anda ataupun kebijakan perusahaan.

Menerapkan performance management system adalah pendekatan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan performa perusahaan dari segi internalnya. Apabila Anda mampu mengelola seluruh SDM perusahaan dengan baik, maka tujuan perusahaan pun dapat dicapai dengan lebih mudah karena dikerjakan bersama-sama.

Baca Juga: Pengertian Performance Appraisal dan Manfaatnya

Membangun relasi yang baik antara Anda dengan karyawan pun bisa memicu semangat dan motivasi para karyawan untuk giat bekerja. Alih-alih memerintah, akan lebih baik apabila Anda membimbing para karyawan, karena sejatinya performance management system adalah cara untuk berproses bersama-sama.

Selain mengoptimalkan performance management system, Anda juga harus menjaga stabilitas performa Digital Marketing di perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda tidak hanya mengokohkan perusahaan dari dalam, tetapi juga dari luar. Apabila Anda membutuhkan jasa layanan Digital Marketing. ToffeeDev menyediakan beragam layanan Digital Marketing, mulai dari SEO, ads, pengembangan website, hingga konsultasi terkait strategi Digital Marketing lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kontak ToffeeDev ini.

Share this on :

Scroll to Top
WhatsApp chat