Rekomendasi 5 Tools Terbaik untuk Cek Kecepatan Website Anda

cek kecepatan website 1200x480 1

Kecepatan website selalu menjadi isu prioritas bagi para pemilik website, toko online, website forum, dan jenis website lainnya. Sebagai pemilik website, tentu Anda harus selalu melakukan cek kecepatan website Anda secara berkala.  Tingkat kecepatan website yang lamban akan menimbulkan angka bounce rate yang tinggi pada website Anda. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Lantas, bagaimana cara melakukan cek kecepatan website yang efektif dan efisien untuk Anda?

Mengapa Anda Perlu Mengecek Kecepatan Website?

mengapa kecepatan website penting

Sebelum masuk ke cara mengecek kecepatan atau speed website, Anda harus tahu terlebih dahulu mengapa pengecekan ini dianggap penting. Yuk, simak 3 alasannya di bawah ini!

1. Memengaruhi Pengalaman Pengunjung

Pertama-tama, kecepatan website sangat memengaruhi pengalaman pengunjung yang membukanya. Coba bayangkan, siapa yang mau menunggu 5 menit hanya untuk membuka sebuah laman?

Bahkan menurut riset yang ada, mayoritas pengguna internet tidak mau menunggu lebih dari 2 detik untuk membuka sebuah laman website! Telat beberapa detik saja dan kesempatan Anda untuk mendapatkan traffic akan sirna. 

Tidak jarang juga pengunjung akan meninggalkan website yang masih dalam proses loading. Hal ini tentunya akan meningkatkan bounce rate website Anda. 

2. Memengaruhi Peringkat di SERP

Siapa sih yang tidak ingin website-nya muncul pada peringkat pertama di SERP? Jangan harap bisa mendapatkan ranking yang baik pada SERP apabila kecepatan website Anda rendah!

Dalam Core Web Vitals Google, kecepatan loading website menjadi salah satu faktor yang menentukan ranking pada SERP. Hal ini disebabkan search engine seperti Google selalu mengedepankan pengalaman pengguna, dan waktu loading yang terlalu lama pastinya akan memberikan pengalaman dan kesan yang buruk.

3. Meningkatkan Citra Perusahaan

Tanpa disadari, kecepatan website juga dapat memengaruhi reputasi sebuah perusahaan lho. Sebagai representasi digital dari sebuah perusahaan, tentu saja website bisnis harus dibuat sebaik mungkin supaya memberikan pengalaman yang baik pada calon konsumen.

Waktu loading website yang lambat tentunya akan memberikan kesan buruk pada calon konsumen. Lama-kelamaan, hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi citra perusahaan.

Di zaman serba online seperti sekarang, citra sebuah perusahaan dibangun dari website-nya. Kesan pertama yang dirasakan pengunjung ketika membuka website adalah pada kecepatan web. Website yang lambat memberi reputasi buruk karena dianggap perusahaan tidak bisa me-maintainnya dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Fitur SERP People Also Ask Dan Bagaimana Cara Mengoptimisasinya?

5 Tools dan Cara Mengecek Kecepatan Website

Dalam melakuakan kegiatan cek kecepatan web, ada beberapa tools dan cara yang bisa Anda lakukan untuk cek kecepatan website. Seperti yang ada dibawah ini:

1. Google PageSpeed Insight

Sejak 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO. Pada tahun yang sama, Google juga merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lamban. Nilai loading website dengan angka 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

2. Pingdom

Pingdom adalah salah satu tools monitoring website paling terkenal saat ini. Kliennya pun berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Salah satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website.

Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik. Namun, jangan terlalu terobsesi untuk memperoleh nilai 100. Sebab yang paling penting dari cek kecepatan website di Pingdom adalah saran-saran apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

3. GTMetrix

Selain Pingdom, GTMetrix juga merupakan salah satu tools gratis untuk cek speed website yang layak Anda gunakan. Cara penggunaannya yang mudah dan gratis cocok untuk pemula. GTMetrix menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman website sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga Anda bisa meningkatkan kecepatan dari website Anda.

Anda juga bisa menyimpan analisa hasil cek kecepatan website di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir. Dan manfaatkan data ini untuk semakin meningkatkan kecepatan website Anda.

Baca Juga: Cara Mengelola Website dengan Mudah Bagi Pemula

4. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome. Tool ini cukup populer di kalangan para developer karena kemudahan aksesnya dan efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba. Anda bisa secara mudah menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command+Option+I (Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Kemudian Anda bisa mengecek kecepatan website situs Anda dan mendapatkan laporannya.

Salah satu fitur terbaik Chrome DevTools adalah kemampuannya untuk memblokir request. Fitur ini sangat berguna untuk menentukan berapa banyak overhead dari layanan dari pihak ketiga di website Anda. Selain itu, tool ini juga terintegrasi dengan LightHouse. LightHouse adalah software open source untuk meningkatkan kualitas halaman website.

5. WebPageTest

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes untuk mengecek kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

Baca Juga: 8 Cara Mempercepat Loading Website

Faktor-faktor yang Dapat Memengaruhi Kecepatan Website

faktor yang memengaruhi kecepatan website

Bagaimana hasil cek kecepatan website Anda? Apakah sudah cukup baik? Ternyata ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kecepatan loading sebuah website. Jadi, apabila Anda ingin meningkatkan kecepatan website Anda, pastikan untuk memerhatikan berbagai faktor ini:

  1. Server hosting yang digunakan
  2. Penggunaan file gambar atau multimedia yang besar dan dalam jumlah banyak
  3. Penggunaan plugin yang berlebihan
  4. Adanya iklan berlebih atau spam
  5. Tema website yang terlalu berat
  6. Penggunaan font yang tidak standar

Demikian lima tools yang dapat digunakan untuk mengecek kecepatan website Anda. Apakah Anda juga memiliki rekomendasi tools untuk cek kecepatan website lainnya? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Dan jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website profesional, maka Anda bisa menghubungi kami di sini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat