Sales promotion: Pengertian, Tujuan, dan Cara Menyusunnya

Jika Anda berminat meningkatkan penjualan untuk produk lama maupun baru maka penggunaan sales promotion adalah tindakan bijaksana. Jangan salah! Sales promotion memiliki tugas berbeda dari strategi iklan biasanya yang hadir dalam bentuk gambar dan video. 

Meski demikian keberadaannya mampu membawa dampak yang sangat signifikan. Supaya pendapatan bisnis meningkat, pastikan Anda memahami seluruh informasi penting tentang sales promotion di bawah ini! 

Apa yang Dimaksud dengan Sales Promotion?

Promosi penjualan atau sales promotion adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa mereka. Sales promotion bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemberian diskon harga, program hadiah undian, hadiah langsung, bonus (freebies), atau mengadakan event promosi lainnya. 

Tujuan diberikannya promosi tersebut hanya satu yaitu untuk menarik minat pelanggan agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sales promotion sangat penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau jasa. Meski tujuan utamanya adalah untuk membuat pelanggan melakukan pembelian, pada akhirnya strategi ini dapat menciptakan loyalitas pelanggan yang makin tinggi. 

Pemberian berbagai diskon atau hadiah lainnya jelas menjadi manfaat yang diperhitungkan oleh pelanggan untuk setia pada suatu merek dagang. Tidak berhenti di sana, perusahaan juga bisa memanfaatkan penggunaan sales promotion untuk mengenalkan produk baru kepada pelanggan. 

Apa Saja Tujuan dari Sales Promotion?

Dalam melakukan sales promotion, perusahaan harus memastikan bahwa tujuannya jelas dan terukur. Perusahaan juga harus memperhatikan anggaran dan waktu yang tersedia untuk menjalankan program sales promotion agar sumber daya yang sudah dikeluarkan tidak terbuang percuma. Jadi pastikan Anda memahami tujuan sales promotion berikut ini. 

1. Meningkatkan Kesadaran Pelanggan (Brand Awareness)

Tujuan pertama dari sales promotion ialah meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Ketika produk ditawarkan dengan berbagai cara, seperti iklan dan promosi maka pelanggan dapat lebih mengenal merek dagang Anda. 

2. Meningkatkan Penjualan

Ketika Anda melakukan sales promotion secara rutin berdasarkan strategi yang tepat maka tinggal tunggu saja penjualan produk meningkat. Tidak jarang bahwa penggunaannya justru dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. 

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dari perspektif pelanggan, pemberian sales promotion justru merupakan nilai tambah yang akan dipertimbangkan saat membeli suatu produk. Makin banyak sales promotion yang dilakukan maka makin besar juga kemungkinan pelanggan untuk setia kepada merek dagang Anda. 

Apalagi kalau perusahaan Anda benar-benar memberi perhatian penuh dalam membangun hubungan yang erat dengan pelanggan. Nantinya para pelanggan pasti akan merasa dihargai dan selalu kembali pada produk yang Anda jual.

Baca Juga: Rekomendasi Cara Meningkatkan Sales Online

4. Mempromosikan Produk Baru

Sales promotion juga dapat digunakan untuk memperkenalkan produk baru kepada pelanggan. Melalui berbagai pemberian diskon atau bonus maka perusahaan sedang berusaha mendorong pelanggan untuk mau mencoba produk baru dan meningkatkan penjualan produk tersebut.

5. Menarik Pelanggan Baru

Selain meningkatkan penjualan, sales promotion bahkan dapat membantu perusahaan menarik pelanggan baru. Saat acara atau strategi sales promotion yang Anda lakukan berhasil menjadi sangat ramai dan besar maka akan ada pelanggan baru yang tertarik. Mereka akan lebih berminat mencoba karena ada begitu banyak orang yang sudah memberikan testimoni baik. 

Itu sebabnya penggunaan sales promotion harus diimbangi dengan kualitas produk yang tinggi. Saat pelanggan puas, mereka akan dengan sendirinya berbicara dan mempromosikan produk Anda kepada orang lain. Baik melalui mulut maupun media sosial, semua promosi tersebut akan membuat banyak pelanggan baru berdatangan. 

Bagaimana Cara Menyusun Strategi Sales Promotion yang Efektif?

Menyusun strategi sales promotion memerlukan perencanaan matang dan pemahaman yang baik tentang pasar sekaligus pelanggan yang dituju. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi sales promotion.

1. Tentukan Tujuan Promosi

Pertama-tama tentukan dahulu tujuan dari sales promotion yang ingin dilakukan. Apakah untuk meningkatkan penjualan atau memperkenalkan produk baru. 

Apabila Anda sudah tahu tujuannya maka penentuan langkah berikutnya pasti akan lebih mudah dilakukan. Perlu diingat bahwa Anda harus memastikan tujuan yang dibuat sudah spesifik, terukur, realistis, dan terbatas pada waktu tertentu.

2. Kenali Target Pelanggan

Eksekusi sales promotion yang berhasil juga dimulai dengan mengenali target pelanggan. Pelajari siapa target pelanggan yang Anda tuju. Apakah itu anak-anak sekolah, mahasiswa/i atau para pekerja di berbagai bidang. Pertimbangkan semua karakteristik pelanggan seperti demografi, latar pendidikan, perilaku belanja, serta kebutuhan dan keinginannya.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Untuk Meningkatkan Sales Melalui UX

3. Pilih Jenis Promosi

Setelah Anda mengetahui tujuan dan target pelanggan yang dituju maka selanjutnya ialah memilih jenis promosi yang tepat. Beberapa promosi yang bisa dipilih contohnya diskon harga, hadiah undian, hadiah langsung,, buy 1 get 1, dan masih banyak lagi. 

4. Tentukan Mekanisme Promosi

Perencanaan promosi tidak bisa langsung dieksekusi begitu saja. Anda perlu detail terhadap mekanisme promosi sehingga tidak ada kebingungan ketika dijalankan. Pastikan Anda sudah membuat daftar seluruh mekanisme yang lengkap untuk dijadikan panduan oleh karyawan terkait. 

5. Tentukan Anggaran

Menentukan anggaran tidak boleh sampai terlewatkan. Jangan sampai promosi yang dijalankan harus berhenti di tengah jalan karena dana yang terbatas. Buat anggaran keuangan yang detail dan spesifik sehingga dana tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik. 

Baca Juga: Sales Funnel dan SEO: Repeat Purchase hingga Loyalitas Customer 

6. Evaluasi Hasil Promosi

Setelah promosi dijalankan, tugas sales promotion belum selesai. Setiap promosi yang dijalankan harus dievaluasi untuk mengetahui apakah tujuannya tercapai atau tidak. Apabila tidak efektif maka Anda harus mencari tahu faktor apa yang membuatnya demikian. 

Begitu juga sebaliknya saat strategi promosi berhasil dijalankan. Intinya Anda harus tahu faktor apa saja yang mendukung keberhasilan dan kegagalan dari strategi promosi tersebut. Hasil evaluasi yang Anda lakukan akan berguna untuk strategi yang dijalankan pada masa depan.

7. Berikan Kontinuitas Promosi

Untuk mempertahankan minat pelanggan terhadap produk Anda, selalu adakan promosi tersebut secara berkala. Tidak harus setiap minggu atau bulan, Anda bisa membuatnya pada acara tertentu seperti valentine, anniversary, dan lain sebagainya. 

banner

Apa Saja Contoh dari Sales Promotion?

Contoh sales promotion yang bisa Anda lakukan ada sangat banyak. Beberapa di antaranya pasti sudah Anda ketahui karena sudah ada banyak perusahaan yang melakukan sales promotion. Langsung saja perhatikan contohnya berikut ini. 

1. Diskon Harga

Diskon harga menjadi salah satu contoh dari sales promotion yang paling umum dilakukan. Perusahaan biasanya memberikan diskon harga pada produk yang mereka tawarkan dalam periode waktu tertentu. Contohnya seperti diskon 10% atau 20%. Bisa juga diskon harga dalam bentuk nominal tertentu, seperti diskon Rp50.000 atau Rp100.000.

2. Program Undian Hadiah

Kemudian ada juga promosi dengan pemberian tiket undian pada setiap pembelian produk. Nantinya tiket tersebut akan diundi setelah waktu tertentu dan hanya ada 3-5 pelanggan yang bisa memenangkan hadiah. 

Baca Juga: Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

3. Gratis Ongkir

Kalau Anda melakukannya secara online maka promosi gratis ongkir bisa dicoba. Jangan salah, pemberian gratis ongkir dapat membuat banyak pelanggan berdatangan, bahkan menjadi loyal. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform belanja online yang menyediakan layanan gratis ongkir sebagai fitur unggulan mereka. 

4. Bundle Deals

Promosi dalam bentuk bundle deals atau pembelian paket produk dengan harga yang lebih terjangkau pasti bisa menarik banyak pelanggan. Kalau produk yang Anda jual berkualitas maka promosi bundle deals pasti akan ditunggu-tunggu oleh para pelanggan. 

Sales promotion adalah salah satu cara yang terbukti efektif dalam menarik minat pelanggan dan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Melalui informasi yang sudah dijelaskan di atas, pastikan Anda mencoba berbagai strategi promosi supaya bisnis makin bertumbuh secara signifikan. 

Namun jangan hanya melakukannya secara offline. Anda perlu memanfaatkan media online seperti halnya website. Pastikan bisnis Anda memiliki website yang user-friendly sehingga pelanggan suka berbelanja produk yang ditawarkan. 

Belum punya website berkualitas? Jangan khawatir karena Anda dapat membuatnya dengan bantuan ToffeeDev. Sebagai digital marketing agency berkualitas, ToffeeDev menyediakan jasa pembuatan website yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda. 

Selain itu ada berbagai jasa lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis berkembang seperti SEO, Ads, dan desain. Jangan ragu menghubungi tim ToffeeDev untuk berkonsultasi tentang bisnis Anda. Sudah saatnya bisnis Anda bertumbuh dengan strategi digital marketing terbaik dari ToffeeDev! 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat