15 Tips Membuat Permalink Agar SEO Friendly

15 tips membuat permalink agar SEO friendly

Setiap klik dan tautan URL menjadi kunci utama dalam meraih keberhasilan dunia digital marketing. Adapun salah satu hal yang memiliki dampak besar terhadap visibilitas dan peringkat suatu halaman di mesin pencari adalah struktur permalink yang tepat. Permalink yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan visibilitas dan memberikan traffic situs web. Berikut ini adalah 15 tips membuat permalink agar SEO friendly. 

Apa itu Permalink dan Mengapa Penting untuk SEO

Apa itu Permalink dan Mengapa Penting untuk SEO?

1. Pengertian Permalink

Permalink atau permanent link merupakan sebuah URL tetap yang merujuk langsung ke halaman atau konten tertentu di situs web. Permalink digunakan untuk mengakses halaman atau postingan secara langsung dan tetap meskipun konten tersebut dipindahkan ke lokasi lain di website. Fungsi utamanya adalah menyediakan alamat permanen untuk konten, memastikan bahwa pengguna atau mesin pencari dapat menemukannya dengan mudah. Disebut permanen karena tetap seiring waktu sehingga dapat menjadi fondasi untuk membentuk struktur URL yang optimal. 

Dikutip Yoast, permalink bisa mencakup nama domain (toffeedev.com) dan ditambah dengan yang disebut slug. Slug sendiri merupakan bagian URL yang muncul setelah nama domain. Bagian ini bisa mencakup tanggal ataupun seluruh kategori yang diinginkan.

2. Perbedaan Permalink dan URL

Berikut ini adalah perbedaan permalink dan URL yang perlu Anda pahami.

1. Struktur yang Ramah Pengguna

Permalink cenderung memiliki struktur yang lebih ramah pengguna dan bersahabat. Permalink menyajikan tautan yang lebih singkat dan mudah diingat. Alasannya, permalink dirancang khusus dengan fokus pada kenyamanan pengguna dan kejelasan mesin pencari. Sementara itu, URL mencakup elemen teknis seperti protokol dan jalur file yang mungkin sulit dimengerti oleh pengguna biasa.

2. SEO-Friendly

Permalink sering ditekankan untuk lebih ramah terhadap SEO daripada URL. Dengan kata lain, permalink dibuat khusus agar mengandung juga kata kunci yang relevan dengan konten. Hal ini bertujuan untuk membantu mesin pencari memahami topik dan meningkatkan peringkat halaman dalam hasil pencarian.

Baca Juga: Shopee Revenue Model: Pelajari Cara Bisnis Menghasilkan Keuntungan

3. Permanen dan Dinamis

Perbedaan paling mendasar antara permalink dan URL adalah sifatnya. Adapun permalink bersifat permanen, sedangkan URL biasa bersifat dinamis. Permalink tidak berubah seiring waktu dan memastikan tautan yang sudah dibagikan atau diindeks oleh Google tidak mengalami perubahan. Sementara itu, URL bisa berubah seiring dengan perubahan konten.

4. Kejelasan Informasi

Permalink dapat lebih diandalkan saat memberikan kejelasan informasi karena cenderung lebih deskriptif daripada URL. Bukan hanya itu saja, permalink bisa memberikan gambaran kontekstual yang lebih baik kepada pengguna maupun mesin pencari dengan dimuatnya judul atau deskripsi singkat dari konten yang ditautkan.

Baca Juga: Simak Cara Membuat Pagination Serta Tips Mengoptimalkannya!

5. Cocok Dibaca Manusia

Permalink yang SEO-friendly dapat merujuk pada URL yang dioptimalkan untuk manusia. Hal ini berarti permalink memudahkan pengguna dalam memahami struktur tautan sehingga memberikan informasi yang cukup tanpa harus membuka halaman tersebut. Sementara itu, URL mencakup elemen teknis yang membentuk alamat web secara keseluruhan sehingga belum bisa dipastikan akan mudah terbaca oleh pengguna.

6. Tanda Hubung dan Kesederhanaan

Permalink cenderung menghindari penggunaan karakter khusus dan angka yang tidak perlu. Tanda hubung juga sering digunakan dalam permalink untuk memisahkan kata kunci sehingga lebih mudah dipahami. Di sisi lain, URL cenderung menggunakan karakter khusus seperti “%20” untuk menggantikan spasi sehingga membuatnya terlihat lebih rumit dan sulit dibaca. 

Banner SEO - General 2

15 Tips Membuat Permalink yang SEO-Friendly

Berikut ini 15 tip untuk membuat permalink yang SEO-friendly agar membuat konten berada pada halaman pertama dan ranking teratas hasil pencarian Google.

1. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Permalink yang SEO-friendly pasti memuat kata kunci yang relevan dengan konten di halaman tersebut. Hal ini membantu mesin pencari memahami topik dan relevansi konten terhadap pencarian pengguna. Pastikan untuk memilih kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian yang cukup tinggi.

Berikut ini adalah contoh permalink yang menggunakan kata kunci:

https://contohwebsite.com/cara-optimasi-seo-website

2. Buat Deskripsi yang Jelas dan Singkat

Deskripsi yang jelas dan singkat dapat membantu pengguna memahami konten halaman dengan lebih baik. Bukan hanya itu saja, deskripsi yang efektif juga dapat meningkatkan click-through rate (CTR). Untuk membuat deskripsi yang efektif, gunakan kalimat yang singkat dan jelas dan menggambarkan konten halaman, serta mengandung kata kunci relevan.

Berikut ini adalah contoh permalink dengan deskripsi yang jelas dan singkat:

https://contohwebsite.com/cara-meningkatkan-traffic-website

3. Hindari Penggunaan Karakter Khusus dan Angka

Penggunaan angka dan karakter khusus seperti tanda tanya, tanda seru, atau tanda bintang tidak disarankan dalam membuat permalink. Hal ini dapat membuat permalink terlihat tidak profesional dan sulit dibaca oleh pengguna.

Untuk mengganti angka dan karakter khusus, gunakan kata yang relevan dengan konten halaman. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterbacaan permalink.

Berikut ini adalah contoh permalink yang tidak SEO-friendly:

www.contohwebsite.com/artikel?id=123&kategori=seo

4. Gunakan Tanda Hubung untuk Memisahkan Kata Kunci

Tanda hubung seperti tanda strip (-) atau underscore (_) dapat membantu meningkatkan keterbacaan permalink. Gunakan tanda hubung untuk memisahkan kata-kata dalam permalink. Meski begitu, pastikan untuk tidak menggunakan tanda hubung secara berlebihan sehingga membuat permalink terlalu panjang.

Berikut ini contoh permalink dengan tanda hubung yang tepat.

https://contohwebsite.com/tips-membuat-permalink-seo-friendly

5.  Jaga Keberlanjutan Tautan (Permalink)

Perubahan permalink dapat berdampak negatif pada SEO. Selain itu, permalink yang sering berubah juga dapat membingungkan pengguna ketika sedang mencoba mengakses link yang sudah dibagikan atau disimpan sebelumnya. Untuk menjaga keberlanjutan permalink, Anda dapat menghindari perubahan yang tidak perlu, gunakan redirect dengan bijak, dan perhatikan struktur tautan.

Buat Permalink yang Singkat dan Mudah Diingat

6. Buat Permalink yang Singkat dan Mudah Diingat

Permalink yang singkat dan mudah diingat dapat membantu pengguna mengingat alamat web halaman Anda dengan lebih mudah. Bukan hanya itu saja, permalink yang singkat dan mudah diingat bisa meningkatkan keterbacaan pada mesin hasil pencarian. Anda dapat menggunakan kata-kata yang relevan dan singkat untuk membuat permalink yang singkat dan mudah diingat.

7. Hindari Penggunaan Kata Penghenti

Mesin pencarian umumnya lebih fokus pada kata kunci utama. Anda perlu menghindari penggunaan kata penghenti (stop words), contohnya “dan,” “atau,” dan “yang”. Alasannya, seperti dikutip SEMRush, stop words tidak mengubah makna atau arti dari keseluruhan sebuah teks.

Berikut ini adalah contoh permalink dengan stop words. 

www.contohwebsite.com/artikel-tentang-dan-cara-seo-yang-efektif

Berikut ini adalah contoh permalink yang benar.

www.contohwebsite.com/artikel-seo-efektif

8. Gunakan Huruf Kecil

Menggunakan huruf kecil pada permalink juga tak kalah penting. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebingungan dan memastikan bahwa tautan tetap konsisten di seluruh situs web. Melalui penggunaan huruf kecil, Anda dapat menciptakan tautan yang seragam dan lebih mudah diakses oleh mesin pencari maupun pengguna. Langkah ini tentunya dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mendukung upaya SEO.

Banner SEO - Ebook 2

9. Periksa Keunikan Permalink

Pastikan bahwa setiap permalink yang Anda buat bersifat unik. Hal ini berguna untuk mencegah duplikasi tautan. Oleh karena itu, permalink yang unik dapat memberikan identitas yang jelas bagi setiap halaman di situs web.

10. Gunakan Redirect 301 dengan Tepat

Jika perlu mengubah permalink yang sudah ada, gunakan redirect 301 untuk mengarahkan trafik situs web dari tautan lama ke yang baru. Oleh karena itu, redirect 301 membantu menjaga peringkat SEO yang telah diperoleh sebelumnya. Hal ini membantu mempertahankan peringkat SEO dan meminimalkan potensi tautan rusak.

Baca Juga: Cara Menggunakan YouTube SEO Tools untuk Meningkatkan Peringkat

11. Optimalkan Permalink Agar Mobile-Friendly

Pengguna cenderung lebih aktif mengakses mesin pencari menggunakan ponsel daripada laptop. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan agar permalink dioptimalkan untuk tampilan yang responsif di perangkat seluler. Pastikan bahwa permalink dapat dibaca jelas dan tampil dengan baik di berbagai ukuran layar, baik di ponsel, desktop, hingga tablet.

12. Gunakan Custom Permalink Structure

Dalam mengelola situs web, pemilihan struktur permalink memiliki peran penting dalam pengaturan tata letak dan kejelasan informasi. Salah satu langkah bijak yang sangat berguna adalah dengan memanfaatkan fitur struktur tautan khusus atau custom permalink structure yang disediakan oleh platform manajemen konten (CMS) yang Anda miliki. Langkah ini dapat memberikan fleksibilitas tambahan untuk menyusun URL sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Melihat Keadaan Terkini SEO: Tren, Praktik Terbaik, dan Tantangan Bisnis di Industri SEO Landscape

13. Fokus pada Kejelasan Informasi

Kesederhanaan dalam struktur permalink adalah kunci sukses agar SEO-friendly. Anda perlu memastikan setiap tautan memberikan kejelasan informasi tanpa perlu membuka halaman terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan deskripsi yang memberikan gambaran singkat, tetapi tetap jelas.

14. Pemantauan Berkala

Pemantauan berkala terhadap kinerja permalink merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa struktur tautan situs web berfungsi optimal. Melalui pemantauan secara rutin, Anda dapat meminimalkan risiko terjadinya tautan rusak, serta menjaga keberlanjutan dan konsistensi tautan secara berkelanjutan. 

Baca Juga: Cara Mengubah Permalink WordPress dengan Mudah, Ini Panduan Lengkapnya

15. Periksa Menggunakan Tool SEO

Tip terakhir, Anda dapat memanfaatkan tool SEO yang tersedia untuk memeriksa dan mengevaluasi kualitas permalink. Beberapa tool SEO yang dapat digunakan, di antaranya adalah Google Search Console, SEMRush, Ahrefs, dan Yoast SEO (untuk WordPress). Alat-alat tersebut dapat memberikan saran untuk peningkatan SEO lebih lanjut dan membantu mengoptimalkan tautan dengan lebih efektif.

Banner SEO x CRO 2

Menggunakan Jasa Digital Marketing dari ToffeeDev

Melalui pemahaman mendalam tentang pentingnya permalink dalam mengelola konten situs web, Anda telah melangkah lebih dekat untuk meningkatkan visibilitas online bisnis. Permalink yang bersih dan mudah dibaca tidak hanya membuat tautan lebih menarik, tetapi juga memberikan gambaran jelas kepada pembaca tentang isi halaman.

Apabila merasa perlu, ToffeeDev memberikan layanan jasa digital marketing yang dapat membantu dalam memaksimalkan potensi situs web Anda. Bersama dengan tim yang berpengalaman, ToffeeDev akan membantu Anda untuk merencanakan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran, efektif, dan dioptimalkan untuk SEO sehingga meningkatkan jangkauan bisnis online.

Jangan biarkan potensi situs web Anda terbuang sia-sia. Hubungi Kami di sini dan jadwalkan konsultasi dengan ToffeeDev sekarang!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat