Apa Itu Kueri? Ini Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

apa itu kueri

Dalam dunia bisnis, website telah menjadi sarana komunikasi yang memengaruhi profitabilitas perusahaan. Salah satu fitur yang dimanfaatkan dalam website adalah kueri. Mengetahui apa itu kueri beserta fungsi dan cara kerjanya tentunya penting untuk mengoptimalkan website bisnis Anda.

Kueri sendiri merupakan salah satu bahasa komputer yang memanfaatkan database. Kueri atau query ini memiliki peran penting dalam menjembatani kenyamanan pengguna dengan kepentingan perusahaan bisnis. Sebagai salah satu bahasa pemrograman, tentunya kueri cukup membingungkan bagi orang awam. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Kueri?

Kueri adalah pertanyaan atau permintaan informasi yang diajukan kepada sistem atau sumber daya informasi lainnya. Dalam konteks teknologi informasi, kueri sering digunakan untuk mencari data atau informasi dari database atau sistem penyimpanan data lainnya. 

Kueri biasanya diajukan dalam bentuk pertanyaan yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu atau menggunakan antarmuka pengguna (user interface) yang disediakan oleh sistem. Contohnya, dalam sistem database, kita dapat menggunakan kueri SQL (Structured Query Language) untuk mencari data dari tabel-tabel yang tersimpan dalam database.

Dalam konteks website, kueri adalah pertanyaan atau permintaan informasi yang diajukan oleh pengguna kepada website melalui antarmuka pengguna (user interface) atau melalui URL (Uniform Resource Locator). Kueri ini biasanya digunakan untuk mencari informasi atau mengakses halaman website tertentu. 

Contoh kueri dalam website adalah ketika pengguna mengetikkan kata kunci atau pertanyaan di kotak pencarian website, atau ketika pengguna mengklik tautan atau tombol di halaman website yang akan mengirimkan kueri ke server website untuk mengambil informasi atau halaman yang diinginkan.

Server website akan memproses kueri tersebut dan mengirimkan kembali hasilnya ke pengguna melalui antarmuka pengguna (user interface) website. Hasil kueri tersebut biasanya berupa halaman website yang dihasilkan dari data atau informasi yang tersimpan di server atau di sistem penyimpanan data lainnya milik website.

Baca Juga: 2 Cara Menambahkan Tempat di Google Maps

6 Fungsi Kueri (Query)

Fungsi kueri dalam website adalah untuk mengambil data atau informasi yang diinginkan pengguna dari server atau sistem penyimpanan data lainnya. Kueri dalam website biasanya digunakan untuk melakukan berbagai operasi terhadap data, seperti:

1. Menampilkan Data

Kueri dapat digunakan untuk menampilkan data yang tersimpan di server website atau di sistem penyimpanan data lainnya. Contohnya, ketika pengguna mengetikkan kata kunci di kotak pencarian website, maka server akan menampilkan data yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

2. Mencari Data

Kueri dapat digunakan untuk mencari data yang memenuhi kriteria tertentu, seperti mencari data yang memiliki nilai tertentu atau mencari data yang memenuhi kondisi tertentu. Contohnya, ketika pengguna mengetikkan kata kunci di kotak pencarian website, maka server website akan mencari data yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

3. Mengurutkan Data

Kueri dapat digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu, seperti mengurutkan data berdasarkan nama atau mengurutkan data berdasarkan tanggal. Contohnya, ketika pengguna ingin menampilkan data produk di website secara urut abjad, maka kueri yang diajukan ke server website akan mengurutkan data produk tersebut berdasarkan nama produk.

Baca Juga: SERP adalah Hal yang Penting dalam SEO

4. Menggabungkan Data

Kueri dapat digunakan untuk menggabungkan data dari beberapa tabel atau sistem penyimpanan data lainnya, sehingga server website dapat menyajikan informasi yang tersebar di berbagai tabel atau sistem penyimpanan data dalam satu halaman website.

5. Memodifikasi Data

Kueri dapat digunakan untuk memodifikasi data yang tersimpan di server website atau sistem penyimpanan data lainnya, seperti menambahkan atau menghapus data, atau memperbaharui data yang sudah ada. Contohnya, ketika pengguna ingin menambahkan produk baru ke website, maka kueri yang diajukan ke server akan memodifikasi data produk tersebut dengan menambahkan produk baru yang diinginkan.

6. Menghapus Data

Fungsi terakhir dari kueri dalam sebuah  bisnis adalah mampu menghapus data. Kueri dapat digunakan untuk menghapus data yang tidak diinginkan atau yang sudah tidak terpakai dari database. Hal ini dapat mengurangi pengumpulan sampah data dalam database Anda.

Baca Juga: Definisi dan Contoh Buyer Persona untuk Bisnis Anda

6 Contoh Kueri

Berikut ini adalah beberapa contoh kueri yang dapat digunakan dalam sistem database menggunakan bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language):

1. Menampilkan Data

Menampilkan semua data dari tabel “Customers”:

Copy code

SELECT * FROM Customers;

2. Mencari Data

Mencari data pelanggan yang tinggal di kota “Jakarta”:

Copy code

SELECT * FROM Customers WHERE City = ‘Jakarta’;

3. Mengurutkan Data

Mengurutkan data pelanggan berdasarkan nama:

Copy code

SELECT * FROM Customers ORDER BY Name;

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Menerapkan Responsive Web Design

4. Menggabungkan Data

Menggabungkan data dari tabel “Customers” dan “Orders”:

Copy code

SELECT Customers.*, Orders.* FROM Customers INNER JOIN Orders ON Customers.CustomerID = Orders.CustomerID;

5. Memodifikasi Data

Memodifikasi data pelanggan yang tinggal di kota “Jakarta” menjadi “Bandung”:

Copy code

UPDATE Customers SET City = ‘Bandung’ WHERE City = ‘Jakarta’;

6. Menghapus Data

Menghapus data pelanggan yang tinggal di kota “Surabaya”:

Copy code

DELETE FROM Customers WHERE City = ‘Surabaya’;

Itu hanyalah beberapa contoh kueri yang dapat digunakan dalam sistem database menggunakan bahasa SQL. Ada banyak kueri lain yang dapat digunakan tergantung pada kebutuhan dan kondisi tertentu.

banner

5 Cara Kerja Kueri

Cara kerja kueri tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan dan sistem penyimpanan data yang tersedia. Namun, secara umum, cara kerja kueri adalah sebagai berikut:

1. Pengajuan Kueri ke Sistem

Pengguna mengajukan kueri ke sistem penyimpanan data. Pengajuan ini dapat dilakukan melalui antarmuka pengguna (user interface) atau dengan menuliskan kueri dalam bahasa pemrograman yang disediakan.

2. Sistem Menerima Kueri

Setelah proses pengajuan berhasil, maka kueri pun akan mulai masuk ke dalam sistem. Sistem penyimpanan data menerima kueri dan memprosesnya sesuai dengan instruksi yang diberikan.

3. Pencarian Data Oleh Sistem

Sistem penyimpanan data segera mengeksekusi kueri. Eksekusi ini berupa aktivitas mencari data yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam kueri.

4. Hasil Kueri

Sistem penyimpanan data mengembalikan hasil kueri ke pengguna. Hasil kueri ini disediakan baik dalam bentuk tabel data atau laporan yang diproses sesuai dengan instruksi dalam kueri

5. Evaluasi Hasil Kueri

Pengguna dapat mengevaluasi hasil kueri dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya. Hasil evaluasi ini dapat berguna untuk pemanfaatan kueri kedepannya dalam website bisnis Anda.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Bahasa Pemrograman?

Apa Itu Bahasa Query?

Bahasa query atau kueri adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengirimkan pertanyaan atau permintaan informasi kepada sistem atau sumber daya informasi lainnya. Dalam konteks teknologi informasi, bahasa kueri sering digunakan untuk mengakses dan memanipulasi data dari database atau sistem penyimpanan data lainnya.

Contoh bahasa kueri yang populer adalah SQL (Structured Query Language), yang merupakan bahasa standar untuk mengakses dan memanipulasi data dalam sistem database relasional. SQL menyediakan berbagai perintah yang dapat digunakan untuk menampilkan, mencari, mengurutkan, menggabungkan, memodifikasi, menghapus, atau menciptakan data dari tabel-tabel yang tersimpan dalam database.

Baca Juga: 8 Tools Riset Keyword Terbaik untuk Mengembangkan Website Anda

Selain SQL, terdapat juga bahasa kueri lain yang digunakan dalam sistem database atau sistem penyimpanan data lainnya, seperti MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lain-lain. Masing-masing bahasa kueri memiliki sintaks dan fitur yang berbeda-beda, namun pada dasarnya sama-sama digunakan untuk mengakses dan memanipulasi data dari sistem penyimpanan data.

Itulah tadi informasi mengenai apa itu kueri berikut fungsi, contoh dan cara kerja yang perlu Anda ketahui. Untuk menunjang kebutuhan website bisnis, jasa pembuatan website profesional dapat menjadi pilihan andalan Anda. Tunggu apa lagi? 
Yuk hubungi Toffeedev sekarang juga, konsultasikan kebutuhan website bisnis Anda. Tenang, Toffeedev juga menyediakan berbagai jenis layanan lainnya seperti SEO, Google Ads, Facebook Ads dan lain sebagainya.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top