Mengetahui 2 Cara Menghitung Growth Sales

cara menghitung growth sales

Pernahkah Anda mendengar istilah sales growth? Sales growth adalah sesuatu yang memegang peran penting bagi perusahaan, terutama dalam manajemen pengembangan perusahaan tersebut. Saat sales growth perusahaan Anda cukup tinggi, maka Anda pun akan membutuhkan lebih banyak sumber daya sebagai penyokong, begitu juga sebaliknya. 

Lantas, apa sebenarnya sales growth itu? Bagaimana pula cara menghitung growth sales sebuah perusahaan? Mari cari tahu jawabannya di artikel berikut ini.

Definisi Sales Growth

Sales growth berasal dari bahasa Inggris yang berarti pertumbuhan penjualan. Sederhananya, sales growth adalah indikator atau parameter yang mampu menunjukkan perubahan terkait penjualan bisnis yang Anda alami dalam satu periode tertentu. Statistik ini juga bisa menunjukkan apakah performa perusahaan Anda mengalami peningkatan atau justru mengalami penurunan berdasarkan hasil dari perhitungan growth sales.

Cara menghitung growth sales cukup mudah. Berkat perkembangan teknologi, menghitung growth sales kini bisa dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan software akuntansi. Dengan bantuan software seperti ini, Anda bisa melihat angka hingga detail sales growth perusahaan Anda secara rinci. Bahkan data yang dihasilkan pun sudah mencakup data laporan laba rugi perusahaan Anda.

Baca Juga: Mengulas Definisi dan Pentingnya Sales Funnel

Pentingnya Mengetahui Sales Growth

Hasil perhitungan sales growth mampu menunjukkan statistik perubahan bisnis Anda. Dari situ, Anda akan tahu apakah performa perusahaan Anda mengalami progress atau hanya jalan di tempat. Berdasarkan data itu, maka Anda dapat menyimpulkan apakah kondisi perusahaan Anda dalam keadaan yang baik atau tidak.

Biasanya, sales growth dihitung dalam satu periode tahunan. Setiap setahun sekali, Anda harus menghitung growth sales bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengambil langkah atau strategi lanjutan untuk bisnis Anda.

Bila growth sales perusahaan menunjukkan penurunan, maka Anda harus segera memikirkan strategi lain untuk mendongkrak growth sales. Apabila hasilnya menunjukkan peningkatan, maka Anda pun harus mengambil siasat untuk mempertahankan dan meningkatkannya lagi sampai optimal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mengetahui sales growth bisnis adalah hal yang penting karena merupakan langkah awal dalam penentuan strategi. Menghitung growth sales juga bisa menunjukkan kemampuan Anda dalam meningkatkan aset perusahaan dari tahun ke tahun di pasar modal.

Baca Juga: 5 Taktik Growth Hacking Maksimal untuk Bisnis Startup

2 Cara Menghitung Growth Sales

Ada dua cara menghitung growth sales yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Cara menghitung growth sales berikut ini didasarkan pada rumus matematika sederhana.

1. Persentase

Cara menghitung growth sales yang pertama adalah dengan perhitungan persentase. Dari hasil ini, Anda bisa memperoleh sebuah persentase angka penurunan atau peningkatan atas penjualan produk Anda pada periode saat ini dibandingkan dengan periode sebelumnya. Rumus perhitungannya adalah seperti berikut:

Tahun sekarang

______________________ x 100%

Tahun sebelumnya

Dengan cara menghitung growth sales seperti ini, Anda bisa mengukur seberapa baik kondisi keuangan perusahaan yang berguna untuk mempertahankan posisi ekonomi secara keseluruhan.

2. Pengurangan Jumlah Penjualan

Cara menghitung growth sales yang berikutnya adalah dengan mengurangi jumlah penjualan pada periode saat ini dengan periode sebelumnya. Kemudian, Anda membaginya dengan penjualan di periode sebelumnya, lalu kalikan 100. Begini cara menghitung growth sales dengan cara kedua.

(Penjualan periode saat ini – penjualan periode sebelumnya)/periode sebelumnya x 100

Apabila hasil yang Anda peroleh menunjukkan angka 5-10%, maka ini bisa jadi tolok ukur bagi sebuah bisnis yang dikatakan berhasil. Namun, angka ini hanya berlaku untuk perhitungan growth sales dalam perusahaan berskala besar. Apabila jenis bisnis Anda adalah UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, maka angka tersebut tidaklah terlalu besar. Anda harus mendapatkan setidaknya melebihi 10% dari growth sales yang dinyatakan positif.

banner

3 Faktor yang Memengaruhi Sales Growth

Peningkatan atau penurunan sales growth dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu kualitas, Digital Marketing, dan relasi dengan pelanggan. Berikut ulasan masing-masingnya:

1. Kualitas Produk

Faktor pertama yang bisa memengaruhi sales growth bisnis Anda adalah dari segi kualitas produk. Pada dasarnya, menjaga kualitas produk (product value) adalah kunci untuk meningkatkan angka penjualan. Apalagi jika bisnis Anda menerapkan strategi product-led growth, yaitu menonjolkan keunggulan produk sebagai ujung tombak penjualan.

Menjaga kualitas produk bisa memperoleh loyalitas atau kesetiaan pelanggan (brand loyalty). Apabila kualitas produk Anda tetap terjaga, pelanggan akan merasa puas. Dengan begitu, pelanggan akan cenderung untuk tetap menggunakan produk Anda seterusnya daripada beralih ke produk dari perusahaan lain.

2.  Menjaga Relasi dengan Pelanggan

Terakhir, faktor pelanggan juga sangat memengaruhi sales growth bisnis Anda. Apabila Anda mampu mempertahankan pelanggan lama, maka Anda bisa meningkatkan angka penjualan sekaligus customer retention. Hal ini juga bermanfaat untuk membangun relasi emosional antara pelanggan dengan perusahaan Anda. Sejatinya, mempertahankan pelanggan lama akan lebih menguntungkan daripada mendatangkan pelanggan baru. Namun, belum banyak orang yang menyadari hal ini.

Baca Juga: Ketahui 8 Strategi Persaingan Bisnis Untuk Mencapai Profit Maksimal

3.Digital Marketing

Menyusun strategi marketing atau marketing plan adalah hal penting untuk menunjang kesuksesan penjualan produk. Dengan menyusun rencana marketing, Anda bisa mengoptimalkan penjualan dengan lebih terorganisir, apalagi jika Anda menerapkan Digital Marketing.

Strategi berbasis digital seperti ini adalah langkah canggih untuk memudahkan Anda menjangkau pelanggan dalam skala global. Apabila Anda menerapkan Digital Marketing, maka growth sales Anda akan terus mengalami peningkatan. Namun, apabila Anda tidak mengoptimalkan Digital Marketing dengan tepat, maka tidak ada perubahan pula pada growth sales-nya.

Terkait kebutuhan satu ini, Anda bisa memanfaatkan jasa layanan Digital Marketing dari ToffeeDev untuk bantu dongkrak angka growth sales bisnis Anda. Di ToffeeDev, ada berbagai layanan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari SEO, pembuatan website, ads, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik, hubungi kontak ToffeeDev untuk informasi lebih lanjut!

Itulah informasi penting seputar sales growth dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Demi meningkatkan performa bisnis Anda ke angka penjualan tertinggi, memahami cara menghitung growth sales bisa menjadi langkah awal yang sempurna. Apabila sudah paham dasarnya, maka Anda pun akan lebih mudah memahami hal-hal lainnya. Good luck!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top