4 Cara Mudah Dapatkan RDP Secara Gratis dan Pasti Berhasil

cara mudah mendapatkan rdp gratis pasti berhasil

Remote Desktop Protocol (RDP) merupakan salah satu kecanggihan teknologi yang cukup penting untuk jaringan komputer bisnis. Dengan menggunakan RDP maka komunikasi dan pertukaran data menjadi lebih mudah. Sayangnya, layanan RDP dapat dikatakan memakan biaya yang tidak murah. Mengetahui cara mudah mendapatkan rdp gratis pasti berhasil mungkin patut untuk Anda pertimbangkan.

Dalam dunia bisnis, banyak faktor yang mendukung keberhasilan manajemen. Salah satunya adalah kelancaran komunikasi dan pertukaran data. Nah, RDP ini memungkinkan pengelolaan jaringan yang tidak terbatas dengan jarak. Yuk ketahui informasi lebih lengkap mengenai RDP di bawah ini.

Apa Itu Remote Desktop Protocol (RDP)?

Remote Desktop Protocol (RDP) adalah protokol yang digunakan untuk mengontrol komputer jarak jauh melalui jaringan. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol komputer lain seolah-olah mereka berada di depan layar komputer tersebut. RDP biasanya digunakan dalam lingkungan bisnis dan IT untuk mengelola server dan menyediakan dukungan teknis jarak jauh.

Dalam dunia bisnis, RDP memainkan peran penting dalam mengelola dan mengontrol jaringan komputer. Dengan RDP, administrator jaringan dapat dengan mudah mengakses dan mengontrol komputer di kantor cabang atau di tempat kerja jarak jauh, sehingga memudahkan pengelolaan jaringan dan mempercepat proses kerja.

Baca Juga: Apa itu Server Proxy? Berikut 6 Cara Periksa Proxy Melalui Komputer

6 Fungsi RDP

Fungsi utama dari Remote Desktop Protocol (RDP) adalah untuk memberikan akses jarak jauh ke komputer atau server. Beberapa fungsi RDP yang umum digunakan adalah sebagai berikut ini.

1. Mengontrol Komputer Jarak Jauh

Fungsi pertama dari RDP adalah mampu mengontrol komputer jarak jauh. RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh dan mengontrolnya seolah-olah mereka berada di depan layar komputer tersebut.

2. Dukungan Teknis Jarak Jauh

Selanjutnya, RDP juga memudahkan teknisi dukungan untuk mengakses komputer klien dari jarak jauh. Dengan begitu, teknisi dapat memecahkan masalah tanpa harus berada di lokasi klien.

Baca Juga: Membahas Apa itu Domain, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

3. Akses ke Aplikasi Server

RDP juga berfungsi untuk memberikan kemudahan pada pengguna untuk mengakses aplikasi yang dijalankan pada server dari jarak jauh. Hal ini akan membuat Anda lebih fleksibel untuk mengerjakan sesuatu meskipun perangkat operasionalnya berada jauh dari lokasi saat ini.

4. Akses ke File Server

Fungsi yang keempat dari RDP adalah menghadirkan akses ke file server. RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses file yang disimpan pada server dari jarak jauh.

5. Remote Administration

Fungsi RDP yang paling penting adalah mewujudkan remote administration. RDP dapat memudahkan administrator untuk mengelola server dari jarak jauh, seperti menginstal software, membuat konfigurasi, dan monitoring.

6. Remote Training

RDP memungkinkan pelatihan jarak jauh dengan cara mengontrol komputer atau server dari jarak jauh dan memberikan demonstrasi atau pelatihan. Jadi, Anda tidak perlu repot mengeluarkan tenaga dan biaya lebih karena dapat memanfaatkan jaringan online.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan HTTP dan HTTPS?

Bagaimana Cara Menggunakan RDP?

Untuk menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP), Anda harus memiliki komputer yang diinstal Remote Desktop Connection (RDC) atau software RDP lainnya, dan Anda harus memiliki akses ke komputer atau server yang ingin Anda kontrol dari jarak jauh. Berikut adalah beberapa langkah umum untuk menggunakan RDP:

1. Akses RDP di Komputer

Buka Remote Desktop Connection (RDC) pada komputer Anda. Biasanya terletak di Start > All Programs > Accessories > Communications > Remote Desktop Connection.

2. Input Alamat IP

Masukkan alamat IP atau nama host komputer atau server yang ingin Anda akses dalam kolom “Computer“.

3. Hubungkan Akses Keamanan

Klik “Connect“. Anda akan diminta untuk masuk dengan nama pengguna dan kata sandi jika komputer atau server yang Anda akses memiliki keamanan yang diatur.

3. Akses Jendela RDC

Setelah Anda masuk, Anda akan melihat layar komputer atau server yang Anda akses dalam jendela RDC. Anda dapat mengontrol komputer atau server tersebut seolah-olah Anda berada di depannya.

4. Koneksi Berhasil

Jika koneksi berhasil, Anda dapat mengontrol komputer jarak jauh seperti mengoperasikan komputer sendiri. Setelah selesai, Anda dapat mengklik “X” pada jendela Remote Desktop Connection untuk menutup koneksi RDP.

Perlu diingat bahwa komputer atau server yang ingin diakses harus memiliki Remote Desktop service yang telah diaktifkan dan di konfigurasi dengan benar.

banner

4 Cara Mudah Mendapatkan RDP Gratis

Tidak ada cara yang pasti untuk mendapatkan Remote Desktop Protocol (RDP) gratis, karena RDP biasanya dibeli atau disewa dari penyedia layanan. Namun, Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mendapatkan RDP gratis.

1. Penawaran Gratis Penyedia Layanan RDP

Cobalah untuk mencari penawaran gratis dari penyedia layanan RDP. Beberapa penyedia layanan RDP mungkin menawarkan periode percobaan gratis atau penawaran gratis untuk mencoba layanannya.

2. RDP Gratis dari Forum atau Situs Web

Selanjutnya, RDP gratis juga bisa didapatkan melalui forum atau situs web. Beberapa forum dan situs web mungkin menyediakan RDP gratis untuk digunakan. Namun, perlu diingat bahwa RDP gratis ini mungkin tidak aman dan dapat menimbulkan risiko keamanan.

Baca Juga: Pengertian Apache dan Kekurangan Kelebihannya

3. Menggunakan Open Source RDP

Ada beberapa software open-source RDP yang tersedia gratis, seperti VNC dan TeamViewer. Namun, perlu diingat bahwa software open-source ini mungkin tidak memiliki fitur yang sama dengan RDP komersial.

4. Mencari RDP Gratis dari Cloud Service

Beberapa cloud service seperti AWS, Azure, dan GCP menyediakan layanan RDP yang bisa diakses secara gratis. Dengan catatan, terdapat batas penggunaan entah tentang fitur atau berapa lama RDP dapat difungsikan.

Itulah tadi beberapa cara mudah mendapatkan RDP gratis pasti berhasil yang dapat Anda coba. Namun, perlu diingat bahwa RDP gratis mungkin tidak memiliki fitur yang sama dengan RDP komersial dan dapat menimbulkan risiko keamanan. 

Jadi, pastikan untuk mengevaluasi risiko dan mempertimbangkan alternatif lain sebelum menggunakan RDP gratis.

Untuk mengoptimalkan website bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa web developer terpercaya. Pengalaman profesional akan membuat potensi terjadinya kesalahan semakin kecil. Atau mungkin Anda butuh layanan bisnis lain? Tenang, Toffeedev siap membantu Anda melalui berbagai layanan terbaik seperti digital marketing, artikel SEO dan berbagai jenis periklanan. Hubungi Toffeedev sekarang juga, konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama kami.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat