Apa Itu PABX? Pahami Fungsi dan Cara Kerjanya

pabx adalah

Apakah Anda pernah mengenal istilah PABX? Bisa jadi Anda cukup awam dengan istilah ini, karena PABX berkaitan dengan penggunaan telepon. PABX adalah teknologi untuk berkomunikasi langsung tanpa melalui operator. Biasanya, PABX banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis seperti di rumah sakit, hotel, perkantoran, dan rumah pribadi. Supaya Anda bisa memahami PABX lebih jelas lagi, yuk simak uraian di bawah ini.

Apa Itu Private Automatic Branch eXchange (PABX)?

Private Automatic Branch eXchange (PABX) merupakan sistem telepon yang digunakan untuk menghubungkan telepon internal dengan jaringan telepon publik. PABX memiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk kebutuhan bisnis. Salah satu fitur penting PABX yaitu panggilan internal gratis. 

PABX memungkinkan Anda menghubungi satu sama lain dengan bebas tanpa harus membayar biaya panggilan. Selain itu, PABX juga dapat menyediakan fitur panggilan konferensi, di mana beberapa pengguna dapat berpartisipasi dalam satu panggilan telepon. Fitur panggilan transfer juga disediakan di mana panggilan dapat ditransfer dari satu pengguna ke pengguna lain.

PABX juga dapat diprogram untuk menangani panggilan dengan cara yang berbeda. Misalnya, PABX dapat diprogram untuk menolak panggilan dari nomor tertentu atau mengirim panggilan ke nomor alternatif jika nomor utama tidak dijawab. Ini membantu mengelola volume panggilan yang masuk dan memastikan setiap panggilan diteruskan ke orang yang tepat.

Baca Juga: Bandwidth: Jenis, Contoh & Tips Mengoptimalkannya

4 Jenis PABX

PABX yang digunakan dalam bisnis biasanya ada 4 jenis, di antaranya ada PABX analog hingga PABX virtual. Keduanya memiliki fungsi yang sama dengan karakteristik yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari simak 4 jenis PABX tersebut berikut ini.

1. PABX Konvensional

PABX konvensional atau PABX analog merupakan jenis PABX yang paling umum digunakan. Sistem ini menggunakan teknologi analog dan biasanya terdiri dari satu pusat kontrol yang mengatur semua panggilan telepon. 

PABX konvensional biasanya mudah dipasang dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem telepon yang sudah ada. Namun, dari sisi harga sistem ini cenderung lebih mahal daripada jenis PABX yang lebih modern.

2. PABX IP

PABX IP atau PABX berbasis internet termasuk jenis PABX yang menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan panggilan telepon. Sistem ini menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) untuk mengirimkan dan menerima panggilan. 

Kelebihan dari PABX IP yaitu biaya panggilan yang lebih murah dan kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi seperti email, pesan teks, dan faks. Namun, kekurangannya bergantung pada koneksi internet yang stabil.

3. PABX Hybrid

Untuk jenis PABX hybrid merupakan kombinasi dari teknologi PABX analog dan IP. Sistem ini memungkinkan Anda untuk memilih antara menggunakan teknologi analog atau VoIP untuk mengirimkan panggilan. 

Keuntungan menggunakan PABX hybrid salah satunya memiliki kemampuan untuk memanfaatkan keuntungan dari kedua teknologi. Sistem ini dapat dengan mudah ditingkatkan ke teknologi VoIP dan memungkinkan pengguna untuk mempertahankan peralatan yang sudah ada.

4. PABX Virtual

Jika Anda memerlukan PABX yang tidak memerlukan peralatan fisik, maka Anda bisa menggunakan PABX virtual. Sistem ini berbasis cloud dan menggunakan teknologi VoIP untuk mengirimkan panggilan. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi khusus untuk memanfaatkan sistem ini. 

Dari sisi biaya, PABX virtual lebih rendah dan memiliki kemudahan dalam mengatur dan mengelola sistem. Sama halnya dengan PABX IP, jenis PABX ini sangat bergantung pada koneksi internet dan kecepatan internet yang cukup tinggi. Kedua hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri.

banner

4 Fungsi PABX?

Secara umum, fungsi PABX ini untuk berkomunikasi atau sebagai media telekomunikasi. Namun, fungsinya tidak terbatas untuk komunikasi saja. PABX adalah teknologi yang wajib dimiliki bagi Anda yang sedang membangun bisnis, sehingga fungsinya menjadi sangat luas. Berikut ini beberapa fungsi PABX yang penting Anda ketahui.

1. Memungkinkan Komunikasi Internal

Ketika menggunakan PABX, Anda bisa melakukan panggilan telepon ke rekan kerja tanpa perlu menggunakan jaringan telepon publik. PABX juga memungkinkan Anda untuk membuat panggilan internal gratis dan memudahkan Anda terhubung dengan rekan kerja di seluruh lokasi bisnis.

2. Menyediakan Fasilitas Konferensi

PABX juga menyediakan fasilitas konferensi yang memungkinkan beberapa pengguna untuk terhubung dalam satu panggilan telepon. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin membahas topik yang sama tanpa harus bertemu secara langsung. Fasilitas konferensi ini membuat Anda lebih  menghemat waktu dan biaya perjalanan karena tidak perlu berkumpul di satu lokasi.

3. Mengoptimalkan Proses Panggilan

Fungsi PABX lainnya yaitu mengoptimalkan proses panggilan. Ketika ada panggilan yang masuk dapat dialihkan ke nomor alternatif jika nomor utama tidak menjawab. Anda juga dapat memprogram PABX untuk menolak panggilan dari nomor tertentu atau mengirim panggilan ke nomor alternatif jika nomor utama sedang sibuk. 

4. Menghemat Biaya

PABX juga dapat membantu bisnis Anda menghemat biaya. Dalam hal ini, Anda bisa memiliki jaringan telepon internal yang terhubung ke jaringan telepon publik tanpa perlu memiliki garis telepon terpisah untuk setiap pengguna. Hal ini akan mengurangi biaya pemasangan dan pemeliharaan telepon. Tidak heran kalau PABX dapat membantu bisnis Anda menghemat biaya telepon dan meningkatkan efisiensi.

Baca Juga: Apa Itu Forecasting? Pahami Metode dan Contohnya Bagi Bisnis

4 Cara Kerja PABX

Cara kerja PABX terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari menerima panggilan telepon hingga pemantauan volume telepon yang masuk. Setidaknya ada 4 tahapan cara kerja PABX yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Menerima Panggilan

Ketika seseorang melakukan panggilan telepon, sinyal panggilan masuk ke PABX. Lalu, PABX akan menentukan apakah panggilan tersebut merupakan panggilan internal atau eksternal. Jika panggilan internal, PABX akan langsung mengarahkan panggilan ke nomor internal yang diinginkan. Namun, jika panggilan eksternal, PABX akan meneruskan panggilan ke jaringan telepon publik.

2. Pengolahan Panggilan

Setelah PABX menerima panggilan, sistem akan memproses panggilan sesuai dengan perintah yang telah diprogram. PABX dapat memproses panggilan dengan cara meneruskan panggilan ke nomor internal atau mengirim panggilan ke nomor eksternal. PABX juga dapat mengarahkan panggilan ke nomor alternatif jika nomor utama sedang sibuk.

3. Fasilitas Layanan

PABX menyediakan berbagai fasilitas layanan seperti panggilan tunggu, transfer panggilan, dan konferensi panggilan. Jika Anda sedang menerima panggilan lalu ada panggilan lain yang masuk, maka PABX dapat menempatkan panggilan tersebut dalam antrian panggilan tunggu. Anda juga dapat mentransfer panggilan ke nomor lain atau menghubungkan beberapa pengguna dalam satu panggilan konferensi.

Baca Juga: 12 Ide Kerja Sampingan di Rumah

4. Pemantauan dan Pengaturan

Melalui PABX, Anda juga dapat memantau panggilan telepon dan memberikan informasi statistik tentang jumlah panggilan yang masuk dan keluar. PABX juga dapat diprogram untuk mengatur dan mengelola panggilan telepon berdasarkan kebutuhan bisnis. 

PUBX menjadi salah satu teknologi penting agar komunikasi bisnis internal dan eksternal di perusahaan Anda berjalan dengan lancar. Apalagi bisnis Anda merupakan bisnis besar yang sudah memiliki cabang di mana-mana. 

Dalam memaksimalkan bisnis, PUBX adalah poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Namun, ada hal penting lain yang wajib Anda pertimbangkan juga, yaitu melakukan komunikasi bisnis dengan eksternal melalui proses digital marketing. Digital marketing dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dalam dunia digital lebih cepat. Untuk melakukan promosi di dunia digital, tentunya Anda memerlukan jasa Digital Marketing Agency. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk berdiskusi mengenai strategi yang tepat dalam mempromosikan bisnis Anda secara digital.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top