Strategi Pemasaran Word of Mouth Adalah Strategi yang Mulai Berevolusi

Tidak ada bentuk pemasaran yang lebih baik dari mendengar langsung pengalaman seseorang ketika menggunakan jasa atau produk. Ketika pelanggan merasa puas, maka akan ada kemungkinan jika pengalaman yang menyenangkan tersebut akan diceritakan kepada orang lain, membuat orang tersebut tertarik juga untuk mencoba jasa atau produk tersebut. Word of mouth adalah strategi yang berlandaskan akan hal ini. Tidak heran jika perusahaan atau brand mencoba untuk memanfaatkannya sebaik mungkin demi meraih keuntungan yang besar. Peran seperti apa yang dipegang oleh strategi ini di jaman yang sudah modern? Temukan jawabannya melalui informasi di bawah ini.

Strategi Pemasaran Word of Mouth Adalah

Word of mouth (WOM) marketing adalah ketika minat konsumen pada produk atau layanan perusahaan tercermin dalam dialog mereka sehari-hari. Secara sederhana ini adalah sebuah iklan gratis yang dipicu oleh pengalaman pelanggan, biasanya sesuatu yang bisa melampaui apa yang mereka harapkan. Word of mouth marketing dapat didorong melalui berbagai kegiatan publisitas yang dilakukan oleh perusahaan. Dapat juga menciptakan peluang untuk mendorong komunikasi antar konsumen-ke-konsumen dan konsumen-ke-pemasar.

Banyak bisnis menghabiskan biaya untuk beriklan dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen baru. Disisi lain banyak juga yang mengabaikan potensi pemasaran dari pelanggan yang sudah ada. Meskipun ada banyak cara berbeda untuk memanfaatkan basis pengguna yang sudah ada, namun tidak ada yang sekuat word of mouth marketing.

Bila kita mencoba untuk mendefinisikannya, maka word of mouth marketing adalah sebuah cara untuk mempengaruhi dan mendorong diskusi organik tentang merek, organisasi, sumber daya, atau acara. Organik artinya adalah sesuatu yang bisa dihasilkan tanpa perlu ada dorongan dari luar seperti iklan yang akan memakan biaya. Pembicaraan ini akan terjadi karena satu pelanggan ingin menceritakan pengalaman atau merekomendasikan produk kepada orang lain. Ini akan menarik minat orang-orang, mereka juga menyukai referensi dan mereka cenderung mempercayai pendapat teman mereka saat membuat keputusan pembelian. Tentu saja akan bisa membantu meningkatkan penjualan Anda.

Baca Juga: Apa itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya

Mengapa WOM Bisa Menjadi Efektif?

Banyak taktik pemasaran lain yang mungkin akan bisa mendapatkan pelanggan baru dengan cukup cepat, namun ada biaya yang besar harus dikeluarkan dibaliknya. Dibandingkan hal tersebut, WOM bisa didapatkan secara cuma-cuma. Ini bisa menjadi cara bagi perusahaan mendapatkan keuntungan. Mengapa strategi yang satu ini bisa berjalan dengan efektif dibandingkan yang lainnya?

Kepercayaan adalah faktor utama yang bisa membuat orang-orang lebih tertarik dengan strategi yang satu ini. Orang mempercayai apa yang dikatakan orang lain, sehingga ketika mereka mendengar tentang sesuatu dari teman atau konsumen sebelumnya, kecenderungan untuk membeli semakin tinggi. Jonah Berger, seorang pakar pemasaran menemukan dua faktor pendorong yang memperkuat WOM. Faktor-faktor ini adalah mata uang dan pemicu sosial.

2 Alasan Utama Word-of-Mouth Marketing Bekerja:

  • Mata Uang Sosial
  • Pemicu

Mata uang sosial bergantung pada gagasan eksklusivitas. Intinya setiap orang ingin merasa spesial. Mendengar tentang klub eksklusif atau menu rahasia memicu kebutuhan kita untuk menjadi bagian dari grup eksklusif.

Cara yang mudah untuk memicu diskusi dari mulut ke mulut adalah melalui strategi pemasaran yang memanfaatkan faktor mata uang sosial ini. Menawarkan rahasia orang dalam atau informasi eksklusif seperti menu rahasia. Pemicu adalah mekanisme sosial alami yang mengingatkan kita tentang merek atau produk bahkan ketika kita tidak melihat iklan.

Ketika mendapatkan informasi eksklusif ini, maka ini akan tersimpan di alam bawah sadar. Sehingga jika ada diskusi yang memicu informasi ini, maka secara tidak langsung Anda akan menyampaikannya dan mencoba untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut.

Jasa SEO

Mengimplementasikan WOM Dengan Efektif

Implementasi kampanye dari mulut ke mulut yang sukses tidak dapat dicapai melalui taktik pemotong kue. Promosi menggunakan strategi word of mouth cenderung menggabungkan dua komponen utama:

  • Menciptakan sesuatu yang bisa memberikan buzz
  • Mendorong buzz

Kunci dari strategi word of mouth marketing yang sukses adalah mengidentifikasi sesuatu tentang brand yang dapat menghasilkan buzz secara organik, atau membuat sesuatu yang akan menghasilkan buzz itu.

Untuk bisa menciptakan WOM yang efektif, ada juga beberapa hal yang harus Anda miliki atau lakukan. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Buat Bisnis Anda Menarik

Bagikan apa yang membuat Anda terlihat menyenangkan/baik/menarik. Hal ini bisa meningkatkan terjadinya percakapan yang akan bisa mendatangkan buzz secara organik untuk bisnis Anda. Konsumen merasa lebih percaya diri dengan informasi yang mereka bagikan saat menyumbangkan sesuatu yang layak untuk dibicarakan.

Sebagai contoh, pengguna Facebook lebih cenderung berbagi konten yang mendidik network mereka, atau sesuatu yang bisa membuat mereka terlihat bagus serta memperkuat citra tertentu tentang diri mereka sendiri. Manfaatkan tren ini untuk bisa menciptakan WOM yang efektif.

Baca Juga: Referral Marketing, Cara Pemasaran Klasik yang Harus Anda Ketahui

2. Buat Sebuah Pemicu

Jika orang mengingat Anda, mereka akan terus membicarakan Anda. Pastikan produk dan jasa Anda dapat membuat mereka teringat ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

3. Memberikan nilai

Jika Anda menjalin hubungan dengan beberapa orang, pasti akan ada keinginan untuk berbagi pengalaman tersebut dengan teman-teman Anda. Ketika mendapat pengalaman yang biasa saja, mungkin Anda tidak akan ingin untuk membagikannya. Namun, Anda pasti akan bisa mengingat pengalaman atau peristiwa yang luar biasa dan ingin membagikannya kepada orang banyak. Berbagi informasi berharga membuat seseorang merasa menjadi sesuatu yang spesial. Pengalaman pelanggan yang hebat dan unik, ditambah dengan produk dan jasa yang hebat, dapat membantu meningkatkan nilai Anda sekaligus menambah potensi WOM Anda berhasil.

4. Memprovokasi Emosi

Menciptakan emosi akan berjalan beriringan dengan menciptakan nilai. Orang-orang lebih cenderung berbagi sesuatu yang mendorong gairah tinggi, dan orang-orang lebih cenderung berbagi pengalaman di mana mereka memiliki semacam emosi yang mengikat. Tidak ada yang berbagi pengalaman ‘OK’. Orang-orang berbagi hal-hal yang membuat mereka senang atau kesal.

Baca Juga: 5 Cara Berinteraksi Dengan Konsumen

Electronic Word-of-Mouth (eWOM)

Electronic word-of-mouth communication (eWOM) adalah setiap pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh calon pelanggan atau mantan pelanggan tentang produk atau perusahaan yang tersedia untuk banyak orang dan/atau institusi dan tersebar di internet.

Konsep dari eWOM terkait erat dengan penerapan konten yang dibuat pengguna/user generated content (UGC) dalam “campuran” iklan digital. Bahkan pengertian dari eWOM sering tumpang tindih dengan viral advertising.

Sebuah eWOM akan terdiri dari tiga tahap utama: penciptaan, pemaparan dan evaluasi. Agar eWOM memiliki efek di pasar, maka hal ini perlu dibuat. Kemudian konsumen perlu diekspos, karena eWOM yang dibuat tapi tidak diperhatikan akan menjadi hal yang sia-sia. Akhirnya, agar efeknya terwujud, konsumen perlu mengevaluasi pesan eWOM dan mempertimbangkannya dalam proses pengambilan keputusan mereka.

Sepanjang tiga tahap ini konsumen mengambil peran ganda: Mereka adalah pencipta eWOM, pengirim informasi, dan ketika mereka terpapar atau mengevaluasi, mereka adalah penerima eWOM.

Yang mungkin menjadi pembeda dari eWOM dengan strategi pemasaran word of mouth adalah platform yang digunakan. Dalam eWOM, media sosial akan menjadi kendaraan utama akar setiap pesan bisa tersebar dari satu orang ke orang yang lain. UGC juga memberikan peran penting agar eWOM bisa tersebar ke berbagai orang.

User Generated Content dalam WOM

Alasan lain mengapa word of mouth marketing bisa berhasil adalah karena prinsipnya yang serupa dengan pemasaran melalui konten buatan pengguna. Keduanya memiliki kesamaan yang cukup erat. Konten buatan pengguna dibuat dan dibagikan secara gratis oleh konsumen. Sedangkan itu word of mouth marketing akan membagikan informasi atau opini organik tentang produk, perusahaan, atau merek, dari satu konsumen ke konsumen lainnya.

Salah satu jenis konten buatan pengguna adalah ulasan. Ini bisa menjadi cara untuk memfasilitasi penyebaran konten word of mouth. Saat calon pembeli membaca ulasan, akan bisa terbentuk atau meningkatkan kepercayaan karena ada pelanggan lain yang memiliki pengalaman baik ketika menggunakan produk atau jasa. Membuat mereka ingin membeli produk atau jasa yang dibicarakan.

Baca Juga: 5 Hal Yang Dapat Dikatakan Saat Diskusi Berubah Negatif

Istilah yang Termasuk dalam Word of Mouth Marketing

Berikut ini adalah istilah-istilah yang masuk ke dalam WOM. Mungkin Anda pernah mendengarnya. Pada dasarnya hal ini tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara WOM. Istilah tersebut adalah:

Buzz Marketing

Berfokus agar para konsumen untuk membuat dan menyebarkan percakapan tentang suatu produk. Ini menumbuhkan kesadaran perusahaan melalui pemanfaatan traffic online. Influencer menciptakan ‘buzz‘ merekalah yang menyebarkan berita tentang produk/layanan tertentu. Ini biasanya dilakukan melalui alat yang menarik perhatian, seperti video.

Pemasaran Blog 

Mempromosikan produk atau layanan melalui blog menjadi bentuk WOM lainnya. Dalam hal ini, blogger adalah influencer. Mereka menjadi pemasar dari mulut ke mulut, yang akan tersebar kepada pengikutnya. Blogger menyediakan ulasan dan ruang iklan untuk merek favorit mereka. Pengikut blogger kemudian cenderung untuk berbagi informasi dengan teman-teman, berdasarkan hubungan yang mereka bangun dengan mereka.

Pemasaran Media Sosial 

Konten di media sosial memiliki cara untuk menjangkau orang-orang di luar pengikut asli. Konten yang dibagikan memiliki nilai yang lebih tinggi ketika dibagikan oleh seseorang yang Anda kenal dan percayai.

Tingkatkan dengan SEO

Bagi yang belum tahu, SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing yang mampu memberikan hasil maksimal dalam meningkatkan brand awareness dan mendapatkan leads. Praktik SEO sendiri sudah semakin banyak dilakukan oleh berbagai jenis bisnis karena memang tidak ada batasan khusus di dalam penerapannya. SEO memang dapat diterapkan untuk segala jenis industri. Fleksibilitas inilah yang membuat SEO semakin digemari pada saat ini.

WOM bisa digabungkan dengan SEO untuk bisa menghasilkan sesuatu yang lebih powerful. Blog menjadi salah satu sarana untuk bisa memulai sebuah percakapan. Semakin banyak konten dibaca dan dibagikan, maka WOM Anda juga akan bisa berjalan dengan lebih efektif. Maka. terapkan strategi SEO pada website Anda dan rasakan hasil yang lebih baik. Kenaikan trafik bisa dikonversikan menjadi penjualan dan brand awareness bagi bisnis.

Itulah dia berbagai informasi berguna mengenai word of mouth marketing dan berbagai informasi lainnya yang berguna juga untuk bisa memahami hal yang satu ini. Perkuat juga  pemasaran produk dan jasa Anda melalui strategi SEO dirancang dengan baik. Percayakan kepada jasa SEO ToffeeDev untuk membantu bisnis Anda melangkah ke tahap selanjutnya. Mari mulai konsultasi dengan kami di sini.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat