Cara Membuat Struktur Teks Artikel yang Baik

struktur teks artikel

Memuat artikel di dalam blog website bisnis Anda adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kehadiran online bisnis Anda. Dengan melakukan itu, website dari bisnis Anda bisa muncul di peringkat atas dari mesin pencari seperti Google. Artikel yang baik akan meningkatkan peringkat website Anda dengan baik pula. Maka dari itu, struktur artikel yang akan dimuat harus benar dan rapi serta ditulis dengan kaidah bahasa yang benar.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membantu kamu untuk mempelajari struktur artikel yang benar dan rapi agar muatan artikel di website bisnis Anda bisa meningkatkan performa di mesin pencari.

Pengertian Artikel

pengertian artikel

Pengertian artikel itu sendiri adalah karya tulis yang diterbitkan dalam media cetak seperti surat kabar dan majalah atau yang dimuat di dalam media elektronik seperti website. Tujuan menulis artikel sendiri adalah untuk menyampaikan berita, hiburan, promosi bisnis, dan sebagainya. Banyak sekali jenis artikel yang bisa kamu tulis, tergantung isi artikel tersebut dan tujuan penulisan artikel. Namun, tujuan utama menulis teks artikel adalah untuk menyajikan fakta, statistik, atau pandangan pada topik tertentu kepada pembaca.

Teks artikel sendiri termasuk ke dalam karya non-fiksi karena harus berdasarkan data dan fakta. Namun, menulis teks artikel tidak jauh berbeda dengan menulis fiksi, karena ada struktur definitif yang bisa diikuti. Sama seperti sebuah cerita yang dapat dipecah menjadi tiga babak, demikian juga sebuah artikel, tetapi bagian pertama dan ketiga masing-masing dibagi dua. Ini kemudian membentuk fondasi tulisan, di mana kerangka artikel dapat dibangun.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Jenis-jenis Artikel Paling Populer di Kalangan Pembaca

jenis artikel

Biasanya, setiap pembaca artikel memiliki jenis tulisan kesukaannya masing-masing. Namun, inilah jenis-jenis artikel yang paling sering ditemui di internet sendiri antara lain:

  • Artikel how-to (Contoh: cara membuat sesuatu)
  • Artikel deskripsi
  • Storytelling
  • List post (Contoh: “5 Majalah Paling Populer”, “10 Jenis Artikel Paling Populer”)
  • Breaking news
  • Studi kasus (Contoh: membandingkan jenis-jenis artikel)
  • Review produk
  • Opini
  • Wake-up call (Contoh: “Tulis Jenis Artikel Ini Agar Cepat Viral!”)
  • Infogratis

Baca Juga: Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Struktur Artikel yang Baik

struktur artikel

Pikiran kita mengharapkan informasi yang dapat disampaikan dengan cara tertentu. Maka dari itu, sebuah teks artikel harus memiliki struktur yang jelas. Meskipun mungkin banyak penyebutan elemen-elemen yang ada dengan nama atau judul yang berbeda, namun berikut ini adalah 5 elemen umum yang harus dimiliki oleh sebuah artikel.

1. Announcement

Sebuah artikel dimulai dengan sebuah announcement atau pengumuman topik yang akan dibahas secara keseluruhan. Pengumumannya bisa sesederhana sebuah kalimat, dan merupakan pernyataan pembuka dari teks tersebut. Dengan melakukan itu, penulis dapat memperkenalkan pertanyaan yang akan dijawab oleh artikel itu sendiri. Hal ini bisa diibaratkan bahwa Anda sedang membuat sebuah dunia di karya fiksi Anda.

Misalnya, dalam artikel ini, kami menjelaskan bahwa memuat artikel di dalam blog website Anda adalah hal yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Dan bahwa artikel yang baik akan menghasilkan perkembangan yang lebih baik pula untuk bisnis Anda. Hal tersebut lalu menimbulkan pertanyaan: bagaimana cara membuat teks artikel dengan struktur yang baik?

2. Introduction

Setelah topik yang akan dibahas diumumkan, penulis harus memperkenalkan pendapat mereka tentang topik tersebut. Tidak perlu menjawab pertanyaan yang mereka sindir, juga tidak perlu meringkas artikel, meskipun Anda sebenarnya bisa melakukan hal tersebut. Yang lebih efektif adalah memberikan penjelasan singkat tentang ke mana arah tulisan tersebut.

Dalam potongan yang kurang informatif dan lebih abstrak, di sinilah anekdot pembuka atau diskusi tematik akan berlangsung. Penulis harus menyuntikkan beberapa perspektif mereka sendiri ke dalam apa yang mereka buat. Jika dibandingkan dengan karya fiksi, bisa diibaratkan dengan menambahkan karakter ke dunia yang lahir di bagian “pengumuman”.

Misalnya, dalam artikel ini, sebelumnya kami sudah memberikan pengertian artikel secara umum. Dengan melakukan ini, Anda jadi mengetahui tulisan seperti apa yang termasuk ke dalam teks artikel dan bahwa menulis teks artikel, yang termasuk ke dalam karya non-fiktif, tidak jauh berbeda dengan menulis cerita.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Content Marketing Yang Baik?

3. Presentation

Ini adalah bagian di mana sebagian besar isi artikel berada; bila dalam cerita, presentation setara dengan second act. Di sinilah penulis menyajikan argumen atau temuan mereka, memberikan pendapat yang berdasarkan fakta, dan menawarkan kemungkinan untuk pembaca memberikan pendapat balasan.

Baik dengan tulisan yang direct dan lateral atau pengembaraan yang berkelok-kelok, cara bagian ini ditulis sepenuhnya tergantung pada penulisnya. Sama seperti sebuah cerita yang akan menampilkan subplot, sebuah teks artikel juga bisa memiliki banyak cabang. Di bagian ini juga penulis dapat mengubah topik awal sepenuhnya jika diperlukan. Namun saat presentasi hampir berakhir, penulis harus mulai kembali ke pertanyaan awalnya.

Presentasi untuk artikel ini adalah daftar dari lima elemen umum struktur artikel beserta penjelasan dan contohnya.

Jasa SEO

4. Conclusion

Setelah keseluruhan presentasi telah disampaikan, langkah selanjutnya adalah membawa tulisan ke bagian penutup. Sebuah artikel harus setidaknya dapat memberikan suatu informasi atau bahan diskusi kepada para pembacanya. Maka dari itu, kesimpulan harus dibuat, jika tidak artikel tersebut tidak memiliki arti apa-apa. Meskipun demikian, kesimpulan tidak perlu dijabarkan, tetapi dapat dicerminkan secara halus melalui pertanyaan atau sindiran belaka.

Dalam kesimpulan saya di bawah ini, saya membahas bagaimana struktur ini dapat diterapkan pada disiplin penulisan lain, dan memperjelas pentingnya.

5. Evaluation

Setelah presentasi disimpulkan dengan tepat, subjek yang dibahas atau paralel yang ditarik dapat dievaluasi, barulah pertanyaan pembuka yang ditanyakan dalam bagian pengumuman dapat dijawab.

Sebagian besar artikel ditulis untuk memengaruhi suatu tindakan, apakah itu terlibat dalam diskusi di dalam komentar, mengubah pendapat pembaca tentang topik atau masalah tertentu, atau untuk membuat pembaca lebih terdidik baik secara faktual atau dengan perspektif yang berbeda untuk kemungkinan mereka sendiri. Evaluasi harus membuat pembaca lebih terinformasi dan menghasilkan tindakan ini: ini adalah resolusi dari tulisan tersebut.

Evaluasi saya untuk artikel ini adalah rekap sederhana dari topik tersebut. Saya menjawab pertanyaan yang diajukan di awal, dan tindakan yang saya pengaruhi adalah mempresentasikan pandangan dan/atau hasil temuan saya kepada pembaca. Pada akhir evaluasi, poin yang saya sarankan adalah gunakan struktur yang baik dan benar agar artikel yang dimuat di blog website bisa meningkatkan bisnis Anda dengan lebih baik lagi.

ToffeeDev Dapat Membantu Kamu Membuat Artikel Untuk Website Anda

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat teks artikel dengan struktur yang baik. Selanjutnya, jika Anda memerlukan bantuan untuk memuat teks artikel di website Anda, ToffeeDev bisa memenuhi kebutuhan untuk memuat artikel dengan struktur yang baik dan rapi. Ditambah, tim kami juga akan memastikan bahwa artikel tersebut SEO-friendly sebelum dimuat. Kami siap memberikan solusi bisnis online kepada Anda perihal pembuatan artikel yang berkualitas. Hubungi tim kami untuk berkonsultasi lebih lanjut!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat