Kenali Berbagai Trik Marketing Online di Tahun 2021

Di tahun 2021 ini, ada begitu banyak trik marketing online yang perlu diketahui oleh Anda sebagai seorang pengusaha untuk menjalankan bisnis online. Trik marketing online ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan dengan meraih lebih banyak target pasar secara online.

Teknologi internet saat ini terus memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam memberikan informasi yang mereka butuhkan. Namun, dari segi bisnis, para pengusaha juga ikut merasakan kemudahan di dunia digital salah satunya untuk menjalankan strategi pemasaran atau yang biasa disebut dengan Digital Marketing.

Dengan adanya digital marketing, Anda dapat melakukan kegiatan promosi dengan mudah melalui berbagai platform online mulai dari website, marketplace, media sosial, dan lainnya baik secara gratis, maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan. Digital marketing memudahkan para pebisnis untuk terhubung dengan berbagai customer yang tinggal di belahan dunia lain sekalipun.

Digital marketing merupakan salah satu cara promosi yang bisa Anda lakukan di segala situasi, khususnya seperti di masa pandemi seperti saat ini yang membuat para pebisnis banyak kehilangan pelanggan melalui toko offline. Akan tetapi, keberlangsungan bisnis di dunia online masih tetap berjalan dan itulah salah satu keuntungan dari penggunaan digital marketing.

Lalu, bagaimana cara menyusun strategi digital marketing yang efektif dan tepat sasaran? Apakah sulit untuk menjalankan strategi digital marketing?

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan memberikan berbagai informasi penting seputar trik marketing online di tahun 2021 yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis di dunia digital. Maka dari itu, silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini agar Anda dapat melipatgandakan keuntungan melalui dunia online.

7 Trik Marketing Online di Tahun 2021

Berikut ini, kami telah menyiapkan 7 trik marketing online yang sering digunakan oleh para pebisnis di tahun 2021 ini. Apa saja ketujuh trik marketing online tersebut?

1. Social Media Marketing

Trik marketing online di tahun 2021 yang pertama adalah social media marketing. Media sosial merupakan salah satu platform online yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memasarkan usaha mereka secara online.

Anda perlu tahu, dilansir dari datareportal.com, pengguna media sosial di Indonesia pada tahun ini sudah mencapai sekitar 202,6 juta jiwa dan itu berarti terjadi peningkatan sebanyak 27 juta jiwa dari tahun 2020. Dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia sendiri, bayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila Anda memasarkan bisnis dengan target 0,1% calon konsumen dari total pengguna media sosial?

Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti juga menggunakan media sosial untuk keperluan pribadi sehingga media sosial menjadi platform online yang tidak asing lagi bagi para pengusaha. Dengan demikian, menjalankan strategi social media marketing tidak menjadi persoalan yang sulit bagi Anda, bukan?

Perlu Anda ketahui juga, meskipun penggunaan social media marketing dapat dikatakan mudah, namun persaingan akan tetap ada dan bahkan cukup sulit. Lalu, bagaimana caranya agar Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya di media sosial?

Social media marketing menuntut para pebisnis untuk dapat berpikir kreatif dan menciptakan berbagai macam konten yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Untuk dapat membuat membuat konten yang sedemikian rupa, Anda dapat mencoba untuk melakukan hal berikut ini, yaitu:

  • Gunakan desain visual yang menarik
  • Tambahkan headline yang singkat, padat, dan jelas
  • Manfaatkan fitur postingan carousel agar audiens dapat memahami pesan konten dengan mudah
  • Jangan lupa menggunakan berbagai hashtag yang relevan dengan konten dan juga bisnis Anda

Baca Juga: Cara Membuat Social Media Calendar dengan Baik

2. SEO

Bagi para pebisnis yang sudah memiliki website ataupun e-commerce, Anda dapat menggunakan trik marketing online yang satu ini yaitu SEO. Apakah Anda tahu atau pernah mendengar mengenai strategi digital marketing SEO?

Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO merupakan strategi digital marketing yang dilakukan untuk dapat membuat suatu website muncul pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page). SEO ini sangat identik dengan pembuatan artikel yang relevan dengan bisnis dan juga sesuai dengan permintaan kebutuhan user ketika mencari sebuah informasi melalui mesin pencari.

Dalam pembuatan artikel SEO, Anda perlu melalui beberapa proses agar website dapat mengalami kenaikan traffic. Namun, proses pertama yang perlu dilakukan adalah membuat berbagai konten artikel sesuai dengan query dari kata kunci tertentu.

Anda juga perlu membuat konten yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan isinya. Hal ini dikarenakan mesin pencari terus melakukan perkembangan algoritma untuk memilih mana saja konten berkualitas yang dapat disajikan kepada para pengguna internet.

Jika Anda coba mencari sebuah artikel dengan kata kunci ‘manfaat pisang’, biasanya mesin pencari akan menyajikan informasi yang berasal dari website kesehatan yang sudah memiliki reputasi dan kredibilitas dalam penyajian artikel di internet. Oleh karena itu, dalam membuat konten SEO, Anda tidak boleh asal karena konten yang disajikan haruslah informatif, kredibel, dan bermanfaat bagi user.

Selain itu, dalam menyajikan konten SEO, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan konten seperti apa yang dibutuhkan oleh user saat ini. Anda juga bisa mengintip konten yang disajikan oleh website kompetitor untuk melihat apa saja yang perlu dibahas dan dikembangkan dalam konten yang akan disajikan di dalam website.

Baca Juga: Ingin SEO Bisnis Anda Sukses? Pelajari 5 Elemen Ini

3. SEM

Selain SEO, ada juga SEM yang juga bertujuan untuk meningkatkan traffic website. SEM ini sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Marketing.

SEM merupakan bentuk pemasaran website berbayar atau Anda bisa memahaminya sebagai iklan. Dengan menggunakan SEM, maka bisa dipastikan website Anda muncul pada halaman pertama mesin pencari, tepatnya pada posisi teratas.

Apabila Anda perhatikan ketika sedang mencari suatu informasi melalui mesin pencari seperti Google, website yang disajikan pada posisi teratas biasanya memiliki tanda Ads yang berarti website tersebut menggunakan fitur SEM. Dengan menggunakan SEM, brand awareness suatu website bisnis akan mengalami peningkatan yang signifikan sehingga strategi digital marketing ini cocok untuk digunakan ketika Anda ingin membuat sebuah campaign.

Setelah Anda menggunakan SEM yang dapat menjangkau pengguna internet dalam jumlah yang besar, lama kelamaan jumlah pengunjung website akan menurun ketika SEM tidak lagi dijalankan. Oleh karena itu, untuk mempertahankan jumlah pengunjung website, Anda perlu melakukan SEO dan SEM secara beriringan.

Sebagai informasi tambahan, mungkin ada yang berpikir bahwa untuk menggunakan SEM, Anda harus mengeluarkan biaya yang besar. Padahal, penggunaan SEM ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan sedikit modal agar website dapat mengalami peningkatan traffic secara signifikan.

Website bisnis yang mengalami peningkatan traffic tentu akan berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan SEO dan juga SEM untuk menarik lebih banyak pengguna internet mengunjungi website bisnis dan tentunya dapat meningkatkan keuntungan lebih besar lagi.

Baca Juga: Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis

4. Affiliate Marketing

Pada zaman dahulu sebelum masa kemunculan internet, masyarakat sering melakukan promosi dari pintu ke pintu atau mulut ke mulut. Dengan adanya kehadiran internet, bentuk pemasaran yang sedemikian rupa dikembangkan menjadi salah satu strategi digital marketing yang bernama affiliate marketing.

Affiliate marketing ini memiliki sistem di mana pebisnis mengajak  pelanggan untuk bekerjasama dalam melakukan kegiatan pemasaran. Tentu saja, pelanggan akan mendapatkan keuntungan atau yang biasa disebut dengan komisi untuk setiap pelanggan baru yang Anda dapatkan.

Meskipun modal yang perlu Anda keluarkan relatif besar, namun bentuk strategi digital marketing ini dapat memberikan peningkatan keuntungan yang signifikan. Hal ini dikarenakan masyarakat akan lebih mempercayai bentuk promosi yang direkomendasikan dari orang-orang di sekitar mereka sehingga bentuk strategi affiliate marketing menjadi trik marketing online yang sangat direkomendasikan di tahun 2021 ini.

Jasa SEO

5. Email Marketing

Anda pasti sering menerima email yang bersifat promosi atau newsletter, bukan? Tahukah Anda, bahwa email tersebut merupakan salah satu strategi digital marketing yang disebut sebagai email marketing?

Strategi email marketing sering digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki dan hasil yang didapat melalui strategi ini dapat terlihat dengan signifikan. Selain itu, email marketing merupakan salah satu cara yang juga bisa Anda lakukan untuk mempertahankan customer yang sudah ada agar mereka terus mendapatkan informasi terbaru seputar peluncuran produk baru atau bahkan promosi apa yang sedang berlangsung.

Untuk melakukan email marketing bisa dibilang cukup mudah. Ada berbagai tools yang menawarkan fitur-fitur bagi Anda untuk membuat sebuah email marketing yang menarik dan bahkan beberapa tools di antaranya dapat digunakan untuk mengirimkan email marketing ke banyak email dalam waktu yang bersamaan atau biasa disebut dengan email blast.

Meskipun melakukan email marketing terbilang mudah, namun Anda perlu memikirkan berbagai hal seperti desain visual serta isi email seperti apa yang dapat menarik perhatian penerimanya untuk mengunjungi website hingga akhirnya mereka ingin melakukan transaksi pembelian. Buatlah konten email marketing yang menarik dan lakukan secara berkala seperti mengirimkan email 3 kali dalam seminggu dengan konsisten.

Baca Juga: Pengertian Email Blast serta Cara Penggunaannya

6. Video Marketing

Perkembangan marketing dalam bentuk video juga semakin populer di tahun 2021 ini. Banyak pengusaha yang mulai membuat kegiatan pemasaran dalam bentuk video marketing karena strategi pemasaran ini juga terbukti dapat menarik banyak perhatian orang untuk mencari informasi terkait suatu brand atau produk secara lebih mendalam.

Anda dapat melihat berbagai contoh video marketing mulai dari tipe video seperti yang ada di Instagram atau TikTok dengan durasi maksimal 1 menit, hingga tipe video marketing seperti yang ada di YouTube yang bersifat seperti mini drama dengan konsep soft selling. Meskipun pembuatan video marketing terbilang cukup rumit, namun Anda perlu mempertimbangkan strategi digital marketing ini karena melalui video, pelanggan dapat mengetahui seperti apa produk atau jasa yang ditawarkan.

Video marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat membuat siapapun tertarik untuk melihat iklan yang disajikan karena bentuk promosi tersebut dikemas dalam sebuah video. Siapapun akan lebih tertarik untuk menonton sebuah iklan dibandingkan membaca iklan dalam bentuk tulisan saja.

Maka dari itu, jika Anda ingin mencoba untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, silakan mencoba strategi video marketing ini. Dengan demikian, akan ada lebih banyak orang yang tertarik untuk melihat pemasaran yang ingin disampaikan dan kemungkinan mereka menjadi pelanggan baru Anda juga akan menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Pentingnya Video Marketing Dalam New Normal

7. Influencer Marketing

Trik marketing online di tahun 2021 terakhir yang dapat Anda coba adalah influencer marketing. Dari namanya, tentu Anda sudah mendapatkan gambaran bahwa strategi marketing ini melibatkan influencer untuk membantu mempromosikan bisnis, bukan?

Tidak jarang kami temukan beberapa pebisnis yang merasa takut untuk menggunakan jasa influencer marketing karena biaya yang dikeluarkan relatif tinggi. Namun, ternyata tidak semua influencer memiliki bayaran yang tinggi karena satu dan lain hal.

Biasanya, para influencer memiliki rate card masing-masing, sesuai dengan berapa banyak jumlah followers yang dimiliki hingga portfolio keberhasilan yang client mereka dapatkan melalui strategi influencer marketing ini. Jadi, tidak semua influencer memiliki bayaran yang mahal.

Penggunaan influencer marketing ini juga dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap penjualan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan ketika bekerjasama dengan seorang influencer, Anda melakukan kegiatan promosi terhadap target pasar yang spesifik yaitu pengikut dari influencer tersebut sehingga ada kesempatan untuk mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada target pasar yang baru.

Baca Juga: Mengenal Macro Influencer dari Jenis Influencer Marketing

Tips dalam Memasarkan Bisnis Di Dunia Online

Setelah memahami berbagai trik marketing online di tahun 2021, ToffeeDev akan memberikan berbagai tips yang dapat Anda ikuti dalam menerapkan strategi pemasaran di dunia digital. Tips-tips ini dapat membantu Anda dalam menyusun strategi digital marketing yang efektif dan juga tepat sasaran.

Berikut ini, ada 5 tips yang akan kami berikan khusus untuk Anda agar dapat memasarkan bisnis di dunia online dengan baik, yaitu:

1. Membangun Komunikasi 2 Arah dengan Pelanggan

Digital marketing merupakan strategi bisnis yang tidak hanya berbicara mengenai pemasaran, namun juga membangun komunikasi 2 arah dengan pelanggan. Melalui platform online, pelanggan dapat bertanya langsung kepada Anda mengenai produk atau jasa yang ditawarkan dan juga mereka dapat memberikan kritik serta saran yang tentu dapat sangat berguna bagi para pebisnis.

Komunikasi 2 arah ini bisa Anda bangun dengan terlibat secara aktif di dalam dunia online dengan menggunakan berbagai trik marketing online di atas. Bagaimana caranya untuk terlibat aktif di dunia online?

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat konten secara berkala baik melalui website, social media, email, ataupun video. Dengan adanya konten-konten tersebut, maka pelanggan tidak hanya dapat menerima informasi pemasaran yang Anda berikan, namun mereka juga dapat mengajukan komentar serta pertanyaan secara langsung terkait kegiatan pemasaran yang dilakukan.

Mari kita bandingkan jika Anda melakukan kegiatan pemasaran secara offline melalui brosur ataupun tayangan iklan pada media elektronik, bagaimana pelanggan dapat mengajukan pertanyaan ataupun kritik serta saran? Oleh karena itu, platform online merupakan wadah yang dapat dimanfaatkan oleh setiap pebisnis untuk membangun komunikasi 2 arah agar pelanggan dapat merasa dilibatkan dalam proses perkembangan usaha Anda melalui setiap masukan yang mereka berikan.

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Dalam melakukan strategi pemasaran secara online, hal yang paling penting dari keseluruhan trik marketing online yang sudah kami sampaikan di atas adalah mengenai konten yang berkualitas. Apapun platform online yang Anda gunakan, harus ada konten yang disajikan di dalamnya sebagai media untuk penyampaian promosi dan sebagainya.

Dari berbagai macam konten dan ide kreatif yang sering Anda lihat di media sosial ataupun platform online lainnya, faktor terpenting agar konten tersebut dapat menarik perhatian banyak orang adalah kualitasnya. Kualitas konten yang kami maksudkan di sini adalah seberapa informatif dan bermanfaat konten yang Anda sajikan kepada audiens.

Konten yang berkualitas adalah kunci kesuksesan dari berjalannya kegiatan pemasaran di dunia digital. Maka dari itu, Anda perlu menyusun konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens saat ini atau bahkan dapat mengedukasi mereka terkait hal yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.

Cara untuk membuat konten yang berkualitas bisa dibilang mudah, hanya saja Anda perlu melakukan riset yang mendalam agar dapat menyajikan konten yang tidak hanya berisi kata-kata kosong. Selain itu, dalam membuat konten untuk strategi digital marketing, Anda perlu berpikir kreatif baik dari segi penampilan visual design yang dapat menarik perhatian audiens dalam sekejap, hingga penulisan pesan yang simpel, namun pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens.

Sebagai acuan untuk Anda dalam membuat sebuah konten yang berkualitas, silakan gunakan model AIDA. Apa itu model AIDA?

AIDA merupakan kepanjangan dari Awareness, Interest, Desire, dan Action. Masing-masing dari komponen AIDA tersebut dapat menjadi acuan bagi Anda dalam membuat konten yang berkualitas, di mana setiap komponen ditujukan kepada kebutuhan audiens.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Content Writer?

3. Mengikuti Tren Terbaru yang Sedang Viral

Perkembangan dunia digital sangatlah cepat. Selalu ada banyak tren baru yang muncul atau bisa dikatakan selalu ada hal viral yang dapat menjadi kesempatan bagi para pebisnis untuk memasarkan usaha mereka dengan mengikuti tren yang viral tersebut.

Anda memiliki 2 pilihan dalam menghadapi situasi ini yaitu dengan mengikuti tren yang sedang viral tersebut atau mengembangkan tren tersebut menjadi sebuah ide baru. Dengan demikian, Anda bisa menciptakan sebuah tren baru di dunia digital dan tentunya hal ini akan berdampak pada peningkatan bisnis.

4. Menggunakan Iklan untuk Memperluas Jangkauan Target Pasar

Setiap platform online memiliki fitur iklan yang dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Seperti misalnya, dalam Instagram ada fitur Instagram Ads dan untuk website Anda dapat menggunakan SEM yang merupakan fitur berbayar untuk memunculkan website pada halaman pertama SERP.

Perlu Anda ketahui, penggunaan iklan di dunia digital memerlukan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan pemasangan iklan melalui media elektronik maupun media cetak. Selain itu, pemasangan iklan di dunia digital juga memiliki berbagai keuntungan seperti dapat ditujukan kepada target pasar yang spesifik dan juga Anda dapat melayani segala kebutuhan customer kapanpun dan di manapun.

5. Membuat Website Sebagai Wadah Informasi atau E-commerce

Sebagai seorang pebisnis, tujuan utama dari menjalankan digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness agar masyarakat luas dapat mengenal dan bahkan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dalam meningkatkan brand awareness tersebut, Anda harus memiliki informasi lengkap mulai dari nama perusahaan, alamat, nomor telepon, list produk, hingga visi misi perusahaan.

Seluruh informasi tersebut dapat Anda masukkan ke dalam website agar user dapat mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan website sebagai e-commerce agar pelanggan dapat langsung melakukan pembelian melalui website.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Website Jualan untuk Bisnis

Jadi, itulah berbagai trik marketing online di tahun 2021 yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi ToffeeDev yang merupakan Digital Marketing Agency untuk membantu Anda dalam menjalankan strategi digital marketing secara efektif dan tepat sasaran.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat