12 Ide Usaha yang Menguntungkan Dalam Beberapa Tahun Ke Depan

usaha yang menguntungkan

Semakin berkembangnya zaman, ada semakin banyak juga ide usaha yang menguntungkan. Mulai dari bisnis kecil yang berbentuk fisik, hingga bisnis di dunia digital yang mulai berkembang dengan pesat dalam setahun terakhir. Banyaknya opsi ini memberikan Anda kesempatan yang luas untuk terjun dan mendapatkan banyak keuntungan. Namun, mengikuti tren saja tidak akan cukup. Anda perlu memberikan inovasi tersendiri yang bisa mencerminkan sesuatu unik dan berbeda dari para pesaing lainnya. Anda bisa mulai dulu dalam skala yang kecil dan mengembangkannya menjadi bisnis yang sukses. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba kembangkan untuk beberapa tahun ke depan.

Ide Usaha yang Menguntungkan

Ide untuk memulai sebuah bisnis ataupun usaha bisa datang dari mana saja. Salah satunya ketika Anda terinspirasi dengan muncul berbagai bisnis kecil dan startup yang semakin berkembang pesat. Teknologi yang semakin canggih dan ilmu yang terus berkembang akan bisa membantu bisnis-bisnis tersebut berkembang menjadi lebih besar. Tentu saja Anda tidak akan tinggal diam. Dunia new-normal ini memberikan sebuah tren terbaru di mana kita bisa mendapat untung besar dari sumber daya yang minimal. Dengan tren segala sesuatu yang online dan bagaimana teknologi mengambil alih, ada peluang tanpa akhir bagi Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan. Tapi, masalahnya, Anda hanya bisa menjadi pengusaha sukses jika mengantisipasi kebutuhan pasar lebih cepat daripada pesaing. Lalu apa saja ide usaha yang baik untuk dimulai sekarang ini? 

Jika Anda ingin memulai bisnis sekarang, maka tren teknologi adalah salah satu yang harus menjadi fokus perhatian Anda. Bahkan teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai usaha rumahan dan membuka jasa lainnya. Hal ini akan membantu dalam memilih ide usaha yang menjanjikan untuk memberikan keuntungan di masa mendatang, seperti toko online yang sedang marak. Berikut ini adalah informasi yang akan bisa membantu Anda.

1. Bisnis Reseller Hosting

Bisnis reseller hosting mungkin sesuatu yang tidak akan pernah terpikirkan jika kita kembali ke satu dekade yang lalu. Namun, peluang usaha yang menjanjikan dan unik ini menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Anda bisa menggapnya seperti menyewakan properti. Tapi di sini, alih-alih membeli dan menyewa properti, yang akan disewakan adalah ruang penyimpanan di server web untuk situs web. Para pemilik situs akan bisa memiliki sumber daya yang mereka perlukan agar situs web bisa berjalan dengan baik namun tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Meminjam server melalui Hosting reseller akan lebih murah daripada membeli langsung dari layanan hosting pusat, karena reseller menetapkan bandwidth yang disesuaikan secara khusus untuk niche dari sebuah situs web.

Karena Anda menyewakan ruang untuk jangka waktu tertentu, Anda bisa mendapat untung besar. Untuk menjadi reseller hosting, yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan teknis tentang hosting situs web, anggaran minimal untuk membeli paket reseller dari layanan induk, menyesuaikan paket tersebut, dan menjualnya kembali. Potensi dalam bisnis ini seperti tak terhingga, karena Anda juga dapat menjual layanan ini bersama dengan jasa desain web, pengembangan, SEO, dan layanan situs web lainnya juga yang tentunya akan saling terhubung satu sama lain. Membuat Anda bisa menciptakan paket-paket tertentu untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Baca Juga: Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

2. Menjual Koleksi NFT

NFT adalah Non-fungible Token yang dapat digunakan untuk membeli banyak macam aset digital seperti karya seni digital, musik, suara, cuitan twitter, dan segala sesuatu dalam bentuk digital yang nantinya bisa menjadi aset digital blockchain Anda. Dalam setahun terakhir, nilai penjualan rata-rata NFT diperkirakan 336,6 juta USD. Inilah potensi dalam bisnis NFT yang sangat menggiurkan. Bila kita perhatikan, saat ini banyak perusahaan besar yang mulai mendorong orang-orang untuk menggunakan dunia digital di sebagian besar kehidupan mereka. Salah satunya adalah Facebook dengan terobosan metaverse-nya. Mau tidak mau kita harus bisa jeli melihat peluang besar yang diciptakan oleh perubahan zaman ini.

Startup NFT bisa menjadi pilihan Anda jika tertarik dengan kripto. Namun, Anda tidak harus menjadi ahli desain grafis, produser atau apapun. Cukup mulai dengan kreativitas dan beberapa keterampilan dasar milik Anda. Ciptakan berbagai macam jenis karya abstrak, gif, gambar, musik, atau apa pun dan mendaftarkannya atau biasa dikenal dengan istilah mint untuk dijual sebagai aset blockchain.

Proses mint dari karya Anda akan memastikan untuk mengkodifikasikannya agar bisa digunakan sebagai aset blockchain. Ini akan memastikan bahwa tidak ada yang bisa menyalin karya seni asli Anda. Untuk menjual NFT, Ethereum adalah pilihan paling populer, namun, ada beberapa cryptocurrency lain juga yang bisa di coba.

3. Menjual Produk Berkelanjutan

Kondisi perubahan iklim yang semakin memburuk menyadarkan banyak orang betapa bahayanya jika mereka tidak menjaga alam ini. Salah satu hal yang mulai ditekankan adalah mengurangi limbah yang bisa merusak lingkungan. Produk yang berkelanjutan dihadirkan sebagai salah satu solusi dalam mengurangi konsumsi sampah untuk skala yang panjang. Produk-produk unik yang tahan lama dan bisa di daur ulang dengan cepat mulai menemukan popularitas tertingginya dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga: Perbedaan Reseller dan Dropship: Cari Tahu yang Lebih Untung

Bagi Anda yang jeli, hal ini dapat menjadi jenis usaha yang bagus untuk Anda kembangkan. Apa lagi permintaan akan produk-produk tersebut semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyelamatkan lingkungan. Hingga akhir tahun ini, pasar produk berkelanjutan diperkirakan mencapai keuntungan sebesar 150 miliar USD. Keuntungan tersebut datang dari berbagai level, mulai dari usaha kecil hingga perusahaan besar.

Anda dapat memperkenalkan produk-produk seperti notebook dari kertas daur ulang, tas jinjing kain, tas makanan yang dapat digunakan kembali, mug perjalanan, botol air stainless steel, peralatan makan kompos, mangkuk, piring, dan jenis produk lain yang terbuat dari plastik daur ulang. Untuk menjualnya pun bisa dilakukan dari berbagai macam channel. Mulai dari toko fisik hingga lapak di e-Commerce. Untuk memasarkannya, media sosial adalah sarana terbaik, Anda juga bisa menyampaikan pesan untuk menjaga lingkungan dan alam ini.

4. Marketing Afiliasi

Peluang usaha yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sepertinya tidak akan pernah lekang oleh waktu. Apalagi saat ini ada banyak alat dan teknologi yang bisa mempermudah pekerjaan marketing ini. Secara sederhananya, pemasaran afiliasi adalah ketika Anda membantu dalam memasarkan dan menjual produk atau layanan orang lain, dan mendapatkan bagian dari penjualan yang dibuat. Jika dulu dilakukan dengan bertemu secara tatap muka atau melalui telepon, kini ada banyak media yang bisa membantu Anda. Mulai dari blog, pemasaran video melalui YouTube, sosial media, daftar email, dan lain-lain. Blogging adalah pilihan paling populer karena menghasilkan sesuatu yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Media sosial seperti Instagram dan juga Tik Tok adalah sarana yang bisa membantu Anda menjangkau audiens yang banyak.

Jika ingin menjadi affiliate marketer, Anda hanya perlu berinvestasi di sebuah website. Kemudian Anda dapat menjadi bagian dari program afiliasi yang disediakan banyak perusahaan. Setelah itu, pilih channel mana yang akan Anda gunakan dalam memasarkan berbagai macam produk. Bahkan jika Anda melakukannya sebagai pekerjaan sampingan, bisa jadi penghasilan yang didapatkan cukup besar melalui pemasaran afiliasi karena pengembalian investasi (ROI) yang tinggi. Dan yang terbaik adalah Anda bisa menjalankan bisnis ini secara autopilot.

Baca Juga: Mengenal Internet Marketing yang Bermanfaat Saat Ini

5. Menjadi Pelatih/Instruktur Online

Selama pandemi kemarin, kita melihat tingginya minat masyarakat mengikuti kelan ataupun pelatihan online. Mereka menjadikan waktu kosong yang dimiliki untuk belajar berbagai macam ilmu dan skill untuk memantapkan diri mereka. Memasuki masa new-normal, tampaknya popularitas pelatihan dan kelas online tidak menurun. Pasar e-learning diperkirakan mencapai angka 336,98 miliar USD pada tahun 2026 natinya. Jadi, jika Anda mahir dalam sesuatu dan mengetahui seluk beluknya, maka tidak ada salahnya berbagi pengetahuan ini dengan orang lain dan menghasilkan uang.

Platform seperti Google Meet, Zoom, Microsoft Teams memungkinkan Anda melakukan kelas virtual dari rumah. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh penghasilan dengan membuat video informatif di saluran YouTube dan mengajarkan keterampilan yang terkait dengan bidang dan kemampuan Anda. Apa pun bidang atau industri yang dipahami dan kuasai, Anda dapat menawarkan berbagai kursus kecil dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Jasa SEO

6. YouTuber/Vlogger

Tingkat konsumsi masyarakat akan konten-konten video saat ini semakin tinggi. Bahkan hal ini mulai perlahan-lahan menggeser televisi sebagai hiburan utama masyarakat. Kemudahan untuk memilih konten seperti apa yang akan dikonsumsi menjadi alasan utama mengapa Youtube sangat populer. Hal ini bisa menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Pembuat video Youtube atau biasa juga disebut Youtuber bisa mendapatkan penghasilan berdasarkan jumlah penonton videonya. Semakin banyak yang menonton, maka pundi-pundi yang yang didapatkan juga semakin banyak. Apakah Anda memiliki kemampuan membuat konten yang menarik, lucu, atau informatif? Hal itu bisa jadi menjadi modal yang sangat bagus untuk mendapatkan penghasilan dengan membuat saluran YouTube Anda sendiri. Kualitas produksi serta alat pengeditan, kamera yang layak, dan mikrofon yang baik adalah faktor penunjang untuk menghasilkan video Youtube yang akan mengundang banyak penonton.

Baca Juga: Cara Daftar AdSense YouTube

7. Mulai Podcast

Ternyata, tidak hanya konten yang berbentuk video saja yang melejit. Konten Audio seperti podcast juga cukup menjanjikan jika dijadikan sebuah bisnis. Kunci agar bisa mendapatkan penghasilan dari konten ini adalah dengan menghadirkan konsep unik dan menarik bagi pendengar. Podcast juga dapat diunggah ke YouTube dan dimonetisasi. Ada banyak platform yang bisa menjadi media publikasi podcast anda, mulai dari Spotify, iTunes, Google Podcast, dan lain-lain. Dengan modal kreativitas dan waktu, Anda akan bisa menghasilkan uang di masa mendatang.

8. Dropshipper

Pangsa pasar e-commerce yang naik 295% dalam lima tahun ke depan, menjadikan bisnis dropshipping sesuatu yang sangat menjanjikan. Konsep dari bisnis ini adalah sumber produk dari pemasok dengan harga murah, lalu dijual ke konsumen dengan mark-up menggunakan platform e-Commerce. Di sini Anda tidak harus memproduksi barang yang akan ditawarkan, cukup sediakan akun e-Commerce dan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Lakukan banyak penelitian dan riset mengenai produk apa saja yang digemari banyak orang. Jalankan dari rumah dan dapatkan pendapatan yang melimpah.

Baca Juga: Inilah Cara Bisnis Online Shop Untuk Pemula

9. Print on Demand

Kustomisasi adalah salah satu hal yang sangat digemari dalam beberapa tahun terakhir. Memiliki sebuah barang yang unik dan beda dari orang lain akan bisa memberikan nilai tambah tersendiri. Print on demand bisa menjadi salah satu ide bisnis kecil yang bisa kamu coba. Jual desain khusus pada barang-barang seperti casing telepon, mug, dan kaos. Namun, Anda tidak perlu mencetaknya sendiri.  Kolaborasi dengan pemasok yang bisa mencetak desain yang diinginkan pada produk, mereka bahkan akan mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan sehingga urusan logistik logistik menjadi lebih mudah. Jika memungkinkan dan budget yang cukup, maka Anda bisa melebarkan bisnis dengan mencetaknya sendiri.

10. Penulisan Konten Freelance

Walaupun audio dan video adalah bentuk konten yang memiliki banyak peminat, namun sebuah blog yang berbentuk tulisan masih menjadi salah satu sumber informasi yang digunakan banyak orang. Jika Anda memiliki bakat untuk membuat cerita yang menarik dan menulis artikel, maka Anda dapat mengubah keterampilan ini menjadi bisnis penulisan yang menguntungkan.

Mulai dari tulisan untuk situs web dan halaman penjualan hingga blog dan email, Anda dapat menulis konten untuk berbagai tujuan. Anda juga dapat melakukan pekerjaan pengeditan dan proofreading untuk membantu klien menerbitkan dan mengunggah tulisan yang bebas dari typo dan lain-lain. Dalam bentuk freelancer, Anda akan memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan uang dari lokasi mana pun. Lihat artikel saya tentang pekerjaan menulis lepas untuk memoles keterampilan Anda lebih lanjut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Content Writer?

11. Data Analis

Kenapa tidak memulai bisnis yang bisa membantu bisnis lainnya? Apalagi di saat semuanya serba online, data menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Bahkan sebuah bisnis online perlu didorong oleh data untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Seorang data analis dapat memahami data besar dan mengembangkan insight yang akan bisa digunakan dalam mengembangkan bisnis. Oleh karena itu kemampuan yang satu ini diminati banyak perusahaan. Jika Anda hebat dalam menghitung angka dan memiliki pengetahuan pemasaran digital yang memadai, maka bisnis ini cocok untuk Anda.

12. Menjadi Virtual Event Planner

Virtual event planner adalah ide bisnis yang menguntungkan jika Anda senang mengatur dan menghubungkan orang satu sama lain. Bisnis yang tumbuh sebesar 23% per tahun ini, mengalami peningkatan signifikan ketika banyak bisnis dan perusahaan mulai mengadopsi alat virtual untuk melakukan rapat. Hal tersebut akan menjaga pertumbuhan pasar pada bidang usaha ini tetap tinggi. Sebagai perencana acara virtual, Anda akan bertanggung jawab untuk membuat konferensi virtual, peluang membuat koneksi, dan sesi pendidikan untuk perusahaan di seluruh dunia.

Langkah Facebook yang mulai fokus pada metaverse akan membuka peluang baru bagi perencana acara dalam waktu dekat. Ini adalah ide bisnis yang akan menjadi besar di kemudian hari. Maka ada baiknya jika Anda memulai untuk mempelajari berbagai macam hal mengenai dunia virtual ini.

Baca Juga: Optimalkan Digital Marketing Anda Dengan Content Marketing

Tips Memulai Bisnis

Bagian dari memulai sebuah bisnis baru adalah melakukan hal-hal dengan cara yang paling masuk akal bagi Anda, namun dengan panduan yang tidak terlalu banyak. Pertimbangkan tips berikut ini ketika akan membuka usaha Anda:

1. Memahami Kekuatan dan Kelemahan 

Setiap pemilik bisnis pasti memiliki keterampilan, kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman tertentu yang memberi mereka keunggulan di saat membangun sebuah bisnis dan mulai mengoperasikannya. Namun, pasti ada satu atau dua titik lemah yang menjadi tantangan Anda ketika ingin mengembangkan sebuah bisnis menjadi lebih jauh. Meskipun harus berusaha keras terutama di saat mengawali bisnis, jangan terlalu membebani diri Anda terlalu lama. Mulai kembangkan pemahaman yang kuat tentang keterampilan dan kelemahan Anda sehingga bisa tahu di mana sebaiknya memusatkan perhatian Anda. Susun hal ini dalam SWOT yang akan memuat strength, weakness, opportunity, dan threat.

Baca Juga: Berbagai Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT

2. Mulailah Dengan Rencana Bisnis yang Sederhana

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai pemilik usaha adalah mengembangkan rencana bisnis. Sangat penting untuk mengembangkan hal ini untuk mengarahkan pekerjaan di masa depan dan membuat diri Anda bertanggung jawab. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, jangat terlalu mendalam selama tahap awal pengembangan konsep Anda. Rencana yang lebih pendek, dapat memberikan arahan tanpa mengharuskan diri Anda menjawab pertanyaan yang saat itu belum ada solusinya. Fokus pada produk atau layanan Anda, target pasar dan pelanggan, harga dan biaya dasar, serta pekerjaan yang diperlukan untuk mengubah konsep menjadi kenyataan.

Saat pekerjaan berlangsung dan ide Anda semakin mendekati hal yang diimpikan, Anda dapat memperluas rencana bisnis tersebut. Seiring berjalanya waktu, sertakan perkiraan yang lebih akurat, biaya aktual, proyeksi jangka panjang, pernyataan misi, ringkasan perusahaan, dan elemen lain yang biasa terlihat dalam bentuk perencanaan yang dapat dipahami banyak orang.

3. Fokus Dengan Passion dan Sesuatu yang Anda Sukai

Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat Anda akan bisa memberikan motivasi yang berbeda. Salah satu hal yang juga akan bisa dirasakan adalah rasa bosan yang berkurang ketika menjalankan jenis bisnis tersebut. Apabila Anda berhasil menggabungkan antara passion dan juga kebutuhan yang ada di pasar, maka kegiatan berbisnis pasti akan bisa lebih menyenangkan. Fokus pada hasrat Anda sejak dini dan pasangkan dengan rencana bisnis yang kuat untuk memberi peluang terbaik untuk menyusun bisnis yang bertahan lama dan populer.

Baca Juga: Pentingnya Niche Market untuk Meraup Keuntungan

4. Memahami Target Pelanggan dan Pasar Anda

Sangat mungkin terjadi jika sebuah bisnis yang dijalankan berada pada area yang salah. Itulah mengapa penting untuk memahami area di mana Anda ingin memulai bisnis serta siapa yang menjadi target pasar Anda. Oleh karena itu lakukanlah kegiatan untuk menilai pasar untuk produk atau layanan Anda, mencari keberadaan dari pesaing potensial, dan melakukan penilaian tentang bagaimana kinerja bisnis Anda dapat mengarahkan bisnis ke arah yang benar.

Perhatikan para pesaing untuk mendapatkan ide dan gambaran bagaimana cara mereka menjalankan bisnisnya. Anda bisa melakukan ini dengan berbagai macam cara. Mengunjungi toko mereka, melihat situs web dan materi pemasaran mereka, serta inisiatif riset lainnya dapat membantu Anda menjawab hal seperti apa yang harus dilakukan agar bisnis ini bisa maju kedepannya.

5. Meminta Bantuan Bukanlah Hal yang Salah

Akan ada banyak tantangan tidak terduga yang mungkin akan Anda alami selama menjalankan bisnis. Masalah tak terduga, peluang untuk tumbuh, dan kesempatan untuk bisa meningkatkan bisnis dapat muncul secara tiba-tiba. Mengatasi masalah dan memanfaatkan peluang ini sangat penting untuk menjamin stabilitas dan kemakmuran jangka panjang untuk usaha Anda. Sebagai pemilik usaha, Anda tidak perlu takut untuk mencari alternatif atau bantuan untuk hal ini. Bantuan tersebut bisa berupa pinjaman usaha kecil yang bisa didapatkan dari berbagai macam pihak. Manfaatkan hal ini untuk bisa mengembangkan bisnis menuju level selanjutnya.

Baca Juga: Sales Funnel dan SEO: Repeat Purchase hingga Loyalitas Customer

Digital Marketing untuk Membantu Bisnis Anda

Untuk bisa memperkenalkan dan memasarkan berbagai macam produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda, akan dibutuhkan strategi yang tepat. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan perhatian dari publik adalah dengan menggunakan digital marketing. Pemasaran yang memanfaatkan dunia digital ini akan bisa membantu bisnis meraih hasil yang lebih baik dari segi pemasaran. Jika berhasil, maka akan ada banyak manfaat lainnya yang akan bisa bisnis Anda rasakan. Beberapa strategi yang bisa menjadi pilihan untuk sebuah bisnis yang baru dimulai adalah sebagai berikut ini.

1. SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling hemat biaya. Namun memberikan ROI yang cukup tinggi daripada metode pemasaran lainnya. Setiap bisnis harus fokus pada SEO, karena hal ini adalah sebuah strategi yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa membutuhkan biaya yang besar. Melalui optimasi SEO, Anda akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan baru untuk mengenal siapa Anda, apa yang ditawarkan, dan melakukan aksi lebih lanjut tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Strategi SEO ini bisa dimulai dengan membuat blog, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan konten lainnya untuk mendapatkan traffic organik  yang berharga.

Beberapa manfaat yang akan bisa Anda rasakan ketika menggunakan strategi SEO dalam sebuah bisnis adalah:

  • Hemat biaya tetapi ROI lebih tinggi
  • Hasil tahan lama
  • Tingkatkan jangkauan Anda secara organik
  • Dapatkan kepercayaan dan otoritas secara otomatis
  • Dan masih banyak lagi

SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke website Anda.  Para pengunjung yang datang diharapkan untuk bisa menjadi konsumen yang secara aktif menelusuri produk dan layanan yang ditawarkan, serta menelusuri konten-konten lainnya. SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja. Bahkan jika dilakukan dengan tepat, maka SEO akan bisa membantu berbagai macam strategi pemasaran lainnya pada bisnis Anda. Dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk mendapatkan hasil. Dalam mempermudah kegiatan pemasaran melalui SEO ini, Anda dapat mengkonsultasikan strategi ini bersama dengan perusahaan SEO ahli yang siap membantu.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Buruk SEO yang Menyebabkan Website Gagal Berkembang

2. SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital terbaik untuk mendapatkan hasil instan bagi bisni yang baru berjalan atau memasarkan produk baru Anda dengan cepat. Iklan di mesin pencari akan memberikan eksposur yang terbilang sangat cepat. Salah satu hal yang akan bisa didapatkan dengan cepat adalah peningkatan jumlah traffic. Manfaat utama menggunakan SEM adalah:

  • Mendapatkan hasil instan.
  • Mudah menjangkau audiens target Anda.
  • ROI tinggi; jika seseorang mengklik iklan Anda saja maka Anda harus membayar.
  • Anda dapat memulai dengan anggaran kecil juga seperti $10/hari dan dapat berhenti kapan saja.
  • Anda akan memiliki data dan wawasan yang lengkap untuk meningkatkan kampanye SEM Anda dan strategi pemasaran lainnya.

Kampanye iklan ini akan bisa menghabiskan anggaran dengan cepat. Jadi, diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye sukses yang menghasilkan lebih banyak konversi daripada klik.

3. Content Marketing 

Content marketing adalah strategi yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. 90% organisasi secara aktif menggunakan content marketing untuk bisnis mereka. Pemasaran melalui strategi digital marketing ini akan bisa menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada pencarian berbayar, berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan. Ini adalah strategi yang lebih murah dan efektif untuk bisnis Anda. Ini juga membantu untuk SEM dan SEO untuk bisa berkembang lebih baik. Content marketing memberikan hasil yang tahan lama, namun akan membutuhkan beberapa waktu agar hasilnya bisa terlihat dan dirasakan. Keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Hasil yang sangat efektif dan tahan lama
  • Bermanfaat untuk menciptakan buzz untuk bisnis Anda
  • Lebih murah dari iklan berbayar
  • Membangun kepercayaan dan otoritas untuk merek Anda

Konten ini, dapat mencakup video, blog, infografis, podcast dan lain-lain. Serta berusaha untuk bisa memberikan nilai kepada pengguna berupa informasi, bukan sesuatu yang bersifat penjualan. Pastikan konten relevan dan bermanfaat bagi audiens. Buatlah konten original dan berkualitas tinggi yang membuat pengguna ingin membagikannya kepada orang banyak karena membantu mengenalkan bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Strategi Content Marketing Untuk Website

4. Email Marketing 

Email marketing adalah salah satu teknik yang paling penting dan hemat biaya dalam beberapa tahun terakhir. Cocok bagi Anda yang ingin menumbuhkan bisnis secara bertahap. Pemasaran email memberikan ROI (Return-On-Investment) tertinggi yaitu sekitar 40x, berdasarkan sebuah penelitian. Namun, banyak pemilik bisnis baru yang tidak fokus pada pemasaran melalui cara ini karena masih belum paham dampak yang diberikan. Padahal strategi ini sangat cocok dalam membangun hubungan dan juga sarana menyampaikan informasi kepada para pelanggan. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan email yang baik dalam strategi digital marketing yang satu ini:

  • Gunakan judul email yang menarik, untuk meningkatkan rasio orang dalam membuka email Anda.
  • Tulis email Anda dalam bahasa yang sederhana dan singkat.
  • Tulis konten menjadi paragraf-paragraf kecil. Gunakan subjudul dan poin agar dapat dibaca dengan mudah.
  • Jelaskan manfaat dari apa yang Anda tawarkan. 
  • Berikan penjelasan bagaimana itu dapat membantu mereka. Jangan mencoba menjualnya secara langsung.
  • Buat funnel untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
  • Jangan mengirim terlalu banyak email. 2-3 email sudah cukup dalam seminggu.

Bagian inti dari jenis digital marketing adalah mengembangkan dan menyempurnakan kampanye Anda, serta menumbuhkan audiens. Email marketing ini juga berfokus pada pemberian informasi berharga kepada pengguna.

5. Influencer Marketing 

Strategi digital marketing ini adalah salah satu teknik pemasaran paling trendi dan sangat populer, memanfaatkan media sosial. Ini adalah teknik yang sangat efektif dan murah untuk mengembangkan bisnis Anda dan menggaet pasar milenial ke atas. Beberapa keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui influencer marketing ini adalah:

  • Anda bisa mendapatkan eksposur besar untuk bisnis Anda.
  • Membantu dalam mendapatkan kepercayaan dan pelanggan untuk bisnis atau usaha Anda
  • Strategi pemasaran berbiaya rendah
  • Mudah diterapkan
  • Anda dapat menyewa influencer populer atau beberapa mikro-influencer untuk mempromosikan merek atau perusahaan Anda.

Itulah dia berbagai pilihan ide bisnis yang bisa Anda coba sebagai peruntungan. Dalam beberapa tahun kedepan akan ada banyak hal baru yang bisa mengubah lanskap ekonomi saat ini. Jika Anda butuh bantuan dalam kegiatan digital marketing, maka kami akan bisa membantu Anda. Mulai konsultasikan bersama Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya dengan efektif. Mari mulai kerja sama yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang menarik.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat