Word of Mouth Adalah Cara Kuno? Apakah Hal Ini Benar?

Word of mouth adalah pemasaran yang kuno.” Inilah istilah yang biasa kita dengar ketika membicarakan mengenai strategi pemasaran yang satu ini. Pernyataan tersebut tidaklah salah, karena ini memang cara yang kuno dalam memasarkan barang atau jasa. Namun keefektifannya masih terbukti dengan baik. Maka tidak heran jika masih banyak perusahaan dan bisnis yang tidak meninggalkan strategi ini. Berkembangnya jaman juga membawa inovasi baru untuk WOM ini. Mari kita mengenal strategi ini secara lebih lanjut dan mencari tahu berbagai macam informasi lainnya yang berguna untuk memahaminya.

Word of Mouth Adalah

Bila kita mencoba untuk mendefinisikannya, maka word of mouth adalah sebuah cara untuk mempengaruhi dan mendorong diskusi organik tentang merek, organisasi, sumber daya, atau acara. Organik disini artinya adalah sesuatu yang bisa dihasilkan tanpa perlu ada dorongan dari luar seperti iklan yang akan memakan biaya. Pembicaraan ini akan terjadi karena satu pelanggan ingin menceritakan pengalaman mereka kepada orang lain. Orang-orang menyukai referensi dan mereka cenderung mempercayai pendapat teman mereka saat membuat keputusan pembelian.

Word of mouth (WOM) bisa timbul karena keunggulan produk atau jasa. Alasan penggunaan word of mouth bisa cukup kuat untuk mempengaruhi orang-orang adalah:

  • Kepercayaan yang bersifat mandiri. Pengambilan keputusan akan mendapatkan keseluruhan, kebenaran yang tidak diubah dari pihak ketiga yang mandiri.
  • Penyampaian pengalaman. Penyampaian pengalaman adalah alasan kedua mengapa word of mouth bisa dengan mudah mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Ketika ingin membeli produk, maka orang tersebut akan mencapai suatu titik dimana ia ingin mencoba produk tersebut. Secara idealnya, dia ingin mendapat risiko yang rendah, pengalaman nyata dalam menggunakan produk. Ini bisa didapatkan dari mendengar pendapat dari pengalaman orang lain, terutama yang bisa mereka percaya.

Jasa SEO

Alasan yang Mendorong WOM Terjadi

Ada tiga alasan dasar yang mendorong orang melakukan word of mouth, yaitu:

1. Mereka menyukai produk yang dikonsumsinya. 

Karena adanya rasa suka dan kepuasan, para konsumen akan tertarik untuk membahas produk tersebut. Hal ini menjadi alasan bagi diri mereka untuk berbicara mengenai produk yang dikonsumsinya kepada orang lain. 

2. Orang-orang merasa baik saat bisa berbicara dengan sesamanya. 

Pembicaraan mengenai WOM tidak hanya sebatas fitur dari produk namun lebih ke masalah emosi. Saat melakukan WOM, orang bisa terlihat lebih pintar, membantu orang lain, dan merasa dirinya menjadi penting dan spesial. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan

3. Komunikasi WOM membuat orang merasa terhubung dalam suatu kelompok.

Membicarakan produk yang digunakan dalam kelompok tersebut akan membuat orang merasa bahwa mereka ada dalam suatu kelompok yang sama. Keinginan untuk menjadi bagian dari kelompok ini yang mendorong orang melakukan WOM.

Alasan WOM Bisa Menjadi Efektif?

Banyak taktik pemasaran lain yang mungkin akan bisa mendapatkan pelanggan baru dengan cukup cepat, namun ada biaya yang besar harus dikeluarkan dibaliknya. Dibandingkan hal tersebut, WOM bisa didapatkan secara cuma-cuma. Ini bisa menjadi cara bagi perusahaan mendapatkan keuntungan. Mengapa strategi yang satu ini bisa berjalan dengan efektif dibandingkan yang lainnya?

Kepercayaan adalah faktor utama yang bisa membuat orang-orang lebih tertarik dengan strategi yang satu ini. Orang mempercayai apa yang dikatakan orang lain, sehingga ketika mereka mendengar tentang sesuatu dari teman atau konsumen sebelumnya, kecenderungan untuk membeli semakin tinggi. Jonah Berger, seorang pakar pemasaran menemukan dua faktor pendorong yang memperkuat WOM. Faktor-faktor ini adalah mata uang dan pemicu sosial.

Baca Juga: Referral Marketing, Cara Pemasaran Klasik yang Harus Anda Ketahui

2 Alasan Utama Word-of-Mouth Marketing Bekerja:

  • Mata Uang Sosial
  • Pemicu

Mata uang sosial bergantung pada gagasan eksklusivitas. Intinya setiap orang ingin merasa spesial. Mendengar tentang klub eksklusif atau menu rahasia memicu kebutuhan kita untuk menjadi bagian dari grup eksklusif.

Melalui faktor mata uang sosial ini, maka akan sangat mudah untuk memicu terjadinya sebuah percakapan mengenai produk atau jasa. Menawarkan rahasia orang dalam atau informasi eksklusif seperti menu rahasia adalah bentuk pemicu yang menjadi mekanisme sosial alami. Ini bisa mengingatkan kita tentang merek atau produk bahkan ketika kita tidak melihat iklan.

Ketika mendapatkan informasi eksklusif ini, maka ini akan tersimpan di alam bawah sadar. Sehingga jika ada diskusi yang memicu informasi ini, maka secara tidak langsung Anda akan menyampaikannya dan mencoba untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut.

Elemen Word of Mouth 

Ada 5 elemen dasar dari word of mouth yang biasa juga dikenal dengan sebutan 5T, yaitu:

1. Talkers (pembicara)

Berkaitan dengan orang yang akan membicarakan pengalaman mereka, biasa disebut juga sebagai influencer. Talkers ini bisa siapa saja mulai dari teman, tetangga, keluarga, dll. Selalu ada orang yang antusias untuk berbicara menceritakan pengalaman yang mereka rasakan.

2. Topics (topik)

Elemen ini berkaitan erat dengan apa yang dibicarakan oleh talker. Topik ini berhubungan dengan apa yang ditawarkan oleh suatu merek. Seperti tawaran spesial, diskon, produk baru, atau pelayanan yang memuaskan. Topik yang baik adalah sesuatu yang simpel, mudah dibawa, dan natural. Seluruh word of mouth akan dimulai dari topik yang menggairahkan untuk dibicarakan. 

3. Tools (alat)

Elemen ini adalah mengenai alat penyebaran topik yang akan dibicarakan. Topik yang telah ada juga membutuhkan alat untuk bisa menyebarkannya ke khalayak yang lebih luas. Alat ini membuat orang mudah membicarakan atau menularkan produk atau jasa perusahaan kepada orang lain. 

Baca Juga: Inbound Marketing Adalah: Pengertian, Metodologi, Elemen, dan Strategi

4. Taking part (partisipasi)

Sebuah pembicaraan akan hilang jika hanya ada satu orang yang berbicara mengenai suatu produk. Maka perlu ada orang lain yang ikut serta dalam percakapan agar word of mouth dapat terus berlanjut dan menyebar lebih jauh lagi..

5. Tracking (pengawasan)

Melalui elemen ini, brand atau perusahaan akan bisa memantau respon konsumen. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mempelajari berbagai feedback yang datang, Baik secara positif atau negatif. Sehingga dengan begitu perusahaan dapat belajar dari masukan tersebut untuk kemajuan yang lebih baik dan menembangkan hal yang bisa memuaskan mereka.

Menghasilkan Strategi Pemasaran Word of Mouth yang Efektif

Untuk bisa menciptakan WOM yang efektif, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan atau lakukan. Hal-hal di bawah ini akan bisa membantu untuk menghasilkan strategi WOM yang efektif dalam bisnis. Hal yang harus Anda lakukan adalah:

1. Buat Bisnis Anda Menarik

Bagikan apa yang membuat Anda terlihat menyenangkan/baik/menarik. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya percakapan yang melibatkan pelanggan untuk mendatangkan buzz secara organik bagi bisnis Anda akan semakin meningkat.

Konsumen merasa lebih percaya diri dengan informasi yang mereka bagikan saat menyumbangkan sesuatu yang tentunya layak untuk diperbincangkan. Sebagai contoh, pengguna Facebook lebih cenderung berbagi konten yang mendidik network mereka, atau sesuatu yang bisa membuat mereka terlihat bagus. Hal ini akan bisa mempengaruhi citra tertentu yang mereka miliki, membuat mereka merasa menjadi sesuatu yang spesial.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Website yang Menarik Untuk Bisnis Online

2. Buat Sebuah Pemicu

Hal yang biasa-biasa saja tentu tidak akan bisa memicu orang-orang membicarakan apa yang Anda inginkan. Ciptakan sesuatu yang benar-benar bisa memicu mereka untuk memulai sebuah pembicaraan mengenai Anda, dan usahakan hal tersebut adalah sesuatu yang positif.

3. Memberikan nilai

Sebagai manusia, pasti akan ada hubungan yang terjalin satu sama lain. Akan terbentuk suatu keinginan dalam membagikan pengalaman berkesan kepada orang-orang tersebut. Ketika mendapat pengalaman yang biasa saja, mungkin rasa untuk membagikannya tidak terlalu besar. Disisi lain, jika pengalaman atau peristiwa yang luar biasa pernah terjadi, maka rasa untuk membagikannya akan semakin besar. Anda akan ingin membagikannya kepada orang banyak. 

Berbagi informasi berharga membuat seseorang merasa menjadi sesuatu yang spesial. Pengalaman pelanggan yang hebat dan unik, ditambah dengan produk dan jasa yang hebat, dapat membantu meningkatkan nilai Anda sekaligus menambah potensi WOM Anda berhasil.

4. Memprovokasi Emosi

Menciptakan emosi akan berjalan beriringan dengan menciptakan nilai. Orang-orang lebih cenderung berbagi sesuatu yang mendorong gairah tinggi, dan orang-orang lebih cenderung berbagi pengalaman di mana mereka memiliki semacam emosi yang mengikat. Tidak ada yang berbagi pengalaman ‘biasa’. Orang-orang berbagi hal-hal yang membuat mereka senang atau kesal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Contoh Website dengan Desain Menarik

WOM melalui SEO

Banyak bisnis menghabiskan biaya untuk beriklan dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen baru. Disisi lain banyak juga yang mengabaikan potensi pemasaran dari pelanggan yang sudah ada. Meskipun ada banyak cara berbeda untuk memanfaatkan basis pengguna yang sudah ada, namun tidak ada yang sekuat word of mouth. Namun hal ini juga masih bisa ditingkatkan melalui cara yang lain.

Bagi yang belum tahu, SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing yang mampu memberikan hasil maksimal dalam meningkatkan brand awareness dan mendapatkan leads. Praktik SEO sendiri sudah semakin banyak dilakukan oleh berbagai jenis bisnis karena memang tidak ada batasan khusus di dalam penerapannya. SEO memang dapat diterapkan untuk segala jenis industri. Fleksibilitas inilah yang membuat SEO semakin digemari pada saat ini. Bahkan SEO bisa menjadi fasilitator agar Anda bisa dibicarakan oleh orang banyak. Muncul di halaman pertama pencarian tentu akan bisa membantu orang-orang aware.

WOM bisa digabungkan dengan SEO untuk bisa menghasilkan sesuatu yang lebih powerful. Blog menjadi salah satu sarana untuk bisa memulai sebuah percakapan. Semakin banyak orang mengenal konten Anda, semakin banyak yang membaca dan kemudian membagikannya, maka semakin banyak juga orang yang membicarakan mengenai Anda. Terapkan strategi SEO pada website Anda dan rasakan hasil yang lebih baik. Kenaikan trafik bisa dikonversikan untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness bagi bisnis.

Itulah dia berbagai informasi berguna mengenai word of mouth dan berbagai informasi lainnya yang berguna juga untuk bisa memahami hal yang satu ini. Perkuat juga  pemasaran produk dan jasa Anda melalui strategi SEO dirancang dengan baik. Percayakan kepada jasa SEO ToffeeDev untuk membantu bisnis Anda melangkah ke tahap selanjutnya. Mari mulai konsultasi bersama dengan tim profesional yang handal dalam SEO dan menggunakan teknik white-hat yang tentunya sangat aman. Kunjungi website kami untuk mengetahui berbagai informasi lebih lanjut, atau hubungi kami di sini dan mulai konsultasi Anda dengan mudah.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat