Cara Menjaga Pertumbuhan Bisnis
Cara Menjaga Pertumbuhan Bisnis Agar Tetap Sehat
Mei 19, 2020
Cara Kerja Google Adsense Di YouTube
Cara Kerja Google Adsense Di YouTube
Mei 20, 2020
Show all

Bagaimana Membuat Laporan Analisa Website yang Baik?

Mengetahui Laporan Analisa Website

Mengetahui Laporan Analisa Website

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization), website menjadi bagian yang penting. Jika tidak ada website, maka tidak mungkin bisa melakukan optimasi. Maka dari itu, syarat utama untuk setiap perusahaan yang ingin menerapkan strategi SEO adalah memiliki website. Dengan strategi SEO, maka website akan mendapatkan trafik serta beragam hal lainnya. Tentu saja dari pihak perusahaan membutuhkan data lengkap terkait website mereka. Maka dari itu perlu membuat laporan analisa website yang baik. Tapi, pertanyaannya adalah bagaimana caranya?

Membuat laporan analisa website memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak dapat dipungkiri, banyak hal dan poin yang harus dimasukkan di dalamnya. Pekerjaan ini pun harus dilakukan setiap bulannya. Namun ketika hasil strategi SEO yang dijalankan bisa membawa hasil positif di semua sektor, maka ada rasa senang untuk ditunjukkan kepada pihak perusahaan.

Bagi yang ingin tahu bagaimana membuat laporan analisa website yang baik dan lengkap, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Trafik Website

Dalam membuat laporan analisa website yang baik, tentu harus ada data terkait trafik website. Dengan data ini, maka perusahaan bisa tahu sudah seberapa banyak orang yang masuk ke dalam website dalam waktu satu bulan terakhir.

Untuk bisa mendapatkan data trafik website, tentu saja Anda membutuhkan tools. Salah satu tool yang paling relevan untuk diambil data trafik website adalah Google Analytics. Anda bisa menggunakan tool ini sejak dini. Apalagi data yang dihadirkan termasuk lengkap dan jelas, jika dibandingkan dengan tool analisis website lainnya.

Jikalau hasil dari trafik website dalam sebulan terakhir mengalami penurunan, bisa dilakukan penerapan strategi baru juga. Jadi mau naik atau turun, maka bisa didapatkan satu cara baru yang berharga.

Geografi Pengunjung Website

Tidak dapat dipungkiri, setiap perusahaan memiliki target pasar tersendiri. Tidak hanya dari kekuatan ekonominya saja, tetapi juga dari daerah mereka tinggal. Ada perusahaan yang fokus untuk mengincar orang-orang yang tidak di kota besar. Nah dari data geografi pengunjung website ini, maka bisa terlihat dari mana saja orang yang masuk ke dalam website. Informasi yang didapatkan di dalamnya bisa menarik kesimpulan dari daerah mana orang yang membutuhkan produk dari perusahaan tersebut.

Halaman Website Paling Banyak Dikunjungi

Selanjutnya adalah data terkait halaman website yang paling banyak dikunjungi. Data ini sudah terhitung wajib. Pihak perusahaan bisa mengetahui, dari trafik yang masuk ke dalam website, paling banyak masuk ke dalam halaman mana. Jika halaman produk, maka itu adalah hal yang bagus. Berarti banyak orang yang mulai tertarik dengan produk perusahaan tersebut.

Jika sudah ada halaman-halaman website yang memiliki banyak pengunjung, maka itu pertanda bagus. Namun jika masih ada halaman lainnya dari website yang harusnya bisa mendapatkan trafik lebih besar, maka langkah selanjutnya adalah bisa melakukan optimasi di halaman tersebut. Inilah mengapa laporan analisa website itu penting. Selalu ada strategi baru yang bisa dilakukan setelah melihat laporan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Selain itu, Anda juga perlu memasukkan new users, sessions, goal completions, goal completions, dan lainnya. Itulah bagaimana membuat laporan analisa website yang baik. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *