E A T YMYL
Tips On-Page SEO: E-A-T & YMYL yang Tingkatkan SEO Anda
Februari 4, 2020
Hindari Bujet Bocor Dalam Menggunakan Google Ads
Hindari Bujet Bocor dalam Menggunakan Google Ads
Februari 5, 2020
Show all

Content Marketing: Bagian Penting Untuk Bisnis Anda

Content Marketing

Content Marketing

Bagi para marketer, konten selalu dianggap sebagai sebuah tulisan pada sebuah website yang diciptakan oleh marketing department.

Namun, semakin bertambahnya tahapan dalam funnel dan berevolusi nya customer journey, membuat para marketer harus dapat bekerja sama dengan banyak departemen dalam pembuatan konten.

Karena kebanyakan konten yang diciptakan oleh departemen marketing tidak digunakan, menurut harvard business review, “70% dari konten yang diciptakan oleh departemen marketing tidak pernah digunakan oleh sales.”

Dengan begitu, Anda akan butuh beberapa usaha lebih untuk menjadikan konten marketing bagian yang penting dari perusahan Anda.

Berikut beberapa tips dalam menjadikan konten marketing bagian penting dari perusahaan Anda:

1. Kumpulkan Perspektif dari berbagai Departemen untuk Content Marketing Anda

Tiap orang akan melihat sebuah masalah dengan pandangan yang berbeda-beda, sama halnya dengan departemen di dalam perusahaan. Akan ada banyak perspektif yang bisa Anda dapatkan untuk merancang content marketing yang baik.

Mulai dari apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah para pembeli Anda pergi, hingga menjelaskan bagaimana sebuah bisnis bisa mendapatkan keuntungan.

2. Undang Departemen Lain untuk Membuat Konten

Selain mengumpulkan perspektif dari departemen yang lain, Anda juga bisa mengundang mereka untuk memproduksi sebuah konten. Dengan begitu para konsumen Anda juga akan mendapat insight yang berbeda.

Sebagai seorang marketer Anda dapat membimbing mereka dalam membuat konten. Jangan ikut campur secara langsung, alasan Anda meminta mereka untuk memproduksi konten adalah untuk mendapatkan perspektif yang berbeda yang bisa dibagikan ke para konsumen Anda.

3. Perlebar Konten Anda

Blog di dalam website memanglah sebuah konten, namun konten sendiri memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari email, video, gambar, infografis, hingga media sosial.

Baca Juga: Fenomena SEO: Disaat Konten Bersaing Dengan Title

Email

Anda dapat membuat banyak variasi dalam menggunakan email sebagai bagian dari content marketing, mulai dari konten di dalam email hingga desain dari template.

Tidak perlu terlalu fancy, yang penting Anda dapat menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan. 

Cobalah berbagai elemen dari content marketing dalam email Anda, dan lihat mana yang bisa mendatangkan engagement yang baik, sales atau referral.

Video

Video sudah ada dimana-mana, mulai dari website, hingga media sosial. Oleh karena itu Anda harus dapat memanfaatkan media ini sebagai medium dalam menyampaikan content marketing Anda.

Bisa berupa sebuah video singkat untuk menjelaskan sebuah produk, atau video singkat untuk mengucapkan tahun baru, atau video untuk menyampaikan rasa terima kasih sudah mempercayai perusahaan Anda dapat memberikan efek yang luar biasa.

Ini juga bisa menjadi sebuah cara bagi departemen lain yang “bukan-penulis” untuk membuat konten.

Media Sosial

Media sosial memiliki reach yang baik, dan berbagai macam bentuk gambar atau video bisa Anda posting. 

Anda dapat melihat postingan dari kolega Anda di departemen lain, dan melihat konten seperti apa yang mereka posting untuk menarik perhatian konsumen dan menerapkannya di konten media sosial Anda.

Selain membuat konten media sosial, yang bisa Anda lakukan adalah membagikan konten-konten tersebut. Salah satu cara terbaik untuk menjadikan content marketing bagian penting dari perusahaan Anda adalah dengan membagikannya seluas-luas nya.

Tentu Anda dapat meminta bantuan dari individual atau departemen lainnya untuk membantu Anda dalam menyebarkan konten-konten media sosial Anda.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Atau ada masukan untuk artikel ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *