Contoh Slug SEO Friendly
Gunakan Slug SEO-Friendly Untuk Membantu Website Anda
Maret 31, 2020
Engagement Marketing
Engagement Marketing: Membangun Relasi dengan Konsumen
Maret 31, 2020
Show all

Mantapkan SEO dengan Taksonomi Website yang Baik

Taksonomi Website

Taksonomi Website

Ketika mengakses sebuah website, navigasi yang lancar akan bisa menjadi tanda dari user experience yang baik. User experience yang dibangun dengan optimal akan bisa mempengaruhi SEO dari website Anda, karena hal ini bisa menentukan apakah orang – orang akan mau mengunjungi website Anda. Taksonomi website bisa menjadi salah satu hal yang Anda optimasi untuk bisa memberikan UX yang baik untuk user Anda. 

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu Taksonomi website dan apa saja kelebihannya untuk SEO website Anda.

Apa itu Taksonomi Website

Taksonomi adalah sebuah sistem untuk mengklasifikasikan sesuatu, terutama konten. Anda akan bisa mengelompokan postingan sesuai dengan karakteristik yang serupa, pengelompokan ini akan semakin memudahkan para user untuk bernavigasi di dalam website Anda. 

Dalam WordPress, ada dua bentuk pengelompokan yang paling sering digunakan, yaitu Kategori dan Tag. Namun ada 4 macam taksonomi website yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Kategori

Taksonomi jenis kategori ini sering digunakan untuk mengelompokkan postingan ke dalam hirarkis berbentuk kategori.

  • Tag

Tag dalam WordPress tidak berbeda jauh dengan kategori, namun tidak memiliki struktur yang hirarkis. Tag adalah sebuah parameter single yang menempatkan postingan yang serupa bersama-sama. Namun, tag hanya berfokus pada detail yang lebih sederhana di konten, daripada berfokus pada keseluruhan tema besar yang dibahas.

  • Link_category

Taksonomi bentuk ini, Anda dapat mengkategorikan link. Fitur ini akan sangat berguna jika Anda ingin menambahkan tautan link dari berbagai sumber ke postingan Anda.

  • Post_format

Post Format berfungsi untuk mengkategorikan postingan berdasarkan tipenya, seperti video, audio, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat taksonomi yang Anda kustomisasi sendiri, sesuai keinginan. Biasanya menggunakan plugin, atau menambahkan kode ke functions.php bila Anda memiliki pemahaman mengenai koding.

Keuntungan dari Menggunakan Taksonomi Website

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan taksonomi kedalam website Anda, seperti:

Menyajikan Konten Terkait

Anda dapat mengatur konten – konten didalam website Anda berdasarkan topik, jenis, video, berita, podcast, dll. Sehingga ketika satu item muncul, maka item terkait lainnya juga muncul. Ada banyak cara untuk Anda dalam mengatur konten dan taksonomi serta memastikan upaya Anda membuahkan hasil. Salah satunya jika Anda ingin meningkatkan searchability dari konten – konten Anda, taksonomi akan bisa membantu Anda. Ini adalah cara yang bermanfaat bagi website yang akan membantu menyajikan konten terkait kepada para pembaca.

Komunikasi yang Baik

Dengan mengatur taksonomi dengan baik, Anda dapat meningkatkan komunikasi dengan para user menjadi lebih baik, karena Anda sudah memberikan informasi yang sesuai dengan yang diharapkan oleh para user, dan bisa membantu SEO Anda dengan meningkatkan findability.

Search Experience yang Meningkat

Taksonomi juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan search experience para user. Taksonomi yang disusun dengan baik akan memudahkan para user menemukan konten yang mereka inginkan.

Taksonomi Membantu Robot

Robot dari mesin pencari akan memiliki tugas untuk meng-crawl lalu mengindex konten – konten dari berbagai macam website untuk bisa menyajikan jawaban yang dibutuhkan oleh para user. Taksonomi juga dapat membantu meningkatkan flow dari proses crawling. Oleh karena itu pastikan konten Anda sudah di-taksonomi dengan baik, lalu susun dengan keyword yang relevan.

Kesimpulan

Taksonomi website yang baik bisa menjadi kunci bagi Anda untuk bisa mendapatkan hasil SEO yang baik. Hal ini juga bisa membantu para user dalam bernavigasi di dalam website Anda.

Baca Juga: Pengertian Pagination yang Sebenarnya Sering Digunakan

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *