DesignAwards.Asia Design Of The Day
Keyword Competition Research untuk SEO
Februari 21, 2018
7 Hal Yang Tidak Bisa Anda Iklankan di Facebook
Februari 28, 2018
Show all

7 Keuntungan Memiliki Toko Online Saat Ini Yang Perlu Kamu Ketahui!

Mempunyai toko online untuk bisnis kamu saat ini merupakan hal yang penting, mengapa? Karena semua orang sudah “online” kapanpun dan dimanapun berada. Mau beli baju, tinggal klik. Mau beli sepatu, tinggal klik. Bahkan mau makan saja kamu tinggal klik. See? Semua orang dengan berbagai macam kebutuhannya akan berbondong-bondong menuju “online”. Itulah mengapa bisnis kamu juga harus memiliki eCommerce atau yang lebih dikenal dengan nama toko online.

Dilansir dari Oberlo.com, berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu memiliki eCommerce:

1. Hemat Biaya

Jika kamu saat ini sudah memiliki toko offline dan menghabiskan sekian rupiah hanya untuk membayar biaya sewa tokonya saja, maka kamu mulai harus memikirkan dalam membuat toko online. Bukan cuma dapat meningkatkan bisnis kamu, tapi dengan adanya toko online kamu juga dapat menghemat biaya.

Salah satu keuntungan memiliki eCommerce adalah karena biaya yang dibutuhkan lebih sedikit. Sedangkan untuk toko offline fisik, kamu harus membayar sekian rupiah untuk menyewa satu toko saja, which is tokonya bukan milik pribadi. Dan juga biasanya pihak pemilik akan dengan seenaknya menaikkan harga untuk biaya lain-lainnya seperti uang perawatan, kebersihan dan masih banyak lagi. Toko fisik juga memerllukan biaya lain untuk membayar karyawan yang menjaga toko tersebut dan memastikan produk yang kamu miliki baik-baik saja.


Sedangkan untuk toko online kamu hanya perlu membayar sekitar 40 juta per tahun untuk “menyewa” toko online yang juga biasanya sudah termasuk domain, hosting, design dan lainnya. Untuk masalah design, semua tergantung dari tipe toko online apa yang ingin kamu buat. Jika kamu adalah seorang dropshipper maka kamu tidak perlu untuk menyimpan banyak stok barang, dan uang kamu akan terkumpul lebih banyak untuk hal yang lain. Logo toko kamu lebih terjangkau ketimbang membuat tanda di toko offline. Biaya bisnis kamu secara umum akan lebih murah jika terjun ke toko online.

2. Potential Income

Salah satu keuntungan memiliki toko onlinne adalah bahwa toko online selalu buka alias tidak pernah tutup. Dengan iklan yang kamu pasang di sosial media seperti Facebook, kamu bisa menarik pelanggan bahkan saat jam dini hari. Biasanya, toko fisik offline hanya buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam saja. Dengan selalu hadir setiap jam dan setiap saat, kamu bisa menarik orang-orang yang biasanya hanya bisa membeli ketika toko masih buka. Kamu juga bisa menarik pelanggan yang sangat sibuk atau seseorang yang tidak bisa belanja langsung ke toko.

Dan perlu diingat juga, jika ada pembeli yang belanja tengah malam, kamu tidak perlu kerepotan untuk mempekerjakan karyawan dengan shift malam. Menguntungkan, bukan?

3. Jualan Sampai ke Luar Negeri

Selanjutnya, keuntungan dari memiliki toko online adalah bahwa jika sebuah brand memiliki produk baru, maka mereka akan dengan mudah menjualnya ke seluruh dunia. Kamu memiliki kemampuan untuk mencakup seluruh audiens meskipun mereka berada di Amerika, Eropa, atau negara tetangga. Jika kamu memilih dropshipping melalui AliExpress, banyak sekali produk yang menawarkan pengiriman ePacket atau bahkan gratis ongkos pengiriman. Ini membuatmu untuk menentukan harga dan pengiriman dengan audiens di luar negeri.

4. Mudah Untuk Menampilkan Bestsellers

Keuntungan memiliki eCommerce adalah kamu bisa dengan mudah menampilkan produk terbaik dari brand yang kamu miliki, sehingga hal ini tentu saja mempermudah pelanggan untuk melihatnya. Alasan utama mengapa pelanggan akan lebih memilih membeli produk di kategori “best seller” adalah akrena produk tersebut sudah terbukti bagus. Pelanggan lain yang pernah membeli produk tersebut merasa senang dengan pembeliannya. Jika kamu ingin menunjukkan produk baru untuk pelanggan kamu bisa membuatnya melakukan upsell, seperti email marketing atau retargeting ads.

5. Mudah untuk Menargetkan Pelanggan Kembali

Ini menjadi mudah dalam membuat retargeting ads untuk menargetkan kembali pelanggan pada area kamu ketika menjalankan sebuah bisnis online. Ini akan membuat bisnis eCommerce yang tengah kamu jalani menjadi lebih menguntungkan. Kamu bisa membuat sebuah Facebook pixel. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membantu dalam menargetkan kembali pelanggan yang mampir ke web kamu namun tidak membeli apapun.

Dalam eCommerce, kamu bisa menargetkan kembali orang yang menggunakan fitur “add to cart” tapi tidak membeli atau orang yang mengunjungi blog post dalam web kamu dan tidak pernah belanja produk sekalipun. Kamu bisa mengumpulkan alamat email mereka dengan menggunakan pesan pop-up and melanjutkan strategi marketing selanjutnya.

6. Mempermudah Proses dengan Banyaknya Pesanan

Jika kamu memilih untuk melakukan “dropship”, kamu dapat memproses banyaknya jumlah pesanan dengan mudah. Seiring berkembangnya bisnis kamu, kamu dapat memilih untuk mempekerjakan karyawan agar mempermudah mengelola pesanan yang ada. Di toko offline (fisik), antrian panjang bisa membuat kamu kehilangan pelanggan.

Dengan toko online, tidak ada jeda waktu untuk menunggu . Seorang pelanggan bisa menempatkan pesanannya sesuka hati tanpa keterlambatan, dengan begitu kamu bisa memesan banyak produk dari brand yang berbeda dalam sekali waktu.

7. Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

Sebagian orang akan malas untuk datang ke toko dan berinteraksi dengan karyawan toko. Beberapa karyawan pasti diajarkan tentang bagaimana melakukan sales promotion dengan cara direct selling. Dan tentu saja, tidak semua pelanggan menyukai hal tersebut. Itulah mengapa belanja online dapat menjadi pilihan bagi orang yang malas berinteraksi dengan karyawan toko, karena kamu bisa memilih sesuka hati barang yang kamu suka sampai akhirnya kamu membeli barang tersebut. Jika seorang pelanggan ingin berkomunikasi dengan pemilik toko, mereka tinggal mengklik fitur “live chat” pada website, atau bisa juga dengan mengirimkan pesan di Facebook.

 

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *