8 Pilihan Pemasaran Online pada Perusahaan Startup

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Startup dan digital marketing adalah dua hal yang sangat sulit dipisahkan saat ini. Membangu online presence adalah kewajiban untuk bisa bersaing dalam dunia online. Dibutuhkan strategi dan perencanaan yang baik dan efektif untuk  bisa meraup hasil yang maksimal. Beberapa strategi digital marketing mungkin akan tepat sasaran, sementara yang lain bahkan tidak mendekati. Apakah Anda tahu strategi pemasaran digital mana yang harus diterapkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda? Jika masih ragu akan hal ini, maka kami akan membantu Anda. Di bawah ini adalah berbagai rekomendasi pemasaran online pada perusahaan startup. Semuanya bisa Anda terapkan dalam upaya mengembangkan bisnis Anda. 

Perkembangan Startup

Startup adalah perusahaan muda yang didirikan oleh satu atau lebih pengusaha untuk mengembangkan produk atau layanan unik dan membawanya ke pasar. Secara alami, startup tipikal cenderung menjadi operasi yang hemat, dengan dana awal dari pendiri atau teman dan keluarga mereka. Salah satu hal yang tampaknya disetujui kebanyakan orang untuk definisi startup adalah fokus pada pertumbuhan. Bisnis kecil mungkin senang tinggal di bisnis kecil selamanya, tetapi startup tidak ingin tetap kecil.

Memiliki ide, tim, dan dana tidak cukup untuk mengembangkan startup. Apalagi membuatnya stabil dan menguntungkan. Anda perlu mendapatkan lebih banyak pelanggan, penjualan, dan keuntungan untuk menumbuhkannya, yang dapat dilakukan dengan pemasaran yang tepat.

Pemasaran untuk startup akan sedikit berbeda. Anda harus memilih dan menggabungkan saluran pemasaran yang tepat dan menghasilkan strategi yang efektif dengan dana yang tidak begitu besar. Strategi pemasaran tradisional lama tidak bekerja dengan baik setiap saat. Banyak yang memilih untuk berfokus pada digital marketing. Mereka menggunakannya untuk mengembangkan bisnis dan basis pelanggan mereka.

Ada banyak saluran pemasaran digital yang dapat digunakan untuk startup Anda. Tetapi tidak semua strategi pemasaran digital akan sama dan memberi Anda keuntungan yang serupa. Beberapa strategi Itulah sebabnya Anda harus memilih strategi pemasaran digital yang tepat untuk startup. Demi mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi mana yang bekerja dengan baik untuk startup bergantung pada niche, target audiens, dan banyak faktor lainnya.

Pelanggan potensial yang ditemukan secara online adalah kelompok orang yang jauh lebih besar. Dibandingkan dengan audiens yang bisa dicari secara langsung. Dengan menggunakan pemasaran digital, Anda dapat menjangkau audiens yang sangat besar dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Berikut ini adalah berbagai strategi marketing terbaik secara digital yang sangat cocok untuk dikolaborasikan bersama dengan bisnis atau startup Anda.

1. SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling hemat biaya. Namun memberikan ROI yang cukup tinggi daripada metode pemasaran lainnya. Setiap startup harus fokus pada SEO. Ini adalah proses yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya tambahan. Melalui optimasi SEO, Anda akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan baru untuk startup Anda, tanpa biaya apa pun. Bisa dengan memulai membuat blog, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan konten lainnya untuk mendapatkan traffic organik  yang berharga.

Baca Juga: Cara Menghitung ROI Strategi Digital Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan bisa Anda rasakan ketika menggunakan strategi SEO dalam startup:

  • Hemat biaya tetapi ROI lebih tinggi
  • Hasil tahan lama
  • Tingkatkan jangkauan Anda secara organik
  • Dapatkan kepercayaan dan otoritas secara otomatis
  • Dan masih banyak lagi

SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke website Anda diharapkan orang-orang ini akan bisa menjadi konsumen yang secara aktif menelusuri produk dan layanan yang ditawarkan, serta menelusuri konten-konten lainnya. SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja. Dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk mendapatkan hasil. Dalam mempermudah Anda. konsultasikan strategi ini bersama dengan perusahaan SEO ahli yang siap membantu.

2. SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital terbaik untuk mendapatkan hasil instan bagi startup atau memasarkan produk Anda. Melalui iklan di mesin pencari, eksposur akan dengan cepat didapatkan. Bisa berbuah dengan peningkatan penjualan. Manfaat utama menggunakan SEM adalah:

  • Mendapatkan hasil instan.
  • Mudah menjangkau audiens target Anda.
  • ROI tinggi; jika seseorang mengklik iklan Anda saja maka Anda harus membayar.
  • Anda dapat memulai dengan anggaran kecil juga seperti $10/hari dan dapat berhenti kapan saja.
  • Anda akan memiliki data dan wawasan yang lengkap untuk meningkatkan kampanye SEM Anda dan strategi pemasaran lainnya.

Kampanye iklan ini akan bisa menghabiskan anggaran dengan cepat. Jadi, diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye sukses yang menghasilkan lebih banyak konversi daripada klik.Jasa SEO

3. Content Marketing 

Content marketing adalah strategi yang sangat efektif untuk mengembangkan startup Anda. 90% organisasi secara aktif menggunakan content marketing untuk bisnis mereka. Pemasaran dengan konten akan bisa menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada pencarian berbayar, menurut beberapa penelitian. Ini adalah strategi yang lebih murah dan efektif untuk bisnis Anda. Ini juga membantu untuk SEM dan SEO. Content marketing memberikan hasil yang tahan lama tetapi perlu beberapa waktu untuk melihat hasilnya. Keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Hasil yang sangat efektif dan tahan lama
  • Bermanfaat untuk menciptakan buzz untuk startup Anda
  • Lebih murah dari iklan berbayar
  • Membangun kepercayaan dan otoritas untuk merek Anda

Konten ini, dapat mencakup video, blog, infografis, podcast dan lain-lain. Serta berusaha untuk bisa memberikan nilai kepada pengguna berupa informasi, bukan sesuatu yang bersifat penjualan. Pastikan konten relevan dan bermanfaat bagi audiens. Buatlah konten original dan berkualitas tinggi yang membuat pengguna ingin membagikannya kepada orang banyak karena membantu mengenalkan startup Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Content Marketing Yang Baik

4. Email Marketing 

Email marketing adalah salah satu teknik yang paling penting dan hemat biaya. Cocok bagi Anda yang ingin menumbuhkan startup. Pemasaran email memberikan ROI (Return-On-Investment) tertinggi yaitu sekitar 40x, berdasarkan sebuah penelitian. Namun, banyak startup baru yang tidak fokus pada pemasaran melalui email. Padahal strategi ini sangat cocok dalam membangun hubungan dan juga sarana menyampaikan informasi kepada para pelanggan. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan email yang baik dalam strategi digital marketing yang satu ini:

  • Gunakan judul email yang menarik, untuk meningkatkan rasio orang dalam membuka email Anda.
  • Tulis email Anda dalam bahasa yang sederhana dan singkat.
  • Tulis konten menjadi paragraf-paragraf kecil. Gunakan subjudul dan poin agar dapat dibaca dengan mudah.
  • Jelaskan manfaat dari apa yang Anda tawarkan. 
  • Berikan penjelasan bagaimana itu dapat membantu mereka. Jangan mencoba menjualnya secara langsung.
  • Buat funnel untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
  • Jangan mengirim terlalu banyak email. 2-3 email sudah cukup dalam seminggu.

Bagian inti dari jenis digital marketing adalah mengembangkan dan menyempurnakan kampanye Anda, serta menumbuhkan audiens. Email marketing ini juga berfokus pada pemberian informasi berharga kepada pengguna.

5. Influencer Marketing 

Strategi digital marketing ini adalah salah satu teknik pemasaran paling trendi saat ini. Ini adalah teknik yang sangat efektif dan murah untuk mengembangkan startup Anda. Beberapa keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Anda bisa mendapatkan eksposur besar untuk startup Anda.
  • Membantu dalam mendapatkan kepercayaan dan pelanggan untuk startup Anda
  • Strategi pemasaran berbiaya rendah
  • Mudah diterapkan
  • Anda dapat menyewa influencer populer atau beberapa mikro-influencer untuk mempromosikan merek atau perusahaan Anda.

6. Viral/Tik Tok Marketing

Jika Anda ingin menghasilkan traffic besar, penjualan, dan membuat buzz di dunia online untuk startup Anda, maka tidak ada yang lebih baik daripada pemasaran viral melalui platform yang terkenal. Salah satunya mempromosikan produk dan bisnis menggunakan sosial media yang sedang populer seperti Tik Tok. Anda bisa mendapatkan kesuksesan dengan cepat menggunakan viral marketing jika Anda mampu membuat konten yang bisa menjadi viral. Anda perlu membuat konten dari sudut yang unik dan harus memiliki rencana pemasaran yang kuat untuk mempromosikannya.

7. Social Media Marketing

Media sosial telah menjadi tool untuk pemasaran yang cukup kuat akhir-akhir ini. Menurut laporan Penguji Media Sosial, 90% pemasar menegaskan bahwa media sosial penting bagi bisnis mereka. Beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari strategi digital marketing ini adalah:

  • Meningkatnya eksposur dan lalu lintas
  • Pemasaran media sosial mengembangkan pelanggan setia
  • Meningkatkan peringkat pencarian dan menghasilkan arahan
  • Peningkatan penjualan

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Indonesia
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

Untuk membangun otoritas di media sosial, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi secara teratur. Selalu jaga konsistensi saat memposting konten. Jangan lupa untuk selalu melibatkan para target audiens di setiap postingan media sosial Anda.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing 2021 

8. Referral Marketing

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan perusahaan atau brand adalah dengan membiarkan pelanggan Anda melakukannya. Dengan program referral ini, Anda dapat berbagi kode unik dengan setiap pelanggan Anda. Mereka dapat membagikan kode tersebut di antara circle mereka. Ketika seseorang yang dekat dengan pelanggan tersebut membeli dari Anda, maka hadiahkan diskon atau keuntungan lainnya kepada pelanggan yang merujuk. Ini dapat memotivasi mereka untuk membawa lebih banyak orang dan membantu Anda mengembangkan startup Anda.

Manfaatkan Digital Marketing

Jika calon pelanggan tidak dapat menemukan Anda secara online, mereka mungkin menyimpulkan bahwa bisnis Anda bukanlah bisnis yang mereka percayai. Ada kemungkinan besar bahwa banyak dari prospek ini mungkin memutuskan untuk tidak menganggap serius bisnis Anda. Mencari bisnis lain yang mereka rasa lebih bisa dipercaya. Setelah mereka membuat keputusan itu, mereka mungkin tidak akan kembali. 

Saat ini, tempat pertama yang dicari konsumen rata-rata adalah dunia online. Produk atau layanan apa pun yang mereka cari, kemungkinan besar akan dimulai melalui pencarian dengan Google. Jika Anda tidak memiliki online presence sama sekali, maka jangan harap untuk mendapatkan kesempatan bersaing.Itulah dia berbagai pilihan pemasaran online untuk startup Anda. Anda bisa menerapkan seluruhnya jika memiliki budget yang cukup. Jika tidak, mulai saja dari SEO. Mulai konsultasikan bersama Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya dengan efektif. Mari mulai kerja sama yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post