7 Cara Mempromosikan Produk Secara Online Dengan Benar

cara mempromosikan produk secara online

Akan menjadi sebuah kerugian besar jika Anda tidak memahami cara mempromosikan produk secara online. Disaat sudah banyak pesaing yang mulai gencar memanfaatkan dunia digital, tentu Anda tidak bisa hanya diam dan mengandalkan apa saja yang sudah dilakukan sebelumnya. Bisnis perlu berkembang menjadi lebih baik, salah satunya dengan memanfaatkan dunia digital sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa Anda. 

Apalagi saat ini, orang-orang akan lebih mudah terekspos dengan berbagai macam bentuk promosi produk yang digencarkan melalui internet dibandingkan bentuk tradisional. Semakin sering mereka melihat bentuk promosi dari sebuah produk, maka semakin besar juga kemungkinan untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Nah, untuk bisa tetap bertahan atau meningkatkan promosi dari bisnis Anda, maka cara mempromosikan produk secara online yang ada di bawah ini akan bisa membantu Anda. Mari kita perhatikan secara saksama.

Kelebihan Melakukan Promosi Produk Secara Online

kelebihan promosi produk secara online

Sebelum mengetahui cara mempromosikan produk secara online, mari kita melihat apa saja kelebihan dari strategi ini dan mengapa Anda harus menjalankannya.

Alasan mengapa dunia digital menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan promosi produk secara online adalah karena orang-orang akan mengonsumsi konten digital setiap hari. JIka sampai platform pemasaran tradisional akan menghilang, maka pasar bisnis online akan sepenuhnya mengambil alih. Ada beberapa keuntungan dalam melakukan promosi secara digital. Berbeda dengan cara yang tradisional, melalui digital, promosi bisa dilakukan dengan lebih terjangkau.

Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih singkat. Kemajuan teknologi telah mengakibatkan pengurangan yang cukup besar dari basis pelanggan pemasaran tradisional. Orang-orang telah beralih ke tablet, ponsel, dan komputer, yang merupakan area di mana promosi secara digital akan bisa berkembang dengan baik. Saat ini lebih dikenal dengan sebutan Digital Marketing.

Sebenarnya, digital marketing ini sudah lama dikenal, mulai dari tahun 90-an. Bermula dari pengembangan platform web 1.0 yang memungkinkan orang-orang untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan, namun tidak bisa membagikannya. Lalu pada tahun 1993, banner yang bisa di klik muncul dan mengubah pandangan orang banyak terhadap pemasaran di dunia digital. Setahun kemudian, Yahoo diluncurkan sebagai salah satu mesin pencari yang populer pada saat itu. Di tahun 1998, Google memulai langkahnya. Dunia pemasaran digital mengalami lonjakan tajam pertama pada tahun 2006 ketika lalu lintas mesin pencari dilaporkan telah tumbuh menjadi sekitar 6,4 miliar dalam satu bulan.

Baca Juga: Peran Digital Marketing dalam Mempengaruhi Konsumen Anda

Hal inilah yang mendorong munculnya web 2.0 yang mengubah pengguna pasif menjadi aktif. Memungkinkan orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain. Kemudian mulai bermunculan sosial media yang menghubungkan banyak orang melalui internet. Perkembangan teknologi lainnya yang mengubah cara bisnis berpromosi di dunia digital adalah cookie. Hal ini digunakan dalam usaha untuk melacak kebiasaan browsing dan pola penggunaan pengguna internet menyesuaikan promosi dan pemasaran dengan selera mereka. 

Promosi menggunakan sarana digital akan selalu berubah. Seorang profesional harus menemukan cara untuk mengikuti perubahan ini. Mereka harus mampu mengawasi tren yang muncul dan pengembangan Algoritma mesin pencari yang lebih baru dan lebih cerdas. Jangan sampai ketinggalan. Tidak hanya para profesional, pengguna bisnis juga tidak bisa diam saja, Anda harus sadar akan perubahan ini.

Baca Juga: Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

Cara Mempromosikan Produk Secara Online

promosi produk secara online

Memasarkan produk Anda secara online tidak seperti dulu. Faktanya, kegiatan ini menjadi jauh lebih sulit. Untuk membuat konsumen memperhatikan bisnis Anda di antara semua kompetisi bukan lah hal yang mudah. Memilih strategi atau cara yang salah malah akan bisa memberikan kerugian yang besar untuk Anda. Agar bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan tersebut, maka penting sekali untuk memahami cara promosi apa saja yang bagus untuk dilakukan secara online. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan semuanya dengan lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba, namun belum tentu akan cocok pada tahap bisnis Anda saat ini. Ada yang bisa dimulai tanpa adanya biaya dan ada yang membutuhkan modal besar agar bisa efektif dan berhasil. Untuk menentukan strategi mana yang cocok, maka pelajarilah setiap informasi yang akan  kami sajikan ini. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda pelajari untuk menghasilkan strategi promosi yang efektif dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

1. SEO

Jika Anda mencari sebuah cara untuk mempromosikan produk di dunia digital dengan biaya yang kecil, maka SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling tepat dan juga dapat memberikan ROI yang cukup tinggi daripada metode lainnya. Setiap bisnis seharusnya fokus pada SEO ketika ingin memulai promosi dalam dunia digital. Strategi ini adalah sebuah metode yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya yang besar. Artinya orang-orang akan bisa mengenal produk yang dijual karena mereka memiliki minat pada niche yang Anda bangun. 

Hal tersebut akan bisa dicapai melalui kata kunci terkait dengan bisnis Anda. Mereka akan mencari informasi mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan produk Anda. Melalui optimasi SEO, Anda akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan tanpa biaya yang besar karena mereka akan datang dengan sendirinya ketika menemukan bisnis Anda di halaman hasil pencarian dengan kata kunci tersebut. Untuk memulainya, Anda bisa membuat blog, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan konten lainnya untuk mendapatkan traffic organik yang berharga adalah langkah awal. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan bisa Anda rasakan ketika menggunakan strategi SEO dalam bisnis rumahan Anda:

  • Hemat biaya tetapi ROI lebih tinggi
  • Hasil tahan lama
  • Tingkatkan jangkauan Anda secara organik
  • Dapatkan kepercayaan dan otoritas secara otomatis
  • Dan masih banyak lagi

SEO memiliki tujuan utama untuk bisa mengarahkan lebih banyak traffic ke website yang diharapkan nantinya bisa membangun konsumen aktif yang akan terus menelusuri produk dan layanan yang ditawarkan, serta mengonsumsi konten-konten lainnya. SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja karena akan dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk bisa mendapatkan hasil yang efektif. Dalam mempermudah Anda, konsultasikan strategi ini bersama dengan perusahaan SEO ahli yang siap membantu.

Baca Juga: Keuntungan Pemasaran Online untuk Para Pengusaha

2. SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital terbaik untuk mendapatkan hasil instan berupa pelanggan yang akan mencari kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Melalui iklan di mesin pencari, eksposur akan dengan cepat didapatkan. Bila dimanfaatkan dengan benar, maka hal ini bisa berbuah dengan peningkatan penjualan. 

Manfaat utama menggunakan SEM yang bisa dirasakan adalah hasil instan dari berbagai iklan yang dipasang, jangkauan kepada audiens target Anda yang sangat luas, ROI tinggi yang tinggi karena jika seseorang mengklik iklan saja maka Anda harus membayar. Bisa dimulai dengan anggaran kecil juga seperti $10/hari dan dapat berhenti kapan saja. Lalu Anda juga akan memiliki data dan wawasan yang lengkap untuk meningkatkan kampanye SEM Anda dan strategi pemasaran lainnya.

Kampanye iklan ini akan bisa menghabiskan anggaran dengan cepat, sehingga akan diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye sukses yang menghasilkan lebih banyak konversi daripada klik. Cocok sekali jika Anda sedang meluncurkan produk baru dari bisnis Anda. Orang-orang akan lebih mudah terekspos melalui cara promosi yang satu ini.

3. Content Marketing 

Selain mengembangkan bentuk promosi dari sebuah produk, ada baiknya juga membangun image yang baik demi membantu proses pemasaran Anda. Strategi yang satu ini akan bisa membantu Anda untuk membangun image dari produk dan bisnis dengan baik. 90% organisasi secara aktif menggunakan content marketing untuk bisnis mereka. Pemasaran serta promosi menggunakan konten akan bisa menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada iklan berbayar, dan jika dikombinasikan dengan SEO yang tepat maka akan semakin mudah untuk mendapati konten Anda muncul di halaman teratas Google. Semakin banyak dibaca tentu produk atau bisnis Anda akan semakin dikenal orang banyak. Ini adalah strategi yang lebih murah dan efektif untuk bisnis Anda. Content marketing bisa memberikan hasil yang tahan lama tetapi perlu beberapa waktu untuk melihat hasilnya. Keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Hasil yang sangat efektif dan tahan lama
  • Bermanfaat untuk menciptakan buzz untuk bisnis Anda
  • Lebih murah dari iklan berbayar
  • Membangun kepercayaan dan otoritas untuk merek Anda

Konten ini, dapat mencakup video, blog, infografis, podcast dan lain-lain yang akan berhungungan dengan niche dari produk-produk yang ingin Anda promosikan. Anda juga bisa memberikan nilai kepada pengguna berupa informasi yang tidak bersifat penjualan. Pastikan konten relevan dan bermanfaat bagi audiens. Buatlah konten original dan berkualitas tinggi yang membuat pengguna ingin membagikannya kepada orang banyak karena hal ini juga akan sangat membantu dalam memasarkan produk Anda.

Baca Juga: Kenapa Pemasaran Online Lebih Disukai?

4. Email Marketing 

Sentuhan personal menjadi salah satu tema yang mulai trending di dunia pemasaran. Salah satu cara untuk bisa membuat sebuah elemen yang personal adalah melalui email marketing. Ini adalah salah satu teknik yang paling penting dan cukup hemat biaya. Pesan yang dikustomisasi dan terasa personal merupakan sebuah taktik yang disukai para pelanggan. Mereka akan bisa merasa terkoneksi dengan merek dan bisnis Anda, membangun sesuatu yang personal. Jika ingin mempromosikan produk sembari membangun hubungan dengan para pelanggan, maka ini adalah cara yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan email yang baik dalam strategi promosi melalui digital marketing yang satu ini:

  • Gunakan judul email yang menarik, untuk meningkatkan rasio orang dalam membuka email Anda.
  • Tulis email Anda dalam bahasa yang sederhana dan singkat.
  • Tulis konten menjadi paragraf-paragraf kecil. Gunakan subjudul dan poin agar dapat dibaca dengan mudah.
  • Jelaskan manfaat dari apa yang Anda tawarkan. 
  • Berikan penjelasan bagaimana itu dapat membantu mereka. Jangan mencoba menjualnya secara langsung.
  • Buat funnel untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
  • Jangan mengirim terlalu banyak email. 2-3 email sudah cukup dalam seminggu.

Bagian inti dari jenis digital marketing adalah mengembangkan dan menyempurnakan kampanye Anda, serta menumbuhkan audiens. Email marketing ini juga berfokus pada pemberian informasi berharga kepada pelanggan.

Baca Juga: Saatnya Memulai Email Marketing Untuk Bisnis Anda

5. Social Media Marketing

Media sosial telah menjadi tool untuk promosi yang bisa Anda andalkan. Disinilah orang-orang banyak menghabiskan waktu mereka ketika berada di dunia digital. Beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari strategi digital marketing ini adalah:

  • Meningkatnya eksposur dan lalu lintas
  • Pemasaran media sosial mengembangkan pelanggan setia
  • Meningkatkan peringkat pencarian dan menghasilkan arahan
  • Peningkatan penjualan

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

Buat konten berkualitas tinggi dan atur jadwal yang konsisten dalam memposting konten. Kedua hal tersebut merupakan kunci kesuksesan jika ingin berpromosi dan menarik minat pengguna media sosial. Jangan lupa untuk selalu melibatkan para target audiens di setiap postingan media sosial Anda. Tambahkan bumbu-bumbu promosi yang bisa menggaet perhatian banyak calon konsumen.

6. Influencer Marketing 

Strategi digital marketing ini adalah salah satu teknik pemasaran paling trendi saat ini. Ini adalah teknik yang sangat efektif dan murah untuk mengembangkan bisnis apalagi jika Anda ingin mempromosikan berbagai produk yang ditawarkan. Melalui cara ini Anda bisa menjangkau pasar yang mungkin sebelumnya tidak pernah terjangkau. Influencer juga akan menjadi perantara agar pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan promosi bisa didengar oleh orang banyak. Beberapa keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi pemasaran produk ini adalah:

  • Anda bisa mendapatkan eksposur besar untuk bisnis Anda.
  • Membantu dalam mendapatkan kepercayaan dan pelanggan untuk bisnis Anda
  • Strategi pemasaran berbiaya rendah
  • Mudah diterapkan
  • Anda dapat menyewa influencer populer atau beberapa mikro-influencer untuk mempromosikan merek atau perusahaan Anda.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Influencer Marketing

7. Viral Marketing

Jika Anda ingin menghasilkan traffic besar, penjualan, dan membuat buzz di dunia online untuk bisnis Anda, maka akan sangat bagus untuk menggunakan strategi viral marketing melalui platform yang digandrungi oleh masyarakat luas. Salah satunya mempromosikan produk dan bisnis menggunakan sosial media yang sedang populer seperti Tik Tok. Buat sesuatu yang bisa viral dan berhubungan dengan produk yang Anda miliki. Dapatkan kesuksesan dengan cepat menggunakan viral marketing jika mampu membuat konten yang menarik perhatian yang viral nantinya. Menjangkau audiens sebanyak mungkin akan semakin mudah melalui cara promosi yang satu ini.

Apa yang Ingin Didapatkan Dari Kegiatan Promosi

apa yang ingin didapatkan dari kegiatan promosi

Berbagai cara di atas akan bisa membantu Anda dalam mendapatkan beberapa hal ini:

  • Membangun Awareness
  • Mendapatkan Interest
  • Menghasilkan Demand
  • Menciptakan Action

Jika Anda berhasil membangun sebuah kampanye promosi yang efektif, maka 4 hal di atas dengan mudah didapatkan, yang nantinya bisa memberikan keuntungan pada bisnis Anda. Promosi akan menjadi cara terbaik yang bisa Anda andalkan dalam mencari target potensial. Hal ini akan berdampak besar pada proses pengambilan keputusan konsumen.

Ini adalah manfaat utama dari sebuah promosi:

Dengan strategi promosi digital yang berhasil, produk Anda dapat dengan mudah dikenal banyak orang. Sehingga penjualan akan semakin meningkat, membantu dalam mengembangkan bisnis Anda. Itulah cara mempromosikan produk secara online yang bisa Anda terapkan. 

Semuanya akan bisa Anda gunakan, namun ada baiknya memulai yang sesuai dengan budget Anda. Agar tidak salah langkah, ada baiknya untuk konsultasi bersama digital marketing agency ToffeeDev untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi promosi yang efektif. Kunjungi website kami untuk mendapatkan berbagai informasi berguna yang bermanfaat untuk bisnis Anda kedepannya.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat