5 Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online Anda dengan Mudah dan Murah

Tidak masalah jika Anda sudah memiliki bisnis online untuk beberapa waktu atau Anda baru memulai berjualan online – Anda tidak akan berhasil kecuali Anda tahu bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan online ke bisnis Anda.

Selain harus memiliki produk yang bagus, menarik pelanggan online membutuhkan strategi pemasaran digital yang cukup rumit. Anda harus bisa melindungi reputasi brand Anda secara online dan, di saat yang bersamaan, menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. Bisnis yang dijalankan secara online juga harus mudah dicari lewat search engine, seperti Google, dan harus bisa memanfaatkan media sosial dengan baik.

Menarik pelanggan untuk membeli produk Anda secara online mungkin akan sulit, memakan banyak waktu, serta membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Namun tenang saja, di artikel ini ToffeeDev akan memudahkan kamu untuk menarik pelanggan online tanpa mengeluarkan anggaran yang besar dengan mudah.

Tingkatkan Kehadiran Online Bisnis Anda

online presence

Sebelum membahas cara menarik pelanggan online untuk membeli produk Anda. Ada baiknya jika bisnis maupun produk Anda dapat mudah dicari secara online, atau meningkatkan kehadiran online bisnis Anda, terlebih dahulu.

Sering sekali pelanggan akan membuat kesan pertama terhadap toko online Anda berdasarkan apa yang mereka temui secara online. Itulah sebabnya Anda harus berkomitmen untuk membuat toko online Anda mudah ditemukan secara online dan mengembangkan hasil penelusuran yang secara konsisten mengarah pada informasi yang akurat dan tepercaya tentang bisnis Anda.

Untuk melakukan hal itu, mulai lah dengan mengevaluasi kehadiran online bisnis Anda, lalu putuskan apa yang Anda ingin ubah:

  • Jika penelusuran web tidak memberikan hasil untuk bisnis Anda — baik orang-orang menelusuri produk Anda secara khusus atau untuk produk sejenis secara umum — tetapkan tujuan untuk mengembangkan kehadiran online sehingga produk Anda dapat tampil menonjol di hasil penelusuran mendatang.
  • Jika bisnis Anda memiliki kehadiran online yang kuat tetapi hasil pencarian mengarah pada informasi yang ketinggalan zaman, tidak relevan, atau tidak akurat, tetapkan tujuan untuk meningkatkan kredibilitas dengan membuat situs web dan profil online yang Anda kendalikan.
  • Jika Anda memiliki kehadiran online yang baik dengan hasil yang kredibel, tetapkan tujuan untuk memperdalam hubungan dengan pelanggan Anda dengan cara meningkatkan partisipasi dan interaksi online seperti menambahkan Kotak Pertanyaan dan Fitur Chat di website Anda.

Baik itu produk digital atau sesuatu yang dibuat secara fisik. Jika Anda ingin sukses dalam dunia bisnis di masa sekarang, Anda harus memiliki kehadiran online yang kuat dan secara konsisten dapat menarik pelanggan baru.

Dengan teknik yang tepat, Anda dapat secara signifikan meningkatkan lalu lintas ke online shop Anda dan mendapatkan penjualan yang Anda butuhkan untuk bisa sukses.

Baca Juga: Perbedaan Penjualan Online Dan Offline

Buat 1 (Satu) Nama Domain dan Identitas Sosial

online identity

Gunakan satu nama untuk semua bisnis Anda bila memungkinkan. Misalnya, Anda memiliki toko online pakaian pria dengan nama “Apollo” dan Anda ingin membuka cabang yang bergerak di bidang pakaian wanita, namailah toko online tersebut dengan nama “Apollo Women”. Lalu untuk produk pakaian anak-anak gunakan nama “Apollo Kids”, dan seterusnya. Gunakanlah nama tersebut di segala jejaring sosial yang Anda miliki.

Namun jika orang lain telah mengklaim nama bisnis Anda sebagai nama domain atau di jejaring sosial (misalnya, ada orang lain yang memiliki username (at)apollowomen di Instagram), atau jika nama bisnis Anda terlalu panjang untuk digunakan sebagai username jejaring sosial (misalnya, Twitter membatasi nama hingga 15 karakter), Anda memerlukan strategi. Jika Anda tidak dapat menggunakan nama yang sama di semua tempat, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Singkat Nama Bisnis Anda

Contoh:

Nama Toko: Apollo Women

Anda dapat menyingkat nama tersebut untuk domain website maupun username jejaring sosial menjadi:

apollowmn(dot)com atau apollow(dot)com untuk domain website, dan

(at)apollowmn atau (at)apollow untuk username jejaring sosial.

Baca juga: Membahas Apa itu Domain, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

2. Masukkan Nama Cabang Bisnis Anda di Setiap Website dan/atau Media Sosial yang Anda Miliki

Contoh:

Masukkan link yang bisa menghubungkan website “Apollo Women” dan “Apollo Kids” di website “Apollo”, dan

Sebutkan jejaring sosial “Apollo Women” dan “Apollo Kids” di setiap deskripsi jejaring sosial dari “Apollo”.

3. Sempurnakan Deskripsi Online Bisnis Anda

Secara online, Anda hanya memiliki sekitar 20 kata (160 karakter di Twitter) untuk memperkenalkan bisnis Anda dan membuat calon pembeli ingin mempelajarinya lebih lanjut. Ikuti saran ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengantar singkat Anda:

  • Kemas pengantar Anda dengan kata kunci yang cenderung digunakan oleh orang-orang yang menelusuri bisnis atau produk seperti milik Anda.
  • Ceritakan apa yang dilakukan bisnis Anda dan untuk siapa, serta apa yang membuatnya dapat dipercaya, berbeda, dan disukai.
  • Sampaikan jenis informasi yang dapat diandalkan, baik itu bernada kasual, serius, kontroversial, berwibawa, atau apa pun selama pesannya dapat tersampaikan dengan baik.
  • Perkenalkan bisnis Anda secara konsisten di seluruh saluran online (website dan/atau media sosial), sehingga pembeli di situs mana pun mendapatkan pemahaman yang sama tentang bisnis Anda dan produk yang Anda jual.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui 4 Prinsip Customer Engagement

4. Aktif di Seluruh Jejaring Sosial Media Maupun Website

Unggah konten yang ingin dilihat oleh pelanggan Anda. Unggah ulang dan bagikan konten yang telah Anda unggah di satu jejaring sosial kepada pelanggan Anda ke jejaring sosial lain atau website.

Jangan lupa juga untuk aktif berinteraksi dengan pelanggan Anda dengan cara mengunggah poll atau questionnaire di jejaring sosial Anda yang bisa juga digunakan untuk mendapatkan opini dari pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Sedangkan untuk website, rajin lah mengunggah artikel yang berhubungan dengan produk yang Anda jual untuk meningkatkan kehadiran online bisnis Anda.

Jasa SEO

5 Strategi Untuk Menarik Pelanggan Online dengan Mudah dan Murah

Selanjutnya, inilah lima cara menarik pelanggan bisnis online dengan mudah dan murah:

1. Email Marketing

Email Marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang mengirimkan informasi, penawaran, blog, dan lain-lain langsung ke email pelanggan Anda. Trik dari strategi ini adalah untuk membuat email dari Anda dibaca. Ya, pesan dari Anda mungkin muncul bersama ratusan email lainnya, dan jika Anda tidak dapat membuat pesan yang menarik, maka email itu akan hilang.

Email Marketing adalah cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan Anda, berinteraksi dengan mereka setelah pembelian atau bahkan mengirimi mereka buletin. Namun berhati-hatilah, mengirim email yang tidak diminta akan menempatkan Anda di kotak spam. Jadi, pastikan Anda tidak mengumpulkan kontak penerima email dari pihak ketiga. Penerima email harus menjadi pelanggan Anda atau telah memilih untuk menerima email Anda.

Baca juga: Saatnya Mengubah Leads Menjadi Konsumen Tetap Anda

2. Influencer/Affiliate Marketing

Influencer/Afiliate Marketing memanfaatkan orang-orang yang mempunyai banyak ‘pengikut’, biasanya influencer media sosial atau pakar industri. Strategi ini membantu Anda dalam memasarkan produk atau layanan kepada audiens mereka.

Hal ini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, melalui platform seperti Instagram dan YouTube, di mana sebuah bisnis akan meminta influencer terkenal, untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di jejaring sosial atau situs web mereka. Kolaborasi ini dapat melibatkan pemberian kode diskon unik, unggahan yang disponsori atau giveaway, dll. untuk audiens sang influencer, untuk membangun beberapa buzz di sekitar merek dan produk yang Anda jual.

3. Viral Marketing

Tahu video viral yang sering Anda lihat di media sosial? Nah, beberapa bisnis menggunakannya sebagai bentuk pemasaran yang cerdas. Baik itu bekerja sama dengan pembuat konten viral populer, influencer media sosial populer, atau mempromosikannya sendiri. Viral Marketing berfokus untuk menciptakan sesuatu yang layak dibagikan – dengan menjadikannya lucu, sesuai tren, dan topikal.

Selain itu, Anda juga dapat bekerjasama dengan pembuat konten viral tersebut untuk memasang iklan di video-videonya.

Baca juga: Memulai Viral Marketing

4. Berikan Promo dan Diskon

Terbukti banyak online shop yang memberikan promo gratis ongkir atau hadiah gratis dapat menarik banyak pelanggan sekaligus. Jumlah pembeliannya pun meningkat secara drastis dalam kurun waktu yang sedikit. Hal ini dikarenakan banyak pelanggan yang tidak jadi membeli barang secara online diakibatkan biaya ongkirnya yang mahal.

Cara lainnya adalah dengan memberikan kupon diskon. Anda bisa memberikan kupon diskon kepada pelanggan baru agar mereka tertarik untuk melakukan pembelian pertama mereka di toko online Anda. Kami juga merekomendasikan Anda untuk memberikan kupon diskon kepada pelanggan setia Anda untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai kesetiaan mereka.

Hal-hal tersebut dapat membuat pelanggan Anda, baik yang baru maupun yang lama, merasa spesial dan dihargai. Serta dapat mendorong mereka untuk belanja lagi di online shop Anda.

5. Customer Care

Hal lain yang akan membantu Anda menarik pelanggan adalah pelayanan yang bagus. Selalu ingat: tidak ada promosi yang lebih baik daripada pelanggan yang puas. Jadikan pengalaman belanja di toko Anda memuaskan untuk para pelanggan.

Sebuah penelitian Forrester menyatakan bahwa 45% konsumen di Amerika Serikat akan meninggalkan transaksi belanja online jika pertanyaan atau kekhawatiran mereka tidak ditangani dengan cepat.

Ini berarti bahwa jika Anda ingin menarik pelanggan, Anda perlu membalas semua komentar dan pertanyaan mereka dengan sesegera mungkin, karena tanggapan yang tepat waktu adalah kunci keberhasilan dalam hal ini.

Jadi, ingat! Jangan pernah meremehkan dampak layanan pelanggan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh McKinsey juga mengungkapkan bahwa 70% dari pengalaman membeli didasarkan pada bagaimana pelanggan merasa diperlakukan. Ternyata, bukan produk itu sendiri atau iklan yang menjadi kuncinya, tetapi layanan pelanggan.

Anda juga harus berhati-hati, karena pembeli bisa menjadi dua kali lebih bersemangat untuk berbagi kesan negatif daripada positif. Bahkan dikatakan bahwa dibutuhkan 12 pengalaman pelanggan positif untuk menebus satu kesan negatif. Dengan demikian, pastikan bahwa semua pelanggan Anda puas dengan layanan yang Anda berikan.

Bersikap baik, membantu, dan kompeten, lalu Anda akan melihat bahwa pelanggan akan datang dengan sendirinya. Percayalah, Anda akan terkejut dengan hebatnya kekuatan marketing pelanggan dari mulut ke mulut.

Baca Juga: Referral Marketing, Cara Pemasaran Klasik yang Harus Anda Ketahui

ToffeeDev Dapat Membantu Anda Mempermudah Menarik Pelanggan Bisnis Online

Itulah strategi-strategi yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan online. Beberapa ada sangat mudah, namun ada juga beberapa yang tricky dan membutuhkan kerja lebih. Perlu diingat juga bahwa kehadiran online Anda adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan strategi tersebut.

Untungnya, ada ToffeeDev yang bisa membantu Anda meningkatkan kehadiran online serta menarik pelanggan dengan mudah. Kalau Anda tertarik, langsung saja kunjungi ToffeeDev sekarang juga!

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat