5 Fungsi Desain Grafis Bagi Sebuah Bisnis

fungsi desain grafis

Ketika membangun sebuah bisnis, ada banyak elemen yang perlu diperhatikan agar bisnis terus berkembang, salah satunya adalah desain grafis. Ya, desain grafis bukan hanya berfungsi untuk menambah estetika, melainkan bisa membantu perusahaan Anda untuk makin berkembang, mendatangkan konsumen baru, hingga meningkatkan penjualan. Selain itu, masih banyak fungsi desain grafis bagi sebuah bisnis. Namun, sebelum itu, mari pahami dahulu apa itu desain grafis.

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis merupakan sebuah cara komunikasi lewat visual. Seorang desainer menyampaikan pesan tertentu menggunakan elemen-elemen dalam desain yang membentuk sebuah gambar atau visual. Hal ini perlu dilakukan seefektif mungkin agar pesan bisa sampai kepada audiensnya. 

Desain grafis sendiri terdiri dari dua kata, yakni desain yang berarti metode perancangan estetika, dan grafis yang artinya ilmu dari perancangan titik atau garis yang membentuk sebuah gambar. Maka, bisa disimpulkan bahwa desain grafis adalah sebuah ilmu untuk menciptakan rancangan berbentuk gambar yang mengandalkan kreativitas pembuatnya. Beberapa contoh hasil perancangan desain grafis yang sering ditemui adalah logo, poster, ilustrasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Wajib Tahu! Unsur-unsur Desain Grafis

5 Fungsi Desain Grafis bagi Sebuah Bisnis

Fungsi desain grafis pada sebuah bisnis tidak hanya memberikan estetika yang menarik perhatian banyak orang, tetapi juga merupakan komunikasi antara perusahaan dengan pembelinya. Bisnis menggunakan desain grafis untuk berbagai kebutuhan marketing, seperti menginformasikan, mengedukasi, hingga menjual produk. Namun, fungsi desain grafis lebih dalam daripada itu. Inilah lima fungsi desain grafis yang bisa membantu bisnis Anda.

1. Sebagai Identitas Bisnis

Keberadaan desain grafis bisa menciptakan identitas bisnis dan memperkuat branding Anda. Dengan menggunakan elemen desain grafis yang sama pada logo, desain web, poster penjualan, ataupun media sosial, konsumen akan lebih mengenali brand Anda. Pasalnya, konsumen biasanya lebih memperhatikan dan mengingat desain perusahaan. Dengan begitu, penerapan desain grafis yang tepat akan berujung pada peningkatan brand awareness dan penjualan.

2. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Ketika bertemu dengan orang baru, kesan pertama itu penting. Begitu pula ketika sebuah bisnis bertemu dengan calon pembelinya untuk pertama kali. Penggunaan desain grafis yang tepat dengan identitas brand bisa memberikan kesan positif pada sebuah produk. Ini juga dapat menjadi penentu apakan bisnis atau produk yang Anda tawarkan bisa bertahan lama atau tidak.

Baca Juga: Mengenal 10 Prinsip Desain Grafis

3. Menyampaikan Pesan secara Lebih Cepat dan Efisien

Fungsi desain grafis yang selanjutnya adalah untuk menyampaikan informasi atau pesan secara lebih cepat dan efisien. Jika informasi dalam bentuk tulisan terlalu panjang, audiens cenderung akan malas membacanya. Solusi dari hal ini adalah mengubah informasi tersebut ke dalam bentuk gambar, misalnya infografis.

Selain lebih menarik, informasi juga lebih mudah dimengerti dan penyebarannya pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Tentunya ini berperan besar untuk menggaet lebih banyak konsumen.

4. Membantu Strategi Marketing

Desain grafis adalah bagian dari strategi marketing yang efektif dan efisien. Sebab, desain grafis bisa menggambarkan kesan perusahaan dan produk yang lebih baik, sehingga calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan. Faktanya, sebagian besar konsumen membeli produk karena media promosi yang menarik atau packaging yang bagus. Kedua hal tersebut merupakan hasil kerja desain grafis.

5. Kreativitas Desain Mampu Mengalahkan Kompetitor

Dalam menjalankan sebuah bisnis, persaingan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Sebagai pebisnis, Anda perlu memutar otak untuk mengalahkan kompetitor. Di sinilah desain grafis bisa dimanfaatkan.

Kreativitas dalam pembuatan desain grafis yang menarik akan membantu Anda mengalahkan kompetitor. Sebuah desain yang menarik adalah desain yang berbeda dari yang lain. Dengan begitu, Anda bisa menarik perhatian calon pembeli, bahkan merebut pembeli dari kompetitor dengan desain unik yang merepresentasikan perusahaan atau produk Anda.

banner

4 Contoh Penerapan Desain Grafis dalam Bisnis

Dengan fungsi yang begitu beragam, tak heran jika ada banyak penerapan desain grafis pada bisnis yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya adalah pada logo perusahaan, kemasan produk, desain website, dan media sosial. 

1. Logo Perusahaan

Saat baru membentuk bisnis, logo perusahaan adalah hal yang tidak bisa dilewatkan, sebab ini salah satu bagian identitas bisnis Anda. Maka dari itu, sebaiknya logo perusahaan tidak dibuat dari stok gambar atau template. Anda bisa memercayakan pembuatan desain logo perusahaan pada ahlinya dengan menggunakan jasa desain grafis. Para profesional akan menggunakan warna, teks, atau simbol untuk menggambarkan citra perusahaan Anda.

2. Kemasan Produk

Desain kemasan produk yang unik bisa membantu meningkatkan penjualan dan brand Anda sendiri. Ketika konsumen membeli produk, kemasan adalah bagian dari pengalaman berbelanja, bukan sekadar pembungkus produk. Karena hal inilah banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk dengan kemasan unik.

Baca Juga: 7 Cara Mendesain Website Bisnis yang Dinamis dan Menarik

3. Desain Website

Sebagian besar orang menggunakan internet. Ini menjadi alasan yang kuat bagi setiap bisnis untuk mulai memasarkan produknya lewat website. Namun, website tidak bisa dibuat asal-asalan. Anda perlu membuat website yang ramah pengguna serta memiliki desain yang menarik untuk pengunjung. 

4. Media Sosial

Media sosial kini menjadi salah satu alat online marketing yang sangat efektif. Untuk menggunakan media sosial dengan lebih efektif, Anda memerlukan desain grafis, sebab media sosial sangat mementingkan aspek visual. Desain grafis yang unik dan informatif bisa membantu Anda menarik lebih banyak calon pembeli. Bahkan, Anda bisa menjadi viral, di mana hal ini bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan produk.

Itu dia beberapa fungsi desain grafis dan cara penerapannya pada bisnis. Dengan informasi di atas, Anda jadi mengetahui pentingnya memanfaatkan desain grafis untuk mengembangkan bisnis. Maka dari itu, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa desain grafis yang disediakan oleh ToffeeDev. Tim kami bersedia melayani segala kebutuhan desain Anda, mulai dari pembuatan logo hingga profil perusahaan yang bisa meningkatkan bisnis serta penjualan Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk berkonsultasi dengan tim ToffeeDev mengenai kebutuhan desain grafis untuk bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan ToffeeDev bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website resmi kami melalui tautan ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat